20 Hari Laporan Pengaduan Tidak Ada Tindak Lanjut!

Saya pengguna aplikasi DANA yang sudah lama. Saya meminta pertanggungjawaban pihak DANA, terkait laporan pengaduan saya pada tanggal 16 Juli 2023, dengan nomor pengaduan: 29111412, yang sampai detik ini masih belum selesai.

Laporan pengaduan

Hari Sabtu, 15 Juli 2023 pukul 13:10 WIB, saya melakukan transaksi pembelian kambing. Pembayaran menggunakan aplikasi DANA, dengan nominal sebesar Rp4.500.000 ke rekening BCA. Namun transaksi tersebut sampai hari Kamis, 3 Agustus 2023, belum masuk ke rekening penerima. Riwayat transaksi di aplikasi DANA menyatakan transaksi berhasil, pada saat hari pertama.

Berikut kronologinya:

  • Hari Sabtu, 15 Juli 2023 pukul 13:08 WIB, saya top up dari m-banking BRI ke DANA, dengan nominal Rp4.510.000 (gambar 1) dan melakukan transfer ke rekening BCA pukul 13:10 WIB (gambar 2).
  • Transaksi saya tidak masuk ke penerima, bahkan setelah 1 jam menunggu tetap masih tidak masuk. Akhirnya saya coba transaksi lagi dengan nominal yang lebih kecil, yaitu Rp10.000 (gambar 3) dan masuk. Lantas kenapa yang awal transaksi tidak masuk?
  • Saya konfirmasi melalui sistem chat bot Diana, dan saya disuruh menunggu selama 1×24 jam untuk transaksi diproses. Karena dalam jual beli kita harus konsisten, akhirnya saya transfer penjual kambing dengan nominal yang sama, melalui m-banking BRI saya pada pukul 13:52 WIB (gambar 4), dan masuk ke rekening penerima. Hebatnya, pihak DANA mengklaim kalau itu adalah transaksi dari DANA.

Saya tidak bodoh tim DANA! Transaksi melalui DANA itu berbeda dengan m-banking. Transaksi melalui DANA akan tertulis: INTAN DWI ARESPAY (DANA), terlihat pada transaksi transfer dengan nominal Rp10.000. Sedangkan dari m-banking akan masuk dengan nama INTAN DWI ARIANI (BRI M-Banking, Rp4.500.000).

Di sini saya menekankan terkait keluhan saya kepada pihak DANA. Segala upaya sudah saya lakukan untuk konfirmasi kepada pihak DANA. Spam chat bot Diana, email, DM IG, bahkan untuk menghubungi call center saja sudah habis pulsa Rp200 ribu.

Adapun yang disampaikan pihak DANA “Laporan ibu sudah kita follow up di tim resolusi, karena ibu sudah menunggu lama”. Namun kenyataannya itu semua bohong. Berkali-kali saya juga tanya, kalau DANA melaporkan pengaduan saya ke pihak bank terkait, mana bukti laporan yang diberikan pihak bank kepada DANA? Namun pihak DANA tidak bisa menjawab.

Apakah iya pengaduan saya ditindaklanjuti? Apakah mungkin itu hanya kata-kata pihak DANA untuk menenangkan saya? Kenapa yang kasusnya sama (bahkan baru 2 hari) tapi pengaduannya selesai? Perbedaan dengan pengaduan saya apa? Berapa lama lagi saya harus menunggu?

Mohon segera diselesaikan permasalahan saya.

Intan Dwi Ariani
Banyuwangi, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “20 Hari Laporan Pengaduan Tidak Ada Tindak Lanjut!”

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Intan dengan judul “20 Hari Laporan Pengaduan Tidak...
Baca Selengkapnya

36 komentar untuk “20 Hari Laporan Pengaduan Tidak Ada Tindak Lanjut!

    • 5 Agustus 2023 - (08:57 WIB)
      Permalink

      Benar sekali. Seharusnya pihak dana lebih mengedepankan pengaduan yg lama. Dari pada pengaduan baru. Apabila pengaduan yg lama sudah selesai barulah tanggapi pengaduan yg baru. Apabila menunggu satu minggu bisa saya maklumi. Namun ini lebih 20hari. Semoga dana tetap amanah sesuai iklan yg setiap hari disampaikan

    • 5 Agustus 2023 - (19:11 WIB)
      Permalink

      Tiap hari selalu ada keluhan tentang dana… Hapus aplikasi.. Pakai yang pasti.. Lancar…

    • 6 Agustus 2023 - (01:18 WIB)
      Permalink

      Bank sudah memudahkan & memperkecil biaya transfer, masih aja ada yg pake jasa pihak ke 3….mau ngirit malah ngorot.

