Bermasalah Lagi dengan Tagihan Cicilan Kartu Kredit BRI

Ini merupakan kejadian kedua kali, saya bermasalah dengan cicilan kartu kredit dari BRI, dan saat ini kejadian yang sama terjadi lagi. Saya sudah dua kali mencoba untuk menelepon call center BRI. Namun setiap saya selesai menjelaskan permasalahan saya ke Customer Service Officer (CSO), CSO meminta izin untuk melakukan pengecekan dan setelah lebih 2 menit tiba-tiba telepon mati dan ini terjadi 2x.

Saya telepon pada hari Minggu 12 Februari 2023 pukul 21:39 diterima oleh Yoga (?) dan pukul 21:54 (tidak ingat diterima oleh siapa). Oleh karena itu, saya terpaksa share di sini dan mengharapkan tanggapan dari pihak BRI kartu kredit. Yang saya alami adalah:

Saya memiliki cicilan kartu kredit selama 24 bulan (merchant: NGM07-My******), dengan total cicilan tetap per bulan yang harus dibayar (pokok dan bunga) adalah Rp310.783. Namun seperti masalah saya sebelumnya (nomor laporan sebelumnya: 42972326), pada cicilan ke-24 atau terakhir yang ditagihkan adalah Rp892.709. Artinya BRI menagih dengan lebih dari total cicilan tetap saya. Nominal yang dikonversi ke cicilan Rp6.270.000, bunga per bulan 0.79%, total tenor 24 bulan, melalui aplikasi BRI Credit Card.

Selain masalah di atas, ternyata ketika saya cek lembar tagihan bulan-bulan sebelumnya, pada bulan September 2022, terjadi 2 kali penagihan pada cicilan dari merchant tersebut dan dari merchant yang lain (NGMB9-Doub***** dan NGMB9-FP*****). Sehingga jika ditotal BRI melakukan penagihan yang bukan menjadi kewajiban saya sejumlah Rp1.083.905.

Mohon untuk tim BRI credit card untuk melakukan reversal dari kelebihan tagih, dan segera memperbaiki sistemnya agar kejadian yang saya tidak terulang kembali.

Yuza Mahyandra
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Yuza Mahyandra

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Bermasalah Lagi dengan Tagihan Cicilan Kartu Kredit BRI

    • 24 Februari 2023 - (12:20 WIB)
      Permalink

      Halo, ini kenapa belum ada penyelesaian ya? saya telp ke BRI malahan dikasih nomer laporan yang baru : 44524865

      Nomer laporan sebelumnya, belum selesai namun sudah dianggap selesai.

  • 15 Februari 2023 - (08:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga pengguna cc bri dan kalo transaksinya gede pasti sy jadiin cicilan ya mayan lah bisa beli barang dicicil hehehe, tapi alhamdulillah sih gak pernah ada kendala, semua tagihan dan bunga pasti sesuai dengan yg di sistem.

    3
    2
    • 15 Februari 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Ini saya convert melalui aplikasi BRI Credit Card. Mungkin kendala dari aplikasi nya

  • 15 Februari 2023 - (10:26 WIB)
    Permalink

    Sy sering transaksi cicilan pake KK BRI, blm pernah kejadian gagal, tertagih 2 kali cicilan nya. Paling hanya lama terubah ke cicilan, trus tercetak billing nya penuh, tp telpon cs bisa di proses cicilan di tagihan bulan depan

      • 15 Februari 2023 - (18:15 WIB)
        Permalink

        Pak coba bpk tgihan yg di maksud karna cicilan lebih besar bpk jumlah seluruh tagihan.Pasti ada pengurangan tagihan.Karna di ambil dr bunga cicilan yg besar.Aku dlu juga gtu tp udh di jelaskan sama cs bri nya dan setelah saya hitung emang benar.coba bpk hitung lagi.

        • 17 Februari 2023 - (00:49 WIB)
          Permalink

          Keluhan sebelumnya juga begini Pak. Kan bapak juga ikut komen di keluhan saya sebelumnya.

          • 17 Februari 2023 - (08:56 WIB)
            Permalink

            Hasilnya gimn pak setelah bpk total semua tagihan?Emang ngak ada pengurangan Jumlah tagihan?Emang keluhan yg dlu BRI apa tidak merespon?

  • 18 Februari 2023 - (22:33 WIB)
    Permalink

    Pada tgl 17 Feb 2023 pihak dari BRI sudah menghubungi saya dari no telp 1500017 dan menjelaskan bahwa:
    Setiap tagihan cicilan terakhir akan terjadi seperti ini karena sistem anualitas (yg saya tau hanya ada effective interest rate, rule of 78 dan fix interest rate), dan nanti nya setelah billing statement tercetak akan ada auto koreksi (pengembalian dana kelebihan tagih, sama hal-nya dengan kejadian saya sebelumnya)…. Jadi ditagihkan lebih dulu, lalu nanti dilakukan reversal (CR transaction).
    Oleh karena itu, pihak dari BRI memberitahukan bahwa di billing statement tgl 17 Feb 2023 akan muncul koreksi/reversal tersebut.

    NYATAnya, saya telah terima lembar tagihan tsb hari ini dan TIDAK ADA PENGEMBALIAN DANA sama sekali.

    Bagaimana ini BRI? Saya anggap keluhan saya ini belum selesai dan saya belum bisa menerima penjelasan dari BRI.

    Terima kasih

 Apa Komentar Anda mengenai Kartu Kredit Bank BRI?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Bermasalah Lagi dengan Tagihan Cicilan Kartu Kredit BRI

oleh YM M dibaca dalam: 1 menit
12