Ratusan Paket Saya Mengalami Keterlambatan karena Tidak Di-Scan/Di-input Petugas J&T Express

Perkenalkan, saya seller TikTok Shop dan Shopee, serta member VIP J&T dengan kiriman ratusan paket/hari. Saya mau menyampaikan komplain tentang pelayanan J&T cabang Senenan/Bapangan Kab. Jepara, Jawa Tengah yang sangat tidak profesional.

Hal tersebut menyebabkan kerugian keterlambatan pengiriman ratusan paket saya dan membuat toko saya di marketplace terancam terkena sanksi karena paket yang saya drop off di sana tidak diinput. Saya menduga sengaja tidak diinput, karena adanya konflik internal antar pegawai di sana.

Kronologi, hari Kamis 06 April 2023 kurir yang biasa pick up paket saya mengalami kendala mobil mogok dan tidak bisa pick up paket, yang mengharuskan saya drop off paketnya ke J&T cabang Senenan/Bapangan (J&T terdekat dari rumah). Saya sampai di J&T Cabang Senenan/Bapangan antara pukul 16:30 sampai 17:00 dan sesampainya di sana paket saya diterima oleh pegawai J&T (dia adalah SPV di sana). Saat saya menurunkan paketnya dari mobil (300-400 paket) dia bertanya kepada saya kira kira seperti berikut:

Kurir I: kenapa Kurir A gak pick up?
Saya: mobilnya mogok
Kurir I: Sekarang orangnya di mana?
Saya: Di Krapyak
Kurir I: Sudah tau klo Kurir A pick upnya di Ngabul?
Saya: Saya tidak tau (apa urusannya dengan saya mau pickup ngabul/senanan. Apa kalau kurir yang biasa pick up paket saya, taruh paketnya di Ngabul saya gak boleh drop off di Senenan? atau J&T Senenan gak mau input paket saya? Kalau gak boleh saya drop off di sana kenapa tidak bilang?
Saya: Memangnya Kurir A ini pegawai J&T Senenan/Ngabul?
Kurir I: Kalo statusnya masih pegawai J&T Senenan

Berikut kira-kira percakapan singkat saya dengan kurir I (tidak memberitahukan bahwa tidak bisa scan paket saya/ adanya kendala yang membuat paket-paket saya tidak bisa di-scan/input).

Namun keesokan harinya tanggal 7 April 2023 pagi (biasa paket paling lambat diinput pukul 19:00 hari yang sama), paket yang saya drop off tanggal 6 tidak terinput juga dan menyebabkan keterlambatan paket saya yang jumlahnya tidak sedikit.

Saya menduga tidak diinputnya paket saya merupakan suatu kesengajaan karena adanya konflik internal di sana. Saya menduga demikian, dikarenakan jauh-jauh hari sebelum masalah ini setiap kali kurir A ada kendala dan tidak bisa pick up, tidak ada kurir lain dari J&T Senenan yang mau menggantikan pickup (padahal paket banyak, bonus juga banyak) dan alhasil saya harus drop off paket saya sendiri. Serta saat saya menurunkan paketnya dari mobil pun terkadang tidak ada yang membantu (mungkin prinsip mereka, customerku customerku dan customermu customerku).

Berikut komplain dari saya, semoga ada titik terang dari pihak J&T dan untuk oknum yang bertanggung jawab atas kerugian yang saya alami mendapatkan teguran keras dan punishment dari pihak J&T agar tidak ada korban seperti saya di kemudian hari. Terima kasih.

Adri Ridvan
Jepara, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

17 komentar untuk “Ratusan Paket Saya Mengalami Keterlambatan karena Tidak Di-Scan/Di-input Petugas J&T Express

    • 12 April 2023 - (18:38 WIB)
      Permalink

      Wah keren kak ratusan paket baru dari jnt aja ya.. Bagi resep nya dong kak supaya banyak gitu orderannya… ?

