Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Belum Menerima Refund

Saya ingin menyampaikan keluhan saya terhadap pihak Tokopedia selaku penyedia platform e-commerce yang lambat dalam menyelesaikan kendala transaksi yang terjadi dengan Nomor Invoice: INV/20230724/MPL/3362182070 dan pihak JNE selaku penyedia jasa pengiriman karena telah lalai dalam melakukan pengiriman barang pesanan saya dengan Nomor Resi: TLJE3DX8YKM973U1 (JNE YES).

Pengajuan komplain di TokopediaSaya melakukan komplain ke pihak Tokopedia pada hari Rabu, 26 Juli 2023, karena barang yang saya beli tidak sampai ke alamat yang saya tuju. Tapi pihak kurir konfirmasi ke pihak saya kalau paket saya sudah diantarkan ke alamat tanpa adanya bukti foto penerima, alhasil kurir melakukan investigasi ke alamat dan bertemu langsung untuk konfirmasi bahwa paketnya sudah ia antarkan. Namun hingga saat ini pihak kurir sama sekali tidak memberi respon chat dari saya.

Setelah menjalani semua prosedur, pihak Tokopedia memberi keputusan bahwa paket saya dinyatakan hilang karena sudah melebihi batas waktu investigasi yang ditentukan oleh pihak Tokopedia, yaitu hingga tanggal 31 Juli 2023.

Namun hingga detik ini, sudah 39 hari sejak awal komplain saya ajukan, dana saya masih belum dikembalikan oleh pihak Tokopedia, padahal estimasi maksimal untuk klaim pengembalian dana yang diberikan oleh pihak Tokopedia hanya sampai tanggal 4 Agustus 2023 hingga pencairan dananya.

Pengajuan Komplain

Pengajuan klaim di terima tanggal
Tanggal pengajuan klaim diterima

Sebelumnya saya juga sudah konfirmasi ke pihak Tokopedia, bisakah saya mendatangi langsung kantor pusat Tokopedia Care untuk segera ditangani kendala saya ini. Karena saya sudah mencoba menghubungi pihak JNE Pusat dan cabang Bandung, semua akun sosial media Tokopedia, hingga pihak asuransi pengiriman barang, namun tidak ada kejelasan. Padahal ini bukan nominal yang sedikit bagi saya.

Namun pihak Tokopedia merespon saya untuk tidak perlu mendatangi gedung Tokopedia Care, karena kendala saya sedang ditangani di pusat resolusi. Tapi mau sampai kapan saya disuruh menunggu? Apa masih belum cukup 39 hari saya dibuat menunggu?

Setelah kejadian yang menimpa saya ini, saya jadi agak sedikit ragu dengan pelayanan di Tokopedia yang sekarang. Karena begitu saya lihat di kolom komentar Instagram Tokopedia, ada banyak juga konsumen yang mengeluhkan dana mereka ditahan dengan waktu yang cukup lama oleh pihak Tokopedia.

Tolong kepada pihak JNE & Tokopedia segera kembalikan hak saya, karena hingga saat ini saya belum mendapatkan dana refund saya.

Andi Rafli
Kota Bandung, Jawa Barat

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

96 komentar untuk “Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Belum Menerima Refund

  • 5 September 2023 - (17:57 WIB)
    Permalink

    Yg ingin saya tanyakan, apakah pihak ekspedisi atau kurir tau paket kita isinya apa tanpa ada keterangan di label pengiriman?
    Saya juga seller di Tokopedia & hampir selalu tidak mencantumkan nama produk di label pengiriman kecuali produknya berupa cairan, aerosol, atau sejenisnya yg dilarang dikirim via udara dan dikirim antar pulau, biar kurirnya tau isi paketnya apa, jadi nanti g ada masalah saat pengiriman, terutama saat di bandara.

    Klo memang kurirnya tau tanpa ada informasi di label pengiriman, itu sih udah g bener, karena jadinya g bakalan aman, sering banget nemu kasus kaya gini dan hampir semua barang2 yg hilang itu harganya jutaan rupiah.

    • 7 September 2023 - (09:43 WIB)
      Permalink

      Saya gak tau juga ya, karna paket nya saja gak sampai di alamat. Tapi biasanya kalau saya beli paket selalu ada label alamat, isi paket dkk sih.

  • 28 September 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Saya juga sama korban barang hilang di marketplace tokopedia, udah pasrah dapat jawaban dicek, dianalasi dulu, tiap hari jawabannya itu. yg dicek dan yg dianalisa cs nya nomor togel mungkin, jadi permasalahan ga kunjung selesai

  • 29 Oktober 2023 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Sekarang udah balik belum dananya?
    Saya senasib dengan anda.
    Saya beli laptop seharga 12.5 jt namun paket yang datang kosong. Skr proses komplain namun sudah 3 minggu belum ada kejelasan dari tokopedia. Selalu dijawab sama robot yang mengharuskan saya menunggu.

    • 29 Oktober 2023 - (16:41 WIB)
      Permalink

      Nihil gan, saya sudah males follow up ke pihak yang sbersangkutan namun gak dapet respon. Saya menganggap mereka tidak ada niatan menyelesaikan masalah saya dan tidak beritikad baik. Jadi saya sharing pengalaman saya aja untuk sekedae aware ketika belanja online, agar tidak ada kejadian yang sama yang menimpa konsumen lainnya kedepannya

    • 24 November 2023 - (07:10 WIB)
      Permalink

      Masih belum selesai gan, ga ada respon terbaru lagi dari pihak asuransi Tokio Marine Indonesia tentang komplain saya.

      • 24 November 2023 - (08:19 WIB)
        Permalink

        Waduh, ga kebayang rasanya gimana kalo saya ada di posisi situ.
        Uang puluhan juta dibuat ngegantung begitu, saya ikut prihatin gan, semoga proses nya cepet selesai.
        Saya juga lagi nunggu proses refund dri asuransi tokped, ga gede sih, cuma 1jtan aja, admin tokped bilangnya maks tgl 21 nov, tapi udh lewat kan, dana belum masuk juga, di komplain tiap jam pun jawaban selalu suruh nunggu.
        Liat2 di koment & artikel gini ternyata kasus nya banyak yg kaya gini, bukan cuma saya aja.
        Jadi males mau komplain2 ke tokped care nya..

  • 25 Januari 2024 - (20:24 WIB)
    Permalink

    Soalnya sy pernah pengalaman sdh beberapa kali sebagian transaksi dana refund klaim tdk pernah kembali, walaupun syarat syarat belanja, asuransi, komplen bukti dllnya sdh terpenuhi tetap aja resiko, apakah ini bisa diperkarakan dgn hukum yg berlaku…semoga saja tata system kedepannya lebih baik lagi.

 Apa Komentar Anda mengenai Tokopedia Care?

Ada 96 komentar sampai saat ini..

Proses Refund di Tokopedia Sangat Lambat, Sudah 39 Hari Saya Masih Bel…

oleh Andi dibaca dalam: 1 menit
96