Barang yang Dikirimkan Tidak Sesuai Foto Tetapi Komplain Ditolak oleh Tim Mediasi Shopee

Saya membeli baju (pre-order) di toko bernama igoods.johnny yang merupakan star seller di Shopee pada 4 April 2023 dengan NO. PESANAN. 23040488422N67.

Pada tanggal 22 April 2023, saya mengajukan banding karena baju yang saya terima sangat jauh berbeda dari foto yang diiklankan. Padahal di deskripsi produk tertera jelas barang 100% original. Sebelumnya saya sempat chat langsung dengan penjual perihal ini, namun belum menemukan titik temu. Dan tiba-tiba di tengah percakapan pada 22 Apr, 14:06 saya mendapatkan balasan otomatis bahwa toko sedang libur.

Saya menunggu respon dari penjual hingga pada tanggal 25 April, penjual menolak pengajuan pengembalian dana & barang menggunakan alasan barang yang dikirim sudah sesuai.

Admin shopee meminta saya untuk memberikan bukti pendukung pengajuan tersebut. Bisa dilihat dari foto, baju yang saya terima tidak sebagus yang diiklankan karena design dan jahitan yang sangat berbeda. Renda di foto jauh lebih panjang dan berbentuk V sedangkan baju yang saya terima berbentuk Y, rendanya sangat pendek (tidak sampai ke bahu/lengan atas) dan bentuk jahitan berbeda.

Namun admin Shopee dengan sepihak menolak pengajuan saya dengan alasan barang yang dikirim penjual sudah sesuai tanpa ada diskusi lebih lanjut. Padahal ketika pembeli mengajukan komplain harus menunggu respon dari penjual 3 hari lamanya.

Saya sangat kecewa dengan pelayanan mediasi oleh admin Shopee yang cenderung mendukung perilaku seller tidak jujur seperti ini. Sudah jelas sekali produk tidak asli sesuai foto yang dipajang tetapi kenapa pengajuan banding dimenangkan oleh penjual?

Hal ini membuat saya jadi berpikir 2x jika hendak membeli barang mahal di aplikasi Shopee ke depannya. Padahal pengalaman di aplikasi e-commerce lain ketika ada kerusakan/ ketidaksesuaian barang ditanggapi dengan sangat baik. Saya kira sama-sama e-commerce berskala besar kualitas pelayanan dapat bersaing, nyatanya tidak.

Saya harap ada itikad baik dari pihak Shopee untuk dapat membuka kembali dispute pesanan saya dan menyelesaikan masalah ini.

Terima kasih.

Diah Ayu
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

43 komentar untuk “Barang yang Dikirimkan Tidak Sesuai Foto Tetapi Komplain Ditolak oleh Tim Mediasi Shopee

    • 29 April 2023 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Saya kalau beli pakaian di Shopee / Lazada berfikir puluhan kali dulu… Hehehe…
      Soalnya pengalaman ya gitu, yg dateng gak sesuai, baik model maupun ukurannya. Tapi gak semua. Banyak juga yg cocok… Ya gitulah resiko beli online..

      • 30 April 2023 - (08:15 WIB)
        Permalink

        @Moci, sory ga paham tuh idiologi dari mana? Asal jeplak a?? Bahkan anak TK yg baru pegang duit jga pahamnya ADA HARGA ADA KUALITAS, udah hukum ekonomi itu, UDAH ga punya Uang, pengen Gaya Selangit, bacot lgi xixixixi……

        1
        1
    • 29 April 2023 - (10:30 WIB)
      Permalink

      Memang beberapa marketplace lokal tidak berpihak dengan penjual saat komplain barang, saya pernah mengalami beberapa kali, belum lagi kalo pengembalian barang biaya kirim kadang harus kita yang tanggung walaupun ada juha yang langsung dipickup kurir. Pengalaman saya belanja di ali express ada 2 kali saya komplain karena barang yang dikirim tidak sesuai gambar, melihat ini pehak ali express langsung bertindak mengembalikan dana saya tanpa saya harus mengembalikan barang, semiga kedepan marketplace kita semakin berpihak kepada pembeli

      1
      0
      • 30 April 2023 - (02:27 WIB)
        Permalink

        Shoppe??? Udah gak aneh sih, wlw penjualnya gak curang semua, tp kebnyakan.. Beralih lah ke e-commmerce yang kredible.

