SOP Transaksi Reversal di Aplikasi Livin’ yang Tidak Jelas dari Bank Mandiri

Saya merupakan nasabah Bank Mandiri pengguna aplikasi Livin’ dengan nomor rekening 105001811****. Saya juga merupakan nasabah Bank Permata pengguna aplikasi PermataMobileX dengan nomor rekening 0099-1161-****.

Sebelumnya, saya perlu menjelaskan bahwa saya memiliki beberapa rekening bank untuk memudahkan transaksi internal/tagihan internal dari masing-masing bank. Misalnya, harus transfer antar bank yang sama atau harus top up e-money di Livin’.

Pada tanggal 02 Juni 2023 pukul 02.53 WIB, saya melakukan pengiriman dana sejumlah Rp. 1.600.000,- dari rekening saya di Permata ke rekening saya di Bank Mandiri karena saya teringat harus top up e-money untuk transaksi saya di jalan tol yang dilakukan setiap hari kerja. Pengiriman dana berhasil. Dapat dilihat dari bukti transaksi berikut:

(1) Riwayat transaksi Bank Permata (2) Riwayat Transaksi Bank Mandiri
(2) Riwayat Transaksi Bank Mandiri

Ternyata di Livin’ ada notifikasi transaksi reversal, namun setelah saya cek di rekening Permata saya, tidak ada pengembalian dana yang tercatat. Sementara itu, di Mandiri Livin’ juga tidak terlihat adanya dana tersebut.

Nah, sekarang pertanyaannya, di mana sebenarnya dana tersebut berada? Sambil berusaha tenang, saya cari informasi tentang transaksi reversal dan menemukan artikel berikut: https://mediakonsumen.com/2022/06/11/surat-pembaca/reversal-transaksi-tanpa-penjelasan-pada-aplikasi-livin-bank-mandiri

Di kolom komentar, banyak yang mengeluhkan hal yang sama dan tanggapan dari Mandiri sangat tidak jelas. Kesannya, lempar tanggung jawab ke Bank Penerima padahal jelas-jelas dana sempat masuk ke rekening Mandiri karena tercatat di histori transaksi.

Di kolom komentar juga ada jawaban dari penulis bahwa Mandiri akhirnya mendebitkan kembali dana ke rekening penerima. Berikut ini adalah tangkapan layar jawabannya:

Jawaban author

Wah, bingung dong saya… Karena ketika dikonfirmasi ke Bank Mandiri, Bank Mandiri hanya melempar tanggung jawab ke Bank Permata tanpa ada upaya untuk melakukan pengecekan. Sangat berbeda dengan bank lain yang begitu saya ada keluhan, setidaknya tanggapannya berupa: “Mohon kesediaannya menunggu sebentar, kami akan melakukan pengecekan.”. Ini langsung dibalas begini dong:

Kalau Bank Permata tanggapannya begini:

Memang sih, transaksi baru saja terjadi sejak saya buat keluhan ini. Tapi, saya malas aja dana saya tertahan lama. Setidaknya melalui keluhan ini, semoga masalah saya bisa diperhatikan dan diselesaikan dengan cepat dan segera.

Memang sih, saya bukan nasabah prioritas di Bank Mandiri seperti Ibu saya, tapi ya masa kesalahan transaksi dari pihak bank juga jadi derita saya pribadi yang harus saya urus sendiri kesana kemari. Jangan dibola-bola dong. Kan pertandingan bola di Asian Games udah kelar. Haha.

