Pembodohan atau Penipuan Publik Kuota Telkomsel?

Maaf kenapa bisa saya sebut pembodohan atau penipuan publik kuota dari Telkomsel, Karena yang dialami oleh saya memang seperti itu adanya.

Telkomsel mempunyai paket yang bernama paket internet sakti (cek di aplikasi Telkomsel), paket tersebut mempunyai 2 kuota yaitu kuota utama dan kuota aplikasi (youtube,OMG),

Dikarenakan saya sering menonton video dari youtube, saya membeli paket tersebut. Tetapi dalam pelaksanaan atau penggunaannya itu berbeda yang terpotong hanya kuota utama bukan kuota aplikasi (YouTube,OMG). Kalau kita melihat syarat dan ketentuan dari pihak Telkomsel apa yang ditulis atau tertera di situ sangat jelas sekali aturan penggunaannya.

Saya selalu komplain tetapi tidak ada penyelesaian atau pembenahan dari pihak Telkomsel, customer service selalu bilang cek data usage, sedangkan data usage itu kebanyakan di youtube. Ok kuota utama pasti terpotong setiap buka aplikasi apapun, tetapi di situ juga saya memiliki kuota aplikasi (youtube, OMG).

Apakah sekali buka aplikasi apapun kuota utama terpotong 100mb-4GB habis dalam beberapa jam? Kita mengacu pada syarat dan ketentuan mutlak Telkomsel yang tertera di situ, jadi menurut saya tidak sesuai dengan apa yang dijelaskan pada syarat dan ketentuan yang berlaku sedangkan kuota youtube tidak terpotong,

Silahkan cek gambar yang saya kirim di sini lihat baik-baik dan cek jamnya, agar tidak menimbulkan salah paham. Padahal perusahaan provider nomer 1 dengan jaringan terbaik tetapi pelayanan terhadap publik sangat buruk sekali.

Intinya perbaiki apa yang menjadi keluhan dari pelanggan jangan sampai masalah menjadi besar yang akan merugikan dari pihak Telkomsel itu sendiri, Karena saya sudah komplain 3 kali, finalnya saya share di sini

Terima kasih atas perhatiannya.

Saprudin
Cirebon

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

128 komentar untuk “Pembodohan atau Penipuan Publik Kuota Telkomsel?

    • 2 November 2023 - (22:22 WIB)
      Permalink

      Promo 6gb…17 ribu… Buka film kualitas rendah saja bisa terpakai 1,5gb 1 film, yg ditonton bukan film india yg durasi 3 jam an… Klu kita gak cek ini quota… Pulsa kita yg ada akan disedotnya nya diam2… Ini telkomsel nya sdh berlangsung lama…

      • 11 April 2024 - (09:29 WIB)
        Permalink

        Halo, saya ingin menyampaikan beberapa pemikiran saya tentang penggunaan paket Telkomsel yang terbaru. Saya perhatikan bahwa paket-paket yang ditawarkan sekarang dibagi menjadi kategori internet dan aplikasi. Di website dan aplikasi MyTelkomsel, informasi yang diberikan lebih banyak mengenai cara aktivasi paket daripada cara menggunakan kuotanya. Padahal, menurut saya, cara aktivasi paket tidak berubah signifikan dari waktu ke waktu, cukup dengan pembelian menggunakan pulsa.

        Tetapi, saya merasa masih ada kekurangan informasi tentang bagaimana sebenarnya menggunakan kuota aplikasi yang tersedia. Mungkin ada banyak pengguna lain juga yang merasa bingung dan belum mengerti cara memanfaatkan kuota aplikasi ini secara maksimal.

        Saya juga menemukan beberapa sumber tidak resmi yang menyebutkan bahwa kuota internet harus habis terlebih dahulu baru kuota aplikasi dapat digunakan. Namun, pada kenyataannya, saya merasa kuota aplikasi berjalan sangat lambat, sehingga sulit untuk digunakan secara produktif.

        Saya berharap Telkomsel dapat memberikan informasi yang lebih jelas dan transparan mengenai cara penggunaan kuota aplikasi ini kepada pengguna. Mungkin dengan penyebaran informasi yang lebih luas dan viral, pengguna bisa lebih mengerti dan memanfaatkan layanan yang disediakan dengan lebih baik.

        Terima kasih atas perhatiannya, semoga kedepannya bisa ada perbaikan dan klarifikasi lebih lanjut dari Telkomsel mengenai hal ini.

        Note: saya kyk orang tolol, udah jadi orang yg menghabiskan ratusan bahkan jutaan rupiah untuk paket internet, malah saya yg repot dan mohon2 cara gunakan kuota apps, gila ni dunia.

  • 3 Mei 2023 - (20:06 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal yang sama.. Semoga ada perbaikan dari pihak Telkomsel.. Kesal juga tp mau bagaimana lg, sudah terlanjur pakai kartu telkomsel puluhan tahun.. Malas mau ganti nomor lagi..