      • 1 Mei 2023 - (07:25 WIB)
        Permalink

        Sy jg pernah ngalamin hal yg sama, niatnya bl BBQ listrik eh yg dtg malah wajan maxim ( teflon) di complain dr hr 1 terima ke penjual & Shopee ga di read sampai di ulang2, kirimnya, ktnya waktu hbs sy ga menjwb complain, pdhal foto, video semua jg sdh ada, kecewa berat dg Shopee yg berpihak pd penjual yg curang, & tdk jujur pdhal seblm bl di chat dl apa brg ada, eh kt nya ada begt beli malah brg nya lain yg dtg.

  • 28 April 2023 - (13:50 WIB)
    Permalink

    Resiko beli online ya gt.
    Makanya kalo beli pakaian, mending lgsg karena sdh jelas kita tau produknya.

    20
    22
    • 29 April 2023 - (08:09 WIB)
      Permalink

      Kocak bener percaya sama iklan, dimana² iklan tu udah di edit ato bahkan pake jasa design profesional, ini beli di e-commerce, cuman star seller lgi bapernya minta ampun, aku beli salah ukuran salah warna cuek aja klo star seller,klo ente mau yg bagus beli di shopee mall terus pilih yg branded

      11
      10
      • 29 April 2023 - (14:08 WIB)
        Permalink

        Setiap orang punya hak membeli dan mendapatkan yg terbaik walau dgn harga murah.. faham kau?

    • 29 April 2023 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Shopee agak memihak penjual, salah warna pun dimenangkan shopee. Klo di marketplace si hijau hampir selalu menang pembeli, penjual harus perfect. Barang mahal mending jgn di shopee

  • 28 April 2023 - (14:00 WIB)
    Permalink

    sebelum membayar, chat dulu penjual, pastikan motifnya dll” JIKA BARANG TIDAK SAMA DGN FOTO REFUND ya..
    untuk bukti pendukung jika ingin ngajuin klaim, kadang penjual itu hanya memnyamakan warna saja dgn foto dan mengabaikan motif ..

  • 28 April 2023 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Pembeli kadang juga biadab (bukan yg posting baju ini ya) mreka seenaknya ancam penjual : pastikan barang dikirim bagus, jangan sampe cacat. Kalo rusak auto bintang 1 …tapi bgitu barang terkirim dalam kondisi sesuai, boro boro kasih bintang 5

    25
    47
    • 30 April 2023 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Saya sering refund di shopee. Memang agak berbelit2 & lamaaaa penanganan admin dalam mengajukan pengembalian. Dari sini saya simpulkan, kurang nya PRINSIP KEHATI-HATIAN aplikator dlm menyaring penjual yang jujur, ketika penjual di blokir musnah jg diskusi dgn penjual (lock). Jika sdh begini, gmn lg penyelesaian pengembalian. Dan pihak shopee pun hanya IGNORE. Pihak penyedia harus nya bertanggung jawab penuh pada itikat buruk penjual kepada konsumen. Jika lepas tanggung jawab ya kita bisa asumsikan aplikator & penjual SINDIKAT KRIMINAL PERDAGANGAN yang merugikan konsumen. Bisa kita kaitkan disitu (kalau mau cape).

      Saran:
      Baiknya aplikator melaksanakan PRINSIP KEHATI-HATIAN dalam menerima penjual. Dan penjual di kenakan DEPOSIT agar minim terjadi hal2 yang serupa. Ya tentunya dgn ada deposit mikir2 kan penjual untuk beritikat buruk.

  • 28 April 2023 - (17:06 WIB)
    Permalink

    Belanja di toko online emang enak ga ribet, klw rejeki dpt yg sesuai atau bagus ga cacat, klw lagi apes ya sprti kasus ini dn lainnya…

  • 28 April 2023 - (23:25 WIB)
    Permalink

    Sy yg gak ngerti mode bs lihat sih itu bukan barang realpict. Cm tiruan yg tdk detil nirunya. Ori nirunya. Pihak soppe hrusnya menempatkan orng2 yg kompeten thdp brng2 ttt untuk menilai.