Singkat cerita, saya mohon tanggung jawab dari pihak bank untuk menyelesaikan masalah ini segera agar tidak menimbulkan image negatif berkelanjutan pada bank. Jujur, saya jadi males transaksi di Mandiri kalau sebegitu mudahnya CS melempar masalah ke pihak lain tanpa ada upaya untuk sekedar mengecek. Semoga masyarakat luas lain yang membaca Media Konsumen tidak malas juga ya…

Sekian.
Salam hormat dari nasabah biasa non-prioritas,

Shela Natasha
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Bank Mandiri kepada Ibu Shela Natasha

Menanggapi pengaduan Ibu Shela Natasha di mediakonsumen.com tanggal 02 Juni 2023 terkait transfer antar bank melalui Livin’ by Mandiri, kami...
Baca Selengkapnya

24 komentar untuk “SOP Transaksi Reversal di Aplikasi Livin’ yang Tidak Jelas dari Bank Mandiri

  • 2 Juni 2023 - (20:10 WIB)
    Permalink

    Ternyata kasusnya sudah banyak terjadi dan pihak Mandiri enggan hanya sekedar CROSSCHECK data saja.
    Mentok di jawaban dengan format:

    “Mohon maaf atas ketidaknyamanannya, untuk perihal tersebut apabila Bank Mandiri sebagai pihak penerima dana maka sifatnya pasif yang hanya menerima dana, silakan Ibu melakukan konfirmasi kepada pihak Bank pengirim dana sebagai pihak yang menjalankan transaksi ya.”

    Padahal di livin’ dana sudah masuk lalu sistem mandiri yang reversal.

    • 3 Juni 2023 - (16:55 WIB)
      Permalink

      https://mediakonsumen.com/2022/06/11/surat-pembaca/reversal-transaksi-tanpa-penjelasan-pada-aplikasi-livin-bank-mandiri

      Cek kolom komentar artikel keluhan lain. Banyak kasusnya seperti ini dan histori dihapus mandiri. Sedangkan uang blm kembali ke rekening pengirim.
      Diawal ada notif pengiriman dan penerimaan berhasil. Tapi penghapusan seolah membuat penerimaan gagal.
      Harusnya jika histori mau dihapus, nasabah diberitahu dulu. Gimana kalau ada nasabah yang gak lapor, gak capture trus tau2 bukti hilang? Kan tambah repot.

    • 5 Juni 2023 - (01:49 WIB)
      Permalink

      UPDATE TERBARU:
      Dana yang reversal sudah masuk ke rekening penerima (mandiri) dengan status di histori transaksi sebagai “Transaksi Otomatis” dan keterangan berupa : “Pengkreditan Otomatis *Kode BI Fast*”
      Tercatat transaksi dilakukan pada tanggal 04 Juni 2023 (tengah malam menjelang tgl 05 Juni 2023).

      Jadi bukan kembali lagi ke rekening pengirim melainkan masuk ke rekening penerima.

  • 3 Juni 2023 - (08:39 WIB)
    Permalink

    Ya terus mau nya gimana ? mandiri sudah melakukan konfirmasi walau pun pakai template dan sudah menjelaskan bahwa transaksi bersifat pasif. Jika alasan seperti ditunggu saja dan cukup tau bahwa mandiri demikian. Jika dana tidak kembali dengan jangan waktu yang sudah cukup lama baru blow up. Ya semua tau bahwa uang itu sangat berharga, tapi sistem juga bisa error.

    keep calm, gue bukan orang bank hahaha

    • 3 Juni 2023 - (09:16 WIB)
      Permalink

      Masalahnya di mutasi itu udah masuk pak. Trus minus lg karena reversal. Setelah dicek ternyata sering begini ke nasabah lain dan mandiri sama sekali tidak crosscheck. Setidaknya harusnya ada kalimat “mohon kesediannya menunggu, kami akan melakukan pengecekan”.
      Itu sih yang sangat minus menurut saya pelayanannya. Lempar tanggung jawab padahal sudah dilampirkan bukti transaksi. Dan kasusnya sudah ada yang dananya kembali di rekening mandirinya sebagai rekening penerima. Bukan kembali ke rekening pengirim. Dan itu pihak bank mandiri yang proses setelah di up via media konsumen.
      Pasif darimana jadinya????
      Coba baca link artikel media konsumen yang saya lampirkan di atas.

