Lion Parcel Menolak Pengiriman Paket dengan Potongan Biaya yang Tidak Masuk Akal

Masalah ini sudah berlarut-larut. Saya sudah komplain dari minggu lalu, dan sudah seminggu ini saya menghabiskan waktu untuk meminta pihak Lion Parcel agar dapat menyelesaikan masalah ini. Terkait pengiriman saya, saya mendapat informasi pada hari Jumat tanggal 23 Juni 2023, bahwa barang saya tidak dapat dikirim. Alasan yang saya terima saat itu adalah “BAGASI PESAWAT TIDAK MUAT”.

Lalu katanya barang akan dikembalikan ke agen dan dana saya akan dikembalikan sebanyak 70%, karena dipotong sepihak oleh Lion Parcel. Saya melihat status pengiriman barang masih di “Pangeran Jayakarta”. Saya melakukan komplain melalui WhatsApp CS Lion Parcel dan disuruh menunggu 3 hari untuk proses investigasi.

Pada Hari Senin, 26 Juni 2023, saya tidak mendapat informasi apa pun, jadi saya memutuskan untuk menelepon CS Lion Parcel. Saat itu saya diberikan nomor tiket baru, karena tiket sebelumnya sudah ditutup. Lalu dijelaskan, bahwa ternyata paket saya melebihi ketentuan volume barang untuk pengiriman barang melalui pesawat Wings Air. Saya disuruh menunggu 1 hari untuk proses investigasi.

Pada sore hari ada WhatsApp yang mengaku orang Lion Air pusat dengan nomor +62 895-1725-**75 yang menjelaskan ketentuan tentang volume dari pesawat Wings Air. Sampai hari ini saya masih menanyakan dan belum terjawab oleh pihak Lion Air, kenapa saya harus dipotong 30%? Padahal terkait pengiriman saya ini, pihak Lion Parcel yang menolak untuk mengirim, bukan status “gagal kirim” dan barang saya baru sampai Pangeran Jayakarta (dikirim dari Mangga Dua).

Jadi status seharusnya “Ditolak untuk dikirim karena kelebihan volume”.  Namun kenapa harus dipotong 30%? Yang mana nominal tersebut lebih dari 1 juta rupiah (Rp1.242.000). Biaya operasional bawa server dari Mangga Dua sampai Pangeran Jayakarta itu bisa sampai segitu?

Jika memang barang saya kelebihan volume, kenapa tidak ditolak sejak awal? Kenapa bisa tiba-tiba ditolak? Padahal barang tersebut adalah server yang baru di-service di Jakarta dan pada 9 Juni 2023 lalu barang tersebut dikirim dari Papua ke Jakarta, juga menggunakan Lion Parcel dengan nomor resi: 11LP1686269742144.

Per hari ini, saya hanya bertanya untuk perubahan alamat tujuan, agar jika memang pesawat Wings Air tidak bisa, berarti saya hanya mau kirim barang itu sampai ke Kota Sorong saja, tidak menggunakan Wings Air. Namun tiba-tiba ada ketentuan baru muncul, bahwa tidak bisa mengirim power supply melalui pesawat.

Saya harap bisa menjadi perhatian dari pihak Lion Parcel, dan bisa memberikan solusi terbaik untuk kita bersama. Karena saya banyak mengirim paket dari Jakarta ke Papua sejak dari tahun 2018. Saya selalu menggunakan layanan Lion Parcel dan baru kali ini saya kecewa dengan pelayanannya.

Abdur Razak
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Resmi Lion Parcel atas Surat Pembaca Bapak Abdur Razak

Yth. Media Konsumen, Sehubungan dengan adanya surat pembaca dari Bapak Abdur Razak di Media Konsumen dengan judul “Lion Parcel Menolak...
Baca Selengkapnya

17 komentar untuk “Lion Parcel Menolak Pengiriman Paket dengan Potongan Biaya yang Tidak Masuk Akal

    • 5 Juli 2023 - (18:03 WIB)
      Permalink

      @Bro David : Khan ada di kronologi ceritanya. Dr Jakarta ke Papua. Ngga heran kl segitu, sy dl kirim joran pancing ke Papua aja hitung volume 2 kg kena 400rb’an.

