Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Belum Menerima Refund

Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap pihak Tokopedia selaku penyedia platform e-commerce yang lambat dalam menyelesaikan kendala transaksi yang terjadi dengan Nomor Invoice: INV/20230724/MPL/3362182070 dan pihak JNE selaku penyedia jasa pengiriman karena telah lalai dalam melakukan pengiriman barang pesanan saya dengan Nomor Resi: TLJE3DX8YKM973U1 (JNE YES).

Pengajuan komplain di TokopediaSaya melakukan komplain ke pihak Tokopedia pada hari Rabu, 26 Juli 2023, karena barang yang saya beli tidak sampai ke alamat yang saya tuju. Tapi pihak kurir konfirmasi ke pihak saya kalau paket saya sudah diantarkan ke alamat tanpa adanya bukti foto penerima, alhasil kurir melakukan investigasi ke alamat dan bertemu langsung untuk konfirmasi bahwa paketnya sudah ia antarkan. Namun hingga saat ini pihak kurir sama sekali tidak memberi respon chat dari saya.

Setelah menjalani semua prosedur, pihak Tokopedia memberi keputusan bahwa paket saya dinyatakan hilang karena sudah melebihi batas waktu investigasi yang ditentukan oleh pihak Tokopedia, yaitu hingga tanggal 31 Juli 2023.

Namun hingga detik ini, sudah 39 hari sejak awal komplain saya ajukan, dana saya masih belum dikembalikan oleh pihak Tokopedia, padahal estimasi maksimal untuk klaim pengembalian dana yang diberikan oleh pihak Tokopedia hanya sampai tanggal 4 Agustus 2023 hingga pencairan dananya.

Pengajuan Komplain

Pengajuan klaim di terima tanggal
Tanggal pengajuan klaim diterima

Sebelumnya saya juga sudah konfirmasi ke pihak Tokopedia, bisakah saya mendatangi langsung kantor pusat Tokopedia Care untuk segera ditangani kendala saya ini. Karena saya sudah mencoba menghubungi pihak JNE Pusat dan cabang Bandung, semua akun sosial media Tokopedia, hingga pihak asuransi pengiriman barang, namun tidak ada kejelasan. Padahal ini bukan nominal yang sedikit bagi saya.

Namun pihak Tokopedia merespon saya untuk tidak perlu mendatangi gedung Tokopedia Care, karena kendala saya sedang ditangani di pusat resolusi. Tapi mau sampai kapan saya disuruh menunggu? Apa masih belum cukup 39 hari saya dibuat menunggu?

Setelah kejadian yang menimpa saya ini, saya jadi agak sedikit ragu dengan pelayanan di Tokopedia yang sekarang. Karena begitu saya lihat di kolom komentar Instagram Tokopedia, ada banyak juga konsumen yang mengeluhkan dana mereka ditahan dengan waktu yang cukup lama oleh pihak Tokopedia.

Tolong kepada pihak JNE & Tokopedia segera kembalikan hak saya, karena hingga saat ini saya belum mendapatkan dana refund saya.

Andi Rafli
Kota Bandung, Jawa Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

96 komentar untuk “Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Belum Menerima Refund

  • 3 September 2023 - (19:32 WIB)
    Permalink

    Seharusnya ya langsung dikembalikan. Sedang ganti rugi seller ditanggung oleh asuransi. Sebagai seller pernah berkasus barang hilang, itu harus sabar. Setelah toped menyatakan barang hilang, transaksi langsung batal, uang balik ke buyer. Nah ganti rugi seller dr asuransi. Itu lewat proses klaim yg mudah dan cepat. Dalam hitungan menit klaim berhasil dan ganti rugi diterima. Tp ya itu nominalnya kecil, ratusan ribu dan sejutaan. Nah itu krn puluhan juta mungkin agak molor.

    3
    2
    • 3 September 2023 - (21:07 WIB)
      Permalink

      Betul, tapi ini sama sekali gaada update di forum komplain, dari pihak ekspedisi JNE pun saya hubungi gaada yang balas, butuh ekstra sabar kayanya ini.

