Tanggapan perihal “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda”

Redaksi yang terhormat,

Menanggapi surat pembaca di Media Konsumen pada tanggal 4 Agustus 2023 berjudul “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda”, kami menyesali ketidaknyamanan yang dialami oleh Bapak Wirya Wiryawan.

Kami telah melakukan penelusuran permasalahan dan mendapati toko Bapak Wirya terbukti melanggar aturan berjualan di Lazada. Demi keamanan dan kenyamanan berjualan dan berbelanja online di ekosistem Lazada, dengan sangat terpaksa kami harus menonaktfikan akun toko Bapak Wirya sesuai dengan ketentuan berjualan di Lazada yang telah disepakati oleh penjual dan Lazada sejak awal penjual bergabung di Lazada. Hal ini sudah dikomunikasikan oleh tim Customer Care Lazada melalui email pada 7 Agustus 2023, setelah tim Lazada mencoba menghubungi Bapak Wirya secara langsung melalui telepon, namun tidak pernah terhubung.

Sebagai salah satu Pelaku Perdagangan Melalui Sistem Elektronik (PPMSE) terbesar di Asia, Lazada Indonesia senantiasa berkomitmen untuk memberikan layanan belanja terbaik bagi para penjual maupun pembeli di platform kami. Kami mengimbau agar jika ada pertanyaan atau permasalahan, para penjual dapat menghubungi layanan chat Customer Care yang tersedia dari hari Senin hingga Minggu melalui aplikasi dan situs pusat bantuan penjual.

Kepuasan, keamanan, kenyamanan pengalaman berjualan dan belanja online di Lazada Indonesia bagi penjual maupun pembeli selalu menjadi prioritas kami.

Terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

Salam,

Farid Suharjo
Deputy Chief Customer Officer, Lazada Indonesia

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda

Perkenalkan saya penjual di Lazada, dengan nama toko: MUKAMAUSHOP dan ID seller: ID67XIXIP1. Saya membuat surat terbuka ini kepada pihak Lazada,...
Baca Selengkapnya

68 komentar untuk “Tanggapan perihal “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun 1 Bulan dengan Alasan yang Berbeda Beda”

  • 9 Agustus 2023 - (12:26 WIB)
    Permalink

    Balasan atau tanggapan dari pihak pedagang yang akunnya telah diinvalidkan oleh Lazada, sangat tidak subtansial.
    Yang dipersoalkan utama, adalah mengapa hak pedagang tersebut berupa uang sebesar kurang lebih Rp8 juta, tidak pernah dikembalikan pihak Lazada?
    Padahal itu hak pedagang.
    Pihak Lazada malah dengan bangganya mengklaim sebagai perusahaan terbesar di Asia dan lain-lain, yang sama sekali pembahasan tidak menyentuh pada hal mendasar yaitu “menahan” uang yang bukan miliknya.

    Perusahaan terbesar se-Asia. pemilik uang ratusan triliun, namun seperti ada upaya ambil hak orang yang hanya Rp8 juta. sungguh tragis.

    sebaiknya pihak Lazada tidak menjawab ini, jika tak membahasa pada hal subtansial.

    atau berhentikan saja orang-orang tak berkompeten di Lazada yang ditenggarai berbuat curang.

    32
    1
    • 10 Agustus 2023 - (01:35 WIB)
      Permalink

      Bener banget inti masalah kan uang si penulis ditahan 1 tahun lebih, nah tapi di sini gak ada penjelasan nya dan yg pasti gak di bayarin jadi tanggapan ini cuma formalitas semata sih gak ada clear soal masalah utama nya, e-commerce gede kok makan uang seller mana cuma 8juta haha malu tuh sama Tokopedia

      10
    • 14 Agustus 2023 - (09:20 WIB)
      Permalink

      Jubirnya nulis dulu baru mikir, khas marketplace perontok umkm anak bangsa.