    6
    2
    • 29 April 2023 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Benar sekali. Sy smp bikin coretan diatasnya biar jelas tp pihak seller & admin shopee masih bersikeras produk sesuai gbr

  • 29 April 2023 - (02:38 WIB)
    Permalink

    Kirain baju yang dikomplein ini harganya mahal ternyata murahan cuma 166 800. Dipasar thrif banyak. Ikhlaskan saja.

    5
    13
  • 29 April 2023 - (03:26 WIB)
    Permalink

    Kejadian yg sama menimpa saya, membeli daster 15 unit di seller shopee @dastersolo yang dikirimkan cm 12 unit, komplain krn ga ad video unboxing, ga ad tanggapan memuaskan auto tutup akun shopee…
    Shopee sangat mengecewakan.

    • 29 April 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      Ya kan emang harus ada buktinya,,, kl sudah di bongkar tanpa ada video unboxing,, bukti nya kurang kuat sih,,

  • 29 April 2023 - (05:05 WIB)
    Permalink

    Ketika baju ori di jaitnya sama penjahit magang ???
    Apakah plattorm penyedia layanan ini akan memilih jalan menjadi platform penipuan legal terbesar di indonesia,ataukah memilih jalan menjadi platform jual beli terpercaya,mari kita lihat jalan mana yang akan platform ini tempuh?

    4
    1
  • 29 April 2023 - (06:09 WIB)
    Permalink

    Memang klo belanja online kadang suka seperti ini ya.. Klo perbedaannya hanya sedikit pasti yang menang seller.. Itu masih batas wajar, Masih banyak juga orang beli barang elektronik contoh set up box dikasih dompet dll di s****e harusnya ada team investigasi khusus jika ingin jadi platform terbaik dan terpercaya sehingga tidak ada lagi seller bakal atau pihak yang merasa dirugikan.

    1
    1
  • 29 April 2023 - (07:25 WIB)
    Permalink

    Gemana produk pakaian jd Indonesia bisa bersaing dgn produk china klu kualitasnya asal2an spt itu dan mencontek desain org pun asal sekedar jd spt itu. Dr foto sdh jelas itu baju hasil nyontek desain dan yg difoto adalah desain org lain. Ini sdh jelas sama dgn penipuan. Anak saya sdh sering tertipu nelanja di shoope dgn penjual spt ini. Kasih ulasan bintang 1 dan jelaskan bahwa barang yg dijual palsu atau tiruan agar pembeli lain tdk tertipu.

      • 29 April 2023 - (18:31 WIB)
        Permalink

        Kasihan amat kamu tdk bisa bedakan produk china sama tukang jahit pinggir jalan alias tukang jahit kodian itu. Klu produk china kualitas seburuk itu gak bakal ada yg mau import krn gak bisa import cuma 10pcs, paham??? Jd penjual2 nakal itu dia kasih contoh gambar, suruh tukang jahit murahan pinggir jalan buat spt gambar dgn ongkos jahit murah dan mrk cuma buat 5 pcs, klu terjual krn berhasil nipu ya mrk buat lg. Klu gak laku ya disimpan di gudang dan mrk akan tiru lg model2 baju yg laris manis. Begitu cara kerja penjual penipu macam mrk. Belajar lg kamu, klu jahitan Indonesia bagus, HARGA SDH PASTI GAK TERJANGKAU dan susah jual di market place yg cari baju harga terjangkau kualitas cukup baik. Mangkannya jgn heran hasil produk tekstil Indonesia yg berkualitas, dipasarkan ke Amerika dan Eropa, bukan di shoope, krn dijual sampai lapuk jg gak bakal ada yg beli ????….!! Belajar lg yaa sebelum komentar.

  • 29 April 2023 - (08:00 WIB)
    Permalink

    Dishopee emang banyak produk tiruan, dulu saya beli produk di shopee dengan brand gamis uwais ori harga 200 ribuan, sekarang saya lihat banyak yg jual produk dengan gambar milik uwais dengan harga dibawah 100ribu dan sudah memiliki banyak ulasan, saat saya lihat ulasannya saya yakin barang itu 100% tiruan, dan justru yg jual barang ori sedikit yang beli

    1
    1
  • 29 April 2023 - (08:04 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah selama belanja di shoppe, saya sudah beberapa kali retur barang..dan ga pernah ada masalah..baru 4 hari yg lalu saya retur celana chynos..
    Sudah saya chat, tapi ga di balas tokonya..
    Lalu saya retur, setelah 4 hari otomatis kluar pin retur saya…
    Alhandulillah lancar terus tiap kali retur..
    Ga pernah bermasalah

