Sulitnya Berhenti Berlangganan Transvision

Pada tanggal 03 Maret 2023, saya ingin melakukan pencabutan atau berhenti berlangganan untuk TV kabel berlangganan Transvision. Saya masih terdaftar pada paket tahunan sampai dengan tanggal 15 Maret 2023, yang berarti saya sudah memenuhi kewajiban saya untuk membayarkan tagihan.

Perlu diketahui bahwa saya melakukan pencabutan atau berhenti berlangganan, karena makin banyak channel yang ditiadakan dari Transvision. Saya menghubungi pihak call center Transvision di nomor 1500060 dan kemudian dilayani oleh customer service atas nama Dera. Ketika saya terhubung dengan customer service, saya diberikan penawaran promo pembayaran 12 bulan paket Vaganza Gold harga khusus senilai Rp699.300. Namun saya menolak.

Kemudian CS bilang kepada saya bahwa mereka atau pihak Transvision tidak dapat melakukan laporan saya untuk pencabutan perangkat atau berhenti langganan, dikarenakan saya sudah melewati batas waktu dan saya harus membayar tagihan untuk periode 16 Maret – 15 April 2023. Menurut bagian atau pihak yang menangani berhenti berlangganan dan pencabutan perangkat, batas untuk pelaporan itu tanggal 01 Maret 2023.

Saya merasa kecewa dengan hal ini, mengingat saya sudah melakukan pembayaran sampai dengan tanggal 15 Maret 2023 dan tagihan periode 16 Maret – 15 April 2023 juga belum keluar. Saya benar-benar merasa dirugikan dan kecewa terkait hal tersebut. Laporan saya tidak ditindaklanjuti untuk berhenti berlangganan dan diharuskan untuk tetap membayar tagihan periode 16 Maret – 15 April 2023 terlebih dulu. Padahal logikanya periode 16 Maret – 15 April 2023 saja belum dimulai dan saya tidak menyaksikan tayangan, kenapa ditagih?

Dengan ini saya menyatakan tidak akan membayar dalam bentuk apa pun, apalagi untuk tagihan periode 16 Maret – 15 April 2023. Saya tidak akan membayar apa pun dan saya biarkan decoder dan perangkat Transvision berada di rumah saya tanpa terawat.

Lies Setyaningsih
Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

29 komentar untuk “Sulitnya Berhenti Berlangganan Transvision

    • 6 Maret 2023 - (20:17 WIB)
      Permalink

      Syarat dan ketentuan yang gak masuk akal. Saat ini gw masih terdaftar di paket sebelumnya dan BELUM memasuki periode selanjutnya, kenapa gak boleh berhenti dan malah akan dikenakan biaya periode selanjutnya? Nyari duit kok gini banget sih sampe recehan kayak gini pake akal bulus segala. Kapok gw pake transvision, channel makin hari makin hilang, so far cm pake utk channel lokal aja. Hati-hati deh pokoknya berurusan sama company kayak gini.

      12
      • 6 Maret 2023 - (20:23 WIB)
        Permalink

        Belum lagi tayangan hilang kalo mau hujan.. baru gerimis kecil aja udah hilang tuh signal bertahun tahun gw bertahan tp muak juga ya lama-lama. Sekali lg gw tekankan, gw ajukan berhenti tgl 3 maret pada saat periode paket gw masih aktif dan gw udah bayar. Kenapa malah gak bisa berhenti dg alasan sudah melewati batas yaitu tgl 1?? Cuma beda 2 hari dan gw harus bayar periode 16 Maret – 15 April 2023?? Tayangannya aja gw belum nikmatin woy! Bikin T&C kok ya gini banget semata mata demi duit!

        7
        1
      • 7 Maret 2023 - (21:36 WIB)
        Permalink

        Kalau pelanggannya banyak yang berhenti berlangganan transvision bisa bangkrut gulung tikar makanya dipersulit kalau ada pelanggan yang mau berhenti

  • 6 Maret 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Wkwkwk tenang kak. Transvision emang gt kok. Berhenti langganan nya uda lewat sebulan, perangkat baru mau diambil. Ya saya bilang aja uda pindah rumah. Emang pindah sih tp ke sebrang doang wkwk. Lagian sapa suruh memproses nya lama.

    Pindah kabel ke sebelah rumah juga gt, diminta bayar 100rb dan ga mw ngurusin. Ya gw naek ke genteng sendiri aja beresin kabelnya haha. Ogah pake Transvision lagi.

