Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda

Perkenalkan saya penjual di Lazada, dengan nama toko: MUKAMAUSHOP dan ID seller: ID67XIXIP1. Saya membuat surat terbuka ini kepada pihak Lazada, dengan maksud meminta hak saya yang tidak dibayarkan sejak 14 Juni 2022 lalu. Sampai bulan Agustus 2023, saya tidak menerima pembayaran satu rupiah pun, dari uang saya yang ditahan oleh Lazada sebesar Rp8.211.000.

Terakhir saya coba menghubungi pihak Lazada pada tanggal 7 Juli 2023, tapi jawaban dari pihak Lazada menyebutkan pesanan saya ada yang menyebabkan saldo negatif, dan ini tidak benar. Jelas tertera di laporan keuangan saya bahwa status terakhir uang saya yang tertahan di Lazada sebesar Rp8.211.000, seperti yang tertera di gambar di atas.

Dan saya dituduh melakukan pelanggaran anti kompetitif berbeda kembali dengan apa yang disampaikan di email di atas yang menyebutkan bahwa pelanggaran saya adalah ada pesanan yang menyebabkan saldo keuangan saya menjadi negatif/minus.

Sedangkan pelanggaran anti kompetitif, berbeda lagi artinya dengan pelanggaran yang dituduhkan oleh pihak Lazada via email. Poin-poin pelanggaran anti kompetitif antara lain (ada di gambar berikut):

Dengan alasan yang selalu berubah-ubah, saya sebagai penjual tidak paham apa yang saya lakukan sehingga akun saya dinonaktifkan dan uang saya tidak bisa ditarik sudah lebih 1 tahun ini. Untuk pelanggaran anti kompetitif, saya tidak pernah memesan ke penjual lain dengan niat buruk sama sekali, dan pihak Lazada di email-emailnya juga tidak memberikan bukti atas pelanggaran yang dituduhkan kepada saya.

Saya meminta kepada pihak Lazada agar bisa membayarkan uang saya yang tertahan di aplikasi kalian, kasihanilah saya sebagai penjual kecil ini. Uang 8 juta bagi saya sangat besar dan berarti. Saya harap Lazada bisa membantu saya dalam masalah ini. Terima kasih.

Wirya Wiryawan
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda”

Redaksi yang terhormat, Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 4 Agustus 2023 berjudul “Lazada Belum Membayar Uang Saya...
Baca Selengkapnya

46 komentar untuk “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda

  • 4 Agustus 2023 - (18:12 WIB)
    Permalink

    Wah Juni 2022 ke Agustus 2023???
    13 bulan? Gila sih. Lazada tolong tuh di bayarkan uang si penulis kasian masa uang 8 juta saja kalian makan?

    15
    • 4 Agustus 2023 - (21:39 WIB)
      Permalink

      8 JT doang masih aja di tilep lazada lu MP gede wkwkwk ga modal bgt smpek ada tahan duit orang balikin woy @lazada

      12
    • 5 Agustus 2023 - (14:41 WIB)
      Permalink

      Lazada miskin x dirimu, udah mulai jadi tukang tilep ya? Loe gak kembalikan hak penjual maka siap2 anda di viralkan.

      Malu2in aja lazada sebesar ini rupanya isinya ……

  • 4 Agustus 2023 - (18:42 WIB)
    Permalink

    Bisa begitu alasan macam macam untuk tahan uang penjual ini mah udah gak beres pantes tiap bulan ada aja yang ngeluh uang ditahan di lazada ini

    15
    • 4 Agustus 2023 - (23:03 WIB)
      Permalink

      Lapor lembaga perlindungan konsumen bosku anda kan konsumen layanan lazada juga tiap ada barang kejual bayar ke lazada juga semoga di bayar tuh duit bosku

  • 4 Agustus 2023 - (18:44 WIB)
    Permalink

    Saya pernah ngalamin nih kek gini uang ga seberapa untung nya hanya 800rb saya ikhlasin udh kapok jualan di lazada

    12
    • 5 Agustus 2023 - (00:10 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin buat TS nya
      Semoga lekas kelar dan ketemu titik terang nya

