CS Telkomsel Tidak Profesional dalam Prosedur Aktivasi IMEI WWAN Card

Tanggal 4 Juli 2023, modul WWAN Card 4G LTE merk Sierra Wireless AirPrime dengan tipe EM7455 (yang saya beli dalam kondisi bekas via online di salah satu e-commerce di Indonesia) telah tiba. Saya sengaja membelinya, agar laptop Lenovo tipe ThinkPad T480s milik saya yang sudah WWAN Card ready, dapat digunakan untuk akses internet menggunakan kartu seluler, ketika saya sedang di perjalanan/lokasi yang tidak memiliki akses Wi-Fi.

Setelah selesai memasangnya, saya coba memasukkan Kartu Halo milik saya yang sebelumnya saya gunakan di HP untuk mencoba koneksinya. Namun setelah mencoba beberapa kali, Kartu Halo milik saya tersebut tidak mau terkoneksi ke jaringan Telkomsel. Saya melakukan troubleshoot di Windows untuk mengetahui apa yang salah. Lalu muncul notifikasi, bahwa perangkat tersebut tidak diizinkan mengakses jaringan oleh operator seluler saya, dalam hal ini Telkomsel.

Kemudian saya langsung menghubungi pihak Telkomsel dan menceritakan masalah yang saya alami. Customer service yang menerima keluhan saya menyarankan saya untuk melakukan registrasi IMEI ke pihak Bea Cukai. Saya sudah menjelaskan berulang kali bila saya hanya ingin mengaktivasi WWAN card yang baru saja saya pasang, agar laptop saya terkoneksi ke jaringan Telkomsel. Namun CS tersebut tetap menyarankan saya untuk mendaftarkannya ke pihak Bea Cukai.

Sampai di sini saya berusaha memahami, mungkin CS tersebut menyangka perangkat yang ingin saya aktivasi jaringannya adalah laptop. Kembali saya jelaskan kalau saya baru saja membeli modul seluler dengan akses 4G LTE untuk laptop dan ingin mengaktivasi jaringannya. Namun akhirnya saya menyerah, berhenti berdebat dengan CS tersebut, karena tetap terus menyarankan saya untuk mendaftarkannya ke pihak Bea Cukai. Sudah terlanjur naik darah saya menjelaskannya.

Untuk pihak Telkomsel, seharusnya perusahaan sebesar Telkomsel bisa mempekerjakan orang yang paham dan mengerti tentang situasi dan kondisi, atau bahkan seharusnya memiliki wawasan yang luas perihal teknologi. Bagaimana mungkin seseorang yang tidak bisa membedakan antara laptop dan modul LTE bisa dipekerjakan di garda terdepan dalam melayani pelanggan? Bagaimana mungkin seseorang yang tidak bisa membedakan perangkat seharga jutaan dengan yang hanya berharga ratusan ribu rupiah bisa dipekerjakan menjadi seorang customer service?

Saat ini saya menggunakan kartu seluler dari XL untuk koneksi laptop saya tersebut dan tidak ada masalah. Tidak ada drama apa pun seperti saat saya ingin menggunakan kartu Telkomsel.

Hendro Haryanto
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

11 komentar untuk “CS Telkomsel Tidak Profesional dalam Prosedur Aktivasi IMEI WWAN Card

  • 16 Juli 2023 - (11:12 WIB)
    Permalink

    Simple kok berarti Halo LTE anda memang belum support anda berdebat pun juga percuma kalo halo nya tidak support. pake xl aja clear kan.

  • 16 Juli 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Kalau tidak mau mengurus dan keluar uang urusan registrasi IMEI ke Bea Cukai ya dipakai dulu saja dengan SIM card XL.
    Atau bisa coba untuk indosat, smartfren apakah diblokir juga? Kalau ya, berarti XL tidak menerapkan blokir IMEI sesuai ketentuan. Perangkat WWAN Card yang dimaksud penulis kan buatan bukan dalam negeri Indonesia, ya wajib registrasi IMEI supaya bisa digunakan. Kalau bisa dipakai tanpa registrasi, itu namanya hoki aja sih? Sama seperti kasus iPhone BM yang dulu pernah aman2 saja dipakai dengan smartfren.

    0
    1
  • 16 Juli 2023 - (13:22 WIB)
    Permalink

    “atau bahkan seharusnya memiliki wawasan yang luas perihal teknologi…”
    kalau yg kayak gitu ya nggak bakal kerja jadi costumer service pak

    1
    1
    • 16 Juli 2023 - (21:41 WIB)
      Permalink

      coba test secara acak menggunakan kk kartu yg lainya seperti Indosat, kalau Indosat jalan, berarti Telkomsel tidak support untuk perangkat anda.

  • 16 Juli 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    coba test secara acak menggunakan kk kartu yg lainya seperti Indosat, kalau Indosat jalan, berarti Telkomsel tidak support untuk perangkat anda.

  • 17 Juli 2023 - (17:40 WIB)
    Permalink

    Sebenernya sih ya mudah, device apapun yg menggunakan imei luar untuk mengakses internet via simcard pasti akan terblok. Sayapun punya device Surface 3 awalnya bisa untuk menggunakan simcard wwannya, namun beberapa minggu kemudian terblok. Saya rasa regulasi imei bukan hanya menyasar untuk handphone saja, tapi keseluruhan device yg menggunakan imei

    • 20 Juli 2023 - (18:03 WIB)
      Permalink

      Dicoba aja deh daftar Imei nya. Jamin ga bisa juga. Udah pernah sih. TSel sejak di kelola sama Singapore, operator customer servicenya cuma outsourcing, termasuk tim leadernya. Karena memang ga bisa, maka dipersulit. Nanti kalo udah daftar , dan tetap juga ga bisa, paling ngiyem (alias diem). sama seperti pemutakhiran system, untuk merek tetentu ga didukung. Padahal belinya bukan black market. TSEL GA MEMBERIKAN AKSES. PERCAYA DEH. GANTI PROVIDER LAIN.

  • 14 Agustus 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Mana tuh tanggapan dari Tsel? Tulisan …. is blocked by mobile provider. Hak Apa TELKOMSEL ngeBLOCK. TSel mau bilang HPnya ngaco kah???

  • 26 Desember 2023 - (13:00 WIB)
    Permalink

    Update: Tim Digital Caring Telkomsel sudah menghubungi saya. Seseorang yang profesional dan mengerti bahwa perangkat WWAN card termasuk ke dalam perangkat Non-HKT (Handphone, Komputer genggam, dan Tablet) dan menginformasikan bahwa saya bisa mengunjungi Grapari terdekat untuk aktivasi jaringan Telkomsel. Agak merepotkan sih, kenapa tidak bisa aktivasi via call aja tanpa perlu ke Grapari. Terima kasih.

 Apa Komentar Anda mengenai Telkomsel?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

CS Telkomsel Tidak Profesional dalam Prosedur Aktivasi IMEI WWAN Card…

oleh Hendro dibaca dalam: 1 menit
11