Gagal Upgrade ke GoPay Plus

Halo, selamat siang sahabat Media Konsumen.

Sekitar satu minggu yang lalu, saya memutuskan untuk menghapus akun Gojek/GoPay karena tidak terlalu suka dengan fitur PayLater dan juga pada dasarnya saya sudah tidak menggunakan akun Gojek (khususnya GoPay) untuk bertransaksi di Tokopedia.

Saya menemukan menu penghapusan akun di aplikasi Gojek. Saya berpikir semua data saya akan dihapus. Namun, untuk menghapusnya ternyata tidak mudah. Kita harus mengajukan penutupan fitur PayLater kita dulu ke Findaya, dan itu berhasil karena memang pada dasarnya saya tidak memiliki tagihan di Findaya/GoPayLater.

Seminggu kemudian, entah kenapa saya berpikir untuk mendaftar kembali akun Gojek dengan identitas yang sama, mulai dari nama, nomor HP, bahkan email. Semuanya masih bisa kita gunakan setelah penghapusan akun tersebut.

Saya mencoba untuk upgrade ke GoPay Plus karena kita tahu fitur Plus ini sangat penting di e-wallet kita. Namun, itu ditolak dengan alasan ID sudah digunakan di akun lain. Saya bisa mengerti bahwa kemungkinan data KTP saya mungkin masih tersimpan di akun yang saya hapus.

Saya pun mengirim laporan bahwa ID sudah digunakan di akun lain, tetapi sudah tidak digunakan bahkan hingga beberapa kali. Alasannya selalu sama dan dibalas oleh agen/customer service yang sama bernama Sugianto, bahwa foto diambil bukan dari kamera HP. Terus terang, ini sebenarnya membuat saya kecewa, karena saya mengambil foto tersebut langsung dari kamera HP.

Lewat surat pembaca ini, saya berharap Gojek bersedia meng-upgrade ke fitur GoPay Plus atau menghapus akun Gojek (GoPay) secara keseluruhan beserta data-data termasuk e-KTP saya di Gojek.

Terima kasih kepada Media Konsumen.

Abdullah Malabar
Indramayu, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

41 komentar untuk “Gagal Upgrade ke GoPay Plus

  • 8 Juni 2023 - (19:21 WIB)
    Permalink

    [Seminggu kemudian, entah kenapa saya berpikir untuk mendaftar kembali ]

    kok bisa…

    4
    1
    • 8 Juni 2023 - (19:31 WIB)
      Permalink

      karena ternyata masih saya butuhkan untuk transaksi di ecomerce seperti tiktok dan blibi, (tokopedia sudah saya tinggalkan)terus terang saya cuma butuh gopaynya mas. bukan gojeknya. dan kebetulan kombinasi gopay dan jago memang masih dibutuhkan. sebenarnya alasan saya merasa risih dengan gopaylaternya juga sih. saya pikir setelah menghapus, dikemudian hari kita bisa mendaftar kembali dan mengupgradenya. ternyata tidak mudah setelah menghapus, karena itu tidak benar2 menghapus data2 kita, beda dgn jenius btpn yg semua data mmg dihapus termasuk ektp. kesimpulannya, jika dihapus,,berarti kita harus benar meninggalkan gojek. jangan berpikir untuk kembali, karena itu tidak mudah. tetapi harapan saya, penghapusannya harus benar benar fresh atau permudah yang kembali dengan mengupgrade seperti biasanya. alasan penolakan berkali kali ketika di upgrade untuk akun baru ini bukan ektpnya, tapi foto diambil bukan dari kamera hp. padahal saya jelas jelas memoto langsung dari hp. jadi saya minta ke pihak gopay, permudah upgrade atau hapus saja akun baru saya tapi dengan benar benar fresh jangan sampe ektp saya masih nyangkut. dompet digital bukan hanya gopay, kita masih bisa pake yang lain.