      • 15 Agustus 2023 - (13:09 WIB)
        Permalink

        Kayaknya pak Farid ini gaktau masalah apa apa dibalik layar sih cuma copy paste dari template saja untuk tanggapan di media konsumen ini.

        Kacau

    • 15 Agustus 2023 - (17:45 WIB)
      Permalink

      Akun di nonaktifkan bisa hak lazada memang tapi uang jadi hak milik lazada? Peraturan macam apa itu? Apalagi transaksi di lazada antara pembeli dan penjual sudah selesai dan gak ada komplain ya otomatis uang penjual mau penjual melakukan pelanggaran ya uang yg masuk di akun penjual ya harus nya di bayar,lagi pula jika penjual melakukan peniuan dimana mana uang gak akan masuk ke dompet hasil penjualan akan di komplain lebih dahulu oleh pembeli,jadi gak masuk akal jika uang sudah masuk baru di rampas uang si seller.

      Ini sistem harus di ubah biar gak banyak korban yang kena jerat dengan kebijakan berat sebelah ini…

      Viralkan

  • 9 Agustus 2023 - (12:40 WIB)
    Permalink

    Lazada tak memiliki isi apa-apa dalam menjawab dan mengatasi uang Rp8 juta tersebut. Sangat terang, Lazada tak menyentuh perkara itu.
    Tidak pada subtansial.
    Sesungguhnya, Lazada bukan menanggapi keluhan apalagi kerugian pihak pemilik akun yang telah dinon aktifkan (atas dugaan kesalahan). Tapi Lazada sedang menegakkan posisinya bahwa ia besar, kuat dan sangat kaya. Dan terbesar di Asia. Lazada sedang menegaskan kepada si “pedagang kecil yang cuma numpang”, bahwa ia maha power.

    15
    • 9 Agustus 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Balikin dana penjual dong..jangan di tahan² itu uang hak dia.setlah balikin gak apa2 aku nya di bekukan.tetapi pedagang gak di tilep duit nya.kalo lazada exis terus.kalo bangkrut duit pedang mau di bawa pulang juga kah..?
      Kebijakan sebelah pihak.!!
      Bila ada transaksi mencurigakan harus nya pihak lazada sudah mendeteksi dari awal sebelum terjadi transaksi..ini mah deteksi setelah transaksi.trus nahan duit nya.!

      • 9 Agustus 2023 - (18:36 WIB)
        Permalink

        Itu dia kak jika ada transaksi mencurigakan dan membuat rugi pihak lain kenapa uang nya masuk ke dompet di akun saya? Kenapa harus masuk ke akun saya dlu baru di tahan dan akun saya di nonaktifkan? Ini yg saya tidak ngerti

      • 10 Agustus 2023 - (01:44 WIB)
        Permalink

        Jawaban nya ngawur gak ada titik terang buat selesaiin permasalahan yg punya uang di akun lazada malah uang nya jadi gelap gatau kemana dan buat apa tuh 8jt hihihi serem “perusahaan terbesar di asia tenggara” bikin gelap uang seller padahal cuma 8 Jutaaaa wow banget sih si lazadut lazada badut emang

        • 15 Agustus 2023 - (13:11 WIB)
          Permalink

          Perusahaan gede kok bisa bisa nya rampas uang seller yg kalo di USD in cuma 420 USD? Haha katanya valuasi nya sampai triliunan wkwkkwkw uang 400 USD aja di rampok waduh waduh

          • 15 Agustus 2023 - (17:46 WIB)
            Permalink

            Poin yg patut di tanyakan sih untuk perusahaan sebesar LAZADA uang yg bisa dibilang kecil itu tetap saja di makan? Ini sih kelewatan

    • 9 Agustus 2023 - (15:53 WIB)
      Permalink

      Betul banget buat perusahaan yg katanya gede 8 juta saja di makan? Agak lucu dan miris ,jika memang seller melakukan kecurngan yg jadi pertanyaan kenapa uang nya bisa masuk ke dompet penjual? Aneh bukan? Kalo ada kecurangan pemenuhan pesanan pun gak akan masuk uang nya ke akun penjual