    • 5 Juli 2023 - (19:21 WIB)
      Permalink

      @David
      Yang dikirim unit server seberat sekitar 26Kg, dari Jakarta ke Papua (Fakfak). Unit digunakan di Papua, di servis di Jakarta. Yang dipermasalahkan TS adalah kenapa pengiriman dari Papua ke Jakarta bisa dilakukan, tetapi sebaliknya malah ditolak dengan alasan tidak muat di bagasi pesawat (hal yang membagongkan). Kalau baca jangan sambil bengong ya. 😂

      13
      1
  • 5 Juli 2023 - (20:20 WIB)
    Permalink

    Emank server segeda apa sampai kagak muat di bagasi pesawat?? Segede tank abram ya?? Lion ada2 aja alasannya

    • 5 Juli 2023 - (21:00 WIB)
      Permalink

      itu kesalahan 100 persen agen knpa tau melebihi terus mau diterima paketnya..tuntut agenya…

      • 5 Juli 2023 - (21:57 WIB)
        Permalink

        Cari duit gini amat..🤦🤦
        Terima ja dulu paketnya. Ntr tinggal bilang ga bisa kirim karena melampaui batas volume.😅😅
        30% lumayan di kantong

  • 6 Juli 2023 - (05:54 WIB)
    Permalink

    ada beberapa inti yg saya rekap.
    1. agen menerima paket overvolume – disini saya engga tau apakah agen LP tahu syarat dan ketentuan pengiriman via pesawat atau tidak.
    2. Potongan 30% – emang agak aneh sih kalo dipotong sebanyak itu. tapi memang betul juga sudah ada biaya Operasional yg sudah dikeluarkan, biaya bensin, operasional mungkin. Tapi disatu sisi beruntung karena ada ekspedisi kalo Ditolak bandara 1 peserpun biaya kirim hangus tidak kembali.

    semoga ada tindaklanjut pak, kejar terus.

  • 6 Juli 2023 - (06:17 WIB)
    Permalink

    Barang di minta dialihkan saja kak, saya buka jasa kirim (jastip) via kapal pelni Jakarta-Sorong.
    Nanti dri Sorong baru di teruskan ke Fak2.

  • 6 Juli 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    21 Juni 2023 – 18:18 WIB

    Paket telah dijemput oleh Shuttle dari Subconsolidator CGK PCU PANGERAN JAYAKARTA.
    tracking.png
    21 Juni 2023 – 18:15 WIB

    Paketmu sampai di Gudang Transit Lion Parcel JAKARTA, MANGGA DUA SELATAN, SAWAH BESAR, JAKARTA PUSAT
    tracking.png
    21 Juni 2023 – 18:01 WIB

    Paketmu akan diantar ke Gudang Lion Parcel JAKARTA, MANGGA DUA SELATAN, SAWAH BESAR, JAKARTA PUSAT
    tracking.png
    21 Juni 2023 – 16:48 WIB

    Paketmu telah diproses oleh Agen Lion Parcel JAKARTA, MANGGA DUA SELATAN, SAWAH BESAR, JAKARTA PUSAT.

    dari trackingnya baru dari mangga dual ke pangeran jayakarta aja,

    1
    1
  • 6 Juli 2023 - (17:51 WIB)
    Permalink

    menurut saya ada permainan dari dalam, dri papua ke jkt ,oknum managemen disana mengijinkan , tpi saat di jkt ke papua jdi sebuah temuan krena jika mengikuti aturan lion parcel itu overvolume, fix ini ada pelanggaran SOP oleh oknum di lion parcel bagian cargonya. dan ini bukan lah kesalahan pengirim, tidak seharusnya kena potongan biaya,

    • 7 Juli 2023 - (04:23 WIB)
      Permalink

      pergi tak diantar, pulang tak dijemput😂😂 inilah kira2 gambarannya🙏, papua ke jakrta bisa, jkrta ke papua gak bisa !!!! ada apa ???? #lionparceldiusuttuntas#

  • 7 Juli 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    akhirnya dana dikembalikan 100% tapi barang harus kirim lewat pengiriman lain,, jadi sudah terselesaikan urusan sama lion parcel,, makasih untuk mediakonsumen.com sudah mau membantu posting permasalahan saya, makasih buat semua komennya…

  • 7 Juli 2023 - (20:55 WIB)
    Permalink

    Wah cara baru dapet cuan nih.. kalau sepaketnya dapet 1jt, 100 paket bisa 100jt.. wuih mantap.. modal terima paket, terus cancel aja bilang over +potong 30%.. super sekali..

 Apa Komentar Anda mengenai Lion Parcel?

Ada 17 komentar sampai saat ini..

Lion Parcel Menolak Pengiriman Paket dengan Potongan Biaya yang Tidak …

oleh abdur razak dibaca dalam: 2 menit
17