Pusat Resolusi Tokopedia yang Tidak Memberikan Solusi

Sebelumnya terima kasih kepada Media Konsumen atas dimuatnya surat ini.

Saya adalah seorang seller di Tokopedia dan pada tanggal 19 Februari 2023 mendapatkan pesanan baru, dengan nomor invoice: INV/20230219/MPL/3057095303. Pesanan kami kirimkan menggunakan JNE Regular, nomor resi: TLJR3D8CXEMDUMVH, dengan status sudah diterima pembeli pada tanggal 22 Februari 2023.

Namun pada tanggal 23 Februari 2023, pembeli mengajukan komplain melalui pusat resolusi karena belum mendapatkan paket tersebut. Setelah ditelusuri kurir mengantarkan paket tersebut ke alamat yang berbeda. Jawaban yang diberikan oleh Tanya (Virtual Assistant) adalah pembeli diminta untuk bertanya ke keluarga atau sekitar perumahan untuk menanyakan paket tersebut, karena statusnya yang sudah “Delivered“.

Yang ingin saya keluhkan adalah, apakah memang seperti itu solusi yang diberikan oleh Tokopedia saat ada masalah seperti ini dengan mitra logistik mereka yaitu JNE? Padahal dari Tokopedia seharusnya bisa menghubungi JNE dan meminta kurir yang mengantarkan paket tersebut untuk mengambil dan mengantarkan ulang ke alamat yang benar.

Dengan bertambah besarnya potongan yang diberikan Tokopedia kepada seller, ternyata after sales service-nya tidak ditingkatkan. Sampai saat ini kami (penjual dan pembeli) diminta untuk menunggu sampai investigasi selesai. Kalau memang Tokopedia dan JNE bermitra, seharusnya hal seperti ini mudah saja dan bisa selesai dalam waktu yang singkat. Komplain dari tanggal 23 Februari 2023 sampai saat ini (28 Februari 2023) tidak ada kejelasannya.

Mohon tanggung jawab dari Tokopedia dan JNE. Terima kasih.

Anni Viriani Syamsani
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Pusat Resolusi Tokopedia yang Tidak Memberikan Solusi

  • 3 Maret 2023 - (11:45 WIB)
    Permalink

    itu adalah SOP mereka dimana jika delivered tapi tidak menerima maka akan disuruh untuk menanyakan ke pembeli dulu sambil menunggu penyelidikan juga di kurirnya. dan proses penyelidikan/investigasi membutuhkan waktu.. resiko jualan online jika bermasalah memang butuh kesabaran dan ekstra effort untuk bertanya terus ke marketplace dan pengiriman

  • 3 Maret 2023 - (12:42 WIB)
    Permalink

    Bukankah perkara ini merupakan ranah pembeli (buyer) ya untuk menekan dan mempertanyakan paket kepada ekspedisi dan Tokopedia. Dengan status “delivered” seller sebetulnya sudah satu lapis di atas angin jikalau buyer menuntut pengembalian dana.

    Tapi saya salut dengan TS sebagai seller yang tetap merasa bertanggung-jawab untuk mengikuti dan mengurus ketidak-becusan—entah kurir yang over confident, atau buyer yang pakai alamat Ayu Ting Ting.

    1
    1
  • 3 Maret 2023 - (12:51 WIB)
    Permalink

    Ini sudah beberapa kali dimuat disini kasus sama, kurir JNE juga. Saya sendiri juga mengalaminya 2 bulan yang lalu. Beneran ga nyampe itu. JNE yang ngawur. Status pengantaran itu juga ngawur, mau tanya orang sekampung juga ga bakal ketemu. Kasus saya lucu, terkirim di JKT sedangkan saya di SBY.
    Alurnya memang pembeli disuruh cari dulu, kalau belum ketemu juga ntar dianggap hilang setelah menunggu investigasi dari kurir. Ntar diganti asuransi, kl pembeli sih full ya kasus saya dulu. Yang sabar saja ikutin prosesnya.

  • 3 Maret 2023 - (14:35 WIB)
    Permalink

    Si pembeli mestinya bisa nanya ke group WA komplek, nyasar ke rumah siapa… Kalo sibuk ngga sempat ambil, satpam bisa ditugaskan. Saya tau bahwa perumahan itu ada group nya berhubung ada teman saya tinggal di sana juga (San Lorenzo 2, si pembeli 6). Kurang sosial mungkin dia. Ngga bakal hilang atau tidak ngaku, krn situ perumahan mewah cluster. Akibat Tokopedia sensor no HP di label pengiriman, jadinya si penerima tidak bisa coba hubungi yg berhak. Saya pernah belanja dr Blibli, nyasar ke blok beda. Rumah nya sedang direnov dan yg nemu paket tukang nya besoknya (paket di lempar kurir tengah malem), dan telp saya, lalu saya jalan kaki ambil ke sana.

  • 3 Maret 2023 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Pernah ngalamin itu, akhirnya ke JNE nya minta nomor kurir yg mengantar
    Tp ya begtu lah d JNE nya belibet,
    Tp akhirnya selesai dan d antar ulang, ternyata paket d titipkan di toko yg jauhnya lumayan sekitar 2 kilo dari rumah,
    Kan asem
    Harusnya ya klo misal paket d titipkan itu konfirmasi ke penerima dulu bukan main titip titip saja..

    Akhirnya ya kembali k jnt ada nomer kurir nya jadi bisa langsung adu omongan sama kurir

  • 4 Maret 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Coba compline ke jne dngn marah2..klo marah2 service level pengaduan di CS akan naik(di prioritas).

  • 5 Maret 2023 - (06:24 WIB)
    Permalink

    Saya baru aja ngalamin di JNE minggu lalu, paket sudah diterima dgn saya langsung, cmn heran hampir seminggu status resi ga berubah jadi delivered, tapi saya biarin aja dan benar beberapa hari lalu di hubungi JNE apakah barang dengan data berikut sudah sampai atau belum, mereka kyknya udh mau ngomong kalau barang hilang, coba kalo saya mau isengin bisa pusing itu JNE… ini menandakan buruknya sistem tracking dan distribusi di internal mereka

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE Express di Tokopedia?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Pusat Resolusi Tokopedia yang Tidak Memberikan Solusi

oleh Anni dibaca dalam: 1 menit
8