  • 29 April 2023 - (12:56 WIB)
    Permalink

    Belanja baju / celana itu tricky ya menurutku
    Banyak halnyang ga bisa diwakili ileh gambar seperti bahan, sablon / renda / manik², jahitan, dan terakhir ukuran

    Jadi mending beli offline bisa lihat & pegang dulu (bahkan bisa nyoba)

    Kalopun beli online ya item yg sudah pasti aja dan di official shop nya

  • 29 April 2023 - (13:20 WIB)
    Permalink

    Ini mah seperti toko pengrajin baju yang jiplak produk luar, tapi jiplaknya ga niat. Apa sudah dicek komentar buyer lain di toko itu?

  • 29 April 2023 - (23:01 WIB)
    Permalink

    Admin shopee yg ngurus masalah itu sepertinya punya masalah mata. Lebih baik diganti atau dipecat saja. Sudah jelas itu tidak sama.

    Saya liat foto iklannya aja ud tau itu foto bukan foto barang yg dijualnya. Banyak toko yg iklannya bgitu biasanya yg iklan model cina/korea gtu fotonya.

  • 30 April 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Saya juga begitu. Relakan saja. Percuma komplain ke pihak shopee biarpun ada bukti foto dan video banyak tetap penjual dimenangkan. Sudah jelas saya pesan baju kebaya warna ungu ukuran XL untuk acara pesta ibu saya karena diminta seragam. Daripada beli kain dan jahit biayanya ratusan lbh baik beli jadi aja kan dipakai berapa kali aja. Nah sudah bayar dan sblm co tak tanya sellernya jawab ready kak. Setelah dikirim via jnt malah jumbo atau xxl dan modelnya beda jauh. Saya chat penjual gak digubris, setelah ajukan pengembalian barulah dia balas kalau memang begitu modelnya. Aneh kan jauh beda masa dikasih yang kerah polos dan beda foto display. Kirim pun yang nanggung semua biaya kirim ke seller malah saya tanggung. Setelah itu apa? Saya diblokir si penjual. Berapa kali saya begini. Prosesnya ribet dan akhirnya dana balik tapi gak full, tdk termasuk ongkir.
    Tak kasih lah rate 1 malah dibalas katanya saya seller nakal sengaja kasih review buruk. Hellow. Saya pembeli bukan penjual. ? Akhirnya saya pesan ke toko lain di medan dan harganya kali ini bwh 150. Dikirim cepat dan sesuai pesanan. Memang tipis tapi pas sizenya. Ibu saya senang dan untung masih sempat dipakai acara. Memang sesama batak paling ngerti lah ya. ☺️
    Star seller belum tentu bagus pelayanan dan kualitas barangnya. Packingnya juga asal dan gak ada nambahin bubble wrap padahal sdh atc berlapis sampai 11x juga gak ada dikasih. Kayak ambil kucing dalam karung lah. Buat kalian yang bilang, ya kalau gitu beli aja lu dipasar. Emang lu pikir disini murah apa. Lu enak tinggal di p.jawa nah gw di kalimantan. Jahit aja 150rb belum beli kain per meter,blm payetnya,dll.

  • 30 April 2023 - (14:57 WIB)
    Permalink

    Sy punya pengalaman buruk dgn Shopee barang dibatalkan sepihak oleh penjual, Pengembalian dana BERTELE TELE, Oleh karena itu Sy AMALKAN Pengembalian dana nya, Semoga Shopee tambah makmur

  • 30 April 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Kalo belanja online sdh hrs siap kecewa.
    ya klo lg beruntung bisa dapet penjual jujur barang sama dgn gambar.
    klo lg apes ya kayak gitu..penjual sibuk asal rendom kirim barang sesuai stok yg ada. Bukan sesuai gambar di etalase.
    aku juga sering beli kaos tp jelek tak kasih sopir atau ob ku saja. Klo komplen makan waktu dan emosi jadinya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 43 komentar sampai saat ini..

Barang yang Dikirimkan Tidak Sesuai Foto Tetapi Komplain Ditolak oleh …

oleh dhyu20182 dibaca dalam: 1 menit
43