Klaim Asuransi Barang Rusak Tokopedia 1 Bulan Belum Ada Penyelesaian

Saya mengalami pengalaman tidak mengenakan di transaksi saya di Tokopedia INV/20230418/MPL/3187066249 dengan tanggal transaksi 18 April 2023.

Adapun masalah yang saya alami adalah barang rusak (pembelian Macbook). Barang diterima dalam kondisi pecah LCD nya kemudian diajukan klaim oleh Tokopedia. Saya paham sepenuhnya jika proses klaim membutuhkan waktu dan awalnya saya bersedia menunggu, di sistem Tokopedia diinformasikan jika verifikasi dokumen maks 27 April 2023, dan estimasi pencairan dana adalah 2 Mei 2023.

Namun penjual cenderung tidak sabar dan mengancam akan datang ke alamat saya, hingga saya dan istri putuskan untuk batalkan komplain. Kemudian admin tokopedia membantu pengajuan klaim saya lewat live chat.

Sampai hari ini saya aktif menanyakan status klaimnya, tapi entah apa yang terjadi saya hanya diberikan informasi jika masih berkoordinasi dengan pihak Asuransi untuk pengembalian dananya. Dikarenakan prosesnya yang menurut saya sudah terlalu lama, saya memutuskan menulis artikel ini agar Tokopedia bisa menanggapi permintaan pengembalian dana saya secara lebih serius.

Sebelumnya saya sudah memberikan batas waktu penyelesaian, namun hingga saat ini masih sama tidak ada penyelesaian dari Tokopedia. Saya hanya berharap pengembalian dana saya segera karena prosesnya sudah lebih dari 1 bulan sejak transaksi.

Terima kasih.

Imam Syafei
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

10 komentar untuk “Klaim Asuransi Barang Rusak Tokopedia 1 Bulan Belum Ada Penyelesaian

  • 22 Mei 2023 - (11:17 WIB)
    Permalink

    [Namun penjual cenderung tidak sabar dan mengancam akan datang ke alamat saya, hingga saya dan istri putuskan untuk batalkan komplain.]

    WHY?? Pihak asuransi mengacu ke nomor invoice, dan dengan dibatalkan, dianggap transaksi sukses dan tidak ada kendala lagi (case closed).

    • 22 Mei 2023 - (11:38 WIB)
      Permalink

      Hal tersebut sudah saya komunikasikan dengan admin tokopedia by call. Tokopedia akan tetap membantu pengajuan klaim dengan melakukan komunikasi kepada saya melalui live chat, jadi sudah izin tokopedia.

  • 22 Mei 2023 - (11:32 WIB)
    Permalink

    Ada yg janggal dgn transaksi anda:

    Belanja dr toko gress dibuat April 2023, tanpa reputasi:
    https://tokopedia.link/GzahUXb1Zzb

    Dan spek laptop yg dijual juga tidak disebutkan dgn jelas. Hanya dengan judul: Macbook Pro Upgrade Spesifikasi Siap Coding. Sama sekali tidak ada di deskripsi tipe processor, ram, dll. Dan harga tertera 13.000.000, kondisi bekas dan jika dilihat sepertinya keluaran tahun 2013
    Harga baru keluaran 2022 pun bisa kebeli dgn 18jtan garansi ibox (garansi inter lebih murah lg)
    Belinya dr toko ngga jelas pula.

    Bagi yg paham, silahkan disimpulkan sendiri ini transaksi apa.

    5
    2
    • 22 Mei 2023 - (11:58 WIB)
      Permalink

      Ralat, malah lebih jadul lg. Krn masih ada slot CD/DVD-ROM nya, keluaran mid 2012, harga bekasnya kisaran 3jt-4.85jt (tergantung varian RAM+HDD). Barang tsb di penjual lain/afdol: https://tokopedia.link/O7BgjzT2Zzb

      Bandingkan dengan yg di checkout TS ini, barang yg sama (cek foto), namun harga wow 13jt di seller pendatang baru “januararifin”

      Hmm… Mgkn ada features” yg tdk disebutkan, ada tanda tangan personil Coldplay atau siapa yg ada nilai tambah 😁

      3
      2
  • 22 Mei 2023 - (13:29 WIB)
    Permalink

    ayo tokopedia yang tegas, jika memang merasa ada yang janggal dengan claimnya segera diproses secara hukum, jangan didiamkan berbulan2 tanpa ada kejelasan.

    jika memang claimnya benar, segera proses ganti rugi

 Apa Komentar Anda?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Barang Rusak Tokopedia 1 Bulan Belum Ada Penyelesaian

oleh imam dibaca dalam: 1 menit
10