      4
      1
        • 4 September 2023 - (07:40 WIB)
          Permalink

          masalah di tokopedia adalah tidak adanya evaluasi terhadap kurirnya, investigasi aja lama, harusnya cepat bertindak.,seakan2 tokopedia ingin terlihat gercep tapi sebenernya tidak. intinya semua ada dikurir, saya juga mengalami demikian, barang belum saya terima tapi kurir ko bisa menyelesaikan paketnya. atau pernah kurir memberi info kalo saya penerima barang susah di hubungi kenyataannya tdk ada yg menghubungi saya.
          Sortirlah mana kurir yg serius mana kurir yg tidak. (share aja)

          4
          1
          • 4 September 2023 - (08:28 WIB)
            Permalink

            Betul, di tambah lagi pihak kurir yang mengantarkan paket saya sama sekali tidak merespon ke pihak saya sampai detik ini. Padahal saya hanya menanyakan perkembangan komplain saya ke kurirnya, bukan minta ganti rugi.

            1
            1
        • 4 September 2023 - (08:21 WIB)
          Permalink

          Kemarin malam sih saya sudah di telfon sama pihak JNE pusat, katanya BAP sudah diserahkan dan keputusan nya tinggal 1 pintu dari Tokopedianya aja. JNE udah menyerahkan persyaratan klaim nya

          1
          1
      • 4 September 2023 - (10:45 WIB)
        Permalink

        Saran aja ini mah klo beli barang elektronik yg puluhan juta mending offline aja di indo banyak malingnya susah klo online

      • 4 September 2023 - (11:41 WIB)
        Permalink

        Keren… Anda sangat sabar sekali, seperti mengurai benang kusur…
        Perlahan tapi pasti

      • 8 September 2023 - (18:16 WIB)
        Permalink

        Yaelah udah ketawan itu mah kurir nya maling, harusnya udah langsung jalur hukum jeblosin penjara biar mohon2 sambil ngemis bilang saya rakyat kecil

        • 9 September 2023 - (07:24 WIB)
          Permalink

          Betul itu sampai18,500 juga? Sudsh dikomplain dari kapan itu? Saya sampai sekarang belum dapet titik cerahnya.

    • 4 September 2023 - (14:34 WIB)
      Permalink

      Toped itu klau menangani masalah pasti lama apalagi masalah dana yg nilainya puluhan juta,

      3
      1
  • 3 September 2023 - (19:39 WIB)
    Permalink

    Ngeri belanja mahal di toko online, mending di offline aja kalau nilainya diatas 1 juta

    4
    5
    • 3 September 2023 - (19:56 WIB)
      Permalink

      Saya udah sering banget transaksi di Tokopedia soalnya mas, niatnya biar daoet cashback sama sekalian naikin akun member ke diamond sedikit lagi. Taunya kena apes saya..

      2
      3
  • 3 September 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Emng nih si ijo klo ada kendala, lemotnya minta ampun
    Up..trus deh.
    Mudah-mudahan cepat di respon

    3
    2
    • 3 September 2023 - (20:15 WIB)
      Permalink

      Iya makanya saya heran, soalnya dulu gak kaya gini. Semoga yang bersangkutan ada yang merespon.

      3
      3
  • 3 September 2023 - (22:17 WIB)
    Permalink

    Jika nanti refund kemungkinan gak bisa utuh karena pake voucher diskon si ijo.Jadi nanti dikurangi dulu voucher si ijo.

    2
    1
    • 4 September 2023 - (00:15 WIB)
      Permalink

      Yang penting kembali sesuai nominal yang saya bayarkan aja deh, soaknya itu harga yang di invoice udah kena potongan diskon

  • 3 September 2023 - (23:05 WIB)
    Permalink

    Tips di bdg buat dpt hrg bagus dr online.
    Pendekatan persuasif dengan sales ibox, istore, digimap. Minta hrg bawah dr PL.
    Kasih tips ke sales.
    Sy pun berniaga produk mac. Gitu caranya kl ke retail store resmi kl butuh ipon buat pengadaan drpd beli online resiko hilang pun tinggi.

