Internet First Media Tidak Bisa untuk WFH

Saya pelanggan First Media paket Joy Pro up to 100 Mbps, sejak tanggal 30 Mei 2023. Nomor pelanggan saya: 12512600, atas nama: Grand Steven B. Lumi.

Selama sekitar 1 bulan pertama berlangganan (Mei 2023 s.d. Juni 2023), saya bisa menggunakan internet First Media dengan lancar dari rumah, untuk connect ke jaringan kantor yang menggunakan CBN. Namun sekitar minggu terakhir bulan Juni 2023, tiba-tiba internet jadi lemot seperti terblok kalau connect ke jaringan kantor yang menggunakan CBN tersebut. Sehingga saya tidak bisa bekerja dari rumah (WFH) menggunakan internet First Media.

Saya sudah coba tanyakan ke CS First Media melalui twitter official First Media @FirstMediaCares. Jawabannya akan dibantu dieskalasikan untuk penanganan lebih lanjut. Kemudian besoknya katanya pengecekan dan perbaikan masih ditangani tim terkait. Sampai akhirnya ada yang menelepon yang mengaku sebagai tim teknis First Media, yang menginformasikan bahwa menggunakan internet untuk connect ke jaringan kantor yang menggunakan CBN bukan domainnya First Media.

Saya terkejut, karena tidak pernah diinformasikan sebelumnya di awal tentang hal itu dan selama sekitar 1 bulan pertama berlangganan pun bisa berjalan lancar. Kemudian saya meminta konfirmasi lagi ke twitter @FirstMediaCares dan mereka menyampaikan bahwa informasi dari tim teknis yang menelepon saya itu adalah benar bahwa menggunakan internet untuk connect ke jaringan kantor yang menggunakan CBN bukan domainnya First Media.

Kalau tahu dari awal saya tidak akan berlangganan First Media karena tidak bisa digunakan untuk bekerja dari rumah (WFH), sehingga tidak bermanfaat buat saya. Berbeda dengan provider internet yang lain yang tidak ada permasalahan seperti ini.

Grand Steven B. Lumi
Kota Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan First Media atas Surat Bapak Grand Steven

Yth. Redaksi Surat Pembaca MediaKonsumen.com, Sehubungan dengan surat pembaca yang disampaikan oleh Bapak Grand Steven B. Lumi pada 13 Juli...
Baca Selengkapnya

4 komentar untuk “Internet First Media Tidak Bisa untuk WFH

  • 13 Juli 2023 - (17:01 WIB)
    Permalink

    simple aja sih sebenarnya. kalo buka yg lain lancar jaya, tp lemotnya hanya pd saat connect ke jaringan kantor yg memakai CBN, berarti CBN nya yg membatasi limit speed bila tidak memakai jaringan CBN pula. Coba dites pake internet lain seperti internet telkomsel,xl,indosat, apakah lancar atau lemot juga?

  • 14 Juli 2023 - (06:43 WIB)
    Permalink

    Sayangnya disini tidak dijelaskan metode interkoneksi di kantor anda. Apabila kantor menyewa hosting atau akses data center, internet apapun yang dipakai kantor tidak berkorelasi dengan koneksi anda ke kantor. Jika kantor memiliki server untuk jaringan lokal atau LAN, yang mana server tersebut terhubung ke internet lewat jaringan CBN, ada 3 kemungkinan penyebab lemotnya kualitas koneksi anda. Pertama, ada perubahan pengaturan di firewall atau proxy di server kantor anda. Kedua, penurunan kecepatan koneksi internet antara kantor anda dengan CBN. Ketiga, update tabel DNS untuk IP kantor anda belum seluruhnya merata dan tersebar di jaringan First Media. Untuk solusi awal coba anda lakukan koneksi internet dari kantor anda ke domain luar atau komunikasikan dengan admin jaringan kantor.

    • 14 Juli 2023 - (08:19 WIB)
      Permalink

      Siap terima kasih sarannya, bersyukur kemarin sudah diinfo oleh tim teknis First Media kalau sudah dilakukan perubahan dan sekarang sudah lancar kembali.

 Apa Komentar Anda mengenai First Media?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Internet First Media Tidak Bisa untuk WFH

oleh Grand dibaca dalam: 1 menit
4