Akulaku Semakin Mencekik

Saya adalah pengguna Akulaku yang cukup lama dan tidak pernah ada masalah, baik masalah layanan maupun pembayaran saya. Namun kali ini tim Akulaku sungguh mengecewakan dan terkesan mencekik.

Kasusnya adalah, saya membeli 2 item barang yaitu charger aki dan aki kering 20Ah senilai Rp664.000. Namun singkat cerita, pihak seller aki meng-cancel pesanan tersebut. Alhasil terjadi refund dan limit saya hanya terpotong untuk seharga charger aki.

Setelah itu sisa limit saya belanjakan lagi ke seller yang lain, karena saya tidak pernah ada kendala pada Akulaku dan pembelian terakhir berhasil. Namun setelah itu, saya kaget ketika melihat tagihan saya muncul untuk barang yang telah di-cancel, dengan nomor pesanan: 1639422816724082689 dan nilai tagihan Rp235.453 x 3. Sedangkan produknya tidak saya terima dan tertulis juga status telah di-refund.

Saya sudah melaporkan kepada CS Akulaku hingga berkali-kali sejak tanggal 19 April 2023. Bahkan jauh hari sebelum tanggal jatuh tempo, yaitu tanggal 25 April 2023, dengan nomor laporan: 12306791. Saya hanya disuruh menunggu penanganan, tapi hingga tanggal 26 tidak ada tindak lanjut.

Bahkan setelah lewat jatuh tempo, saya malah dikenakan denda dan tetap disuruh menunggu saja. Bagaimana jika saya terlambat 1 bulan? Apa tidak merugikan dendanya? Ini lebih mencekik dan membunuh secara perlahan namanya. Setiap laporan hanya disuruh menunggu, sedangkan denda tetap berjalan.

Saya juga pernah menawarkan solusi untuk membayar sebagian tagihan yang sudah benar, tapi ditolak oleh CS. Semua tagihan harus dibayar bersamaan, tapi saya disuruh menunggu. Mohon pimpinan Akulaku menindaklanjuti ini. Saya tidak akan membayar sebelum kasus saya selesai, karena bukti rekaman telepon dan bukti transaksi semua lengkap.

Nuril Huda
Trenggalek, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara Nuril Huda

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara Nuril Huda pada tanggal 27...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Akulaku Semakin Mencekik

  • 27 April 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama gan wkwk, pesanan Bukal*pak dibatalkan sepihak gak tau sama seller gak tau sama sistem, lupa. Pembayarannya via akulaku paylater, otomatis limit paylater kembali dan telah di refund. Eh pas dicek diaplikasi akulaku nya tetep masuk tagihan. Aneh pesanan batal kok hrs ttep bayar

    12
  • 27 April 2023 - (16:21 WIB)
    Permalink

    Kasusnya adalah, saya membeli 2 item barang yaitu charger aki dan aki kering 20Ah senilai Rp664.000. Namun singkat cerita, pihak seller aki meng-cancel pesanan tersebut.
    Alasannya beberapa dengan alasan di screenshot, entah siapa yang salah,

    8
    1
    • 28 April 2023 - (01:14 WIB)
      Permalink

      memang rada rada tuh…saya pernah beli 1 buah hape trus masih dalam masa cicilan, trus kemudian beli lagi 1 hape lagi untuk adik, ditunggu tunggu tak kunjung datang, tiba tiba status berubah menjadi sudah diterima. Langsung saya hub CS, untuk menyampaikan permasalahan tsb. Jawaban CS diabaikan saja, dan disarankan hanya membayar tagihan hape yg pertama. hingga saatnya hape pertama lunas, tagihan hape yg nggak jelas wujudnya tadi tetap ditagihkan dgn bunga dll. sampai pada suatu waktu akun diblokir, dan ditelp oleh depcol, saya hadapin baik baik sampai diancam segala, saya tantang balik tunjukan bukti penerimaan dll, tidak bisa dibuktikan…akhirnya yah begitu saja…memang aplikasi kagak jelas.

      16
      0
  • 27 April 2023 - (17:02 WIB)
    Permalink

    Sekarang jg ada biaya tbahn waktu bayar di afa dari total tagihan.sy kemaren ada tagihn jth tempo sebsar 1.805.600.tp waktu bayar di alfa jd 1.806.500.sy tidak tau itu tambahn apa karna di setruk tixak ada ketrangn apapun.emng jumplah itu tak sebrpa tpsetixaknya ada pembritahuan yerlebih dahulu

    8
    2
    • 28 April 2023 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Akulaku mmg parah. Sy dl pernah ngajukan pinjaman di aku laku dan saat itu pengajuan ditolak krn limit tdk cukup. Stlh itu aplikasi sy uninstall. Stlh 1 mggu sy coba mengajukan kembali. Betapa kagetnya sy ternyt disana sdh muncul tagihan. Lgs sy uninstall lg. Sy ditlp puluhan tiap harinya, model bahasa penagihan jg sama spt pinjol ilegal. Tidak sy tanggapi & tdk akan sy bayar sepeserpun. Mau blacklist krn data msk slik ojk bodo amat sy gk peduli.

      • 1 Mei 2023 - (17:32 WIB)
        Permalink

        Kenapa tidak diselesaikan dengan penjelasan jangan ditunda,anda yg akan rugi,selesaikan dengan menjelaskan bahwa anda tdk.pakai?