      FYI bukan buat bela pihak lazada
      Tapi selama sy jualan online dan sudah berjalan 5tahun
      Tidak pernah 1x pun uang di tahan kepending 1hari karena long weekend ( ini jaman tahun 2020-2021 CMIIW )
      Pencairan otomatis seminggu sekali lancar jaya

      TS berkata tdk pernah memesan kepada penjual lain okey

      Tapi dari 3 contoh pelanggaran anti kompetitif
      Yang contoh nomor 3, anda tdk memberikan statement ( memberikan keluhan dengan niatan buruk )

      Dari gambar yang anda berikan ( email dan detail anti kompetitif ) tdk ada kalimat yang menyebutkan tentang PESANAN anda ( tapi jawaban dari pihak Lazada menyebutkan pesanan saya ada yang menyebabkan saldo negatif, dan ini tidak benar)
      Jika anda menghungi PSC pasti ada history percakapan by email

      • 5 Agustus 2023 - (02:00 WIB)
        Permalink

        Sebelum bulan Juni 2022 juga pencairan dana saya lancar kak,saya jualan di lazada sejak 2020 kok.

        Untuk pelanggaran yang tercantum di kesehatan toko saya adalah anti kompetitif sedangkan definisi perilaku anti-kompetitif adalah saya memesan barang ke penjual lain dengan niat buruk (seperti gambar yang saya kasih) dan buat percakapan history by email memang banyak dan itu hanya coy paste saja dr email di atas setiap saya meminta bukti pesanan apa yang buat saldo negatif di akun saya dibalas dengan kata2 sama , logika nya jika pesanan di toko saya ada yang buat saldo saya negatif tidak akan ada di laporan keuangan saya uang yang tertahan jika saldo saya negatif/minus saya juga tau diri ga akan meminta uang saya dan poin poin yg saya sampaikan soal perilaku anti-kompetitif itu saya ambil dr kebijakan lazada inti nya di perilaku anti-kompetitif adalah saya memesan dengan akun pembeli ke seller lain agar seller lain rugi atau niat buruk sedangkan saya tidak pernah belanja online di lazada.

  • 4 Agustus 2023 - (18:45 WIB)
    Permalink

    hahahaha kalo kasus di lazada ga jauh pasti di MK mah kalo ga selisih ongkir sama uang ketahan emg butut sistem lazada bisa nya keruk uang rakyat kecil doang bos

  • 4 Agustus 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    Pernah ada di posisi kamu kak saya uang di tahan sampai 8 bulan kak tapi untungnya setelah push sana sini uang di bayar juga jangan nyerah kak kalo perlu lapor polisi nanti di kasih mediasi sama polisi

    • 4 Agustus 2023 - (23:05 WIB)
      Permalink

      Iya postingan kamu aku baca dan udah selesai ya masalah tp knp lazada slalu aja ada issue soal uang ditahan

  • 4 Agustus 2023 - (21:37 WIB)
    Permalink

    Anjayyuu tuduhan ke seller patah semua saldo negatif jelas ada saldo nya si seller gak minus,anti kompetitif gak ada bukti juga seller sengaja pesan ke toko lain buat jatuhin kompetitor terus uang nya kenapa masih di tahan juga?apa perusahaan yg katanya terbesar di asia tenggara kekurangan uang?sampe hak org di makan?

    4
    1
  • 4 Agustus 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Emang lazada mah tukang ngambilin duit orang sepertinya yg punya lazada seperti Dirut nya itu ga punya malu catut duit org ayo kasih bintang satu di playstore buat lazada biar di hapus dari playstore

  • 4 Agustus 2023 - (23:43 WIB)
    Permalink

    Lazada makin lama makin tenggelam.. Makanya untuk seluruh MP besar belajar lah, tidak perlu serakah dan ambisi untuk punya xpedisi sendiri.. Pasti semakin buruk citranya..

