Pengiriman melalui GoSend Car Belum Diterima, tapi Pesanan Dinyatakan Selesai

Nama saya Kodrat. Saya ingin mengeluhkan pesanan saya yang belum tiba hingga surat ini dibuat. Sebelumnya saya sudah menjadi pembeli di Tokopedia dan pengguna Gojek selama bertahun-tahun. Terlebih lagi karena profesi saya sebagai procurement, ada beberapa barang yang saya beli (prefer) lewat Tokopedia. Namun kali ini saya mendapatkan masalah yang tidak diberikan solusi sama sekali.

Pada tanggal 10 Juli 2023, saya memesan sebuah printer A3 dengan harga Rp12 jutaan di salah satu penjual di Tokopedia, menggunakan pengiriman instan, nomor resi Gojek: GK-11-719203173. Namun pukul 4 sore, tiba-tiba status pesanan saya sudah diterima (oleh Bu Saroh?). Padahal hari itu saya standby sendiri di rumah. Saya cek ke tetangga, saya cek ke sekuriti perumahan, tidak ada sama sekali. Bukti pengiriman berupa foto pun hanya berupa foto warna merah maroon saja. Padahal biasanya kurir foto barang yang jelas, dan bahkan ada juga yang foto si penerima barangnya.

Setelah saya cek kembali, penjual mengirimkan printer tersebut menggunakan GoSend Car (mungkin karena ukurannya yang terlalu besar untuk GoSend motor). Kemudian saya membuka aplikasi Gojek, dan benar saja, akun saya terhubung dengan pengiriman tersebut. Lalu saya chat kurir GoSend Car tersebut, tapi tidak direspons sama sekali.

Akhirnya saya menghubungi pihak Gojek untuk info terkait pengiriman tersebut, tapi saya disuruh hubungi pihak Tokopedia (padahal ada resi GoSend yang bisa dilacak). Infonya mereka telah membekukan akun kurir tersebut.

Kemudian saya kembali ke Tokopedia, mengajukan banding, karena tak terima barang saya tidak kunjung tiba. Saya telah menyertakan bukti-bukti yang diperlukan, tapi tetap saja tidak membuat barang itu bisa saya terima hingga saat ini. Saya hubungi penjualnya pun, tidak begitu responsif, padahal sudah ada di ruang diskusi bersama dengan Tokopedia yang tersedia di aplikasi tersebut.

Kalau ada kesalahan alamat pengiriman, saya tidak yakin, karena alamat saya benar, dan titik pada map pun sudah benar. Selama ini tidak pernah ada salah kirim barang, saya selalu menggunakan alamat yang sama. Hingga hari ini, saya masih follow up terus ke tim Tokopedia. Namun respons yang diberikan tidak ada kejelasan yang pasti, hanya jawaban standar seperti berbicara dengan bot (gambar saya lampirkan).

Kodrat Ramadhan
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

21 komentar untuk “Pengiriman melalui GoSend Car Belum Diterima, tapi Pesanan Dinyatakan Selesai

  • 21 Juli 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Untuk kasus barang belum diterima, terus pepet saja tokopedia untuk mempercepat investigasi biasanya 3×24 jam sampai 7×24 jam utk waktu investigasinya. Apakah barang tersebut ada diasuransikan saat pembelian? Jika ada itu bisa klaim asuransi lewat tokpednya.

    • 21 Juli 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      saya pepet tiap hari, tapi jawabannya serupa semua :’)
      barang tersebut diasuransikan.
      tokopedia sudah konfirmasi terkait refund, janjinya 2×24 jam, tp sekarang sudah hampir 4×24 jam

      • 24 Juli 2023 - (13:36 WIB)
        Permalink

        Bikin laporan juga bro ke polres atau polsek. Cabut berkas pelaku yang nanggung + duit kompensasi bagi 2,anda 70 % pol 30% atau 60/40. Nanti di gantung aja keputusan nya biar lama di tahanan mayan doi dapet mop pas bap sama penghuni 1 kamar🤣

  • 21 Juli 2023 - (11:25 WIB)
    Permalink

    sebagai pembeli selama memang belum diterima tenang aja, nanti pasti diganti uangnya. butuh investigasi dan ini memang membutuhkan waktu agak lama. bisa 2 minggu kadang sampe sebulanan. rajin2 aja chat di resolusi komplain nya agar ada respon dari tokopedia

    • 21 Juli 2023 - (13:27 WIB)
      Permalink

      proses investigasi sudah selesai. sekarang sudah di tahap refund, janjinya 2×24 jam, tp ini sudah hampir 4×24 jam.
      tiap hari saya chat, jawabannya ya gitu-gitu aja – koordinasikan bla bla bla

  • 21 Juli 2023 - (13:27 WIB)
    Permalink

    Semoga drivernya amanah.. Tidak terjadi lagi sesuatu yang tidak di inginkan… Semoga dapat terselesaikan dengan baik

  • 21 Juli 2023 - (16:05 WIB)
    Permalink

    Beberapa hari lalu ada kasus beli laptop di tokped. Dikirim via gosend dan laptop di bawa kabur driver. Tp cepet beres dan duit si bembeli balik 100% karna si pembeli ngeluh di twitter. Kyknya damage ke tokped lebih kerasa dari postingan twitter dripd postingan di sini ya

  • 21 Juli 2023 - (16:22 WIB)
    Permalink

    Kurir maling kapok pakai gosend,
    Saya aja klu dr tokped ada order masuk via gojek kurirnya saya/anak toko saya suruh ikut krm diblkg gosend nya , Abang gojek nya saya kasih amplop no resi saja brg nya dibw anak toko/saya sbg seller rugi dikit gpp krm brg dr pd ilang ngurus di pusat resolusi lama mana skg admin nya pada gak beres lemot dan bot semua jwb nya

  • 21 Juli 2023 - (17:14 WIB)
    Permalink

    Kepada tim media konsumen, terima kasih atas bantuannya. pihak tokopedia sudah memproses kasus ini dan refund sudah saya terima barusan.
    Dan untuk para konsumen, mohon lebih berhati-hati lagi saat berbelanja online.
    saya rasa kasus ini sudah bisa ditutup, sekian dan terima kasih.