    Semoga cepat refundnya. Dan belilah offline, pererat tali silaturahmi dengan vendor.

    1
    2
      • 4 September 2023 - (00:18 WIB)
        Permalink

        Begitulah pejuang rupiah.. Tahun lalu upgrade laptop di Tokopedia vouchernya lumayan besar soalnya

        1
        1
    • 4 September 2023 - (00:17 WIB)
      Permalink

      Iya terimakasih masukannya, jadi pembelajaran juga buat saya, next purchase over 1 digit mending ke offline store deh biar pasti

      1
      1
  • 4 September 2023 - (00:15 WIB)
    Permalink

    itu sudah dijawab sama customer carenya tokopedia jangan klik terima barang agar dana tidak diteruskan otomatis ke penjual turuti aja rekomendasinya… biar dananya segera dibalikin

    2
    2
    • 4 September 2023 - (00:19 WIB)
      Permalink

      Sudah, tapi sampai sekarang masih belum ada respon dari pihak Tokopedianya. Mau saya samper ke gedung Tokopedia Care nya malah disuruh nunggu keputusan di pusat resolusi (Forum Komplain), tapi sampai sekarang gaada kejelasan, bingung saya.

      1
      1
        • 4 September 2023 - (08:31 WIB)
          Permalink

          Saya mau dateng langsung ke gedungnya aja dibilang gaperlu karna masalah bisa selesai di forum komplain tanpa saya dateng ke gedung Tokopedia care. Tapi buktinya sampai sekarang gak selesai juga. Heran

          2
          1
  • 4 September 2023 - (00:27 WIB)
    Permalink

    klaimnya jangan ke asuransinya nanti anda disalah2xkan kesalahan pengguna sama pihak asuransinya pilih menu tidak terima barang / barang tidak sesuai deskripsi biar cepat refundnya

    1
    1
    • 4 September 2023 - (08:33 WIB)
      Permalink

      Saya sudah menghubungi pihak asuransinya juga kok, malah pihak asuransi nya juga bingung sendiri waktu saya telfon, karna berkas klaim sudah disetujui sama mereka. Makanya pihak asuransi mengarahkan saya buat follow up ke pihak Tokopedianya langsung tentang klaimnya.

      2
      1
      • 4 September 2023 - (19:38 WIB)
        Permalink

        benar komplainnya ke tokopedia pilih menu tidak terima barang / barang tidak sesuai deskripsi | jangan komplain ke pihak asuransi atau kurirnya… kalau bukti anda lengkap sebagai pembeli paling lama 2 minggu selesai | kalau 2 minggu belum selesai berarti bukti anda kurang kuat cari bukti pendukung lainnya kirim ke pusat resolusi tokopedianya lagi biar cepat selesai

        • 4 September 2023 - (20:59 WIB)
          Permalink

          Sudah, yang jadi permasalahan nya sekarang ini ada di pihak Tokopedia. Karna dari pihak JNE konfirmasi ke saya kalau di sana sudah problem solved, dan pihak asuransi juga sudah konfirmasi ke saya kalau persetujuan klaimnya sudah aprove. Cuman di Tokopedia stucknya.

          • 4 September 2023 - (21:11 WIB)
            Permalink

            coba tanyakan pak jo penjaga kos yang terima paketnya

  • 4 September 2023 - (01:07 WIB)
    Permalink

    Tokped agak lama proses nya, aku butuh waktu sampe 8 minggu untuk refund dari asuransi mereka. karna semua barang electronic wajib asuransi & penerima barang harus standby pas barang di kirim. aku pernah kejadian kaya gini, di full refund setelah 8 minggu. masih mendingan tokped dari pada shopee. Semoga cepat di refund, yang pernah ngalamin pasti tau rasa nya atas slow refund seperti ini.

    2
    2
    • 4 September 2023 - (08:35 WIB)
      Permalink

      Gak salah sampai 8 minggu?? Mending saya dateng langsung ke gedung Tokopedia Care deh kalau selama itu. Sudah rugi materi dan waktu kalau di hitung.

