Kecewa dengan Penanganan Pindah Alamat Layanan IndiHome yang Merugikan Pelanggan

Surat ini adalah bentuk kekecewaan saya atas sistem penanganan pindah alamat layanan IndiHome yang merugikan pelanggan. Harapan saya, pihak IndiHome memberi respons atas isu ini atau paling tidak bisa memberi informasi bagi pelanggan IndiHome lainnya untuk tidak mengambil langkah yang saya lakukan.

Berikut runtutan kronologinya:

Tanggal 21 Juni 2023, saya menghubungi call center 147 untuk berhenti berlangganan karena saya akan pindah. Agen 147 menyarankan untuk melakukan isolir sementara dan mengaktifkan lagi di alamat baru. Tagihan saya adalah pro-rate untuk tagihan bulan Juli, karena saya tidak memakai penuh.

Tanggal 3 Juli 2023, saya menghubungi call center 147 kembali untuk melakukan pindah alamat. Untuk bisa diproses, saya harus mengaktifkan kembali akun yang diisolir dan saya menyetujui. Dengan harapan ketika saya berada di alamat baru, saya tidak akan menunggu terlalu lama tanpa internet. Saya diminta menunggu 1-3 hari paling lambat akan ada konfirmasi melalui email ataupun melalui pesan WhatsApp.

Tanggal 12 Juli 2023, karena belum ada kabar, saya menghubungi teknisi IndiHome. Nomor kontaknya saya dapatkan dari tetangga yang juga baru memasang IndiHome. Tempat tinggal saya adalah perumahan baru.

Tanggal 13 Juli 2023, rumah saya disurvei dan teknisi tersebut.  Dia menginformasikan bahwa rumah saya lebih dari 150 meter dari tiang ODP. Menurut peraturan baru, jarak ODP-titik pemasangan adalah 150 meter. Saya sampaikan bahwa tetangga sebelah rumah saya (hanya ada 3 rumah yang berpenghuni) juga baru memasang dan yang pasti lebih dari 150 meter. Saya sampaikan juga bahwa informasi yang saya terima dari call center 147, jarak maksimum adalah 250 meter dan letak rumah saya masih dalam jangkauan tersebut. Teknisi tersebut menyarankan membuat paralel dengan tetangga saya, kalau saya mau untuk menanyakan kesediaan tetangga saya untuk berbagi. Solusi lain ya harus menunggu peraturan baru.

Tanggal 14 Juli 2023, saya menghubungi call center 147 untuk melakukan follow up pindah alamat saya. Ternyata tidak ada permintaan apa pun pada sistem tentang laporan dari tanggal 3 Juli 2023, terkait permintaan isolir dan akan mendaftarkan pindah alamat.

Tanggal 17 Juli 2023, saya ke Grapari Sleman dengan harapan bertemu dengan CS langsung, sehingga proses lebih cepat dan mengkonfirmasi perbedaan informasi tentang jarak ODP-titik pemasangan. Di sini saya melakukan semua step lagi. CS mengkonfirmasi bahwa blokiran sudah aktif kembali, jarak maksimal ODP – titik rumah adalah 250 meter, dan jarak rumah saya adalah 240 meter. CS memastikan, bahwa menurut sistem masih ada dalam range jarak. Sebagai informasi ada 2 tiang di depan perumahan saya, dan masing-masing hanya ada 1 pelanggan yang terpasang.

Tanggal Juli 2023, saya menerima email konfirmasi.

Tanggal 21 Juli 2023, teknisi datang untuk survey. Beliau memberikan informasi sama seperti teknisi yang pertama, dengan tambahan: Perlu memasang tiang baru di tengah dan saya harus mendapatkan ijin dari pengembang. Setelah itu beliau akan mengajukan pemasangan tiang ini dan menunggu acc dari koordinator lapangan dan GM.
Siang itu saya menghubungi pihak pengembang dan saya mendapatkan ijin. Mereka menawarkan untuk datang ketika akan dilakukan pemasangan, supaya tidak perlu membuat surat ijin persetujuan. Saya diminta menunggu acc dari koordinator dan GM.