      3
      5
      • 9 Juni 2023 - (00:13 WIB)
        Permalink

        Persis yang pernah saya alami, itu terjadi karna tidak sesuai no / emailnya, kemudian saya ngadu ke gojek lewat email,,,, solusinya sebelum di upgade ke GO-PAY plus, pakai dahulu transaksi 2 kali. Kemudian sesuaikan email dan no yang pernah daftar pertama kali di GO-PAY.

        • 9 Juni 2023 - (04:04 WIB)
          Permalink

          semuanya masih sama mas, nomor dan email bahkan nama. tp mmg blm di pk transaksi. terima kasih sarannya, akan saya coba.

    • 9 Juni 2023 - (07:59 WIB)
      Permalink

      “Seminggu kemudian, entah kenapa saya berpikir untuk mendaftar kembali akun Gojek”

      Hahaha entah kenapa, emang kenapa kalo ditolak gojek? Bisa aja aktifitas mencurigakan. Ngasih alasan yg jelas aja situ nggak bisa, entah kenapa oh entah kenapa.

      1
      1
      • 9 Juni 2023 - (08:18 WIB)
        Permalink

        aktivitas mencurigakan darimana, tagihan gopaylater aja gak ada. bahkan promo pun gak dipakek di akun sebelumnnya. karena promo lbh ke gojek. kenapa saat itu ditutup, karena ada fitur paylater tersebut, jadi akun tidak bisa ditinggalkan saja. khawatir dikemudian hari bermasalah. alasan kembali, lbh berat ke tiktoknya dan itu sesuai dengan tos mereka. kita bisa daftar kembali. jika tidak bisa kembali, silahkan jelaskan di tos mereka. yg menjengkelkan, penolakan karena photo diambil bukan dari kamera hp padahal saya mengambil gambar melalu kamera hp.

  • 8 Juni 2023 - (20:37 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya masalah ini tidak perlu jadi konsumsi publik kalau TS berpikiran jernih dan panjang sabar. Solusi pertama adalah ikuti saja instruksi untuk unggah kembali foto KTP. Pastikan nomor telepon yang anda gunakan di akun baru adalah nomor yang sama dengan akun lama yang sudah dihapus. Solusi kedua yaitu tidak perlu upgrade ke GoPay Plus. Belanja online dengan limit saldo cuma 2 juta di GoPay Reguler justru menguntungkan anda dari sisi keamanan. Belanja nominal besar bisa menggunakan kartu debit dsb. Solusi ketiga adalah anda buat akun baru menggunakan data diri dan foto KTP dari istri, anak (dewasa), orangtua, paman, bibi, dll. Buat dan simpan akun baru ini di ponsel lain yang belum pernah dipakai install aplikasi Gojek.

    • 9 Juni 2023 - (03:35 WIB)
      Permalink

      terima kasih saranya mas, tapi ini juga untuk pembelajaran publik. menghapus akun ternyata itu tidak clean, ektp kita masih nyangkut. dan akan kesulitan untuk mengupgrade akun baru meski datanya sama. meski tos dibolehkan tp ttp akan sulit.

      • 9 Juni 2023 - (06:17 WIB)
        Permalink

        Hadee jadi manusia tdk punya pendirian, katanya sudah tdk di butuhkan akun gopay nya, minta di hapus, seminggu kemudian daftar ulang lagi, karna butuh, lukira yg punya perusahaan nenek lu, seenak jidak nya, pakai yg lain aja kan ada ovo, dana, masi banyak yg lain, hidup jangan dibikin ribet

        3
        1
        • 9 Juni 2023 - (06:59 WIB)
          Permalink

          pola pikir manusia itu beda2 boss, jgn dipukul rata. selagi tos mengizinkan bkn mslh. maka saya minta kejelasan tos, resiko yg terjadi jika dihapusn dan apa selanjutnya. mau dihapus terus balik lagi selagi di izinkan, bkn mslh. ini tdk ada kaitannya dgn ini perusahaan milik engkong loe atau bukan. ini terkait peraturan. jadi sebelum penghapusan, ksh tau bahwa id mungkin tdk bs dipk lagi kalo mau daftar lagi. penghapusan jg harus clean/bersih. jgn simpan ktp orang. kalo dia mau balik lagi, selagi itu dibolehin bkn mslh boss. kemudian ketika upgrade gagal, ksh alasan penolakan yg jelas. ini alasannya aneh, photo tidak diambil dari kamera hp. pdhl saya photo berkali kali dgn hp saya. alasan ngawur. yg bikin saya kesel, saya sampe mencukur jenggot saya dan brewok saya termasuk kumis untuk menyamakan dgn photo di ktp (sapa tau ini bs jd alasan ditolak). karena mungkin ada perbedaan, tetap ditolak. orang mau pergi atau balik lagi, setelah aturan msh membolehkan bknmasalah. itu aja boss, semoga ente bisa mengerti.