      2
      1
  • 4 September 2023 - (04:39 WIB)
    Permalink

    Ya namanya online pasti ada minusnya kalau pas apes dapat kurir maling, saya juga pernah beli laptop pengiriman instan diembat driver ojolnya, nominal sekitar 15an jt tp komplain di toped tidak rumit, dana kembali gak smpai 1 minggu. Waktu itu memang beli di official store, sy kl barang mahal selalu beli di official store, apa mungkin karena itu proses klaim lebih cepat tidak tau juga.

    • 4 September 2023 - (08:37 WIB)
      Permalink

      Untung ke cover pihak asuransi ya, kebayang kalau gak pakai. Berarti kalau beli online cari toko yang pasti aja ya mungkin?

      1
      1
  • 4 September 2023 - (05:20 WIB)
    Permalink

    Barang mahal ya
    Biasa nya kalau saya selalu mewanti-wanti kepada penjual nya, hilangkan nama atau deskripsi barang saat pengiriman, untuk jaga” takutnya ada yg kepincut

    Semoga cpt terselesaikan masalah nya, hal seperti ini sering terjadi, yg penting kita saja yang harus antisipasi.

    1
    1
    • 4 September 2023 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Iya betul, ada aja pasti oknumnya kita gak pernah tau. Terimakasih masukannya.

      1
      1
  • 4 September 2023 - (06:54 WIB)
    Permalink

    Kemarin saya juga komplen di tokped , udh mo 2 bulan masih blm dibalikin tuh sm tokped.. Udah komplen sana sini tetep aja ga di kembaliin. Hadeuh… Capek sihijau..

    1
    1
    • 4 September 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Komplain karna apa ya kalau saya boleh tau? Kok bisa selama itu diprosesnya?

  • 4 September 2023 - (07:08 WIB)
    Permalink

    Wah sama. Saya juga ada transaksi yang digantung sama tokopedia dari juli sampai sekarang. Tokopedia bilang ditangguhkan karena menunggu BAP dr sicepat. Sepertinya emang tokopedia sengaja mengulur2 waktu. Perusahaan publik yang tbk koq malah kelakuannya begini, menahan uang penbeli dan penjual.

    1
    1
    • 4 September 2023 - (08:43 WIB)
      Permalink

      Coba follow up ke pihak ekspedisinya, saya juga begitu biar langsung dapat kejelasan. Karna masalah uang sensitive, apalagi kalau bukan nominal yang sedikit. Tokopedia sudah saya coba chat semua sosial medianya, responnya sama semua kaya template. Cape sendiri jadinya.

      2
      1
  • 4 September 2023 - (08:28 WIB)
    Permalink

    paling besar saya beli online itu 7juta. kamera mirroless, alhamdulillah lancar.. 20jt? woow.. ngeri juga kalau kenapa kenapa..
    semoga segera kembali uangnya ya..

    2
    1
    • 4 September 2023 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Karna sebelumnya saya udah sering banget transaksi di Tokopedia ini, dan ngerasa gaperlu khawatir karna ada asuransi proteksi sama pengiriman. Taunya apes.

      1
      1
  • 4 September 2023 - (09:00 WIB)
    Permalink

    yang pertama, semoga kasus cepet terselesaikan , yang kedua, seharusnya bener kata diatas hilangkan nama produk, ditakutkan banyak maling tergiur ketika membaca nama produk, yang ketiga, tidak ada jaminan walau beli pakai asuransi langsung balik dananya, semoga next kalo sudah beli yang mahal langsung di offline aja.

    1
    1
    • 4 September 2023 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Iya sepertinya memang lebih tepat cari yang pasti aja kalau nominal besar. Kapok deh saya. Terimakasih ya.