Tanggal 25 Juli 2023, saya kembali ke Grapari Sleman untuk mencari klarifikasi masalah jarak tersebut. Ketika saya sampaikan bahwa teknisi mengatakan jarak ODP adalah 150 meter, CS mengatakan bahwa yang benar adalah teknisi yaitu 150 meter, karena mereka yang tahu masalah lapangan, kemungkinan ada halangan. Perumahan itu tidak ada halangan gedung atau apa pun dan itu adalah perumahan kecil, hanya beberapa rumah saja, hanya berupa cluster. CS juga menambahkan bahwa benar untuk pemasangan tiang baru perlu menunggu persetujuan dari koordinator lapangan dan GM dan itu baru bisa diajukan jika ada minimal 3 pelanggan baru.

Sampai di sini saya teramat sangat kecewa dengan cara penanganan dan pemberian informasi yang setengah-setengah.

Tanggal 31 Juli 2023, akhirnya saya kembali menghubungi 147 untuk memutuskan langganan IndiHome. Agen 147 bertanya alasannya dan akhirnya saya pun kembali menceritakan semuanya (di sini mungkin iman saya kurang kuat untuk fokus pada rencana awal). Beliau menawarkan untuk kembali mencoba memproses, karena menurutnya yang benar adalah 250 meter dan berdasarkan sistem dalam peta, masih ada dalam jangkauan dan seharusnya tidak ada masalah. Seperti biasa saya diminta menunggu 2×24 jam untuk menerima email atau pesan WhatsApp untuk meng-upload file penunjang. Tentu saja sampai sekarang tidak ada apa pun yang masuk baik melalui email atau pun pesan WA.

Tanggal 4 Juli 2023, saya menerima telepon dari 147, meminta saya untuk menyelesaikan tagihan internet (yang belum tersambung). Tagihan full-charge ini tidak akan keluar jika saya tidak buka isolir. Untuk meminta proses pemasangan harus membuka isolir, proses yang yang berbelit-belit dan tidak konsisten dalam hal informasi, yang pada akhirnya sangat merugikan konsumen.

Di sini saya merasa hak saya sebagai konsumen tidak terpenuhi. Kesimpulan saya adalah sistem IndiHome ini merugikan pihak konsumen. Ini adalah langkah terakhir saya. Semoga ada pihak IndiHome yang menanggapi. Terima kasih.

Rinanti
Sleman, DIY

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan terhadap Surat Pembaca Mediakonsumen.com Berjudul “Kecewa dengan Penanganan Pindah Alamat Layanan IndiHome yang Merugikan Pelanggan”

Merujuk pada surat pembaca di Mediakonsumen.com pada tanggal 7 Agustus 2023 oleh Ibu Rinanti mengenai kecewa dengan penanganan pindah alamat...
Baca Selengkapnya

11 komentar untuk “Kecewa dengan Penanganan Pindah Alamat Layanan IndiHome yang Merugikan Pelanggan

  • 7 Agustus 2023 - (13:15 WIB)
    Permalink

    info terbaru memang katanya sekarang max 150meter.. sebelumnya 250 meter
    tapi disinilah susahnya indihome aturan gak jelas, beda info antara 1 dan lainnya

  • 7 Agustus 2023 - (21:39 WIB)
    Permalink

    Sama pa 2 kali pasang gagal karena aturan baru semenjak di ambil telkomsel makin sulit apalagi untuk rakyat pinggiran. Kata teknisi nya juga jalur kabel harus bersih ga boleh lwat rumah orang…. Makin sulit lagi aturan nya karena kita ini hidup bertetangga…

    • 8 Agustus 2023 - (08:15 WIB)
      Permalink

      Hmm susah ini, kalo dibilang aturan 150m kok tetangga TS bisa pasang.. cuman saran saya kalo mau pindah sebaiknya ditempat lama itu jaringan di putus saja, kecuali sdh survey dg teknisi buat pemasangan di tempat baru dan di konfirm bisa.. atau baiknya di tempat baru coba pasang baru aja.. dari pada rugi seperti ini.. kalo posisi seperti ini kesalahan ya mohon maaf di TS karena pihak pusat dan org lapangan kan beda pendapat.. kalo saya cenderung ke org lapangan si..
      Btw semoga ada jalan keluar dr temen temen tekomsel buat masalah seperti ini.. memang harus level lbh tinggi yg bs mutusin.. krn kalaupun pasang tiang itu biaya mahal.. di jaman sy hrs minimal 6 pelanggan kalo gak salah.. lumayan kalo skrg cuma 3

  • 8 Agustus 2023 - (08:01 WIB)
    Permalink

    Lebih baik berhenti berlangganan dan pasang baru kalau udah lebih dari setahun berlangganan, indihome ini pelanggan lama malah di sepelein, saya juga akhirnya pindah ke proxynet internet stabil dan bayar flat

