Sistem Jelek dan Lambat, CS Tidak Sopan

Pada tanggal 18 Agustus 2023, saya melakukan transaksi menggunakan QRIS melalui aplikasi Jenius, di merchant OTI Banyumanik. Saya transaksi hanya 1 kali saja, tetapi saldo saya terpotong 2 kali. Saya mencoba lapor melalui chat dari aplikasi Jenius, tersambung ke CS atas nama Ismail.

Di situ dia tidak sopan, tidak memanggil saya dengan sebutan ibu/saudari. Biasanya untuk CS di bank lain akan memanggil nasabahnya dengan sebutan bapak atau ibu atau saudara atau saudari. Namun untuk Jenius ini agak lain ya. Proses laporannya pun  16 hari kerja,  yang mana itu sangat lama sekali. Bank lain tidak selama itu dalam menyelesaikan masalah.

CS pun tidak mau untuk meng-urgent-kan laporan. Apakah Jenius memang mengajarkan ke CS-nya untuk tidak sopan terhadap nasabah? Saya nasabah baru Jenius, baru bikin beberapa hari yang lalu, karena saya melihat promosi yang ditawarkan oleh pihak Jenius sangat menarik. Namun jika seperti ini, saya sebagai pengguna baru merasa sangat kecewa dan malas menggunakan Jenius, apabila sistem tidak diperbaharui dan sangat jelek.

Saya minta proses pengembalian dan saya diproses maksimal 2 hari kerja.

Eodia Nathania
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Sistem Jelek dan Lambat, CS Tidak Sopan”

Dalam rangka menanggapi surat pembaca dari Ibu Eodia Nathania Maurella berjudul “Sistem Jelek dan Lambat, CS Tidak Sopan” yang dimuat...
Baca Selengkapnya

19 komentar untuk “Sistem Jelek dan Lambat, CS Tidak Sopan

  • 2 September 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Emangnya Jenius ada promo menarik apa skrg? Sejak ada biaya admin 10.000 aku tutup rekening di sana.

    5
    2
  • 2 September 2023 - (11:21 WIB)
    Permalink

    Gila Hormat tapi dr chating dgn cs terliat Kayak anak kecil..
    Kasian cs dpt nasabah seperti ini..

    19
    7
  • 2 September 2023 - (12:11 WIB)
    Permalink

    Kaya sendirinya sopan aja 🤭

    19
    2
  • 2 September 2023 - (13:14 WIB)
    Permalink

    Heeeee melihat percakapannya seolah-olah menonton anak anak kecil sedang berantem..

    CS Jenius juga ya salah juga sih harusnya jangan menggunakan logat Luar Negeri kalo di Indonesia, iya kalau di Luar Negeri sudah biasa manggil kamu ke siapapun (baik ke anak-anak ataupun orang yang lebih tua), beda lagi kalau di Indonesia tidak semua orang terbiasa dengan panggilan Kamu..

    Apalagi sama orang yang sensitif gampang tersinggung, dia bilang biasa saja namun bagi orang yang sensitif dirasa kurang sopan seperti yang Penulis rasakan..

    Sama seperti menulis capslock JANGAN MUDAH TERSINGGUNG, JANGAN SENSITIF KARENA APA YANG KAMU KIRA TENTANG SESEORANG TIDAK SEMUA BENAR.

    Santay saja kak, jangan suka berantem.. karena kita harus sadar diri.. bahwa meskipun merasa pintar namun masih ada yang lebih pintar dari diri sendiri.. jika merasa kaya, masih ada yang lebih kaya..

    Intinya kita wajib saling menghargai, jangan saling mencaci maki. Karena kita sama sama makan nasi..

    10
    3
    • 2 September 2023 - (13:25 WIB)
      Permalink

      Kaya enggak, baperan iya, payah

      7
      1
    • 3 September 2023 - (23:07 WIB)
      Permalink

      iyaa kadang heran sama org yg marah2 kalo ada yg pake ketikan Capslock, padahal tinggal cari di google fungsi Capslock buat ngubah huruf jadi besar, bukan buat ngegass :V disangka ngga sopan lah, kurang ajar lah wkwkw

    • 4 September 2023 - (09:37 WIB)
      Permalink

      Ibarat dia kehilangan sepeda gara2 orang lain..
      Tapi orang lain bisa kehilangan rumah gara2 dia..!

