Klaim Asuransi Pengiriman iPhone 14 Pro yang Hilang, Belum Juga Cair

Pada tanggal 28 Juli 2023, saya melakukan pembelian satu unit hp di marketplace Tokopedia dengan nomor invoice: INV/20230728/MPL/3369845774 dan nomor resi: TKP01-UULD6HP. Pengiriman ini menggunakan kurir ID Express dari kota Jakarta Pusat menuju Yogyakarta.

Setelah menunggu sesuai waktu estimasi yang diberikan oleh Tokopedia, yaitu tanggal 3 Agustus 2023, barang tak kunjung sampai ke alamat tujuan.

Tanggal 8 Agustus 2023, saya melakukan komplain pada pihak Tokopedia. Komplain berhasil diajukan pada tanggal 9 Agustus 2023 dan selanjutnya menunggu verifikasi dokumen untuk tahap berikutnya, guna penerusan ke pihak asuransi.

Dari estimasi tertulis, yaitu tanggal 14 Agustus 2023, dana pencairan belum masuk. Hingga saat ini, hampir satu bulan lebih dari estimasi yang diberikan, pihak Tokopedia belum mengembalikan dana saya, atau memang sengaja diperlambat?

Emir Tasaq Wanda
Kab. Pasaman Barat, Sumatera Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Klaim Asuransi Pengiriman iPhone 14 Pro yang Hilang, Belum Juga Cair

  • 13 September 2023 - (08:57 WIB)
    Permalink

    kurir rekomendasi lagi… id ekspress lagi… capedeee.. moga segera berbenah itu ekspedisi kalo ngga tutup aja sekalian, ngilangin barang org mulu

    • 13 September 2023 - (12:51 WIB)
      Permalink

      Iya emang ga becus, sampe detik ini belum ada pengembalian dana terhitung sudah 31 hari lebih dari waktu estimasi yang diberikan

  • 13 September 2023 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Saya sudah pernah kena bahkan bukan sekali 2 kali malah, sampe 2 bulan tidak cair klaim asuransinya dan kurirnya pun sama ID Express, sampe detik ini saya tidak mau lagi pake ID Express, gimana saham goto tidak turun terus pelayanan tokopedia begini.

  • 13 September 2023 - (14:06 WIB)
    Permalink

    aduh lagi lagi id expresss ini emang kelewatan parah claim asuransi di tokpedia juga lama banget, respon CS nya yang lama di diskusi dan tidak memberikan solusi hanya bisa bicara sesuai template aja, dan respon dari tiap PIC nya yang lama banget follow up kasus kasus claim asuransi begini

  • 13 September 2023 - (14:36 WIB)
    Permalink

    masih mending sih ini bang dari tanggal 14 agustus, tempat gw dari tanggal 28 July belum kelar juga proses klaim, padahal berkas sudah lengkap semua

    • 13 September 2023 - (15:39 WIB)
      Permalink

      Iya saya juga gitu kak, pembelian tepat tgl 28 july
      Sejak klaim diajukan sudah terhitung 41 sampai hari ini blm diprosss

  • 13 September 2023 - (15:50 WIB)
    Permalink

    Mau pembeli atau penjual sekarang lebih beresiko jual hp harga dibatas 5jt.pihak aplikator atau marketplace gk akan tanggung jawab 100% kalau ada kehilangan barang.dan malingnya ada di setiap jasa kirim.jadi pikir2 lagi kalau mau beli online dengan semua resiko uang bisa hilang tanpa tanggung jawab

  • 13 September 2023 - (21:23 WIB)
    Permalink

    Wah sama kaya saya korban rekomendasi, sudah hampir 1 bulan masih proses bap,.
    Ini Keterangan admin tokped nya gimana bg?
    Apa masih dalam tahap BAP apa sudah diajukan ke pihak asuransi?

  • 13 September 2023 - (23:23 WIB)
    Permalink

    Sama saya kena juga gara” kurir rekomendasi tokopedia .. dan kurirnya ID Express .. jawaban dari diskusi, tokopedia care dan telp juga sama .. menunggu sampai batas waktu yang tidak di tentukan. Karena hanya bilang mohon di tunggu .. kemungkinan si tokopedia akan mengikuti jejak dari J*.ID yang kolaps dan dana yang sudah masuk gak bakalan bisa kembali lagi ..
    Akankah kejadian rekber besar di kaskus terulang kembali???

  • 14 September 2023 - (13:17 WIB)
    Permalink

    saya baeu aja beli samsung A14 5G di tokopedia, di samsung nya langsung… saya ogah pake pengiriman gratis , takut gini, jadi bayar pake jne yes yg rp 18 000 dan pake asuransi nya rp 17 ribu, alhamdulilah 1 hari sampe dengan muluz …. klo gratisan ya gitu , dapat id atau antaraja, yg saya tau banyak problem nya, om

  • 14 September 2023 - (20:08 WIB)
    Permalink

    Kejadian yang sama saya rasakan. Order HP xiaomi redmi note 12 seharga Rp 2.600.000 di Tokopedia tanggal 6 Agustus 2023 , komplain tanggal 12 Agustus. Penjual verifikasi klaim barang hilang tgl 17 Agustus. Estimasi pencairan dana klaim tgl 24 Agustus. Sampai detik ini tgl 14 September belum ada pertanggungjawaban dari tokopedia. Di chat di pusat komplain No respon. Pihak ekpedisi padahal sudah menginfokan sejak tgl 30 Agustus bahwa dana ganti rugi akan segera di transfer ke marketplace. TokopediaCare tetap mengklaim bahwa ekspedisi masih investigasi kurir. Dan pagi tadi pihak ekspedisi si cepat menelepon saya agar saya mengkonfirmasi ke marketplace kalo data BAP sudah dikirim & diminta tokopedia untuk merespon agar mengirimkan invoice agar proses pencairan dana segera dikirim ke marketplace sebagai ganti rugi (PEMBELI).lah kok aneh malah pembeli yang disuruh chat admin Tokopedia.saya aja chat menanyakan perkembangan nya terakhir direspon tgl 6 september.klo direspon sama pihak Tokopedia dengan cepat mungkin masalah ini akan selesai. Ini Tokopedia nya aja ga respon ekspedisi. Gimana masalah mau selesai !! Kapok saya belanja lagi d Tokopedia.”BELANJA GA NYAMAN, UANG GA AMAN”

  • 14 September 2023 - (23:17 WIB)
    Permalink

    Jika memang ada discount besarr di Tokopedia . . Dan seller nya satu kota atau satu propinsi dengan anda, maka datangi langsung ke tempat selle rnya meski tetap transaksi pakai Tokopedia, agar kurir cuma bawa resinya aja . .!??

 Apa Komentar Anda mengenai Klaim asuransi pengiriman Tokopedia?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Klaim Asuransi Pengiriman iPhone 14 Pro yang Hilang, Belum Juga Cair

oleh Emir dibaca dalam: 1 menit
18