      • 10 Agustus 2023 - (01:44 WIB)
        Permalink

        Uang seller jadi “gelap” bro hohoho

      • 11 Agustus 2023 - (11:46 WIB)
        Permalink

        8jt mah gede,
        300rb punya saya udah 3tahun, juga d telan

        • 15 Agustus 2023 - (13:13 WIB)
          Permalink

          300 RB juga di makan bro? Waduh emang kampret namanya itu mah 🤩

    • 9 Agustus 2023 - (19:38 WIB)
      Permalink

      Lazada kebanyakan barangnya dr China semua yg UMKM cuma secuil.
      Murah sihhh tp mematikan usaha yg lain.

      Seharus kalau menonaktifkan toko. Hak toko yg masih ada di bilik lah.

      Kan dia jual barang barang dah di terima konsumen.

      Masa uangnya di sikat juga katanya terbesar di asia uang 8jt aja di sikat juga

      • 10 Agustus 2023 - (01:37 WIB)
        Permalink

        Itu dia yg namanya ada hal yg mencurigakan ya diawal udah di blokir uang nya biar gak masuk ke akun si seller , ini uang udah masuk akun tapi gak cair dengan alasan pelanggaran aneh bgt mana cuma 8jt katanya perusahaan gede😂 8jt aja di embat

  • 9 Agustus 2023 - (14:29 WIB)
    Permalink

    Tanggapan dari Lazada, sama sekali tidak menyelesaikan permasalahan penjual, trus uang yg sdh dibayarkan oleh pembeli dikemanain sama Lazada, apa mungkin di tilep ya sama pihak Lazada, menyedihkan.

    • 15 Agustus 2023 - (03:37 WIB)
      Permalink

      GK jls bro ini lazada gw aja baru buka toko waktu itu masa bsk nya toko di nonaktifkan grgr dituduh melakukan transaksi pesanan mencurigakan padahal juga blom upload barang gue ya gmn mau ada transaksi wkwkakakakakkaa emg aneh ini lazada mah

  • 9 Agustus 2023 - (15:43 WIB)
    Permalink

    Ini tanggapan atau si..??? Kok ga nyambung. Kemana duit penjual yg 8 juta .??? Udah dikasihkan kepenjualnya atau di tilep la za da sih???

    • 9 Agustus 2023 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Uang nya tidak dibayarkan juga kak,alias di rampas oleh mereka dengan alasan selalu berbeda2 setiap saya up case ini.

  • 9 Agustus 2023 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Uang nya?di makan? Wow banget!!!!

  • 9 Agustus 2023 - (18:31 WIB)
    Permalink

    Teruntuk lazada ,saya terima dengan akun saya dinonaktifkan tapi uang saya yang di lazada kenapa tidak bisa di bayar? Alasan kini berbeda lagi saya dibilang memiliki indikasi akun lebih dr 1 itu melanggar kebijakan kalian? Oke. Dulu saya punya toko 2 di lazada tapi apa itu masalah? Sampai uang saya di tahan selama 1 tahun? Apa masuk akal jika tidak ada komplain yg merugikan customer kenapa uang saya ditahan? Alasan kalian selalu berbeda2 setiap saya up case saya ini.

    1.perilaku anti kompetitif
    2.saldo di lazada (toko saya) negatif/minus
    3.memilili indikasi akun lebih dr 1

    Yang bener yg mana? Dan uang saya apa ada urusan dengan pelanggaran itu? Saya rasa tidak. Ini sudah masuk ke ranah perampasan paksa.

    Malu kepada anda lazada! Shame on u!

    • 15 Agustus 2023 - (03:39 WIB)
      Permalink

      Yg sbr bro yg penting skrg bnyk yg tau sikap lazada ke seller tuh berat sebelah smua peraturan cm bikin untung si lazada aja gw yakin skrg lazada bnyk kabur seller nya kalo liat mslh uang kek 8jt aja gak BS dikelarin ..