  • 6 Maret 2023 - (22:06 WIB)
    Permalink

    Nanya nih kalo gak dibayar emang dampaknya apa? Kalo dampaknya gak kuat ya biarin aja. Apa gak boleh ke transmart atau ke trans studio gitu ???? Heheh

    • 7 Maret 2023 - (05:46 WIB)
      Permalink

      Takutnya akan ada tagihan terus nantinya. Padahal transvision ini prabayar bukan pasca bayar. Aneh kan gak boleh berhenti dan kita harus bayar tagihan untuk periode yang belum kita nikmati

      5
      1
  • 6 Maret 2023 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Setua saya memang gitu kalau sistem pascabayar yang mana pemabayar bulan sekarang iti hasil dari penggunaan bulan lalu, jika sudah lewat dari batas nya maka tetap akan pembayaran untuk bulan pada saat pencabutan
    Contoh
    Saat kita mau bayar di pln bulan januari pada tanggal 5, nah itu berarti melakukan pembayaran untuk bulan desember sebenarnya, andaikan listrik mau cabut ibaratkan kayak transvision iti maka pembayaran bulan januari harus dilunasi terlebih dahulu, sepetahuan saya seperti itu untuk sistem pascabayar(tagihan)

    1
    4
    • 7 Maret 2023 - (05:43 WIB)
      Permalink

      Transvision itu PRA Bayar pak bukan pasca bayar. Makanya jadi aneh peraturannya yang menolak berhenti berlangganan dan mengharuskan kita harus bayar untuk periode yang belum kita nikmati.

        • 7 Maret 2023 - (06:20 WIB)
          Permalink

          Lebih aneh lagi kalo pascabayar. Tahun lalu saya bayar paket 1 tahun dan paket itu berakhir pd 15 Maret 2023. Kenapa tanggal 3 maret 2023 saya ajukan berhenti dan katanya gak bisa karena saya harus bayar tagihan untuk periode 16 Maret – 15 April 2023? Logikanya, periode 16 Maret – 15 April aja saya belum nikmatin tp kenapa saya harus bayar?

          4
          1
          • 7 Maret 2023 - (06:24 WIB)
            Permalink

            Coba konfirmasi kepada pihak layanan nya television ini termasuk pasca/pra

          • 7 Maret 2023 - (06:49 WIB)
            Permalink

            @akmal: saya sudah bertahun tahun berlangganan dan selalu bayar di awal. Paket terakhir saya baru akan berakhir di 15 Maret 2023 yang artinya tgl 3 maret 2023 saya sudah membayar kewajiban bulan berjalan. Mereka bilang, saya gak bisa berhenti dan saya harus bayar tagihan 16 Maret – 15 April 2023. Pascabayar kan pke dulu br bayar, lah periode 16 Maret – 15 April 2023 kan belum saya pake kenapa saya harus bayar?

      • 7 Maret 2023 - (08:54 WIB)
        Permalink

        Kalo saya sih langganan yg pakai internet nya, jadi ga pake kabel parabola lagi, skali bayar bisa seumur hidup kalo chanel lokalnya, bonus chanel luar cmn 1 tahun doang, jdi cocok kalo punya internet fiber dirumah tanpa takut cuaca

        Kalo memang prabayar ya memang aneh klo harus bayar lagi krena paket yg sedang aktif belum expired, tapi mau aneh atau ga, kalau memang di S&K sdh tertulis ya mau gmn lagi, coba dibaca ulang S&K nya kalo ga usah dibayar kan klo prabayar pasti layanan outus dengan sendirinya biarin aja ga kebayar toh kontrak mnimal 1 tahunnya (kalo ada) juga udh terpenuhi, jdi mreka ga bisa ngapa²in buat nagih

        • 7 Maret 2023 - (09:25 WIB)
          Permalink

          S&K yang aneh ya. Saya yakin presentase yang gak paham ttg ini lebih besar dari pada yang paham. Iya pak gak akan saya bayar karena saya sudah membayar apa yang saya nikmati dan gak akan bayar yang tidak saya nikmati. Makasih ya atensinya 🙂

  • 7 Maret 2023 - (07:22 WIB)
    Permalink

    Syarat dan ketentuan berhenti berlangganan harus lapor maksimal 14 hari sebelum cetak tagihan.. provider seperti first media pun sama syarat berhenti berlangganannya..

  • 7 Maret 2023 - (09:06 WIB)
    Permalink

    Meskipun Anda memilih berlangganan selama 1tahun tapi sistem pembayaran yang diterapkan adalah prabayar. Jika dalam perjanjian berlangganan dinyatakan bahwa paket berakhir pada 15 Maret 2023. Diharapkan jika ingin berhenti berlangganan, ajukan di awal Februari atau sebelum jatuh tempo yaitu 15 Februari 2023. Saya memang tidak pernah terikat kontrak berlangganan dalam periode tahunan tapi dari beberapa provider yang Saya nikmati (First Media, MNC, My Republik dan IndiHome) kesemuanya menerapkan sistem pembayaran prabayar. Ketika Saya hendak berhenti berlangganan, maka Saya ajukan sehari setelah pembayaran (tanggal 10) dan terhitung diawal bulan berikutnya (tanggal 1), Saya tidak bisa menikmati layanan dan membayar layanan yang Saya nikmati mulai tanggal 16 hingga akhir bulan (bulan sebelumnya). Dalam hal ini Saya pasti membayar langganan sebelum tanggal 10 setiap bulannya. Semoga dipahami ☺