    • 5 Agustus 2023 - (01:40 WIB)
      Permalink

      Adek ipar sy ngalamin hal yg sama jualan vavor di lazadut thn 2020 uang nya ditahan 2,5juta selama 5bln dgn alasan akun melanggar aturan , tp si lazadut tdk bisa memberikan bukti pelanggaran apa yg di lakukan. Stlh adek ipar sy posting di tweter barulah uang nya bisa dicairkan dan sejak itu pula stop jualan dilazadut

      • 5 Agustus 2023 - (02:01 WIB)
        Permalink

        Kadang aturan yang dibuat tidak jelas kak dan terkesan di sambung sana sini sesuka lazada aja dan pasti nya uang ditahan lama kalo sudah viral baru dibayar niat mereka apa sih?hehe

  • 5 Agustus 2023 - (00:21 WIB)
    Permalink

    Laporin aja ke polisi kalau begitu. Nanti masuk perkara pengadilan kan. Jadi nanti dipengadilan pasti ada bukti digital forensik lazadanya.

  • 5 Agustus 2023 - (02:57 WIB)
    Permalink

    senasib ni

    Lazada mengambil uang hasil penjualan seller

    Perkenalkan saya hafiz, pemilik akun seller di lazada dengan nama Hafiz jam bc yg sampai sekarang uang hasil penjualan saya kurang lebih 9 jt di lazada belum juga saya terima dan sepertinya diambil secara paksa oleh lazada.

    kronologi nya, tgl 22 juni 2022, saya menerima pesanan 2 item jam merk seiko dengan total 19jt no pesanan 897960135461275. karena pembayarannya sudah berhasil dibayarkan pembeli saya proses pesanan tsb di hari itu jg.
    pembeli mengajukan retur 1 item dan 1 nya lg dikonfirmasi pembeli. Saya gk tau alasan kenapa pembeli mengajukan retur 1 aja. tp saya menyetujui nya dan tidak ada masalah sampai disini, sampai saya mendapat pengembalian 1 item jam yg dikembalikan pembeli.

    setelah pembeli mendapat uang refund 1 item barang tsb, seharusnya saya juga mendapatkan 1 item barang penjualan saya.
    disinilah awal masalah nya, saldo penjual saya malah minus 9jt an, yg seharusnya bertambah 9jt untuk penjualan 1 jam tsb.

    saya komplain ke cs, bla bla sudah berbulan2 sampai terakhir tgl 29 juli 2023, artinya sudah setahun lebih.
    jawaban nya tetap “toko terindikasi melanggar kebijakan berjualan di Lazada, sehingga untuk pembayaran pesanan tersebut tidak dapat di proses oleh Lazada.”

    Jadi pembayaran hasil penjualan saya buat siapa ? buat kas lazada ? Apapun alasan lazada, apakah Lazada berhak mengambil uang hasil penjualan seller?

    Saya yakin banyak seller seller lain yg menjadi korban Lazada, yg uang hasil penjualannya lazada ambil buat kepentingan mereka. Dengan alasan melanggar ketentuan mereka, apakah mereka berhak mengambil uang kita ? Kalau ada ahli hukum yg membaca ini, saya mohon sedikit pencerahannya.

    atau mungkin untuk seller lain yg menjadi korban lazada, yg senasib dengan saya, apa perlu kita buat paguyuban untuk mengambil kembali uang kita yg ditahan lazada.

    untuk pihak lazada, saya tidak perlu keterangan dan penjelasan akun saya melanggar ketentuan dll, saya hanya perlu uang hasil penjualan saya di lazada segera berikan kepada saya karena itu hak saya.

    terimakasih

    11
    • 8 Agustus 2023 - (07:32 WIB)
      Permalink

      Coba viralin d tiktok tweet dll gan….kumpulin para korban trus lapor lembaga perlindungan konsumen atau demo langsung k lazada office nya sambil d kontenin lumayan sekali mendayung 2 3 pulau terlampaui

    • 23 Agustus 2023 - (09:29 WIB)
      Permalink

      saya ada 2 toko yang uangnya ketahan sama lazada.
      total 6juta-an.
      1 toko tdk dibayar karena toko fisik nutup, rekening bank a/n PT diblokir. saya mengajukan penggantian no rekening a/n direktur sesuai AKTA, TIDAK DITANGGAPI. dari tahun 2019 s/d hari ini, uang kami masih ditahan lazada.
      1 toko lagi “katanya” terindikasi pelanggaran 48 poin. tapi tidak dijelaskan poin pelanggarannya apa, soalnya toko sudah tidak bisa dibuka lagi. padahal ada saldo 3jutaan disitu.

      jadi bagi UMKM yang modalnya pas-pasan mending jangan jualan di lazada dah. resiko hilang duit ditelan lazada pasti ada!! waspadalah!!