  • 10 Agustus 2023 - (01:33 WIB)
    Permalink

    Lah si penulis kan minta duit nya?

    Kenapa gak ad jawaban jelas soal duit dia?

    Ini aneh nih emang lazada pantes sepi skrg org perlakuan ke seller aja begini semoga makin sepi

  • 10 Agustus 2023 - (01:41 WIB)
    Permalink

    Masalah nya uang ditahan gak dibayar sudah 1 tahun lebih tapi tanggapan ini gak ada sama sekali memperjelas uang itu kemana dan akan buat siapa?di surat terbuka di penjual jelas dia gak mempermasalahkan akun yg di nonaktifkan tapi dia menanyakan dan menagih uang dia yang LAZADA tahan 1 tahun lebih itu,lucu sekali ini deputy cs lazada haha sekolah tinggi tapi tidak berisi dan suka buat sengsara manusia lain

  • 10 Agustus 2023 - (01:49 WIB)
    Permalink

    Dipinta uang orang malah sok sok budek jawab nya gak jelas uang cuma 8jt buat lazada kicikkk masih aja di makan bos

    • 10 Agustus 2023 - (19:55 WIB)
      Permalink

      Akun bisa di suspend.tapi duit ya di cairkan lah..ini namanya maling

  • 10 Agustus 2023 - (01:54 WIB)
    Permalink

    Abis baca tulisan si seller agak aneh jika dicurigai transaksi nya kenapa uang sampai masuk ke laporan keuangan si seller dan masuk ke jadwal pembayaran di Minggu berikutnya?(menurut tanggal yg ada di laporan) kalo emang ada pelanggaran sebelum uang masuk ke akun seller sebenernya harusnya udah ketauan dan di cancel dong? Kenapa harus masuk ke akun seller dan berikutnya ga dibayar dengan alasan ada pelanggaran? Kaya di buat buat aja padahal nominal kecil apalagi buat market place kaya lazada buat uang kecil malah blunder bisa buat nama lazada jelek di mata orang banyak

    • 15 Agustus 2023 - (13:07 WIB)
      Permalink

      Betul kak saya cuma memint hak saya saja jika di berikan pasti nya saya akan klarifikasi bahwa sudah selesai tapi jika seperti ini ya api terus nyala saya gabisa apa apa biar saja masyarakat yg memutuskan baiknya tetap memakai aplikasi lazada atau tidak yg jelas sudah sering merugikan penjual kecil seperti saya.

  • 10 Agustus 2023 - (03:23 WIB)
    Permalink

    bukti2 nya jgn sampai hilang kak, coba tanyakan ke kantor polisi

    • 15 Agustus 2023 - (19:17 WIB)
      Permalink

      Susah bang kalo ke polisi ujungnya malah kita yg kalah dan keluar duit

  • 10 Agustus 2023 - (03:33 WIB)
    Permalink

    Jawabannya ga solutif, SDMnya perlu dipertanyakan lagi kualitasnya, balikin uang org woi lazadut, kalo ga mau bangkrut anda, udh banyak berita negatif ttg anda, jgn salahin sbntar lg nasib anda bakalan sama ky ecomerce yg bakalan bangkrut

    • 15 Agustus 2023 - (13:05 WIB)
      Permalink

      Saya cuma minta hak saya saja kak tapi lazada gak kasih hak saya ,jika viral nanti saya diancam UU ITE aneh

    • 15 Agustus 2023 - (19:18 WIB)
      Permalink

      Betul keluhan si kakak nya kan uang minta dibayar udah ditahan 1 tahun eh tanggapannya soal akun yg terpaksa di nonaktifkan kan mabokkk

  • 10 Agustus 2023 - (07:12 WIB)
    Permalink

    Lah kan yg di pertanyakan uang nya kenapa nga di balikin ke penjual, klw pun toko nya di non aktifkan, duit nya mah jangan lah, katanya ngaku perusahaan besar, tanya apa Jawab apa

    • 10 Agustus 2023 - (18:12 WIB)
      Permalink

      Betul bos duit 8jt aja di makan begitu kalo mau di blokir harusnya sblm ada duit masuk masa pas duit masuk baru di blokir akun nya ngacooo….

