Transaksi QRIS CIMB Niaga Failed, Uang Terdebit dari Bulan April Belum Kembali

Perkenalkan Saya Risa nasabah Bank CIMB Niaga, pada tanggal 29 April 2023 saya melakukan transaksi pakai QRIS OCTO Mobile CIMB di Hartono Pondok Indah sebesar Rp. 7.999.000. Transaksi saya dinyatakan failed oleh pihak Merchant (pada saat itu saya menggunakan QRIS merchant CIMB juga) namun rekening saya terdebet sebesar Rp7.999.000.

Oleh karena QRIS saya dinyatakan gagal oleh pihak Hartono, maka barang pun tidak saya terima. Berikut bukti transaksi tersebut berhasil, dan rekening saya terdebet:

Saya langsung mengajukan pelaporan melalui call center dan email pada saat itu juga (tanggal 29 April 2023), nomor pelaporan saya adalah CBGCF290423002232. Saya telah menjelaskan kronologis kejadian dan telah mengirimkan bukti-bukti serta surat sanggahan yang diminta. Saya ikuti semua persyaratan dari pihak call center. Dan saya diminta menunggu prosesnya sampai tanggal 12 Juni 2023.

Pada tanggal 3 Mei 2023, pihak Hartono Pondok Indah mengkonfirmasi ke saya bahwa uang tersebut masuk ke rekening tampungan mereka dan mereka akan memproses pengembalian melalui Merchant Bank CIMB. Sesuai prosedur, pihak Hartono akan meminta pihak Merchant CIMB untuk mendebit rekening tampungan Hartono untuk segera ditransfer dana tersebut ke rekening customer.


Pihak Hartono juga sudah membantu untuk follow up ke bagian merchant-nya untuk dapat mengembalikan uang ke rekening saya. Info terakhir dari pihak Hartono Pondok Indah adalah Bank CIMB Niaga telah mendebit rekening mereka sebesar Rp7.999.000, namun sampai sekarang dana tersebut belum juga ditransfer ke saya.


Saya selalu FU ke Call Center Bank CIMB, melalui Whatsapp, datang ke Cabang, komplain melalui twitter, namun sampai sekarang belum selesai juga permasalahan saya. Saya selalu diminta untuk menunggu.

Saya tidak mengerti mengapa prosesnya bisa lama sekali, padahal bukti-bukti sudah jelas dan pihak Hartono pun sama-sama melakukan pelaporan atas transaksi saya.

Saya mohon sekali kepada pihak Bank CIMB Niaga untuk segera mengembalikan uang saya karena ini sudah lama sekali dari tanggal 29 April 2023 dan saya sedang membutuhkan uang tersebut. Terima kasih.

Risa Safariyani
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan CIMB Niaga atas Surat Ibu Risa Safariyani

No. 041/CCG/MBCX/VII/2023 3 Juli 2023 Kepada Yth.: Mediakonsumen.com Up. Redaksi Surat Pembaca Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Risa Safariyani...
Baca Selengkapnya

5 komentar untuk “Transaksi QRIS CIMB Niaga Failed, Uang Terdebit dari Bulan April Belum Kembali

  • 17 Juni 2023 - (18:58 WIB)
    Permalink

    Kejar pihak hartono nya untuk bawel ke pihak bank nya.karena itu tanggung jawab mereka sampe dana dikembalikan ke pemilik rek.karena transaksi terjadi di merchant mereka dan yang berhak melakukan pembatalan adalah pihak mereka.saya sering mengalami case seperti in dan biasanya hnya butuh beberapa hari saja dihitung dari ketika email pembatalan masuk ke bank

    • 17 Juni 2023 - (19:19 WIB)
      Permalink

      Iya, Pak..sy juga push terus ke pihak Hartono nya dan so far mereka koperatif dan bantu follow up ke pihak merchant. Sy bingung banget kenapa bisa lama prosesnya. Info terakhir pihak merchant telah mendebit dari rekening tampungan, tp kenapa proses kredit ke rekening sy lama banget. Sy kira maks 14 hari kerja kelar, ternyata sampe skrg blm selesai jg.

      • 17 Juni 2023 - (19:26 WIB)
        Permalink

        Coba minta bukti email folow up mba .ada ga.karena hnya mereka yg bisa bantu agar dananya cepat balik.

        • 17 Juni 2023 - (19:37 WIB)
          Permalink

          Ada pak….dikasih screenshot emailnya dari Hartono. Besok Senin sy follow up lg. Terimakasih atas masukannya, Pak..mudah2 an uang sy cepet kembali.

  • 19 Juni 2023 - (10:38 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah pagi ini uang saya sudah di-kreditkan oleh CIMB. terimakasih Media Konsumen, Bank CIMB, Hartono Pondok Indah sudah dibantu atas permasalahan saya.

 Apa Komentar Anda mengenai Bank CIMB Niaga?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Transaksi QRIS CIMB Niaga Failed, Uang Terdebit dari Bulan April Belum…

oleh Risa dibaca dalam: 1 menit
5