  • 5 Agustus 2023 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Rada aneh ini lazada. Iklan saya sudah lama tayang dan sudah terjual bbrp x tiba² kena pinalti dgn alasan ukuran tidak sesuai. Padahal sudah di cek tak ada yang salah. Kok malah mereka yg jadi sok tau ukuran barang.

    • 5 Agustus 2023 - (09:38 WIB)
      Permalink

      Iya kak emang aneh,aturanya rancu bisa di tarik sana sini semua mereka.

  • 5 Agustus 2023 - (14:51 WIB)
    Permalink

    Harusnya 1 tqhun cukup untuk investigasi, kalau memang si TS curang ya sdh bayar saja haknya yang sesuai abis itu tokonya di hapus, kalau nahan gini itu namanya pencurian?

  • 5 Agustus 2023 - (16:16 WIB)
    Permalink

    Jangan simpan uang di aplikasi banyak banyak .ini sudah masuk kasus pencurian lazada bisa dituntut soal pelanggaran.

    • 5 Agustus 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Setau saya dulu emg gabisa ditarik kak harus nunggu 1 Minggu sekali jadi pasti numpuk uang nya

  • 5 Agustus 2023 - (21:19 WIB)
    Permalink

    Bukan Lazadanya, tapi permainan oknum, udah banyak terjadi bahkan Temen w sendiri pernah alamai, langsung nyamperin ke kantornya aja dan minta semua hak anda. Langsung dicairin

  • 6 Agustus 2023 - (11:50 WIB)
    Permalink

    Gapernah ada perbaikan ya lazada? Masih banyak banget yg duit nya di tahan tahan malah ini udah 1 Thun lebih tuh duit penulis di kemanain jadi asset apa? Apa udah dipakai?

  • 6 Agustus 2023 - (23:34 WIB)
    Permalink

    Saya jual sepatu, banyak oknum kurirnya lazada yg menukarkan isi barang sepatu tsb dgn sepatu bekas, pembeli otomatis komplain dan mengembalikan paket ke penjual, sbg penjual yg sudah berjualan di MP ini 3 th melakukan komplain ke lazada. Lazada Minta bukti video cara packing, sudah seller videokan, cs nelepon ke kita hari minggu pagi, minta buktinya…org gila kali emang seller kerjanya 7 hari seminggu. Dengan berbagai alasan besok senin selleer sudah email video cara packing by email, ditunggu 2 sd 3 hari no respon, kita hubungin cs kembali ditanya kembali dari awal kronologinya krn cs nya org berbeda, terakhir divonis bahwa seller telat mengirimkan bukti pengiriman. Saya berdagang utk dpt untung 30rb per psg dengan modal sepatu 800rb hrs brp psg saya menjual. Sudah 3 th an sy jualan di lazada brp untung yg seller kerjakan buat lazada. Mulai saat itu saya langsung stop pengiriman bila ada yg pesen di lazada. Saya infonpembeli utk beli di toped atau shopee.
    Note: Kenapa saya katakan oknum kurir lazada, karena reseller kita semua mengalami hal sama.

    • 7 Agustus 2023 - (15:33 WIB)
      Permalink

      Memang kadang lucu mereka gatau penjual itu untung gak seberapa,bisa bisa nya uang untung ga seberapa ditahan atau di cancel gatau dia uang 10rb aja buat penjual kecil berarti loh lazada emang rampok sih

  • 23 Agustus 2023 - (10:07 WIB)
    Permalink

    Klo duit nya ga balik, viralin aja. percuma lapor sana sini, buang waktu,tenaga,uang. Harus orasi di bunderan HI, abis itu video nya di upload ke sosmed

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Lazada?

Ada 46 komentar sampai saat ini..

Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan ya…

oleh MUKAMAUSHOP dibaca dalam: 1 menit
46