Pihak Lazada Melindungi Seller Meski Barang yang Dikirim Tidak Sesuai

Pada tanggal 23 Juni 2023, saya melakukan pembelian barang di marketplace Lazada, dengan nomor pesanan: 1197704193161245. Namun di sini ada kendala, yang mana barang tidak sesuai dengan pesanan saat diterima.

Saya mengajukan pengembalian dengan bukti-bukti yang saya miliki. Namun seller menolak pengembalian barang. Saya pun mengajukan banding dan pihak Lazada sebagai penengah untuk mengambil keputusan berdasarkan bukti dari seller dan buyer yang terlampir.

Setelah beberapa hari, dengan kaget saya mengetahui bahwa keputusan Lazada adalah menolak pengajuan pengembalian barang dan pihak yang menang adalah seller. Keputusan ini bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Penasaran, saya mencoba menghubungi Customer Service Lazada untuk mengetahui alasan penolakan banding saya:

  1. Tidak ada video unboxing.
  2. Pembeli tidak bisa dihubungi oleh pihak Lazada (telepon).

Saya menjawab dua poin tersebut kepada Customer Service Lazada:

  1. Tidak ada pemberitahuan sebelumnya di iklan dan kemasan atau tulisan yang menunjukkan wajibnya unboxing. Jika tidak ada video, tidak bisa menerima bentuk komplain apa pun. Namun saya memiliki foto yang valid.
  2. Ada tiga kali telepon masuk dan tidak ada nama kontak Lazada yang terlihat di layar ponsel saya. Namun, saya tetap mengangkat.
  • Telepon pertama saya angkat, tidak ada suara, lalu mati sendiri.
  • Telepon kedua saya angkat, tidak ada suara, lalu mati sendiri.
  • Telepon ketiga saya periksa, saya berasumsi bahwa itu telepon dari orang iseng karena dua kali tidak ada suara.

Beberapa jam kemudian, pihak Lazada dari ketiga telepon tersebut, Customer Service Lazada menolak banding saya dengan alasan kedua poin tersebut.

Saya masih tidak menerima dan kecewa. Saya mencoba menunjukkan bukti yang lebih lengkap dan penjelasan yang lebih detail kepada pihak Lazada bahwa seller ini nakal. Di deskripsi iklan, tertulis “baut 4”. Di foto iklan, slide kedua, tertulis “baut 5”. Namun, barang yang saya terima tidak memiliki pilihan.

Sebelum saya melakukan order, saya sudah menanyakan kepada seller apakah barangnya yang baut 5 tersedia. Seller menjawab chat saya, “Ready stok ya gan 😍 Silahkan langsung saja diorder!! Untuk pilihan warna dan ukuran, jangan lupa cantumkan pada catatan ya gan!!”

Setelah saya melakukan order, saya juga menghubungi seller untuk diproses sesuai pesanan. Namun barang yang saya terima tidak sesuai dengan pesanan. Saya mengajukan komplain dan selama proses tersebut, seller mengganti foto iklannya.

Dari semua bukti yang saya miliki, mulai dari chat seller dan buyer, serta foto iklan sebelum diganti, semuanya ada. Namun hasilnya tetap sama meskipun saya menjelaskan detail kronologinya dan bukti yang saya miliki. Lazada menjawab bahwa ini adalah keputusan mutlak yang tidak dapat diganggu gugat, dan mereka memberikan saran agar saya menghubungi seller karena kasusnya sudah ditutup.

Saya mencoba menghubungi seller walaupun harapannya tipis, namun seller tidak merespons hingga saat ini. Begitu juga dengan pihak Lazada yang tidak dapat memberikan solusi atau perlindungan terhadap seller yang nakal.

Ridoie
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pihak Lazada Melindungi Seller Meski Barang yang Dikirim Tidak Sesuai”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 8 Juli 2023 berjudul “Pihak Lazada Melindungi Seller Meski...
Baca Selengkapnya

27 komentar untuk “Pihak Lazada Melindungi Seller Meski Barang yang Dikirim Tidak Sesuai

  • 8 Juli 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    Hahaha lazada. Setelah ini Lazada pasti ganti rugi. Karena kelakuan bobrok lazada melindungi penjual nakal.