    • 9 Agustus 2023 - (02:57 WIB)
      Permalink

      Betul makin lama makin gilak aja indihome pindah alamat kenak biaya 250rb tmbah paket bulanan 220 belum ppn
      Betingkah lama-lama indihome

  • 8 Agustus 2023 - (18:21 WIB)
    Permalink

    Halo ka, sblmnya saya teknisi disalah satu isp swasta, untuk kakaknya nih saya baca ada solusi diawal dilakukan paralel dari tetangga yg baru masang ka, kalau kakak masih ingin berlangganan dan ga ribet bisa izin aja ka diparalel pada fo di tiang, karna kalau paralel fo ditiang tagihan tetap terpisah, untuk kualitas saya rasa masih optimal karna optical power yg dishare dari odp biasanya output -18dBm s/d -21 dBm, jadi jika dipasang splitter dengan output 2 bisa jadi output yg diterima masih dibawah -24dBm(standar yg diterima router ont), kakak tinggal ambil paket yg terendah aja untuk dapat jaringan yg optimal. Saran saya sih itu ka, mohon maaf saya hanya menyarankan, karena saya lebih mengedepankan hak konsumen.🙏

  • 8 Agustus 2023 - (19:25 WIB)
    Permalink

    Terimakasih untuk komentar dan masukannya semua. 🙂
    Saya ingin meng-update masalah ini.
    Kemarin saya langsung dihubungi oleh pihak 147 berkaitan dengan penerbitan surat ini. Penjelasan mengenai perbedaan jarak masih sangat kabur, dan berjanji akan mencari klarifikasi lebih lanjut.
    Hari ini, beberapa teknisi datang untuk memasang instalasi dan beberapa pihak mangerial dari kantor Grapari pusat Yogya juga turut datang mengawasi semua proses sampai selesai dan memastikan koneksi berjalan semestinya.
    Mereka meminta maaf atas adanya perbedaan pengetahuan antara lapangan dan kantor (147 dan plasa/Grapari). Dengan adanya pelaporan ini bisa menjadi feedback adanya ketimpangan informasi yang mengakibatkan permasalahan (yang seharusnya tidak terjadi) di lapangan.
    Terimakasih untuk Telkomsel/Indihome atas respon yang diberikan.
    Terimakasih Media Konsumen yang sudah menjadi jembatan bagi konsumen dan pemberi jasa.

    Salam,
    Rinanti

  • 9 Agustus 2023 - (05:44 WIB)
    Permalink

    Persis kasus saya, saya mau pindah alamat yg baru, nah jarak dr rumah saya ke ODP nya katanya sekitar 230meter,sedangkan maksimal 150 meter, dan di perumahan baru saya, ga ada tiang telkom, hanya ada tiang beton dr PLN, dan teknisi ga brani masang karna aturan baru dr telkomsel “kabel indihome ga boleh numpang di tiang beton PLN”, klo mau pasang tiang telkomsel itu proses panjang dan lama,
    akhirnya saya kilik aja teknisi nya, dan mau juga masang di rumah saya, dan nambah biaya kabel 80 meter, sekitar 280rb dan tips ke teknisi nya, selesai deh semuanya

    • 30 September 2023 - (20:00 WIB)
      Permalink

      Ribet kalau nempel di tiang beton pln, mereka punya isp sendiri sekarang, kalau tau ada kabel indihome nempel, siap siap aja di babat tuh kabel yg numpang, resikonya kabel FO cut (los), harus lapor gangguan, nunggu perbaikan.

  • 9 Agustus 2023 - (21:00 WIB)
    Permalink

    Ribet sekali ya prosesnya. Dan sangat tidak profesional menurut saya. Info antar bagian tidak 1 bahasa, teknisi bilang 150 meter, sedangkan CS bilang 250 meter. Telepon yg pertama pun ternyata tidak ditindaklanjuti oleh CS 147 sehingga prosesnya mandek.
    Semoga ke depannya bisa lebih baik lagi pelayanannya, tanpa harus buat surat di media konsumen dulu baru dikerjain.

 Apa Komentar Anda mengenai Pindah alamat IndiHome?

Ada 11 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan Penanganan Pindah Alamat Layanan IndiHome yang Merugikan…

oleh Rie dibaca dalam: 3 menit
11