          1
          1
          • 9 Juni 2023 - (08:35 WIB)
            Permalink

            Tipe2 manusia yg ga mau di salahkan walaupun salah anda ini. Ngeyel

            1
            2
        • 9 Juni 2023 - (17:10 WIB)
          Permalink

          Ovo, dana tidak bekerja sama dengan Tokopedia kang cuma gopay, kalau untuk Comerrce yang lain bisa, emang salah nya orang ini plin plan aja. baru aja di hapus kenapa tiba-tiba pengen daftar lagi katanya. ada ada aja

          1
          1
          • 9 Juni 2023 - (17:50 WIB)
            Permalink

            Bisa kok bayar tagihan tokped pake ovo. Dana yg belum bekerja sama

          • 9 Juni 2023 - (17:53 WIB)
            Permalink

            otak manusia jgn dipukul rata boss. plin plan itu hak orang. selagi bisa kembali, dan aturan mengizinkan bukan masalah. ovo masih bisa buat transaksi di tokopedia boss. tapi gak perlu ngelebar ke tokopedia, karena sdh saya tinggalin. dan saya tidak masalah menutup akun tokopedia, karena di aturan mmg gak bisa kembali dgn email dan nomor yang sama. sementara di gojek, masih memungkinkan untuk kembali dengan data yang sama sebelumnnya dan bisa mengupgrade lagi ke gopayplus. intinya anda harus menghargai pikiran orang lain. apa yg ada di otak anda blm tentu sama seperti yg saya pikirin.

      • 12 Juni 2023 - (08:48 WIB)
        Permalink

        Up grade ke gopay plus juga, percuma, sy update, tujuan buat transfer ke keluarga, sodara, terima pembayaran dr orang, karena sering, malah di blokir, di curigai di pasal brapa, tapi sy sampe detik ini ga tau salah salah sya apa… sampai capek banding, tp ga di gubris….

        • 12 Juni 2023 - (10:45 WIB)
          Permalink

          udah berapa lama tuh mas? ngeri juga ya. udah gak niat ane upgrade, jawaban cs bertele tele. tapi jawaban cs terakhir agak puas, akun belum bisa dihapus karena belum lama dihapus. akhirnya dah ane tinggalin. selagi masih ada ewallet alternatif. saran ane, kalo gak ngerasa salah dan masalahnya serius, perkarain aja mas ke jalur hukum.

    • 9 Juni 2023 - (20:38 WIB)
      Permalink

      Kalau dari saya, kalau TS sudah akan pindah ke Ln wajar minta penghapusan akun, ini masih hidup di indo apalagi di kota besar minta penghapusan akun yg notabene kita masih butuh layananan gopay yg semakin terintegrasi. Ujung2nya berubah2 pikiran.

        • 9 Juni 2023 - (21:51 WIB)
          Permalink

          Mudah2an ngak jilat ludah sendiri lagi, kira semua orang kerja di gojek. Jangan asal tuduh.

          • 9 Juni 2023 - (22:16 WIB)
            Permalink

            perhatikan tanda “?” itu sebuah pertanyaan, bukan tuduhan

    • 10 Juni 2023 - (07:00 WIB)
      Permalink

      Klo sya mlah udh 2x top up saldo gopay tidak masuk pdhl dri agen counter udh terkirim,no bnr nama bnr kmna tuh larinya saldo??