    • 8 Juli 2023 - (15:46 WIB)
      Permalink

      sy jg tertipu lewat lazada…bukannya membela konsumen malah melindungi seller nakal..kapok pke lazada..padahal barang yg sy terima masih utuh dan tersegel ..belum dibuka.krn sy tau itu isinya tidak sesuai pesanan..sy di tipu seller Healthy Shop Idd

      2
      1
      • 9 Juli 2023 - (00:21 WIB)
        Permalink

        lain kali kalau beli barang sensitif apalagi harganya lumayan lebih baik beli di toko offline terdekat. jgn tergiur harga miring.
        ya sudah sekarang anggap saja beli bakso tumpah.

        • 9 Juli 2023 - (10:49 WIB)
          Permalink

          Terimakasih atas sarannya. Namun ditempat saya tidak lah lengkap untuk varian barang yg saya cari dan keterbatasan waktu untuk membeli di toko offilne

    • 9 Juli 2023 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Dan ternyata saya juga tertipu. Kenakalan Seller membuat barang saya tidak terkirim, proses refund berstatus selesai, transfer berhasil. Tapi saya bingung refundnya ditransfer ke mana.
      Karena transaksi2 itu dibawah 30K jadi agak malas mengurusnya. Kupikir juga berbentuk voucher yang kapan kapan bisa digunakan sebagai pembayaran internal nanti.
      Eh, kebetulan minggu lalu ada notif transferan dari Lazada masuk ke bank digital yang selalu saya gunakan untuk pembayaran ke Lazada, dan setelah saya cek, itu memang transaksi baru yang batal otomatis dari sistem karena tidak pernah dikirim.
      Jadi yang lain lain direfund dengan cara bagaimana, saya bingung.
      Berikutnya ganti metode COD aja deh…

    • 9 Juli 2023 - (23:23 WIB)
      Permalink

      ORANG2 SUKA BELANJA DI LAZADA & SHOPEE KARENA FASILITAS COD NYA.

      dan Seller2 Nakal tau klo org yg suka COD itu tingkat pendidikkannya 90% masih rendah.
      Itu sebabnya kasus2 penipuan dari seller2 nakal biasanya terjadi di Lazada & Shopee.

      Seller2 yg jujur biasanya tidak mau mengaktifkan fitur COD, beda dg seller yg tidak jujur, selalu memanfaatkan fitur COD atau pasang nomer WA pada iklannya.

  • 8 Juli 2023 - (15:38 WIB)
    Permalink

    sama dengan sy.kapok pke lazada..krn tidak melindungi konsumen.barang sy masih ada masih tersegel dan belum dibuka krn memang tdk sesuai dg pesanan.

    1
    1
    • 8 Juli 2023 - (16:27 WIB)
      Permalink

      Barang masih tersegel dan belum dibuka
      Tapi tidak sesuai pesanan ?
      Tau itu sesuai apa tidak dari mana ? Kan blm di buka ?

      Gw jualan udh bener aja, pembeli banyak yang salah pesen tetapi ngotot salahin seller dan produk 😂😂
      Udh di jelasin tetap aja kg narik pengajuan pengembalian barang nya 😂😂

      • 8 Juli 2023 - (18:10 WIB)
        Permalink

        barang yg saya pesan itu box nya gede..krn udah biasa beli..tp yg datang cuma amplop isi teh .krn yg ketipu jg bukan punya sy

        • 8 Juli 2023 - (19:34 WIB)
          Permalink

          saya mau di lazada,shope atau yg lain sblum buka paket selalu unboxing jd ada bukti refund uang kembali barang retur lh blnja online ko ga unboxing sing ga bahaya ta…

      • 9 Juli 2023 - (11:17 WIB)
        Permalink

        Tidak ada seller dan pembeli yg sempurna.
        Terlepas salah dan benar.
        Apakah seller tidak pernah lupa atau salah kirim barang..?

        Apakah pembeli juga tidak lupa atau salah klik alamat atau lupa tulis varian?
        Sedangkan di iklan tidak ada pilihan.

        Jika seller dan pembeli amanah tentu diskusi akan menemukan titik terang dengan mediasi yg dibicaran baik baik.

        Didalam kasus ini seller tidak merespon
        Diskripsi iklan di ganti setelah saya komplain.

