Sistem Ceria Berulang Kali Mendebit Dana dari Rekening BRI Saya

Dua kali saya melakukan transaksi menggunakan BRI Ceria, dua kali pula Ceria melakukan debit ganda dari rekening tabungan BRI saya. Kronologinya sebagai berikut:

Pada tanggal April 2022, saya melakukan transaksi menggunakan Ceria dengan metode cicilan 12 bulan. Pada angsuran ke-3, 4 atau mungkin lebih, saya melakukan metode “Pembayaran Sekarang” saat awal bulan, sekitar ± Rp500 ribu (sudah lupa untuk detailnya), mendapatkan notifikasi berhasil dan dana di rekening saya sudah berkurang. Namun saat akhir bulan, dana di rekening saya diambil lagi oleh Ceria. Saat itu, saya tidak screenshot karena lagi sibuk-sibuknya. Sehingga tidak bisa saya tindak lanjuti, dan ikhlaskan saja. Saya kapok menggunakan metode “Lunasi Sekarang”.

Tanggal 13 Juni 2023, saya melakukan pembelian di Tokopedia sebesar Rp6.5 jutaan. Untuk menutupi kekurangan Rp925 ribu, saya menggunakan Ceria Pay Next Month, atau dibayar penuh bulan berikutnya sebesar Rp935 ribu. Keesokan harinya, dana saya sudah ada lagi. Namun karena saya sudah terlanjur kapok untuk menggunakan “Lunasi Sekarang”, jadi saya biarkan Ceria untuk melakukan automatic debit pada bulan berikutnya.

Saat transaksi menggunakan Ceria dilakukan

Pada tanggal 16 Juli 2023, Ceria sudah melakukan penarikan dana dari rekening BRI saya. Namun keesokan harinya, sisa dana di rekening di-hold.

Tanggal 18 Juli 2023, saya datang ke kantor cabang BRI dan mendapati Ceria mendebit lagi sebesar Rp935 ribu pada tanggal 17 Juli 2023. Namun karena dana di rekening tidak mencukupi, maka saldo saya pun ditahan.

Kemudian saya mengajukan laporan, dan disuruh menunggu hingga tanggal 20. Pada tanggal 20, dana masih di-hold. Lalu saya melakukan panggilan ke CS 14017, disuruh untuk kirim dokumen, dan sudah saya lakukan. Tanggal 23-24, saya terus-terusan berupaya menghubungi CS Ceria melalui WA dan telepon, tapi tidak ada jawaban memuaskan.

Hingga saat ini sisa dana di rekening masih di-hold dan tagihan masih tidak diselesaikan. Padahal saya sangat membutuhkan akses ke rekening BRI saya.

Ommy Hudan Ashari
Kediri, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia atas Surat Bapak Ommy

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas ketidaknyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

10 komentar untuk “Sistem Ceria Berulang Kali Mendebit Dana dari Rekening BRI Saya

  • 27 Juli 2023 - (12:10 WIB)
    Permalink

    Mjb, sebelum jatuh tempo pastikan dulu harusnya kalo saldo di rekening yang kedaftar autodebet cukup minimal sesuai nominal tagihan plus saldo minimum buat antisipasi biar saldo rek. gak di Hold. Kalo mau bayar manual bisa juga sih di menu bayar tagihan aplikasinya. Untuk kakaknya udah lapor kontak resminya biar ditindaklanjut

  • 27 Juli 2023 - (16:44 WIB)
    Permalink

    Ini “CERIA” kasusnye begini2 mulu, sistem pendebetannye jelek benerr, gak ade perbaikan sama sekali parah emang.. 😅

    • 28 Juli 2023 - (09:54 WIB)
      Permalink

      Kondisi begitu juga saya rasakan aplikasi ceria menahan saldo saya dan memblokir akses rekening s,bagaimana kita mau melunasin kalau akses ke rekening saja tidak bisa , lama2 membuat konsumen yang lain ga tertarik lagi dengan aplikasi ini

  • 27 Juli 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Siang terbit, sore tim Ceria langsung menghubungi dan menyelesaikan masalah ini.
    Dana terakhir sudah dikembalikan, dan rekening sudah tidak hold lagi.

    Mungkin untuk sementara waktu tidak akan menggunakan Ceria dulu, masih was was terulang lagi soalnya.

    Terima kasih Media Konsumen.. anda memang luar biasa.

    • 27 Juli 2023 - (21:58 WIB)
      Permalink

      itu disebabkan bug disistem ceria masih ada, kalau terjadi begitu gk usah panik, itu sering terjadi disetiap apk baru/ dalam pengembangan, entah pinjol, game, ecommerce dll. jadi kalau ada update apk, segera update sebelum melakukan opsi pembayaran cepat. tapi saat ini lebih baik biarkan saja saldonya ditarik outo oleh ceria.

      • 28 Juli 2023 - (14:38 WIB)
        Permalink

        Dibiarkan ditarik sendiri pun ujung2nya ke tarik 2x juga. itu yg dikembalikan cuma transaksi yg terbaru, yg lama ga bisa diproses karena sy ga ada bukti screenshot.
        dana yg ketarik kan harusnya buat kebutuhan yg lain, akhirnya paniknya karena ga bisa/terhambat untuk mencukupi kebutuhan yg lain itu.
        terus kalau telpon ke CS, ga cukup pulsa 100rb, bisa hampir 200rb sendiri totalnya untuk 1x permasasalahan.

 Apa Komentar Anda mengenai BRI Ceria?

Ada 10 komentar sampai saat ini..

Sistem Ceria Berulang Kali Mendebit Dana dari Rekening BRI Saya

oleh Ommy dibaca dalam: 1 menit
10