  • 4 Mei 2023 - (00:48 WIB)
    Permalink

    Telkomsel memang busuk, untuk mendapatkan masa aktif saja tidak bisa diperoleh jika langsung membeli paketan.
    Diwajibkan untuk mengisi pulsa terlebih dulu, lalu aktifkan paket menggunakan pulsa tsb.
    Klo bukan karna nomor lama, udah saya bantu kartu/provider saya.

  • 4 Mei 2023 - (01:10 WIB)
    Permalink

    Kalo menurut saya sih ini namanya Penipuan dan Perampokan terhadap customer..
    Dan itulah penderitaan kita disini sebagai customer atau konsumen, Sepertinya undang undang perlindungan konsumen dan petugas nya nggak usah d buat klo tidak ada fungsinya.
    Buang buang duit negara buat menggaji mereka.

  • 4 Mei 2023 - (01:26 WIB)
    Permalink

    Pihak Telkomsel tidak akan berani memberi penjelasan tentang masalah ini,
    Percuma bicara disini, mending ganti kartu provider lain,saya juga sudah sering terjebak dengan kasus seperti ini, beli kuota internet sakti 18gb cuma bertahan paling lama 4hari, padahal buat FB, WA, dan browsing di google.

    • 4 Mei 2023 - (04:52 WIB)
      Permalink

      Kalau dilihat kuota applikasi yg didapat diawal 4.7Gb dan total penggunaan data Youtube sebesar 1.3Gb kalau dikalkulasi harusnya kuota aplikasi akan tersisa 3.39Gb sedangkan realny tertera di mytelkomsel 3.7Gb, kan tidak terpaut jauh hanya 400mb, masih terbilang wajar karena 400mb bisa jadi diambil dari kuota utama untuk proses membuka applikasi YouTube, baru setelah menonton video akan switch mengambil kuota applikasinya. Akan sulit kalau memakai bukti ini, karena sisa kuota applikasi dan penggunaan YouTube masih cukup logis.

  • 4 Mei 2023 - (06:51 WIB)
    Permalink

    Dengan melihat fakta buruknya layanan kepada publik bisa saja ini terjadi karena maraknya praktik Korupsi didalam tubuh Tsel

    Bagaimana sebuah bangsa bisa menjadi bangsa yang maju kalau dunia telekomunikasinya buruk?

  • 4 Mei 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Sy pelanggan Telkomsel rutin pake paket Giganet 130 GB Alhamdulillah lancar TDK ada masalah. Sy sarankan SDR penulis beli paket Giganet yg kuota besar. Dg nominal minimal 178rb daripada beli paket yg eceran. Niatnya Mau irit tp jd ngorot

  • 4 Mei 2023 - (10:31 WIB)
    Permalink

    Dari dulu ga suka sama telkampret. make karna terpaksa . Karna disini cm ada ini. kuota jg terlalu cepat habis . Orang2 dalam telkampret harus di audit semua itu… Banyak tikus2. Perusahaan negara hang membodohi rakyat..

  • 4 Mei 2023 - (11:40 WIB)
    Permalink

    iya nih saya juga, beli paket Spotify pun juga gitu

    ketika buka Spotify, paket utama yang kepotong

    setelah paket utama habis, buka Spotify gak bisa lagi, padahal kuota Spotify masih full

    memang sudah saatnya pindah dari Telkomsel

  • 4 Mei 2023 - (12:22 WIB)
    Permalink

    Hahahhahah pelanggan Telkomsel kena prank,,,
    Sama gw juga pake Telkomsel gw juga nyesel pake Telkomsel meskipun nie nomer udah masuk kemana ajj ovo dll yg full service,,,
    Kalau mau ganti lagi ya gw repot sendiri gw pake solusi kalau data selalu pake perdana selain Telkomsel ya paketan yg sudah diregritasi sama tokonya,,
    Ini setiap bulan gw isi 5rb kalau udah bisa beli paketan baru gw emosi 1 bulan karena koneksi Telkomsel gw paling lemot

    • 4 Mei 2023 - (23:07 WIB)
      Permalink

      @Adi Kalo di bilang paling lemot, banyak yang protes. Terlebih CS TselPret pasti minta screen shot, pasti minta speed test. Kalo di kasih , juga ga dilihat, juga ga bisa di tingkatin tuh speed, YA MAKSIMUMNYA udah begitu. KECUALI ganti orang IT nya, betul yah?

  • 4 Mei 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Tambahan nih…yg paling ngeselin adalah paket2 data nya diskriminasi..entah gimana algoritma nya…yg pasti..tiap nomor bisa beda paketan data di app mytelkomsel nya
    Terus paketannya banyak yg menjebak..ada paket 1 hari 7 hari 15 hari di urutkan sedemikian rupa supaya yg gak teliti jadi salah beli.
    Seolah hidup ini masih murang rumit aja..sehingga masih harus di bikin keder dengan paketan data nya.
    Entahlah..merasa tak berdaya juga sama bisnis setengah monopoli gini

    • 4 Mei 2023 - (20:57 WIB)
      Permalink

      @anthony
      Emang, lha saya ama bini aja bisa beda paketannya padahal tarif sama.
      Harusnya bagusna namain “Paket Diskriminasi”.
      Kacow telkomsel ?