  • 2 September 2023 - (18:14 WIB)
    Permalink

    Nasabah model begini nih yang bikin ribet

    7
    1
  • 3 September 2023 - (00:13 WIB)
    Permalink

    Sebagai umumnya orang timur, perkataan “kamu” ini tidak sopan, terutama ke orang yang lebih tua. Kalau antara percakapan suara, kemungkinan besar tidak terjadi karena tiap CS diajari adab. Nah sepertinya ini percakapan lewat text ya tatabahasanya harus dikoreksi lagi sehingga konsumen merasa nyaman.

    4
    1
    • 4 September 2023 - (06:16 WIB)
      Permalink

      Saya jadi penasaran, itu ada kata yg ditutup pakai stiker di screenshot terakhir, isinya apa ya sebenarnya? Apakah suatu makian sampai nggak berani TS tampilkan?

  • 3 September 2023 - (10:56 WIB)
    Permalink

    Jika mau di hargai orang lain, maka belajarnya untuk menghargai orang lain juga. Hal sepele di buat besar. Terlihat siapa yang tidak sopan sebenarnya.

  • 3 September 2023 - (13:43 WIB)
    Permalink

    Bank digital memang pangsa pasarnya generasi muda, jadi mirisnya tata bahasanya dibuat se”gen-z” mungkin, yang makin ke sini makin santer terdengar sebutan “kak”, “kamu”, bahkan paling ekstrim hanya menyebut nama, sama seperti Customer service di banyak marketplace.

    Hanya saja karena ini perbankan, sebaiknya disesuaikan lagi dengan usia nasabah. Mungkin sebelum membalas chat nasabah, bisa dimunculkan informasi usia nasabah sehingga penyebutan nama bisa disesuaikan.

    • 3 September 2023 - (14:42 WIB)
      Permalink

      Nah ini bener, skrg bank digital emang manggil nama, ecomm jg gt, cm di bagian awal percakapan biasanya mereka akan menanyakan lg mau dipanggil apa, karna jarang orang tua pake aplikasi2 begini jd menghindari ada yg gak suka dipanggil bapak/ibu kan. Ntar umur 40 dipanggil Ibu, malah tersinggung karena blm jadi ibu wkwkwk…kalo sy sih selama gak dipanggil “situ” atau “elo”, nyantai aja…

  • 3 September 2023 - (16:17 WIB)
    Permalink

    Hahahaha
    Semua kendala membutuhkan proses, nggak yang harus apa² cling selesai saat itu juga, nggak harus apa² diviralin.

    Si CS udah sesuai prosedur, lo sendiri yg gak mau diajak kerjasama, ngomel² mulu.

    Penyebutan langsung nama, kamu sudah lumrah jaman sekarang. Bisa dibilang Jenius banknya anak millenial, gen z .. nohhh chat sama ecommerce, juga sama bakal gitu.

    Mau cari pembelaan di media konsumen, tapi dari cara chatmh, kan malah dirujak sama netijen hahahaha

    • 3 September 2023 - (23:42 WIB)
      Permalink

      Betul, setahu saya (dulu pengguna Jenius sejak 2018) memang standar pelayanan Jenius seperti itu, kalau pengaduan lewat telpon pasti di awal ditanya mau dipanggil apa: misal mas atau langsung nama. Dan karena memang pangsa pasar Jenius adalah anak muda, saya (yang sebenarnya sudah tidak muda-muda amat, hahaha) sangat tidak masalah dengan hal tersebut karena tujuan utama saya pelaporan adalah untuk penyelesaian masalah/komplain. Nih TS kelihatan baperan banget, masalah pemanggilan aja sampai nulis di MK. Terus soal waktu penyelesaian,kelihatan banget sih karakter TS sendiri seperti apa

  • 4 September 2023 - (00:43 WIB)
    Permalink

    Udah dibilang 16 hari kerja baru 1 jam udah d tanyain lagi. Dikira ngecek nya gampang apa 1 jam sudah ketemu?

    Nasabah kelas bawah minta pelayanan nasabah prioritas, ampun dah.

    Mudah mudahan gak pernah ketemu deh customer macam ini

  • 4 September 2023 - (08:07 WIB)
    Permalink

    Namanya juga bank commerce. Bank milenial Sasarannya anak muda. Sama seperti allo bank, bank neo commerce, bank jago, sea bank. Pake bahasa kamu krn texting di aplikasi tinggal copy paste doang sisipin nama customer. Gituan aja diribetin

  • 4 September 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Entahlah MW nimbrung takut dosa😄😄😄

  • 4 September 2023 - (10:08 WIB)
    Permalink

    Namanya cs harus sopan dan menghargai keluhan pelanggan… Cs juga manusia kadang jyga memiliki masalah drumahnya.. Ditempat kerjanya…

Sistem Jelek dan Lambat, CS Tidak Sopan

oleh Eodia dibaca dalam: 1 menit
19