      • 4 September 2023 - (19:02 WIB)
        Permalink

        Kurir J** ya, awal bulan juga ada kasus paket hilang di tempat saya kerja berupa mac book 20jt, waktu saya selidiki lewat CCTV ternyata barang sudah sampai di terima security selang 1 jam ada gojek ambil paketnya, ternyata tu gojek bukan dari pemilik yg nyuruh ambil tu paket dan pemilik cari tu paket 10 hari setelah paket di terima katanya gk ada notifikasi paket telah di terima. Tu notif baru muncul setelah pemiliknya komplain ke ekspedisi dan muncul notifikasi 10 hari lalu paket di terima oleh security.

      • 5 September 2023 - (01:17 WIB)
        Permalink

        salut sama nyali buyer dg transaksi nominal 19jtan, sy mau order power tools merk dewalt senilai 3jutaan mikir nya 70.5 kali soalnya prnh ngalamin paket senilai 600rb status terkirim tp org rumah gada yg merasa terima dan kurir ga bisa nunjukin poto org penerima hanya ada foto paket di pegang kurir aja di luar pagar rmh , stlh 1,5bln baru clear itupun cuma diganti 170rb krn non asuransi

        • 5 September 2023 - (18:31 WIB)
          Permalink

          Betul, itu yang terjadi juga dengan saya. Harusnya lebih aman kalau di alamat belum bertemu dengan pembelinya, paket dibawa lagi aja sama kurir, buat meminimalisir kejadian seperti ini.

  • 4 September 2023 - (09:43 WIB)
    Permalink

    Sama bg. Saya jg hilang hp seharga 4.4jt
    Hilang di jne pusat sortir jakarta. Saya rasa ini sindikat bak tikus hidup di ladang padi jika kasus2 seperti ini tidak ada tindaklanjut berwajib

    1
    1
  • 4 September 2023 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Betul, saya juga udah bikin laporan ke website resmi HERO Kementrian Perdagangan tentang case saya ini, cuman belum ada respon sampai sekarang.

  • 4 September 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Kalau beli nominal besar diatas 5juta mending beli Offline aja, sekarang resiko paket hilang dipengiriman sangat besar, semenjak gaji kurir diubah tadinya gaji sesuai UMR setempat diubah jadi gaji borongan perpaket 2000 sampai 3000 rupiah aja, jadinya banyak kurir yg gk amanah

    • 4 September 2023 - (14:48 WIB)
      Permalink

      Masuk akal sih kalau itu jadi penyebab oknum2 di ekspedisi bermunculan, karna kurir juga mungkin merasa gak setara antara usaha mereka dan upah mereka. Terimakasih masukannya.

  • 4 September 2023 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Saya sudah tidak pernah membeli barang dengan nominal diatas 1 juta dari tokopedia karena banyak membaca kasus seperti ini. Sebagai penjual pun saya kadang takut dengan buyer nakal, untungnya terakhir kali saya menjual iphone 11 bekas masih aman2 saja, tapi ketika membeli iphone 14 pro max, saya lebih pilih langsung ke ibox demi keamanan, online saya gunakan sebagai referensi harga saja.

    • 4 September 2023 - (16:18 WIB)
      Permalink

      Terimakasih sarannya, next saya mending belindi offline store deh kapok online

      • 4 September 2023 - (18:50 WIB)
        Permalink

        Sama kaya gw bang, Sudah 23 Hari Masih Nge Gantung nunggu Kelengkapan Surat BAP baru bisa klaim di ajukan, capek bgt nunggu nya mana nominal ga kecil lagi
        Btw ada kontak kaya wa atau sosmed lainya bg biar bisa diskusi aja..

        • 4 September 2023 - (21:00 WIB)
          Permalink

          Follow up terus jangan kasih kendor, kalau bisa datengin aja gedung Tokopedia Care di Jakarta Barat biar dapet kepastian.