  • 21 Juli 2023 - (17:27 WIB)
    Permalink

    Printer itu lumayan berat, tidak mungkin dilempar lewat pagar kecuali harus menghubungi penerima. Dilihat dari rute Google Map sih memang dekat dengan drop point, dan benar area Meruya Utara. Saya tidak berpikir paketnya dibawa lari kurir. Ada kemungkinan salah alamat dan—entah apakah kebetulan, di alamat yang salah ada pemilik rumah sehingga tidak ada panggilan telepon dan konfirmasi lainnya. Syukurlah ada solusi refund dan kecurigaan ke driver GoCar tidak terbukti.

    • 21 Juli 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Itu rute google map milik saya, bukan milik kurir 🙂
      Akun kurir (gocar) sudah diblokir sejak hari dimana dia menghilang. Kalau memang yang bersangkutan tidak membawa kabur barang saya, harusnya dia menghubungi gojek dong untuk membuka kembali blokiran nya 🙂 apalagi kemungkinan besar dia perlu akun itu untuk mencari uang.
      Kalaupun salah alamat, itu barang gede banget, siapapun penerima nya pasti heran sebelum terima barang, dan cek cctv perumahan pun tidak ada kurir tersebut.
      Solusi refund itu diberikan atas asuransi dan bukti bahwa penjual telah mengirim barang dan pembeli belum menerima barang, bukan karena barang itu telah ditemukan dan dikembalikan ke penjual maupun dikirim ke pembeli.

      5
      0
  • 22 Juli 2023 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Dlm hal ini penjual perlu extra hati2 menyerahkan brg. Cek dan foto ID drivernya (ktp, sim), cek dan foto drivernya, harus cocok/sesuai dgn ID nya. Cek pula nopol kendaraan yg digunakan, harus cocok/sesuai dgn yg di aplikasi driver. Kalo tidak ada kecocokan data beresiko.

    • 22 Juli 2023 - (17:00 WIB)
      Permalink

      MAKANYA KALO PESAN BARANG MAHAL JGN VIA ONLINE! RESIKONYA BESAR! KECUALI COD BAYAR DITEMPAT! LEBIH BAIK JIKA BARANG MAHAL LANGSUNG BELI SENDIRI KE TOKO! JGN BIASAKAN SEMUANYA SISTEM ONLINE! SUDAH JELAS RESIKO KEHILANGANNYA BESAR JIKA VIA ONLINE! WALAUPUN DIGANTI PROSESNYA GAK SEMUDAH ITU! HARUSNYA BISA BELAJAR DARI PENGALAMAN YG SUDAH2! SUDAH BANYAK KASUS PENIPUAN KURIR ONLINE! MASIH SAJA ADA ORG YG PESAN BARANG MAHAL VIA ONLINE! YAUDAH TERIMA SAJA AKIBATNYA UNTUK JADI PELAJARAN KEDEPANNYA! 💀

  • 23 Juli 2023 - (02:24 WIB)
    Permalink

    Seharusnya penjual juga bertanggung jawab setidaknya membantu menyelesaikan masalah, sepertinya menjual hanya membela diri dan tidak mau tahu.
    Memang cukup sulit tokopedia membuktikan siapa yang salah. Tapi kalo disini saya rasa sudah cukup jelas kurir yang salah, seharusnya tokopedia lebih bijaksana dan berkomitmen pada perusahaan nya kalo sudah tahu kurir salah secepatnya mengganti dana pembeli agar kepercayaan pembeli terjaga dan tdak ada keraguan bagi pembeli lain ketika ingin membeli karena konsumen sudah merasa terlindungi.

    • 23 Juli 2023 - (19:12 WIB)
      Permalink

      Kalau kasus ini justru bukannya penjual yang rugi, kan buyer sudah di-refund dananya setelah komplain di sini. Kalau menurut saya masih mendhing kurir non-instant, kalau ada apa-apa kita komplain, kan itu kurir pegawai mereka. Lhah kalo Gojek & Grab, itu kurir statusnya mitra, yakin deh paling juga main lempar tanggung jawab pake alasan bukan karyawan, hanya mitra.

      • 24 Juli 2023 - (08:30 WIB)
        Permalink

        penjual sudah mendapatkan hak nya sejak awal pak, dari dana yg saya transfer ke tokopedia (karena statusnya dibuat “diterima” oleh tokopedia sejak saya komplain).
        memang pihak gojek bisa lempar tangan karena kemitraan tsb, tapi jika itu memang terjadi, kepercayaan pembeli dan penjual terhadap gosend akan menurun drastis, apalagi untuk pengiriman yang instant atau sameday 🙂
        makanya, setiap pengiriman barang menggunakan gosend, ada option asuransi nya pak, karena mereka bertanggung jawab ko sejauh ini, walaupun agak lambat penanganan nya.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir GoSend di Tokopedia?

Ada 21 komentar sampai saat ini..

Pengiriman melalui GoSend Car Belum Diterima, tapi Pesanan Dinyatakan …

oleh mr-kodrat dibaca dalam: 1 menit
21