      Saya up cepat karena memang respon mandiri sangat tidak solutif. Bahkan cenderung membiarkan nasabah yang cari tau sendiri padahal kesalahan di sistem livin’. Bukan di nasabah. Terbukti di capture saya itu Rp. 1.600.000 sudah masuk (warna hijau) lalu keluar lagi karena reversal (merah) sedangkan di bank permata tidak ada pengembalian dana sama sekali.

      • 6 Juni 2023 - (08:11 WIB)
        Permalink

        mau tanya dong buat yg tau sejak mengirimkan artikel ke media konsumen.
        berapa lama ya. disunting sampai dengan tayang

        • 6 Juni 2023 - (08:48 WIB)
          Permalink

          Tergantung banyak atau tidaknya kesalahan penulisan. Kalau kemarin saya post pagi, dinaiktayangkan sore di hari yang sama.

  • 3 Juni 2023 - (10:18 WIB)
    Permalink

    Kalo tf via BI – fast memang sering kejadian seperti ini sebenarnya anda tinggal lapor ke bank rek pengirim dalam hal kasus anda permata dan menyanggah bahwa tf itu gagal. nanti saldo akan balik. dana anda gak hilang tapi nyangkut di sistem BI-fast solusinya menyanggah via bank pengirim bukan penerima.

  • 3 Juni 2023 - (13:52 WIB)
    Permalink

    Sudah saya tanyakan ke bank pengirim. Bank pengirim sedang mengecek. Dan saya cek juga secara berkala bahwa di rekening permata saya belum ada kembali dana reversal.
    Di kasus reversal lain di media konsumen, mandiri yang akhirnya proses itu dana masuk dan status transaksi reversal dihapus oleh mandiri di mutasi.

    Selain itu saya menulis disini juga karena kecewa atas tanggapan mandiri yang notabene berbeda dengan bank lain yang meminta setidaknya “mohon kesediaan menunggu pengecekan”. Belum dicek, udah bales dengan bahasa prosedural tanpa solusi dan malah lempar saja kewajiban cek ke nasabah. Setidaknya ya dicek. Setelah tulisan up barulah pihak mandiri mau cek dan tindaklanjut. Kalau permata sejak kemarin sudah mengatakan akan memproses/tindak lanjut.
    Mandiri awalnya ya lepas tangan saja. Cek aja dulu kan bisa. Makanya saya mau tanya ini SOP gimana apa gak ada pengecekan ya.

    • 3 Juni 2023 - (15:19 WIB)
      Permalink

      Sistem perbankan memang seperti itu.
      Jika ada transaksi reversal maka melaporkan ke bank pengirimnya.

      Misalnya anda transaksi dari bank ABC ke bank DEF lalu terjadi hal serupa seperti yg anda alami, maka pelaporannya ke bank pengirimnya karena bank penerima memang sifatnya pasif (hanya menerima saja).

      Dan setau saya, rata-rata perbankan utk histori reversal memang akan hilang pada H+1 (tergantung kebijakan bank masing-masing).

      Semoga dapat membantu dan bermanfaat infonya.

      Terimakasih

      • 3 Juni 2023 - (16:37 WIB)
        Permalink

        Siap terima kasih informasinya.
        Saya juga sudah meminta bank pengirim dalam hal ini Permata untuk menindaklanjuti.

      • 3 Juni 2023 - (16:46 WIB)
        Permalink

        Update terakhir histori transaksi masuk dan reversal dihapus dari mutasi rekening di livin’. Persis seperti yang mas sampaikan bahwa histori akan hilang.
        Jadi capture seperti di artikel tidak ada lagi. Berarti memang boleh bank menghapus histori rekening nasabah? Tanpa pemberitahuan?

        • 3 Juni 2023 - (19:20 WIB)
          Permalink

          Bank dapat menghapus histori reversal karena kebijakan bank nya.

