Tidak Diizinkan Naik Kereta Api Tanpa Print Tiket

Pertama, saya berterima kasih kepada Media Konsumen, selaku media yang menjembatani keluhan. Ceritanya, pada tanggal 29 Juni 2023, saya ke Stasiun Gubeng Surabaya dan check in pukul 14.27 WIB. Penjaga yang bertugas bernama Su***.

Tiket sudah dibeli dengan kode booking: T1E6H8E dan sudah saya tunjukkan kode booking lewat handphone dan kereta sudah standby. Namun petugas tersebut tidak mengizinkan masuk, karena harus di-print dulu tiketnya. Padahal selama naik kereta, saya selalu diizinkan naik, dengan catatan tiket nanti diperiksa selanjutnya dalam kereta.

Akibatnya saya terlambat dan harus menunggu 2 jam untuk keberangkatan selanjutnya. Ini merugikan saya, selain terbuang waktu, juga uang karena harus beli tiket ratusan ribu rupiah lagi. Belum ada tanggung jawab dari manajemen KAI yang bermasalah.

Roy Indra Wijaya
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Tidak Diizinkan Naik Kereta Api Tanpa Print Tiket”

Sebelumnya, kami mengucapkan terima kasih kepada Bapak Roy Indra Wijaya, yang telah memilih Kereta Api sebagai moda transportasi pilihan saat...
Baca Selengkapnya

159 komentar untuk “Tidak Diizinkan Naik Kereta Api Tanpa Print Tiket

  • 4 Agustus 2023 - (08:49 WIB)
    Permalink

    QR-Code memang kode Booking, tapi bukan berarti bisa untuk checkin..
    Pengalaman saya meski pnya Barcode saya melakukan Cjeck In via aplikasi yang nantinya dapet QR code e-Boarding Pass..

    Kalo di KAI Akses tinggal Klik Cetak Eboarding Pass.. mungkin ada Miss Komunikasi sama bagian terkait

    1
    14
    • 6 Agustus 2023 - (20:15 WIB)
      Permalink

      TS yang salah, tiap minggu saya baik kereta api selalu bisa pakai e-boarding pass. Mau naik harus nunjukin boarding pass bisa bentuknya digital atau di print. Ga bisa hanya dengan nunjukin bukti booking.

      Boarding pass tidak hanya berlaku di KAI tapi juga kalau naik pesawat.

      1
      15
      • 9 Agustus 2023 - (21:39 WIB)
        Permalink

        Betul. Sebenernya petugas tinggal kasih tau langkah² cara print dari aplikasi kan bisa, kan cuma nampilin QR Code, masalah beres.
        Yang jadi pertanyaan, apakah petugasnya sudah menunjukkan langkah² ke penumpang buat print E-boarding pass? Atau dua²nya emang sama-sama gaptek. Hadeh.

        1
        13
  • 4 Agustus 2023 - (08:51 WIB)
    Permalink

    Saya Yakin si Petugas Su**** tdk memberikan info secara detailnya Jadi malah Misskomunikasi

    • 5 Agustus 2023 - (05:35 WIB)
      Permalink

      Hrsnya cetak QR nya..bukan cm kode pesannya aja. Sy aja dikasih tau, kode booking belum cetak ga boleh masuk, disuruh cetak eboarding pass dulu. Jd ga perlu cetak ke mesin tiketing. Hy lewat hp saja.QR itu nnti yg di scan

  • 4 Agustus 2023 - (09:23 WIB)
    Permalink

    Ini keluhan yg plu ditanggapi KAI apk emang hrs print tiket ( klo sdh online), spt pesawat kan sdh tdk plu print lgi , d sy kira sama aja klo intinya hanya keabsahan ,pasti di sistem akan sama dg dok yg sdh diunduh yg dibawa calon penump

    • 6 Agustus 2023 - (20:16 WIB)
      Permalink

      Naik pesawat juga sama, harus nunjukinnya boarding pass bukan kode booking. Di atas jelas TS nunjukinnya kode booking

  • 4 Agustus 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Bukanny di stasiun ada alat utk print tiketnya?? Dan itu tinggal scan/masukkan kode booking dan print deh, ga sampai 5min beres..
    Jadi disini y anda yg salah, kliatanny datang k stasiun mepet & posisi kereta udh mau jalan, ga keburu utk print tiket di mesin tiket..

    12
  • 4 Agustus 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Jadwal kereta 14.27 dan TS cek in jam 14.27.
    Manajemen waktunya diperbaiki lagi mas. Aku yakin TS ini terlambat sehingga tdk cetak boarding pass dan maunya lgsg masuk kereta.intropeksi diri mas, malu beginian di posting di sini.

    • 4 Agustus 2023 - (14:10 WIB)
      Permalink

      Mungkin meluruskan sedikit ya, di sini keterangan TS kurang jelas karena tidak tertera di bukti sudah ada cetak e-boarding pass atau belum, karena kalau via aplikasi itu ada menu cetak e-boarding pass yg nantinya di gunakan untuk di scan saat cek in. Kemudian kedua, TS menyebutkan bahwa dia sudah cek in tapi dengan keterangan jam 14:27 yg mana jam itu sesuai dengan jam keberangkatan kereta, dan setau saya kereta api itu tidak pernah lewat jam keberangkatan nya lebih dari jam yg tertera di tiket. Jadi ada kemungkinan TS terlambat/ mepet dengan jam keberangkatan kereta, jadi tidak di ijinkan masuk. Sebenarnya walaupun dari KAI tidak mewajibkan cetak tiket secara fisik karena sudah ada menu cetak e-boarding pass, tidak ada salahnya juga untuk cetak tiket secara fisik, karena prosesnya juga tidak lama, dan tidak akan jadi masalah apabila kita datang setidaknya 30 menit sebelum keberangkatan.