    • 12 April 2023 - (18:50 WIB)
      Permalink

      saya juga seller mengalami hal yg sama tapi bukan tidak di input tapi pengantaran kacau barang cod banyak yg return alasan pembeli tidak mau terima barang padahal saya konfirmasi pembeli tidak ada kurir jnt yg antar paket ,paket return pun tidak jelas sampai sekarang cuma muter2 di gateway

  • 12 April 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Tiktokshop jangankan ratusan paket terlambat.. Penjualan kita menurun aja dapet teguran dan dikenai sangsi wkwk.. Marketplace paling xxxx itu tiktokshop

    • 12 April 2023 - (18:48 WIB)
      Permalink

      kok bisa ya…kerjaan ratusan pengiriman dianggurin gitu…sombong sekali petugas yg ada saat itu…giliran gak ada kerjaan baru tahu manyun dikantor…jgn sombong lah mentang2 jasanya dibutuhkan…

  • 12 April 2023 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Kondisi kayak gini saya lbh memilih pake shopee ekspress malah paket lbh cepat nyampe, pake jnt alamaaaaaak pendingnya 3x lipat lamanya

    1
    2
  • 12 April 2023 - (21:09 WIB)
    Permalink

    Wah kl tiap hari bs kirim ratusan paket sih mending buka konter agen ekspedisi sekalian Gan. Barang jualan langsung diproses sendiri & bs dapat cuan dobel. Dr hasil jualan & dr komisi agen ekspedisi….he3x.

  • 13 April 2023 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Kalo tdk bisa di pick di daerah A, seharusnya di tolak dan sarankan di drop off di daerah B (itu jg kalau mau sellernya). Dan kalau ekspedisi lain (pengalaman pake JNE) ada cadangan kurir pick up nya, jd kalo kurir biasa pick up tdk bisa, pihak ekspedisi hrs mengkoordinasikan dgn tim lapangan. Kecuali kalau waktu pick up ekspedisi tsbt sdh habis ya.

  • 13 April 2023 - (08:06 WIB)
    Permalink

    Iya sih tiktok shop gak bisa selain jnt ya…
    Tapi yang lain jauhi jnt kecuali pulau jawa masih aman.
    Saran aja sih.
    Pindah Kab. Selama 1 bulan aja
    Pasti nanti ngemis2 jnt
    Soal bonus memang lebih ke pribadi.
    Tapi untuk cab juga akan kerasa kalau ada penurunan paket.
    Pengalaman temenq gtu.

  • 13 April 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Jnt itu parah paling parah. COD pasti banyak rektur di bandung yg lain. Kurir pada malas antar di buat tidak Terima pembeli. Trus barang COD gagal kirim juga ga langsung kirim ke penjual lg malah ngedon di gudang kudu kita yang kejar. Kurir pick up juga sering ga bisa ambil kadang suruh kita antar sendiri g ada cadangan. Masalah nya tiktok ma shope mewajibkan jnt harus on. Kacau jnt

  • 13 April 2023 - (13:53 WIB)
    Permalink

    Itulah mengapa saya sekarang nonaktifkan JNT di 3 toko shopee saya. Alasannya paket saya “SERING” dibatalkan otomatis oleh sistem shopee karena admin JNT yang tidak kunjung input paket saya sampai melebihi batas waktu pengiriman. Akhirnya saya sering mendapat poin pinalti dari shopee karena banyak paket yg batal otomatis. Padahal saya drop off ke kantor JNT siang hari tapi sampai ganti hari belum juga diinput dan jadi batal. Selain itu juga semenjak ramadhan ini kurirnya tidak pernah pick up ke tempat saya, jd saya hrus antar sndiri paket ke kantor JNT yg jaraknya lumayan jauh dr tempat saya, aplgi setiap hari ada paket jd kalau antar setiap hari lumayan menguras ongkos transport.
    Sy juga open order di tiktok. Sayangnya di tiktokshop ekspedisi yg tersedia cuma JNT dan Ninja, sdgkan di daerah saya ninja hny ada 1 kantor dan itu jauh, sehingga kalau ada order tiktokshop otomatis larinya ke JNT dan saya mau tdk mau tetap pakai JNT di tiktokshop. Kalau bisa milih mah sudah tidak mau pakai JNT lagi saya.

  • 13 April 2023 - (20:19 WIB)
    Permalink

    Punyaku jnt 1 ga di input2
    1 lagi anteraja malah ga tau barang nya blom di input sudah hilang status nya dan kurir nya ga tau menau, acuh, cuek, no respon.ini aja saya sampe mikir kepusingan, Lha apalagi ini ratusan paket pasti pusing 7 keliling , bantu doa aja kak smoga masalah cepat terselesaikan, begitu pun punya saya semoga cepat di temukan ???

 Apa Komentar Anda mengenai J&T Express?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Ratusan Paket Saya Mengalami Keterlambatan karena Tidak Di-Scan/Di-inp…

oleh Bpk Adri dibaca dalam: 2 menit
17