Kesalahan Pusat Resolusi Tokopedia, Pembeli yang Menanggung Konsekuensinya

Saya order paket usaha di Tokopedia pada tanggal 13 Juli 2023, dengan sistem PO 8 hari, senilai Rp3.561.616 INV/20230713/MPL/3342947890. Estimasi pengiriman di sistem Tokopedia, tanggal 24-27 Juli 2023. Singkat cerita, semua estimasi tersebut tidak terpenuhi terlambat, mulai dari penjual memproses pesanan saya sampai dengan pengiriman.

Oleh penjual, pengiriman dipecah menjadi 3 resi (1 melalui JNE Trucking sesuai jadwal, 2 resi melalui J&T Cargo yang tidak bekerja sama dengan Tokopedia). Hasilnya, semakin terlambatlah saya menerima semua paket tersebut. Efek domino dari keterlambatan tersebut adalah saya gagal membuka warung sesuai deadline, dan uang masuk serta sewa lapak yang sudah saya setorkan ke pengelola (Rp1.450.000) hangus. Tentu saja, saya kehilangan lapak strategis.

Tidak sampai di situ penderitaan saya sebagai pembeli. Paket terakhir yang saya tunggu-tunggu (etalase akrilik) pecah, kemungkinan rusak dalam proses pengiriman. Usut punya usut, penjual ternyata tidak mengemas akriliknya dengan bubble wrap dan tidak mengasuransikan paket tersebut sesuai kategori, yakni asuransi pecah belah. Akibatnya, klaim asuransi ke J&T Cargo ditolak. Saat saya minta pertanggung jawabannya, penjual hanya mau ganti kerugian Rp200.000. Padahal total yang saya bayarkan Rp3,5 juta dan akriliknya saja dia jual terpisah Rp1 juta.

Saya sampai masuk RS karena asam lambung saya naik akibat stress. Semua rencana saya untuk membuka warung warmindo/warkop gagal. Padahal semua uang tabungan terakhir saya, pasca bangkrut usaha, sudah habis semua untuk modal usaha ini. Anak batita saya sampai tidak bisa membeli susu lagi, karena uang saya terserap ke usaha ini semua.

Setelah berbagai negosiasi dengan penjual, akhirnya ada kesepakatan untuk mengembalikan dan mengembalikan uang (retur dan refund) paket, kecuali paket kecil (paper bowl, kompor, regulator) yang dibuka kemasan karena uji coba/testing keberfungsian.

Kesepakatan retur dan refund ini sudah diketahui oleh admin Pusat Resolusi Tokopedia, karena sudah saya lampirkan kesepakatan saya dengan penjual melalui chat WhatsApp di diskusi Pusat Resolusi. Admin Pusat Resolusi Tokopedia pun menyetujuinya, apalagi setelah saya mengirim resi pengiriman retur, Pusat Resolusi malah membantu follow up ke kurir.

Hanya saja, kesalahan fatal Pusat Resolusi Tokopedia adalah, sudah tahu bahwa itu diretur, malah uang saya diteruskan ke penjual. Customer service/Tokopedia Care seolah tidak berdaya untuk memaksa penjual mengembalikan uang saya. Saya hanya disuruh menunggu dan menunggu sampai penjual mentransfer ke Tokopedia. Giliran saya meminta pertanggung jawaban konkretnya, Tokopedia malah bilang tidak bisa memberi janji.

Saya bertanya batas waktu menunggu pun tidak bisa dipastikan. Jadi, maksudnya pembeli yang harus menerima konsekuensi dari kesalahan fatal Pusat Resolusi Tokopedia? Luar biasa, kesalahan fatal Pusat Resolusi Tokopedia membuat pembeli rugi berkali-kali!