  • 4 Agustus 2023 - (13:33 WIB)
    Permalink

    Yg di lampirkan bukan E-boarding pass itu.
    Itu cuman kode boking tiket aja.
    Kalau E-boarding pass itu ada nama nomer KTP dan nomer kursi tertera detail nya. Coba googling pasti baru paham kalau beda kode booking dan e boarding pass

  • 4 Agustus 2023 - (14:40 WIB)
    Permalink

    Saya justru beberapa kali naik kereta dari Bekasi ke Wates dan sebaliknya tidak disarankan print kode booking. Petugas bilang cukup di scan dari HP. Dan selama ini tidak ada kendala.

  • 4 Agustus 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    TS nya tolong ikhlasin aja tiket hangusnya, gabakal bisa balik uangnya meski cari perhatian seperti ini, lain kali jadi pelajaran aja kode booking tiket bukan untuk check in ke peron, check in dulu melalui kai access atau cetak tiket check in klo pesan tiket diluar kai access, dan jangan lupa datang 2 jam sebelum keberangkatan

    • 4 Agustus 2023 - (16:21 WIB)
      Permalink

      setahu saya kalo kereta jarak jauh, petugas diharuskan scan bukti check in penumpang yang berupa bukti fisik atau bukti online, yang bisa check in di kereta itu apabila penumpang memperpanjang relasi perjalanan dengan beda kereta, misal naik taksaka tujuan yogya dan setelah sampai di yogya beberapa jam lagi orang tersebut mau lanjut perjalanan dengan kereta lain, penumpang tersebut berhak menghubungi kondektur ka taksaka untuk meminta bantuan check in, jadi ya intinya selama penumpang tersebut baru masuk stasiun, wajib scan check in terlebih dahulu

  • 4 Agustus 2023 - (16:11 WIB)
    Permalink

    Dah cetak boarding pass atau belum itu? Klo cuma kode booking ya harusnya ga bisa. Justru harusnya yg bermasalah yg membolehkan masuk klo cuma pake kode booking. Tinggal cetak boarding pass di hp apa susahnya si. Komplain panjang lebar gini aja bisa masa cetak boarding pass aja ga bisa.

  • 4 Agustus 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Itumah blm cetak bording pass. Bisa cetak secara fisik d sta dan via aplikasi KAI acces. Spertinya ybs blm biasa neik kereta?? Atau ini baru yg pertama kali?? Kalo sering pake kereta mestinya paham. Komplinan anda ini malah jd tertawaan org

  • 4 Agustus 2023 - (22:16 WIB)
    Permalink

    Penumpang ini bener2 orang yang tepat waktu.
    Kereta berangkat 14:27, datang check ini tepat jam 14:27
    Sayangnya, Keretanya juga tepat, jam 14:27 berangkat.
    Selain tepat juga gercep. Modal Booking Ticket langsung mau nyelonong aja ke dalam Kereta.
    🙂

  • 5 Agustus 2023 - (00:06 WIB)
    Permalink

    Kalau kereta lokal e-boarding pass otomatis muncul. Tetapi untuk kereta jarak jauh ada 2 pilihan bisa di cetak di mesin boarding pass mandiri dengan memasukkan kode boking atau bisa juga dengan “Cetak e-boarding pass” Di aplikasi KAI ACCESS batas cetak boarding pass adalah paling lambat 10 menit sebelum jadwal keberangkatan kereta.

  • 5 Agustus 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Setahu saya selama dari srasiun gambir dan di balapan solo,
    Kalau saya dapat pesan dari e-commerce, atau beli di alfa semacamnya, atau di tiketdot com, dapat sebuah kode.
    Dan jika sampai di stasiun, saya akan cetak di mesin pencetak kode tersebut, dan akan keluarlah lembaran boarding pass. Bisa di cetak beberapa jam sebelum kereta berangkat kok.

  • 5 Agustus 2023 - (12:37 WIB)
    Permalink

    Cetak yang dimaksud di sini tidak harus dicetak di atas kertas tapi tinggal klik cetak eboarding. Tombol nya harus scroll ke bawah yang sesuai nama penumpang yang tertera di situ. Nanti ada tombol cetak eboarding pass. Sebelum check in tanyakan petugas yang mana bagian tidak pahamnya. Saya biasa cetak eboarding pass dan kode qr muncul setelahnya. Baru itu yang bisa digunakan untuk check in dan masuk ke kereta

  • 6 Agustus 2023 - (00:51 WIB)
    Permalink

    Pak .. beli tiket nya di aplikasi KAI apa bukan?? Kalo beli di aplikasi…. Pada bagian bawah ada gambar tiket… Pilih itu nanti ada pilihan untuk cetak E-tiket.. kalo ngga salah satu atau 2 jam sebelum keberangkatan.. nanti e-tiket ini yang di scan di pintu masuk stasiun… Begitu pak….

  • 10 Agustus 2023 - (06:32 WIB)
    Permalink

    Memang tidak semua penumpang tau prosedur naik kereta, tp Krn bapak ini terbilang sudah berkali kali naik kereta api, berarti dianggap sudah sangat tau dan berarti pula selama ini tidak pernah mentaati aturan yg dibuat KAI, sy kemaren membelikan tiket untuk sodara yg tidak punya akun apl KAI pun bisa, asalkan bukti semuanya di ss cm melalui WA, KAI sekarang 👍👍👍melayani konsumen yg mau tertib💪💪💪

    14

 Apa Komentar Anda mengenai PT Kereta Api Indonesia?

Ada 159 komentar sampai saat ini..

Tidak Diizinkan Naik Kereta Api Tanpa Print Tiket

oleh Indra dibaca dalam: 1 menit
159