      • 10 Juni 2023 - (09:11 WIB)
        Permalink

        topupnya via apa mas? kadang virtual account ada yg bermasalah(tp jrng sih, dulu di toped sering ngalami gini, biasanya via va bank bri). si pihak counter jg hrs komplen ke banknya, kemudian masnya jg hrs komplen/buat laporan ke gojeknya.

  • 9 Juni 2023 - (03:50 WIB)
    Permalink

    ada yang mengganggap permasalahan ini disebut plin plan. pola pikir manusia itu beda2. ada yg pergi, mereka memutuskan untuk kembali. ada yg bercerai kemudia rujuk lagi. manusia bukanlah ai atau robot yang cuma mengikuti perintah. ada yg konsisten untuk pergi, ada yg benar2 pergi setelah kembali dan ditolak. untuk kasus ini, jika mmg benar2 ktp sdh tdk bisa digunakan lagi setelah akun dihapus, jgn kasih menu penyelasaikan untuk kasus2 seperti upgrade ditolak karena ktp pernah digunakan di akun lain/sebelumnnya. kasih tos/aturan itu juga sebelum penghapusan. aturan yg tidak jelas tentu membuat orang bingung. saya tidak butuh promo atau paylater, saya hanya ingin ktp saya bisa digunakan sebagai mana mestinya karena ktp berhubungan dgn privacy user. jadi beritahu itu sebelum penghapusan atau hapus secara clean (semua data mmg bnr2 hilang).

    1
    1
    • 9 Juni 2023 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Coba baca di ketentuan yang poin 1, menyebutkan “apabila yakin id belum pernah digunakan untuk mendaftar sebelumnya…..” disitu aja udah jelas alasannya kenapa nggak bisa. Ya karna dulu sudah pernah, dan dihapus dengan kesadaran sendiri, atas permintaan sendiri. Kalo sekarang merasa perlu ya tanggung sendiri akibatnya, nggak bisa daftar ulang 🙄

      • 9 Juni 2023 - (08:19 WIB)
        Permalink

        bukan begitu mas, voba perhatikan gambar2 yang saya share. ada peraturan yg memungkinkan itu. pada dasarnya saya gak merasa rugi, karena msh ada ovo

        1
        1
          • 9 Juni 2023 - (08:39 WIB)
            Permalink

            karena ini media konsumen, tempat kita mengeluh. tentunya setelah kita menghubungi cs tapi tidak ada solusi. mmg salah saya, karena menghapus akun. tapi tos mengizinkan untuk kita kembali.

        • 9 Juni 2023 - (15:27 WIB)
          Permalink

          Kalau msh ada alternatif lain ya sdh lakai aja. Anda bilang ada peraturan yg memungkinkan? Itu kan menurut interpretasi anda, kalau menurut gojek nya ga bisa gmana? Anda mau maksain? Ya ga bisa boss. Anda jgn menilai 1 peraturan dr kacamata anda. Yg hrs dipakai jelas2 interpretasi dr si pembuat aturan. Gimana sih ente? Lain kali makanya jgn aok2an semua delete account, cukup apus aja sih appsnya kl dah ga kepake. Itu lbh mudah kalau aiatu hari anda mau pakai lg tuh apps, atau anda buat deep sleep aja tuh apps di hp anda, selesau kan. Ga perlu repotin anda, dan ga lerlu repotin pembuat apps, seolah2 pelanggan apps itu cuma anda aja, dan anda harus jd prioritas. Sudah jelas anda kekuar ga ada pengaruhnya buat gojek, tp saat anda betjngmah hapus2 account anda di gojek trua mau pakai lg tp ga bs, anda yg susah kan?!