  • 5 Agustus 2023 - (21:41 WIB)
    Permalink

    Gue bingung masih ada aja orang Yang percayakan uang nya di DANA,perlu kalian ketahui DANA itu jasa keuangan yang tidak mempunyai kantor layak nya BANK,klo terjadi masalah transaksi jelas 100% nasabah yang di rugikan karena tidak ada nya kantor fisik untuk nasabah melakukan komplain.

    • 6 Agustus 2023 - (15:13 WIB)
      Permalink

      lain kali jangan lakukan lagi, dalam transaksi bisnis utamakan keamanan bukan kemurahaan.

      tetap usahakan dapat uangnya kembali.nanti bisa ditracking kok uangnya, APAKAH benaran tidak diterima atau nyangkut.

      jika dijakarta datangi kantor pusat mrk di capital pleace lt18. dan bisa diselesaikan disana. nanti kembali uangnya , asal benar benaran nyangkut disebabkan bug di apk,
      tapi jika setelah dicek dan uang didana sudah terkirim dan tidak ada kesalahan sistem, nanti anda bisa selesaikan dgn si penerima uang
      benaran tidak terima atau gimana, bisa print rek. atau lapor kepolisi.

      banyak MODUS penipu mrk selalu minta dibayar pake dana, setelah terima uang, ngakunya gk diterima. dan minta dibayar lagi pake transfer langsung,, sipengirim baku hantam dgn pihak dana..penerima uang ketawa guling guling.

      • 6 Agustus 2023 - (20:57 WIB)
        Permalink

        Terima Kasih. Sebenarnya saya sendiri tidak terlalu mempermasalahkan kalau uang itu tidak kembali. Namun lebih kepada sistem kerja dana yg dalam menyelesaikan masalah pilih2. Karenanya hari itu juga saya tf kembali dgn BI fast. Dengan nominal yg sama. Ya total hari itu 9jt uang yg saya keluarkan meski setengahnya hangus. Alhamdulillah pihak penerima setiap hari mengkonfirmasi kpd saya terkait hal ini. Mutasi selalu diberikan kpd saya setiap hari. Sesuai judul, saya lebih menanyakan tingkat pelayanan dana. Kalaupun didalamnya saya berharap uang kembali juga tidak salah. Andai saya dekat di jkt pasti saya datangi. Tp posisi saya di ujung pulau jawa. Sehingga usaha yg saya lakukan hanya ini. Besar harapan saya dgn artikel ini banyak oembaca yg menjadikan saya contoh. Bawasannya lebih bijak dalam bertransaksi. Terima kasih komentarnya kakak. Salam

  • 6 Agustus 2023 - (09:31 WIB)
    Permalink

    Kasus seperti ini sangat merugikan masyarakat, jadi pemerintah dlm hal ini OJK atw pihak kepolisian segera bertindak tegas, pihak DANA TDK boleh main main dgn uang nasabah

    • 6 Agustus 2023 - (20:59 WIB)
      Permalink

      Pengawas dana skrng bukan ojk kak. Tapi BI. Saya pun tau hal ini setelah saya konfirmasi kejadian yg menimpa saya di ojk.

  • 6 Agustus 2023 - (09:59 WIB)
    Permalink

    Saya harapkan masalah tersebut segera berakhir. Dan Anda saya berikan pemahaman apa alasan anda mentransfer sampai jutaan padahal Bank Indonesia sudah memberikan BI Fast 2.500. sebanding tidak nilai antar jutaan dengan angka ribuan, dan akhirnya anda menanggung resiko tidak selera makan dan minum hanya gara2 2.500. anda mengadu hanya dilayani sistem robot tidak berwujud alias HANTU. Jadi Setelah anda sudah mengerti dan paham maka gunakanlah akal sehat untuk melakukan transaksi perbankan sesuai jalurnya yang sudah ditetapkan. Ini Pernyataan Tegas saya kepada siapapun termasuk saya sendiri kena juga sampai sekarang gak dikembalikan dan itu akan saya tuntut di Pengadilan Akhirat untuk Mereka yang Mencuri Uang Saya.

    • 6 Agustus 2023 - (10:46 WIB)
      Permalink

      Berarti sebelum kejadian ini anda juga berpikiran sama seperti saya kan.? Dan andai kejadian ini belum menimpa anda. Anda juga gak akan berkomentar seperti ini.

      • 6 Agustus 2023 - (11:53 WIB)
        Permalink

        Sebelum nya saya pernah mentransfer hampir 19juta untuk mentransfer hanya karena free, lalu saya berpikir ulang jika saya tidak kan menggunakan aplikasi ini jika mencapai jutaan, jika dibawah 200rb oke saya gunakan. Karena saya berpikir tingkat resikonya tinggi, kantor cabang tidak ada hanya dijakarta itupun tidak akan dilayani jika bermasalah seperti ini.