  • 8 Juli 2023 - (19:28 WIB)
    Permalink

    kaya nya u gak pengalaman belanja onlien biasa beli darat y,salah sendri gak video unboxing..kalau ga ada video unbixingnya gmn lazada mau percaya itu barang punya selernya…lazada sdh adil karena u ga ada unboxing ga ada bukti kuat mending lain kali blnja di darat kalau gak biasa beli online

    • 9 Juli 2023 - (11:01 WIB)
      Permalink

      Mungkin anda lebih berpengalaman dari saya untuk belanja online. Namun terimakasih untuk saranya.
      Pertama tidak ada aturan tertulis di paket atau di diskripsi iklan wajib video unboxing. jika tidak ada video unboxing tidak menerima komplain apapun alasannya.

      Kedua saya sudah menulis barang yg saya inginkan dan seller mengiyakan.

  • 8 Juli 2023 - (22:44 WIB)
    Permalink

    Point pertama video unboxing adalah syarat mutlak tidak di lazada saja shopee tokped jg sama..kalau bicara penipuan sama saja marketplace lain jg banyak..padahal kalau faham alur komplainnya lazada termasuk marketplace yg mengaanak emaskan pembeli daripada penjual apalagi dgn fitur2 barunya..
    Fahami marketpalce agar terhindar dari penipuan

    • 9 Juli 2023 - (11:29 WIB)
      Permalink

      Terimakasih atas sarannya. Mungkin dari pengalaman anda pribadi lebih paham tentang belanja di market place.

      Namun setiap pengalaman orang lain dilapangan tentu berbeda dengan anda.
      Video unboxing tidaklah syarat mutlak untuk penentu pengajuan komplain.

  • 8 Juli 2023 - (22:47 WIB)
    Permalink

    Uda hampir gak pernah lg transaksi di lazada. Semenjak tau bnyak seller hp abal2 jual harga sejutaan dengan ambil type flagship merk terkenal yg sebenernya isinya sama dan nipu bnyak banget bertebaran di lazada. Bnyak komplain dan dibiarin iklan sejenis, jd males belanja di lazada

      • 9 Juli 2023 - (06:21 WIB)
        Permalink

        Tau artinya semenjak tau kan? Tidak semua orang pintar seperti anda. Bagaimana dengan orang2 yang gak paham. Berarti marketplace membiarkan terjadinya penipuan penjualan. Sedangkan sudah bnyak makan korban

    • 9 Juli 2023 - (02:06 WIB)
      Permalink

      Kalo gadjet udah ada marketnya di Tokopedia cukup kalo lazada, tiktok dan Shopee barang sehari hari yg murce murce ataupun kalo furniture masih ok yg ringan ringan…

  • 8 Juli 2023 - (23:52 WIB)
    Permalink

    Makanya kalo harga sampe ratusan ribu itu pake video unboxing, tar kalo ada apa2 tinggal tunjukin videonya.

  • 9 Juli 2023 - (02:04 WIB)
    Permalink

    Lazada lagi naik daun saat ini. Cuma ya itu di manfaatin seller seller yg ga worted alias nipu nipu jd mesti sangat selektif bgt sih.

    • 9 Juli 2023 - (05:20 WIB)
      Permalink

      Pernah dikecewakan lazada …pembelian sepatu gats,tapi yg dikirim sandal pakalolo palsu lagi….
      Padahal di promo diskon 50 % dan gambar asli sepatu gats original….
      Seller dihubungi ternyata toko sudah tidak aktif, sepertinya di lazada seller bisa memblokir akun buyer…..dan ini bukan pengalaman pertama kali, tapi sudah yg kedua kalinya…. Kapok beli olshop lazada…
      Selanjutnya saya ucapkan bye lazada dan segera uninstall apk lazada…. Semoga sukses terus sellernya menipu buyer dan lazada segera bangkrut…..

  • 9 Juli 2023 - (15:10 WIB)
    Permalink

    lazada , shopee …udah uninstal , om
    kenapa ga beli di tokopedia!!
    tuh jelas2 ada varian 4 dan 5 lobang, sudahlah rerakan uang 500 ribu😂…
    beli kok di market sarang tipu2 sih, om ?

 Apa Komentar Anda mengenai Lazada Indonesia?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Pihak Lazada Melindungi Seller Meski Barang yang Dikirim Tidak Sesuai…

oleh ridhoi fnu dibaca dalam: 2 menit
27