          • 9 Juni 2023 - (15:51 WIB)
            Permalink

            scroll komentar2 disini, ada yang berhasil upgrade kembali dgn masalah serupa. itu berarti memungkinkan. dihapus sih gak masalah, saya biasa hapus aplikasi dana dan ovo. masalah utama di gojek/gopay, keberadaan fitur paylaternya itu. terkadang gak sengaja kepake. saya sendiri gak punya tagihan gopaylater. untuk akun yang dihapus atau buat akun baru dan status plusnya dipindahin ke yang baru, tentunya dgn upgrade dulu meskipun ditolak awalnya itu memungkinkan setelah kita ngirim laporan. cek komen2 disini, ada yg memiliki kasus serupa dan berhasil. yang membuat saya emosi, saya ditolak bukan karena id sudah digunakan setelah membuat laporan, tapi katanya photo gak diambil dari kamera hp padahal saya jelas mengambil photo dari hp

      • 9 Juni 2023 - (17:59 WIB)
        Permalink

        setelah itu cb baca poin ketiga mas, seandainya tidak ada poin ketiga. saya tdk akan tulis disini. karena sdh tau resikonya.

  • 9 Juni 2023 - (09:02 WIB)
    Permalink

    Sepertinya memang ada e-commerce yang begitu kita tutup kita tidak bisa buka lagi menggunakan ID yang sama. Ini pernah kejadian dengan saya waktu saya mau nutup OVO atau apa gitu. CSnya telepon saya dan bilang “maaf konsekuensinya apabila anda tutup maka anda tidak akan bisa daftar lagi menggunakan data/ID anda kembali selamanya”, karena saya yakin ya saya iyakan dan memang sampai saat ini saya tidak ada rencana untuk mengaktifkannya kembali.

    • 9 Juni 2023 - (09:05 WIB)
      Permalink

      terima kasih masukannya mas, saya sangat senang dengan komentar2 yg berisi sharing berbobot seperti ini. saat ini, saya sedang mengirim email untuk menghapus akun gojek/gopay aja. toh masih ada yang lain. terima kasih infonya.

      • 9 Juni 2023 - (09:15 WIB)
        Permalink

        Sami2 mas.
        Semoga di lancarkan urusannya dan segera di selesaikan problemnya. Karena memang penghapusan data apabila sudah tidak di gunakan (khususnya di ecommerce) itu penting.

    • 9 Juni 2023 - (15:30 WIB)
      Permalink

      jitak aja, di bully juga gak papa. wkwk. sekarang masih email emailan. barusan dapet blsn sesuai permintaan, akun saya sdh ditutup. tapi lucunya simulasi transfer ewallet masih nonggol tuh. di coba login juga masih bisa. bingung saya dengan csnya

  • 10 Juni 2023 - (19:50 WIB)
    Permalink

    Saya heran dengan komentar orang-orang yang menyalahkan TS nya. Selama tidak melanggar hukum, TOS dan merugikan orang lain ya ngga masalah dong. Di TOS nya Gojek juga memperbolehkan untuk mendaftar lagi dan upgrade ke Plus atau Premium kalau istilah di OVO. 1 NIK memang hanya bisa dipakai untuk 1 akun unique. Saya juga dulu pernah mengalami hanya bedanya saya salah memasukkan nomer HP, ketukar sama nomer untuk kerjaan dan pribadi, justru harus menghapus dulu kedua akun lalu daftar kembali dan lanjut upgrade di salahsatunya.
    Mengenai foto KTP dan selfie harus langsung diambil dari aplikasi Gojek nya, tidak boleh ambil dari Galeri HP karena setiap foto ada timestamp dan kode unik untuk bisa diverifikasi validitasnya oleh Gojek nya.

    • 10 Juni 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      semua photo diambil dari kamera hp mas, langsung dari aplikasi gojek. tapi ditolak, selalu alasan yg sama (diambil bkn dari kamera hp). hingga 3x. bahkan saya sampe cukur kumis dan jenggot lo, buat nyamain dgn photo saya di ktp yg masih klimis. akhirnya emosi memuncak, ujung2nya nulis disini

  • 10 Juni 2023 - (20:15 WIB)
    Permalink

    masalah photo diambil langsung dengan kamera hp mas, tapi ditolak dgn alasan photo tidak diambil dari kamera hp. itu yg bikin saya pusing, hingga 3x selalu gitu alasannya. makanya saya jadi emosi

 Apa Komentar Anda?

Ada 41 komentar sampai saat ini..

Gagal Upgrade ke GoPay Plus

oleh Abdullah dibaca dalam: 1 menit
41