          • 4 September 2023 - (21:29 WIB)
            Permalink

            Masalahnya jauh bg, gw di riau haha, tapi itu saya chat terus nanyain status nya jawaban nya pun terkesan seperti template ya walaupun orang nya langsung yg bales

  • 4 September 2023 - (19:05 WIB)
    Permalink

    Kurir J** ya, awal bulan juga ada kasus paket hilang di tempat saya kerja berupa mac book 20jt, waktu saya selidiki lewat CCTV ternyata barang sudah sampai di terima security selang 1 jam ada gojek ambil paketnya, ternyata tu gojek bukan dari pemilik yg nyuruh ambil tu paket dan pemilik cari tu paket 10 hari setelah paket di terima katanya gk ada notifikasi paket telah di terima. Tu notif baru muncul setelah pemiliknya komplain ke ekspedisi dan muncul notifikasi 10 hari lalu paket di terima oleh security.

  • 4 September 2023 - (19:12 WIB)
    Permalink

    Sama kaya gw bang, Sudah 23 Hari Masih Nge Gantung nunggu Kelengkapan Surat BAP baru bisa klaim di ajukan, capek bgt nunggu nya mana nominal ga kecil lagi
    Btw ada kontak kaya wa atau sosmed lainya bg biar bisa diskusi aja..

    • 5 September 2023 - (18:40 WIB)
      Permalink

      Follow up terus ke semua pihak nya mas, biar segera ditangani. Saya juga follow up ke 3 pihak, pihak Asuransi, pihak Ekspedisi, sama pihak Tokopedia.

      • 5 September 2023 - (20:11 WIB)
        Permalink

        Kalo ke pihak asuransi kalo saya koordinasikan ke sana otomatis mereka ga tau bg,karena proses masih di 2 relasi tokped sama ekpedisi nya,karena masih dalam tahap proses BAP jadi otomatis pihak asuransi belum tahu karena belum ada surat berita acaranya,
        Ini saya masih diskusikan sama pihak ekpedisi nya ,pihak ekpedisi sudah mengganti dana saya 10x ongkir dikarenakan ga pake asuransi dri ekspedisi nya, kalo di tokped saya pakai asuransi pengiriman,, tinggal yang ini aja tokped minta surat bap ke pihak ekpedisi sampe 23 hari ini skrng masih proses bap, emang selama itu ya ngurus surat bap?

        • 6 September 2023 - (18:51 WIB)
          Permalink

          Wah saya kurang tau pastinya sih ya. Cuma yang jadi problem Tokopedia itu kenapa mereka bikin peraturan yang mereka sendiri langgar? Saya baca di terms and conditionnya batas waktu estimasi hanya beberapa Hari saja gak sampai berbulan2. Tapi kenyataan nya sampai sekarang dana saya belum dinkembalikan. Itu intinya darinsaya sih

          • 7 September 2023 - (00:53 WIB)
            Permalink

            Itu dia yg jadi masalah nya, di sistem estimasi tanggal sekian, tapi penyelesaian masalah nya sudah lewat dari yg ditentukan,simpel nya begini aja bg terkait masalah saya, saya pakai asuransi tokped terus ini sudah lewat dengan yg dijanjikan dan sampe sekrang jawaban nya terkesan mengulang” Seperti koordinasi ke pihak kurir, menunggu surat bap, seperti tidak ada penyelesaian sama sekali jadi mumet kepala mikir nya

  • 4 September 2023 - (20:18 WIB)
    Permalink

    Saran aja.
    Kalo beli barang nominal gede pake instant atau sameday. Usahakan dateng dihari yg sama.
    Kalo lewat ekspedisi yg nginep kemungkinan barang hilang pasti gede, udah permainan soalnya.
    Salam pejuang cashback 😉

  • 4 September 2023 - (22:03 WIB)
    Permalink

    Sama kak saya juga dibuat pusing oleh tokopedia selama 36 hari

    Jawabnya masih menunggu BAP dari kurir
    Serasa klw ada di depan saya sudah saya tonjok

    • 5 September 2023 - (00:46 WIB)
      Permalink

      Iya sama kaya gini juga, cape hati nge spam ke pusat resolusi mulu jawaban nya seperti template,btw ekspedisi apa bg?