  • 7 Maret 2023 - (10:46 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah dihubungi transvision dan diinformasikan bahwa berhenti berlangganan telah diproses sehingga tidak akan ada tagihan lagi untuk periode 16 Maret – 15 April 2023. Terima kasih banyak Media Konsumen

  • 7 Maret 2023 - (17:26 WIB)
    Permalink

    Awas nanti didatangin DC bawa surat tagihan yg isi nya somasi.. Macam indihome..
    Hiihiii..
    Jaman skrng apa apa DC

    • 7 Maret 2023 - (19:51 WIB)
      Permalink

      Iya ini yg ditakutkan.. takutnya kalo diabaikan malah muncul tagihan terus.. padahal prabayar

  • 7 Maret 2023 - (17:50 WIB)
    Permalink

    saya juga punya tunggakan di Transvision.
    saya bayar tagihan, saya serahkan decorder, lalu kirim email permohonan berhenti berlangganan, tapi entah kenapa tidak diproses sama mereka.
    jadi muncul tunggakan dan tagihan..
    saya cuekkin aja.. masa bodoh.

    • 7 Maret 2023 - (19:53 WIB)
      Permalink

      Saya telp cc udah, email juga udah tp gak ada hasil dan yang paling efektif ya melalui media konsumen ini hingga akhirnya transvision tlp saya dan konfirmasi bahwa berhenti berlangganan sudah diproses.. 🙂

  • 30 Juni 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    saya juga sama kasusnya 15 juni 2023 ini adalah jatuh tempo tahun kedua saya berlangganan prabayar transvision, sebelum 15 juni saya sudah informasikan ke WA call centre perihal berhenti langganan. lucunya tidak bisa dilakukan penghentian langganan karena harus minimal 1 tahun langganan dulu baru bisa di proses pemberhentian langganan kalau di bawah 1 tahun di denda 500rb, padahal kan ini tahun ke dua saya….tapi di data mereka tetap bilangnya baru 1 tahun dan disuruh nunggu 1 tahun langganan + 14 hari contact mereka lagi untuk penghentian langganan. tanggal 30 juni saya telepon call center 1500060 dengan ibu indah dengan tujuan yang sama perihal penghentian langganan, tapi kata si ibu indah di suruh bayar tagihan bulan juni yang sudah jatuh tempo dulu…..aneh sekali peraturan transvision ini….kan saya di tawarkan promo prabayar tahunan….saya sudah bayar di awal selama 2 tahun berturut-turut kenapa tiba-tiba saya punya tagihan bulanan……? kenapa saya tidak bisa berhenti setelah promo tahunannya berakhir 15 juni 2023. kenapa harus nunggu 14 hari lagi. apa supaya ada uang masuk lagi buat kalian? pra bayar ya prabayar aj…..g usah tiba2 jdi ada tagihan pasca bayar, mana chanelnya cuma chanel local, yang lain pda hilang satu2, dan 3 bulan terakhir periode mar-juni saya tidak bisa gunakan sama skali layanannya karena remotnya rusak. yang pasti saya tidak akan bayar tagihan apapun yang timbul sesudah promo prabayar tahunan saya berakhir. kenapa kalian se enaknya merubah promo prabayar ke pascabayar tanpa pemberitahuan dan persetujuan dari saya. sekali lagi saya sampaikan saya tidak akan pernah bayar tagihan yang timbul setelah langganan prabayar saya berakhir juni 2023 ini. ke kota manapun saya akan pindah saya tidak akan pernah lagi memakai jasa transvision dan akan saya sampaikan kepada kerabat dan kenalan supaya jangan pernah memakain transvision. sekian terimakasih

  • 31 Agustus 2023 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Kak liessy, kasusnya sama dengan kasus saya,,, saya langganan tahunan sdh
    2 tahun, yang tahun ini berakhir tanggal 31 agustus 2023, hari ini tanggal 30 agustus 2023 minta perberhentian,,, dr cs nya diinformasikan batas pangajuannya 14 hari sebelum jatuh tempo yg artinya sebelum tanggal 17 agustus 2023 harus laporan penghentian,, kalau dah lewat tanggal 17 agustus sdh gak bisa pengajuan, saya bilang gpp kalau kena cas bulan depan, tapi saya mau buat laporan penghentian hari ini, masih jg gak bisa, pelaporan baru bisa dibuat di tanggal 1 september,,, bener2 bertele tele dan gak ada solusi sama sekali,,, ternyata keceplosan dari cs nya kalau tagihan baru tercetak di tanggal 1 september yg artinya kalau tanggal 30 agustus pengajuan penghentian langganan harusnya masih bisa karena billing baru tercetak tanggal 1 september,,, tp sengaja dihalangi untuk berhenti berlangganan

 Apa Komentar Anda mengenai Transvision?

Ada 29 komentar sampai saat ini..

Sulitnya Berhenti Berlangganan Transvision

oleh Liessy Liessa dibaca dalam: 1 menit
29