          Kalo tidak salah, seharusnya pada saat transaksi reversal tersebut di bank pengirimnya juga terdapat histori reversal nya dan H+1 dihapuskan juga histori reversal nya.

          Benar kan ya?

          • 3 Juni 2023 - (19:25 WIB)
            Permalink

            Saya cek mutasi Permata saya tersebut, masih ada transaksi pengiriman sukses ke rekening mandiri saya mas. Sampai saat ini hanya mandiri yang hapus transaksinya di mutasi rekening.

  • 3 Juni 2023 - (19:36 WIB)
    Permalink

    Transaksi reversal tsb hal yang biasa terjadi.
    Saya juga hari ini bbrp kali reversal.
    Transfer antar bank, dikarenakan gangguan sistem jadinya reversal.

    Saya transfer dari mandiri ke bank DKI (pembayaran VA ragunan).

    Karena saya paham adanya reversal, jadi saya biasa saja sih.. hehehe..

    Semoga tukar pikiran ini bisa jadi pengalaman dikemudian hari.

    Trims.

      • 3 Juni 2023 - (20:09 WIB)
        Permalink

        Yg saya alami dana kembali ke rekening pengirim.

        Sebenarnya Ada juga yg statusnya transaksi diteruskan ke rekening penerima.

    • 4 Juni 2023 - (03:53 WIB)
      Permalink

      Sebenarnya ngk usah permasalahkan history transaksi, aturan awal sebelum adanya online di buku tabungan di tulis, bank akan mengacu transaksi ke buku besar dst, cuman karna sudah obline semua jadi reqltime jadi bank bisa menyesuaikan yg penting nasabah dananya sesuai apa yg masuk dan keluar, kalau tidak sesuai baru komplain, anda mau bawa2 nama besar bank pun percuma, IT bank2 indonesia ya gitu, makanya bank kayak BSI saja bisa kebobolan sama hacker.

      • 4 Juni 2023 - (06:20 WIB)
        Permalink

        Ya benar pak tapi dana belum kembali dan histori sudah terhapus di bank penerima. Bank pengirim histori masih ada.
        Selain itu, keengganan untuk sekedar mengecek data saya saat melapor juga menjadi hal yang membuat saya kecewa. Bapak coba lihat aduan nasabah-nasabah lain. Begitu dibawa ke ranah media konsumen barulah bergerak untuk mengecek data. Harusnya SOP pertama adalah melakukan crosscheck data karena saya sudah lampirkan histori bahwa dana masuk sudah tercatat di histori lalu keluar lagi.

  • 3 Juni 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Sekedar saran berdasarkan pngalaman ya, untuk mnghindari transaksi reversal, usahain jngan transaksi d jam 00.00 sampai jam 05.00 pagi krna kbnyakan bank sedang offline, mngenai reversal bank pnerima sifatnya pasif jadi laporannya ke bank pengirim stlah d buatkan laporan ada yg dananya kmbali k rek asal ada juga yg d teruskan ke rek pnerima, bisa d cek secara berkala. semoga dananya segera kembali.

  • 4 Juni 2023 - (08:42 WIB)
    Permalink

    Terima kasih Bapak dan Ibu semua, atas sharing pengalaman dan infonya, saya jadi tahu apa yang harus dilakukan kalau terjadi hal yg demikian 🙏

  • 11 Desember 2023 - (11:08 WIB)
    Permalink

    berapa hari ya dananya balik??? apakah dana akan balik otomatis atau perlu lapor ke ban pengirim ata penerima

    • 11 Desember 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      3 hari kerja di kasus saya kemarin dananya masuk.
      Saran saya, ditelpon saja ke pihak bank agar lebih cepat proses pengembalian dananya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank Mandiri?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

SOP Transaksi Reversal di Aplikasi Livin’ yang Tidak Jelas dari …

oleh Shela dibaca dalam: 2 menit
24