Terjadi Lagi Shopee Melakukan Pemotongan Dana Penjualan atas Selisih Ongkir

Halo Admin MK dan pembacanya,

Sebelumnya saya melakukan komplain ke Shopee/JNE dengan judul “Shopee Melakukan Pemotongan Dana Penjualan atas Selisih Ongkir yang Tidak Sesuai dengan Ongkir JNE yang Sebenarnya

Setelah melakukan komplain pertama tersebut, ternyata saya mendapatkan masalah yang sama dengan nomor order yang lain dengan nomor 230822AEAJ0YRK.

Awalnya saya melakukan komplain langsung ke pihak ShopeeCare terlebih dahulu, dan pihak ShopeeCare memberi informasi bahwa selisih ongkir akan dikembalikan ke saldo penjual saya.

Tapi setelah ditunggu-tunggu, ternyata saya kecewa sekali lagi dengan mendapatkan email yang isinya sama dengan kasus pertama tadi.

Padahal pada kasus pertama, pihak JNE dan Shopee sudah mengakui bahwa memang ada kesalahan di sistem yang menyebabkan selisih ongkir tersebut, dan sebagai informasi, selisih ongkir untuk kasus pertama tersebut sudah saya terima di saldo penjualan saya.

Dengan surat ini, mohon banget kepada Shopee ataupun JNE, tolong kalian sebagai penyedia layanan bisa lebih koordinasi satu sama lain tanpa merepotkan kita sebagai pengguna jasa kirim dan jasa jualan. Itu murni kesalahan dari kalian, tolong kalian perbaiki.

Saya cek kasus ini banyak terjadi kepada seller-seller lain. Saya baik-baik loh komplain melalui jalur tersedia ke ShopeeCare. Saya sudah melampirkan resi yang tertera info asuransi dll, dan saya sudah catatkan juga kasus pertama tadi ke ShopeeCare nya. Kenapa kalian ga bisa lebih fokus menangani keluhan saya dengan baik?

Terima kasih sebelumnya kepada Admin MK dan pembaca.

Teresia
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

8 komentar untuk “Terjadi Lagi Shopee Melakukan Pemotongan Dana Penjualan atas Selisih Ongkir

  • 14 September 2023 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Saya mendapati kasus yang sama, dengan selisih ongkir hampir di angka 800rb hehehe
    dan setelah sy telusuri, ternyata masalah nya kemungkinan ada di kesalahan input ( entah di shopee atau jne ) . karena dari kasus sy, masalah nya yaitu, paket yg harus nya menggunakan JTR biasa ( karena paket sy aksesoris gantungan kunci ) , dalam input nya malah masuk ke JTR>250 ( yang harus nya ini untuk paket kendaraan bermotor diatas 250cc ) .
    masih sy upayakan entah masalah nya dimana, dan akan segera update untuk info jika ada cara mengupayakan untuk mengambil dana hak kita sebagai seller ..

    • 14 September 2023 - (11:41 WIB)
      Permalink

      Yg buat kesel email tsb pak yg menyatakan selisih tersebut merupakan biaya asuransi ..wong jelas2 kita uda share resi yg tertera biaya asuransinya…itu pun tidak bisa dijadikan dasar untuk di recheck ulang…

      • 19 September 2023 - (07:18 WIB)
        Permalink

        shopy sekarang gk jelas mb

        kemaren aku kirim.uang dari shopy ke bank seabank bank.nya shopy 2 juta sampek sekarang di janji.in
        sampek emosi aku pending sampek 4 hari

    • 15 September 2023 - (16:22 WIB)
      Permalink

      harusnya sistem menolak menerima untuk dikirim paket jika ada selisih ongkir
      bukannya seenaknya potong dari dana penjualan
      atau setidaknya peringati dlu pengirim sehingga bisa tau ada kejanggalan dan masih memiliki opsi untuk tetap kirim atau dihold dlu

  • 15 September 2023 - (22:45 WIB)
    Permalink

    Per tgl 15 sept ,shopee sudah mengembalikan selisih tersebut ke saldo penjualan saya..terima kasih admin MK dan pihak terkait shopee yg sudah merespon dan membantu…

    • 18 September 2023 - (13:40 WIB)
      Permalink

      Kok gak kapok masih aktifkan JNE?
      Saya juga mengalami sejak awal Agustus lalu, dan karena banyak kasus serupa, langsung saya Off jasa ini, saya ganti J&T Cargo.

      Dan ternyata… J&T Cargo aman sampai hari ini tak ada terjadi selisih ongkir.

      Kesimpulannya, terjadinya selisih ongkir disebabkan dari system JNEnya, yg meng-UP biaya ongkir sepihak.

      • 18 September 2023 - (13:55 WIB)
        Permalink

        Uda biasa pengiriman by jne kargo pak,untuk penambahan packing kayu dan asuransi tidak dipersulit…cuman yah ini lg apes aja kena case2 begitu

  • 16 September 2023 - (05:26 WIB)
    Permalink

    Aku juga mengalami hal serupa. Alasannya selisih ongki dari dimensi jelas2 barangnya kurang dari 1 kg tapi ongkir jadi hampir 300an. Udah diseratakan bukti tapi meraka cuma balas templet ga kasih bukti misal beratnya dan dimensi real verSi mereka berapa. Jadi males sumpah deh

 Apa Komentar Anda mengenai jualan di Shopee?

Ada 8 komentar sampai saat ini..

Terjadi Lagi Shopee Melakukan Pemotongan Dana Penjualan atas Selisih O…

oleh Dipo dibaca dalam: 1 menit
8