    • 10 Agustus 2023 - (18:16 WIB)
      Permalink

      Iya nanya uang malah gak dijawab😅

  • 10 Agustus 2023 - (18:16 WIB)
    Permalink

    Seller minta uang nya balik bukan akun ny yg balik,malah jawab soal akunya haha uang nya di lewatin gitu aja apa emg kebijakan rampok ini legal?

    • 10 Agustus 2023 - (20:22 WIB)
      Permalink

      Udh setahun aja gak di balikin juga tuh duit di minta secara terbuka malah tanggapannya cuma akunya di blokir.. jabatan tinggi tapi hati nurani nya bobrok

  • 10 Agustus 2023 - (23:09 WIB)
    Permalink

    Gw udh share nih tulisan ke medsos gw semoga di up sama ecomurzz ya biar kapok nih MP

    • 14 Agustus 2023 - (12:49 WIB)
      Permalink

      Lazada sarangnya mafia, suka embat duit seller hati2 jualan di lazada

  • 11 Agustus 2023 - (15:46 WIB)
    Permalink

    Posting dimana mana om biar viral biar ga ada yg mau beli atau jualan di lazada udah kebiasaan ini marketplace

  • 13 Agustus 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    Jawaban simpamg siur dan ga jelas banget ini, ecomerce atau rampok ini, wkwkkwkw
    Kalo ada indikasi pelanggaran, dana dicairkan baru akun di bekukan atau dinonaktifkan, bukannya malah maen dinonaktifkan tanpa mengembalikan saldo!!

    • 15 Agustus 2023 - (03:27 WIB)
      Permalink

      Betul kak ya kalo ada investigasi wajar sih tapi gak sampai berbulan2 juga lagi itukan uang sudah hak penjual

    • 15 Agustus 2023 - (13:04 WIB)
      Permalink

      Saya juga bingung kak sedangkan jika kita email ke lazada jawabannya hanya copy paste dari jawaban email sebelumnya saja gak ada solusi apa apa , apalagi uang saya sampai di bayar tidak!

  • 13 Agustus 2023 - (20:45 WIB)
    Permalink

    Maaf kalau boleh tau jualan apa sampai 8 jt terus tertahan dan 8jt itu 1 kali transaksi apa banyak transaksi

    • 14 Agustus 2023 - (09:17 WIB)
      Permalink

      Ini modus marketplace membuat rontok umkm nasional pakai alasan cocoklogi, kapok deh sama marketplace cipit ini, mending ke toko ijo

      • 15 Agustus 2023 - (03:33 WIB)
        Permalink

        Betul sih soalnya saya baca disini hampir 80% poin pelanggaran nya anti kompetitif masa semua seller beli ditoko lain buat bikin rugi toko lain , kan aneh sistem lazada aja tuh yg salah baca makanya gitu malah penjual yg jadi korban

      • 15 Agustus 2023 - (13:03 WIB)
        Permalink

        Betul kak saya sekarang berbeda lagi tuduhanya adalah penyalahgunaan klaim dan memang barang saya ada yang hilang dan itu udah di konfirmasi juga oleh pihak ninjaxpress berikut isi email nya :

        Terima kasih telah menghubungi Customer Support Ninja Xpress dan Andreas di sini untuk membantu.

        Sebelumnya kami mohon maaf terkait paket Kakak yang terbatalkan dengan nomor resi NLIDAP1459668453, NLIDAP1459637064, NLIDAP1459668480, NLIDAP1457439481 dan NLIDAP1457438675.