      • 4 Mei 2023 - (23:09 WIB)
        Permalink

        @dhan TSEL bukannya paling bagus, paling cepat, seberapa tinggi ekspetasimu untuk sekualitas TSEL? Udah berapa lama pakai TSEL?

  • 4 Mei 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Kami sudah menghubungi bpk saprudin dan keluhannya sudah kami tangani.
    Trimksh tlh menggunakan produk kmi.

    Begitulah kira2 jawabn standar dr telnyet. Tdk djlskn apa saja langkah yg diambil utk mngtasi mslhnya agr tdk trulang lg pd konsumen nya yg lain. Liat aja.

  • 4 Mei 2023 - (22:30 WIB)
    Permalink

    Semenjak daily check in jadi ngaco dan ga masuk akal , saya pun akhirnya beralih ke tri .. Betah pake paket 100GB cuman 100rb …

  • 15 Mei 2023 - (01:47 WIB)
    Permalink

    @SAFEY CAREY, terima kasih atas bantuannya membantu membalas semua komen terkait masalah saya, yang jelas telkomsel sampai detik ini belum Ada penyelesaian masalah apa yang saya share disini Dan tidak hanya 1 program paket tetapi lebih Dari satu program paket, jika belum terselesaikan akan saya share disini lagi terkait beberpa program paket telkomsel, saya share disini menuntut penyelesaian Dari pihak telkomsel tetapi di tlp Dari pihak telkomsel hanya ngomong ini Dan itu tetapi masalah sampai detik tidak terselesaikan …
    Terima kasih

  • 25 Juni 2023 - (20:34 WIB)
    Permalink

    Akhirnya belilagi…
    Dan yg membagongkan …kuota youtube sisa paket yg lama ..gak kepakai mubazir

    Kadang paket internt malam mendadak hilang…

    Bli pulsa 10rb 15hari masa aktif
    Ttus bli 50rb 45 hari masa aktif

    Pas di cek dapatnya cuma 45 hr masa aktif …..yg 15 hari dan masa aktif sisa yg lama hilang……

  • 13 Juli 2023 - (10:59 WIB)
    Permalink

    Nah..nah..nah.. kirain gw doank yg begini..ternyata mank betul pembodohan ni telkomsel… Kuota youtube utuh..kuota utama yg abis…
    Kayaknya Telkomsel sengaja biar pelanggan beli kuota terus.. pendapatan dari tipu2 nanti duit nya jg abis ga ada manfaat… MAMPOOSSSS

  • 6 Agustus 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Skema layanan yg dijalankan telkomsel memang berniat menguras uang masyarakat yg membutuhkan kuota internet, maka dibuat kuota berdasarkan aplikasi yg lagi marak misal FB, IG, YOutube, tiktok, dll itu kadang² per aplikasi kalau gk dikatagorikan socmed, tapi caranya selalu ditrapkan setelah kuota utama habis lalu kuota buat aplikasi jalan, memang sih syarat dan ketentuan dijelaskan setelah kita mencari tahu, tapi tidak dicantumkan secara gamblang di saat beli paket ini. Bagi awam kalau udah beli paket misal youtube ya paket youtube yg kepakai tdk ganggu paket umum. Ya seperti sy bilang telkomsel sgt tau kalau kuota ini sdh jadi kebutuhan pokok dan lagi krn infrastruktur jaringannya luas krn perusahaan pemerintah

  • 28 Desember 2023 - (10:00 WIB)
    Permalink

    Benar ini adalah produk pembodohan saya memiliki 2 kuota dalam 2 Minggu pertama saya membeli produk internet sakti yang 14 GB kuota utama dan 15 kuota YouTube,di kuota pertama saya dengan pede menonton YouTube sehari” dan tanpa saya sadari kuota utama saya sisa 5gb disitu saya mengecek kuota YouTube saya dan ternyata masih sisa 15 GB belom berkurang,dan saya melanjutkan menonton sampai internet utama saya habis dan apa yang terjadi setelah internet utama saya habis membuka YouTube saya saya tidak bisa loading secara terus menerus, setelah itu saya membeli produk yang kedua internet sakti 23 GB + YouTube dan apa yang terjadi saya bisa membuka YouTube kembali tetapi harus memakai internet utama di sini saya bener” galau lagi membeli produk tersebut karena saya masih memiliki 21 kuota YouTube tidak bisa di gunakan

  • 21 Januari 2024 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Setuju sama penulis, saya juga pengguna internet sakti extra youtube. Ada jatah harian youtube 512mb, baru selesai streaming youtube terus saya cek app my telkomsel, dan ternyata malah kuota utama saya yang kepotong.
    Bisa gak ya kita nuntut telkomsel karena paket youtube yang kita beli tidak dapat digunakan.

 Apa Komentar Anda?

Ada 128 komentar sampai saat ini..

Pembodohan atau Penipuan Publik Kuota Telkomsel?

oleh DeYan dibaca dalam: 1 menit
128