Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Penjelasan Detail dan Garansinya Sudah Habis

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya ini.

Pada tanggal 2 Oktober 2023, saya membeli perangkat laptop Dell Chromebook 3100 dari Shopee Mall seharga IDR 2,5 juta. Selang 3 hari kemudian, pesanan saya tersebut tiba, langsung saya unboxing direkam video. Secara kemasan sangat ok, fisik barangnya ok, laptop langsung bisa dinyalakan, fungsi charger ok… hardware ok!!!

Yang jadi masalah adalah laptop itu ternyata menggunakan OS Chrome layaknya Android, namun sudah dikustomisasi oleh Kemenristek sehingga hanya bisa digunakan oleh guru dan pelajar SD, SMP, SMA yang sudah mendaftar dan mempunyai akun belajar.id di Kemenristek. Lha, saya kan bukan guru, apalagi pelajar SD, SMP, atau SMA. Buat apa saya beli laptop itu?

Kalau saya tahu dari awalnya, tidak akan saya beli. Saya tidak komplain itu kepada Shopee Mall karena sudah kadung klik barang sudah diterima dan sesuai pesanan. Okelah tidak apa-apa karena saya pikir bisa di-install ulang.

Beberapa hari kemudian, saya pergi ke servis center Dell di Bandung yang jaraknya 75 km dari rumah saya. Di sana saya diterima dengan ramah oleh petugas Dell Center, dan saya sampaikan kendala di laptop saya tersebut.

Yang mengejutkan adalah saya diberitahu bahwa OS tersebut memang kustom Kemenristek eksklusif dengan Google Chrome yang berbeda fungsi, tampilan, user interface-nya dari OS Chrome basic, apalagi Microsoft Windows, sehingga Dell tidak berhak menghapusnya. Dan juga katanya laptop tersebut mestinya tidak diperjualbelikan secara bebas karena tujuannya awalnya adalah untuk memberikan laptop murah gratis ke sekolah-sekolah untuk dipergunakan oleh guru dan siswanya.

Kemudian petugas tersebut memeriksa masa garansi lewat nomor seri laptop yang ada di kemasannya dan ternyata masa garansinya pun sudah habis pada bulan Maret 2022. Luar biasa!

Bagi yang belum tahu apa itu Chromebook managed by SD belajar.id, silakan googling saja terlebih dahulu. Saya menulis di sini berharap ada perhatian dari pihak Shopee Mall atas kendala yang saya alami ini.

Semoga juga ke depannya semua toko di semua marketplace yang menawarkan laptop seperti ini agar lebih jujur dalam menuliskan deskripsinya.

Riky Ahriyanto
Majalengka, Jawa Barat


Update (20 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

70 komentar untuk “Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Penjelasan Detail dan Garansinya Sudah Habis

  • 20 Oktober 2023 - (15:12 WIB)
    Permalink

    Sudah selesai permasalahan sy, yeayy…!!! Shopee mall dan toko nya sudah mengganti laptop saya sesuai pesanan saya di awal pembelian. Laptop yang baru sudah saya terima hari ini, sudah saya cek dan benar sesuai pesanan saya. Clear, tdk ada lagi masalah. Media Konsumen, You are the Best… Dan Terima kasih atas segala atensi Anda semua pemerhati MK. Tetaplah aktif, tetap peduli, tajam namun objektif.

 Apa Komentar Anda mengenai jaminan kualitas produk di Shopee Mall?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Pen…

oleh Riky Ahriyanto dibaca dalam: 1 menit
70