        Mengenai ganti rugi paket NLIDAP1459637064, NLIDAP1459668480, NLIDAP1457439481 dan NLIDAP1457438675, silakan untuk langsung menghubungi pihak Lazada, karena prosedur klaim ganti rugi adalah Ninja Xpress melakukan ganti rugi ke pihak Lazada dan kemudian Kakak dapat klaim ganti rugi tersebut ke pihak Lazada.
        Kakak dapat menghubungi pihak Lazada melalui nomor telepon 021-80640090 atau melalui layanan live chat pada aplikasi Lazada

        Uang ganti rugi jelas sudah diberikan ninjaxpress ke lazada namun tidak di teruskan ke saya padahal jasa kirim tidak ada sama sekali bilang ada indikasi mencurigakan apa pun dari paket saya yg hilang

    • 15 Agustus 2023 - (13:00 WIB)
      Permalink

      Itu dari beberapa transaksi ya kak gak cuma 1-2 transaksi aja. Sekitar 10 transaksi saya menjual perhiasan kak.

  • 14 Agustus 2023 - (06:22 WIB)
    Permalink

    Yang diminta duitnya supaya balik, malah promosiin lazada sendiri, tanggapan ngak ada solusi

    • 15 Agustus 2023 - (17:39 WIB)
      Permalink

      Tanggapan cm di copy doang pak itu ciri khas lazada yg pntg jawab dan kelar nanti juga lupa org org gtu jurus mereka uang 8jt aja dah kaya 80m di tahan smpek 1 tahun lebih….. Wohhhhh busuk

  • 14 Agustus 2023 - (11:07 WIB)
    Permalink

    yg jelas loe makan duit seller , maling!
    bagus bahasa loe, tapi makan hak orang !!!!!!

    • 15 Agustus 2023 - (17:40 WIB)
      Permalink

      Betul maling kedok online shop tuuu ya lazada busuk wohoooo

  • 14 Agustus 2023 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Karyawan lazada memang dr dulu gak ada yang ber kompeten sama sekali nol pengalaman

    • 15 Agustus 2023 - (03:41 WIB)
      Permalink

      Yg buat sistem ny juga it baru lulus D3 bro gw aja blom ada produk aja di nonaktifkan dibilang akun gw ada transaksi mencurigakan wkakakakaka produk belom ada transaksi apaan coba aneh. Pantes bnyk yg kena duit di makan SM si lazada sistem nya aja lawak

  • 15 Agustus 2023 - (03:25 WIB)
    Permalink

    Sama aku juga kak uang 7.347.000 enggak dibayar atau ditahan sama bgt alesanya di akun kakak anti kompetitif itu aneh y saya dari Oktober 2022 belum dibayar apa kita ke kantor mereka aja yuk kak langsung

    • 15 Agustus 2023 - (17:38 WIB)
      Permalink

      Km juga mom kena? Wohoooo luar biasa lazada busuk

  • 15 Agustus 2023 - (17:12 WIB)
    Permalink

    Emang agak riskan jualan di lazada penghasilan riskan ditahan berbulan2 saya juga kemarin 9bulan allhamdulilah setelah tulis MK cair, tapi si ts engga ya?pinta terus uang nya sist

  • 15 Agustus 2023 - (17:37 WIB)
    Permalink

    Buat lazada uang 8jt punya si penulis penting bgt ya sampe ditahan 1 tahun lebih lohhhh,, ngakunya sih platform belanja terbesar tapi ya gini busuknya kaya buah di simpen di peti 30thn bau banget bau busuknya @lazada

  • 15 Agustus 2023 - (18:28 WIB)
    Permalink

    Kalo soal lazada tahan duit seller mah udah wara Wiri di media konsumen haha emang suka nya tahan tahan gitu bobrok lazada

Tanggapan perihal “Lazada Belum Membayar Uang Saya Sudah 1 Tahun…

oleh Lazada Indonesia dibaca dalam: 1 menit
68