Lilis Suryani
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Kesalahan Pusat Resolusi Tokopedia, Pembeli yang Menanggung Konsekuensinya

  • 17 Agustus 2023 - (16:31 WIB)
    Permalink

    Aduh bu, kalau dalam paket usaha ada barang berukuran besar kenapa harus beli online? Barang-barang pendukung usaha bisa dibeli secara terpisah di pasar—banyak pilihan dan jatuhnya lebih murah karena bisa ditawar. Untuk barang berukuran besar seperti etalase atau set meja-kursi biasanya pihak toko yang antar dan jika rusak dalam perjalanan masih tanggung-jawab mereka. Jika tidak mau ribet lakukan sendiri (apalagi masih punya balita), bisa kerahkan bantuan pihak keluarga untuk pergi belanja, dengan resiko tidak sesuai ekspektasi anda.

    6
    1
    • 17 Agustus 2023 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Wah mau banget saya kerahkan Pihak keluarga inti saya jika masih pada hidup Dan yg tersisa Masih muda/ kuat semua.Saya kerja keras sendiri utk menghidupi anak Dan Bapak saya yg sudah sepuh.

      1
      3
      • 21 Agustus 2023 - (08:13 WIB)
        Permalink

        saya juga dirugikan samanadmin tokopedia yangvmemeangkan case dan sekarang saya harus bayar kerugian saya yang disebabkan oleh kurir senilai RP 9.000.000 lebih
        TLJX3536VVM4L051 dan TLJX3DM2RFM4PN1U

        INV/20230501/MPL/3205836601
        INV/20230501/MPL/3205778813

        sudah lapor ke media konsumen pun juga

  • 17 Agustus 2023 - (18:24 WIB)
    Permalink

    Tokopedia tidak menunggu penjual mentransfer, dana tertahan di Tokopedia kecuali Anda meminta solousi refund.

    Kesepakatan return itu di pusat resolusi bukan dgn dr kesepakatan komunikasi di luar platform Tokopedia.

    • 17 Agustus 2023 - (18:49 WIB)
      Permalink

      Baca dulu dg teliti bosque, kesepakatan return Dan refund di lakukan di diskusi Pusat Resolusi lalu dikuatkan melalui Chat WA antara pembeli dg penjual. Justru yg menyarankan return refund adalah Admin Tokopedia sendiri. Otomatis Pusat Resolusi Tokopedia sudah tau itu Dana harusnya Refund tapi Masih diteruskan ke penjual

  • 18 Agustus 2023 - (00:03 WIB)
    Permalink

    Kalau barang besar pecah belah misal.etalase, laptop, layar tv ukuran besar, jangan coba2 dikirim. Sebaiknya beli langsung dan diantar manual. Jangan twrgiur harga murah.

    3
    1
  • 18 Agustus 2023 - (00:47 WIB)
    Permalink

    Klo emang sdh sama2 sepakat utk retur dan refund apalagi sdh sama2 sepakat melalui WA tinggal hubungi saja pihak penjualnya utk meminta dana refundnya, minta transfer langsung aja, ga usah pake lewat tokpednya segala. Bagi Tokpednya kasusnya ini sdh selesai meskipun ada kesalahan, tinggal ibu dan pihak penjualnya aja yg melanjutkan sesuai dgn kesepakatan kedua belah pihak. Klo pihak penjualnya memang beritikad baik pasti dikembalikan koq. Pihak penjualnya jg pasti tau klo terjadi kesalahan dr pihak tokpednya yg sdh meneruskan dananya ke dia padahal barangnya jg sdh diretur.

  • 18 Agustus 2023 - (07:42 WIB)
    Permalink

    Kslhan resi kedua dan tiga sepakat di luar tok ped…kok mau di arahkan..seharuse pembli gk mau klau transaksi di luar tok ped….klau pmbli gk bisa menuhin..ya cancel aj sebelumnya…buat pmbljran…rawan transaksi di luar tokped.

  • 18 Agustus 2023 - (11:49 WIB)
    Permalink

    Dulu saya pernah dapat jawaban seperti itu dari tokopedia care. Jadi waktu itu hasilnya,
    Dana penjualan dikirim ke penjual, kemudian dana refund saya di transfer kemudian, bukan oleh penjual, tapi asuransi. Jadi penjual dan pembeli sama sama mendapatkan uang.