  • 27 April 2023 - (17:11 WIB)
    Permalink

    Ada oknum aku lakukan yg nakal kl merasa tidak ambil barang jgn dibayar kejadian sama dengan sy sy tidak akan mengunakan aku lakukan lagi sistemnya bokbrok

    4
    1
    • 10 Juni 2023 - (14:43 WIB)
      Permalink

      betul…saya juga mengalami. masa belanja sudah dikenakan bunga. ini dibungain lagi dengan kalimat samaran DP atau uang muka. Dan ini sudah di konfirmasi sendiri yg mengaku TL CS dr akulaku. bahwa DP yang kita bayarkan dengan duit pribadi menjadi tanggungan kita sendiri. dibebankan ditagihan…whaaattt nama samaran DP tapi itu sebenarnya bunga dibayar diawal dan menjadi tambahan ke tagihan yg sdh dibungain. gila bener…katanya diawasin OJK tp mereka nekat terapi cara2 seperti ini.

  • 27 April 2023 - (17:16 WIB)
    Permalink

    Sy penguna aku lakukan 5 tahun dan barang banyak sy ambil baru kejadian ini yg sy alami akun sy dibobol dan tipu sy barang tidak ambil disuruh bayar 385×3

    • 2 Mei 2023 - (19:45 WIB)
      Permalink

      Sama itu ka sm kasus adik saya, akulakunya dijebol sm orang smpe 2 jt udh dateng kekantor akulaku minta pertanggungjawaban nya malahan kekeh kita juga disuruh bayar padahalkan kalo untuk pembelian tiket atau apa menggunakan pin ini kok aneh bisa jebol gtu.

  • 27 April 2023 - (18:29 WIB)
    Permalink

    Ini seperti pisau mata 2. Kalau ga dibayar kita kena di SLIK. Kalau bayar statusnya cancel 1.
    Nanti kalau kena di SLIK susah ajukan kredit lainnya.

    5
    1
  • 27 April 2023 - (18:32 WIB)
    Permalink

    Katanya order di cancel seller tapi di screenshot kok alasan cancel karena ingin ganti kurir/alamat pengiriman?

    • 28 April 2023 - (20:13 WIB)
      Permalink

      Jangan di bayar aja ka sekalian gk ada hukum pidana nya ini..paling cuma perdata yg namanya pinjol itu semua sama lintah darat

  • 27 April 2023 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Habis di up di mk nnti selesai mslh ini. Kl dh selesai segera cek slik ojk. Biasanya ga beres dan telat update. Mslh lagi.

    • 28 April 2023 - (06:07 WIB)
      Permalink

      Ohh ini cancel anda sendiri yah.. iyah itu menunggu di Approve penjual dulu.. mungkin penjual nya nga mau cancel kan.. jadi tetep jalan pembelian…
      Atau Refund nya biasa sih ke Saldo Akulaku.. nanti bsa kita gunakan buat bayar next tagihan.. jadi di lain sisi saldo akulaku sebagai dompet digital ready buat cover transaksi 3x cicilan tersebut..
      tapi yah karna lawan nya sistem yah..
      mau ga mau deh kita yg selalu mengalah.
      dari pada SLIK jelek.. mau ambil Mobil Rumah dll jadi nga Bisa kan..

    • 29 April 2023 - (19:04 WIB)
      Permalink

      Kalau ada yang pengalaman serupa fosting saja… Biar yang Laen bisa jadi pertimbangan aplikas aplikasi yang bobrok mah harus di musnahkan biar yang awam enggak jadi korban …

  • 28 April 2023 - (06:27 WIB)
    Permalink

    Kyknya cicilan paylater emang gak bs dicancel ya, kena penalty ntar. Biasanya direfund ke rekening sebesar harga barang, trs cicilan kita bayar sesuai pilihan awal. Cm kalo akulaku gak ngerti jg refund-nya kemana. Coba dipastikan lagi kak.

    • 29 April 2023 - (01:39 WIB)
      Permalink

      kalau saya pribadi udah ga tertarik dengan aplikasi ini itu krudat kredit, paylater ini itu, lebih baik kalau mau beli sesuatu nabung dulu , dari pada ngurusin utang seumur hidup

      4
      1
  • 28 April 2023 - (20:17 WIB)
    Permalink

    Himbauan !
    Matikan dan jangan pakai fitur kreditan, karena itu Jeratan buat kalian.
    Jangan memakmurkan kreditan yg rugi Anda sendiri, kabari semua orang terdekat Anda.

    Hutang harus di bayar, jika penyelesaiannya sama seperti Lintah Darat lebih baik jangan sesekali berhutang walau itu Lembaga Keuangan Legal, praktek nya sama saja mencekik dan menjerat

    7
    2
    • 2 Mei 2023 - (18:27 WIB)
      Permalink

      Jazakallah khairan.. lebih baik bersabar buat nabung karna kalau nyicil terus ada lebihnya jatohnya riba yaa hanya mengingatkan agar kita tidak terlilit hutang jazakallah khairan?

  • 29 April 2023 - (05:59 WIB)
    Permalink

    Cara menutup/blokir permanen Akulaku. masuk ke Akun, Bekukan akun, setelah dibekukan tunggu 1 bulan, akun sdh terblokir permanen.

    2
    1
  • 3 Mei 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Seram juga aplikasi akulaku, mending Shoppe kalau mau kredit di dalam nya langsung bisa kredit tanpa perantara aplikasi pihak ke 3.

    Apalagi sering kredit, limit semakin naik.

    Bukan bermaksud promosi, kenyataannya emng bagus.

 Apa Komentar Anda mengenai Akulaku Indonesia?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Akulaku Semakin Mencekik

oleh nuril huda dibaca dalam: 1 menit
27