      • 8 Agustus 2023 - (10:25 WIB)
        Permalink

        g usah dengerin kritik netizen kak…yang ptg kita tau apa yang mesti kita lakukan dan kita nyadar kesalahan kita..kalopun kak ngomong disini kan berharap supaya orang lain tidak mengalami hal yang sama dengan kita..

  • 6 Agustus 2023 - (10:03 WIB)
    Permalink

    Yg salah tu TS , bukan dananya, udah tau dana tu aplikasi rampok , msih nekat dipakai, dgn alasan dah pakai lama dan lom pernah bemasalah dgn dana, justru itu yg di incar dana, antrian pasti di rampok daba, udah tau dana perampok, msih brani transaksi jutaan, hati” pengguna dana yg msih nekat, dan lom pernah ada masalah, mungkin antrian anda yg bakal dirampok, ntar ujung”nya kari ke MK, bosan q mendengarnya, tiap hari dana merampok nasabah, uninstal massal aplikasi sampah ini..!!!!

  • 6 Agustus 2023 - (10:52 WIB)
    Permalink

    Apakah saya mengharapkan kejadian ini menimpa saya? Lantas kalau kejadian ini menimpa saya terus saya kah yg salah?.. Saya mengerti terkait permasalahan dana setelah saya mendapatkan masalah ini. . Wajar manusia apabila merasa di rugikan oleh dana. Karena selama ini belum pernah terjadi. Seandainya posisi saya terjadi di anda? Apakah anda menerima coment yg seperti anda sampaikan? Disini saya berupaya mempertahankan uang tersebut apabila bisa dipertahankan. Setidaknya saya sudah berusaha. Andai itu bukan menjadi rizki saya. Maka saya juga mengikhlaskannya. Namun dari artikel ini, setidaknya saya dapat memberikan info kpd orang2 yg belum menjadi sasaran pihak dana. Bijak dalam menanggapi hal lebih penting dari lada sok sok berkata seolah2 stetment kalian benar. Mohon maaf sekali. Tidak semua orang tau masalah dana kalau belum jadi korban. Lantas bagi saya yg sudah menjadi korban. Saya berupaya untuk tidak memberikan stetment yg dapat meng down kan orang lain. Terima kasih atas komentarnya. Salam

  • 6 Agustus 2023 - (13:08 WIB)
    Permalink

    Orang yg nulis artikel di MK rata2 pasti dapat notif berita di MK di MK keluahan apk DANA banyak dan tidak ada solusi selain mengiklaskan uangnya hilang di apk DANA jadi saran buat semua jangan simpan uang anda di apk e wallet apapun dan jangan tergiur transaksi gratis dari apk e wallet apapun

  • 6 Agustus 2023 - (14:04 WIB)
    Permalink

    Aplikasi Dana adalah aplikasi yg sistem keamanan nya sangat buruk ,mudah di retas
    Walaupun saldo dana saya hilang nominal nya sedikit, tapi di situ sudah bisa membuktikan bagaimana keamanan aplikasi tersebut, nominal sedikit aja bisa hilang, apalagi nominal yg besar, dan keluhan saya pun tidak ada tanggapan sama sekali,
    Fitus dana protection hanya gimmick

  • 6 Agustus 2023 - (15:04 WIB)
    Permalink

    pake bifast bos kuh, rp 2500 aman … dr pada pake danu eh dana!!!!!! pala puyeng , uang kaga jelas, pulsa abis banyak ……
    lgan masih ada aja yg pake “dana ! , udah tau klo masalah susah bget, kantor nya juga ada entah berantah , bos …..
    jadi pelajaran buat yg lain, yg baca …. pikir 1000x yeh ….
    nyesek nye ampe ke hati cuy

  • 6 Agustus 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Semoga setelah Artikel ini dimuat, Dana Anda eh, Uang anda bisa kembali…😇 Dan semoga Anda sudah kapok pakai Dana!

    • 6 Agustus 2023 - (21:04 WIB)
      Permalink

      Hahahah.. Alhamdulillah uang saya kembali lebih banyak dari iktiar dan usaha ternak saya. Terima kasih.

    • 6 Agustus 2023 - (22:11 WIB)
      Permalink

      Sy salah 1 yg kapok pake dana. Untung msih bs balik uang nya. Wktu tf antar bank, uang g taw nyangkut dmn.
      Setelah nya sy logout apl nya. Biar g menuh2in memori hp…

 Apa Komentar Anda mengenai DANA?

Ada 36 komentar sampai saat ini..

20 Hari Laporan Pengaduan Tidak Ada Tindak Lanjut!

oleh Ariani dibaca dalam: 2 menit
36