    • 5 September 2023 - (18:46 WIB)
      Permalink

      Harus tenang dan kooperatif kalau hal beginian, karna wewenang dan power ada di mereka. Ikutin aja alurnya, tapi tetep tagih hak kita juga sebagai konsumen biar ga kelewat batas seperti ini, karna ada peraturannya juga ada di dalam UUPK.

  • 5 September 2023 - (13:02 WIB)
    Permalink

    Jangan hanya biaya layanan saja yg dinaikkan toped, tapi juga pelayanannya dong, masak pegawai start up bergaji tinggi, kualitas kalah sama pegawai bank yg hanya digaji umr

    • 5 September 2023 - (18:47 WIB)
      Permalink

      Betul, voucher pembelian atau cashback pun mulai sedikit potongannya, gak seperti dulu.

  • 5 September 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    JANGAN PERNAH beli hp atau barang dengan nilai besar lg di Tokopedia. admin nya hanya menjalankan prosedur membolak balik permasalahan agar tokopedia aman dr kerugian. tokopedia sering hanya akan bertindak sebagai pemilik tempat berjualan bagi seller dan tempat membeli barang bagi buyer. tidak akan bertindak seperti bagaimana pihak ketiga untuk mengamankan pembeli atau penjual agar tidak dirugikan.

    apabila ada kendala,
    peraturan no1 nya, tokopedia hanya memediasi ( walaupun barang yang dijual tidak sesuai dengan iklan dan promosi yang tersedia di tokopedia ), lamanya hanya dia dan Tuhan yang tau ( ini berlaku untuk barang nominal besar ), kalau nominal kecil harusnya tidak lama. Admin tokopedia tidak punya kompetensi untuk analisa masalah dengan baik, pedoman nya hanya, agar tidak merugikan tokopedia.

    peraturan no2 nya, tokopedia hanya akan mengulang-ulang meminta bukti-bukti dari korban ( baik seller maupun buyer ) dengan bahasanya untuk dibantu, padahal meskipun kendala yang terjadi berulang dan merupakan kelalaian dari salah satu pihak ( seller ataupun buyer ) tokopedia tidak akan mengambil tindakan apapun karena untuk tokopedia apabila ada transaksi, ada biaya masuk ke tokopedia, apabila ada kerugian, hanya tinggal seller / buyer yang akan menanggung kerugiannya. ( ini untuk transaksi komplain yang tidak dicover asuransi pengiriman ).

    saran saya, untuk belanja di tokopedia, lebih baik beli barang dengan nominal kecil saja, untuk transaksi jumlah yang lebih besar, sangat tidak disarankan.
    untuk penulis, lebih baik iphone anda menunggu claim asuransi, supaya tidak mengalami kejadian seperti saya, iphone imei terblokir setelah beberapa bulan pemakaian, dan terjadi 3x sampai sekarang. padahal ada keterangan “SINYAL AKTIF” yang tampil pada barang di tokopedia. admin tokopedia tidak paham masalah dan hanya bolak balik melindungi seller dan hanya akan membohongi dengan mengarahkan untuk solusi retur, padahal hanya mengulur-ngulur waktu agar korban jengah. dan tokopedia tidak dirugikan karena biaya marketplace yang sudah dibayar seller sudah diterima dan tidak dapat dikembalikan.

    semoga bermanfaat.

    • 5 September 2023 - (18:53 WIB)
      Permalink

      Sangat membuka saya dalam melihat perkembangan Tokopedia yang sekarang, terimakasih banyak komentarnya. Saya hanya berharap dana saya segera di kembalikan, tidak melebihi estimasi maksimal yang diberikan di awal oleh pihak Tokopedia. Dan membuat kebijakan yang lebih tepat jika terjadi problem yang merugikan pihak konsumen maupun seller. Karna tanpa adanya konsumen dan pemilik usaha yang bertransaksi di Ecommerce mereka, mereka tidak akan bisa berkembang. Jadi sudah seharusnya pihak Tokopedia lebih tegas dan mengubah kebijakan dalam membuat keputusan seperti ini.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 96 komentar sampai saat ini..

Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Bel…

oleh Andi dibaca dalam: 1 menit
96