  • 18 Agustus 2023 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Yang pertama kalau beli online jangan harap barang cepat dikirim, pasti ada resiko barang terlambat dikirim, kalau barang terlambat dikirim ya sudah terima saja resiko karena barang telat dikirim, ngga usah nyalah nyalahin penjual, karena proses di online butuh banyak pihak jadi ga bisa sat set sat set..
    Yang kedua, saya baca itu bakalan direfund sesuai tanggalnya sama tokopedia, ditunggu aja kalau ga di balikin baru buat surat lagi

  • 18 Agustus 2023 - (14:43 WIB)
    Permalink

    Mau nanya, itu kan ada 2 invoice, apakah resolusinya dibuat 2 juga?.. fitur resolusi di Tokped itu smuanya otomatis, kalau udah pilih retur, semuanya akan otomatis terdeteksi dari resi. Kalau yg dikomplain diretur resi yg pertama ya cmn bakal dapat 200rb. Jadi seharusnya ada 2 resolusi dan 2 resi retur.

    • 18 Agustus 2023 - (14:50 WIB)
      Permalink

      Stelah dibaca ulang ulang, btw itu returnya masukin resi J&T yg ga kerjasama? Knapa dikirim pakai J&T lagi, kmungkinan resi ga kedetek krena ga kerjasama makanya sistem otomatis mnutup resolusi dikarenakan resi ga valid. CMIIW

  • 18 Agustus 2023 - (15:54 WIB)
    Permalink

    Jika memang dana tidak bisa dikemblikan melalui resolusi tokopedia, dan dana diteruskan ke seller, mau ga mau minta kerelaan Dan kesediaan sellernya untuk refund dana via transfer pribadi. Semoga sellernya bener bener jujur dan bersedia mengembalikan dana

  • 18 Agustus 2023 - (17:19 WIB)
    Permalink

    Alhamdulillah sudah selesai semua,Saya sudah mendapatkan uang saya kembali. Terimakasih banyak

  • 18 Agustus 2023 - (19:55 WIB)
    Permalink

    Kalau saya baca sih dr tim tokopedia care di info jika pengembalian dana ke pembeli akan di proses maksimal tgl 16 agustus cek aja berkala walaupun lewat tgl tersebut. Saran tetap hubungi pihak tokopedia care melalui fitur chat tokopedia care. Dgn menyertakan invoice tersebut.

  • 19 Agustus 2023 - (13:26 WIB)
    Permalink

    Banyak belajar lagi bu, tanyakan pendapat ke saudara yg paham masalah ekspedisi dan lainnya, namanya barang2 besar ngak mungkin di kirim pakai ojol, pasti akan dikirim2 oleh kargo dan lainnya, ngak tau juga pada awalnya ibu langsung mesen tanpa chat ke penjual cara2nya dan lainnya. Mungkin masalah ibu sudah selesai akan tetapi agar hal ini tidak terjadi lagi minimal diskusi dengan seller agar mengurangi risiko.

  • 19 Agustus 2023 - (16:23 WIB)
    Permalink

    ini juga buat tokopedia mengenai kurir (Anteraja), Solusi yg diberikan sangat mengecewakan sekali. pengalaman saya sebagai penjual maupun pembeli seringkali kurir AnterAja selalu membuat aturan sendiri. pernah saya menjual dan konsumen menggunakan AnterAja sbg ekpedisinya, apa yang terjadi ? paket tdk kunjung diambil sampai2 kurirnya bilang bahwa penjual sulit dihubungi padahal tdk ada telpon yg masuk, pada akhirnya saya merubah menjadi menggunakan JNE. dan Resolusi Tokopedia tdk ada hasil dan kurir seperti ini selalu aja dipakai.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Kesalahan Pusat Resolusi Tokopedia, Pembeli yang Menanggung Konsekuens…

oleh Indonesia dibaca dalam: 2 menit
19