Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Penjelasan Detail dan Garansinya Sudah Habis

Sebelumnya, saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat saya ini.

Pada tanggal 2 Oktober 2023, saya membeli perangkat laptop Dell Chromebook 3100 dari Shopee Mall seharga IDR 2,5 juta. Selang 3 hari kemudian, pesanan saya tersebut tiba, langsung saya unboxing direkam video. Secara kemasan sangat ok, fisik barangnya ok, laptop langsung bisa dinyalakan, fungsi charger ok… hardware ok!!!

Yang jadi masalah adalah laptop itu ternyata menggunakan OS Chrome layaknya Android, namun sudah dikustomisasi oleh Kemenristek sehingga hanya bisa digunakan oleh guru dan pelajar SD, SMP, SMA yang sudah mendaftar dan mempunyai akun belajar.id di Kemenristek. Lha, saya kan bukan guru, apalagi pelajar SD, SMP, atau SMA. Buat apa saya beli laptop itu?

Kalau saya tahu dari awalnya, tidak akan saya beli. Saya tidak komplain itu kepada Shopee Mall karena sudah kadung klik barang sudah diterima dan sesuai pesanan. Okelah tidak apa-apa karena saya pikir bisa di-install ulang.

Beberapa hari kemudian, saya pergi ke servis center Dell di Bandung yang jaraknya 75 km dari rumah saya. Di sana saya diterima dengan ramah oleh petugas Dell Center, dan saya sampaikan kendala di laptop saya tersebut.

Yang mengejutkan adalah saya diberitahu bahwa OS tersebut memang kustom Kemenristek eksklusif dengan Google Chrome yang berbeda fungsi, tampilan, user interface-nya dari OS Chrome basic, apalagi Microsoft Windows, sehingga Dell tidak berhak menghapusnya. Dan juga katanya laptop tersebut mestinya tidak diperjualbelikan secara bebas karena tujuannya awalnya adalah untuk memberikan laptop murah gratis ke sekolah-sekolah untuk dipergunakan oleh guru dan siswanya.

Kemudian petugas tersebut memeriksa masa garansi lewat nomor seri laptop yang ada di kemasannya dan ternyata masa garansinya pun sudah habis pada bulan Maret 2022. Luar biasa!

Bagi yang belum tahu apa itu Chromebook managed by SD belajar.id, silakan googling saja terlebih dahulu. Saya menulis di sini berharap ada perhatian dari pihak Shopee Mall atas kendala yang saya alami ini.

Semoga juga ke depannya semua toko di semua marketplace yang menawarkan laptop seperti ini agar lebih jujur dalam menuliskan deskripsinya.

Riky Ahriyanto
Majalengka, Jawa Barat


Update (20 Oktober 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Shopee sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

70 komentar untuk “Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Penjelasan Detail dan Garansinya Sudah Habis

  • 12 Oktober 2023 - (10:39 WIB)
    Permalink

    Sebaiknya sebelum belanja online, kita cari video review product misal dr channel youtube, agar produk yg hendak dibeli sesuai dengan persepsi dan harapan kita.

    Pihak Seller anggap kita sdh paham,
    pihak Shopee anggap kita juga sdh tahu apa yg hendak kita beli .

    Kalau masalah Garansi, selama brg tersebut adalah barang resmi dr distributor Indonesia, maka kita bisa claim ke service center berdasarkan tgl nota pembelian dgn batas waktu claim sesuai masa garansi brg tsb

    2
    21
    • 12 Oktober 2023 - (11:04 WIB)
      Permalink

      Baca, pahami dulu konteks yg dimaksud ts. Intinya TS beli chromebook normal, tapi dikirim unit custom kemenristek yg dikhususkan buat pendidikan dan bukan untuk diperjual belikan.

      20
      1
  • 12 Oktober 2023 - (10:54 WIB)
    Permalink

    maaf ya pak/bu .. ini kesalahan anda kok beli ga coba cari tau spek chromebook apa ? saya ada chromebook mentok buat browsing dan zoom meeting saja …

    kedepannya jangan cuma bisa menyalahkan dan komplain ini jelas kecerobohan anda

    2
    28
    • 12 Oktober 2023 - (11:19 WIB)
      Permalink

      Satu lagi korban belanja online, sering sering ajah lagi belanja online, walaupun itu tidak bisa dicoba, SELAMAT UNTUK ANDA, telah memajukan bangsa

      1
      15
      • 13 Oktober 2023 - (19:54 WIB)
        Permalink

        Baca lagi koplak. Jelas2 disebutin itu laptop chromebook dari pihak Dell bilang GAK DIPERJUALBELIKAN, kenapa bisa tu barang ada di marketplace? Gimana ceritanya jadi pembeli yang salah. Penjual nakal itu

    • 12 Oktober 2023 - (12:40 WIB)
      Permalink

      Dari awal sy niatnya emang mau beli laptop chromebook basic general user, tp yang dikirim laptop chromebook kustom khusus Kemendikbudristek yang sudah habis pula masa garansinya dan juga laptop itu tdk untuk diperjualbelikan. Ini malah dijual oleh toko sekelas shoppee mall authorized dealer Dell. Sebelum sy beli sy baca dulu deskripsinya. Di deskripsinya pun tidak tertulis keterangan chromebook managed by SD belaja.id kemendikbudristek.

      12
      2
    • 12 Oktober 2023 - (18:59 WIB)
      Permalink

      baca dulu , itu seller bohong tidak bilang chromebook eks belajar.id (yang mana tidak bisa dipakai kalau bukan pelajar)

      kedepannya jangan cuma bisa menyalahkan dan komplain ini jelas kecerobohan anda <- kata ini kembali ke anda

      2
      11
    • 16 Oktober 2023 - (23:15 WIB)
      Permalink

      Jangan menyalahkan user gitu chromebook ada yg terintrgrasi dan ada yang open.
      Chrome terintegrasi tidak bisa dipakai tanpa username dan password yang sudah disediakan, dan ini walau di reaet reinstall os CHROME tetap tidak bisa diunlock(tanpa bobol imei).
      Sedang yang open memang seharusnya dijual bebas.

  • 12 Oktober 2023 - (11:06 WIB)
    Permalink

    TS udah benar kok komplainnya, dia dpt unit custom kemenristek yg ga boleh diperjualbelikan, ts seharusnya dapat unit normal/user.

    18
    1
      • 12 Oktober 2023 - (14:04 WIB)
        Permalink

        Ini salah satu resiko jual beli online anda tidak dapat cek unit secara detail beda dengan offline.penjual juga gk salah kalau sesuai deskripsi versi penjual sesuai deskripsi tapi yg di harapkan pembeli os harusnya untuk user bukan khusus.kalau sudah kaya gini coba ke teknisi laptop aja siapa tau bisa flash os yg lain kalau di servis center resmi gk akan di kerjain itu barang karena harus sesuai SOP

        2
        6
        • 14 Oktober 2023 - (03:29 WIB)
          Permalink

          Heran ama yg menyalahkan TS. Pada baca ga sih pada, atau ga paham maksud TS nya??

          Kalo dari kronologinya emang tokonya yang bermasalah, garansi laptop udh habis, menjual barang yg dilarang untuk diperjual belikan pula. Padahal label toko sudah Shopee Mall, masa jualannya barang begituan.

  • 12 Oktober 2023 - (11:14 WIB)
    Permalink

    Tipikal indo banget ya.Barang khusus gratis tapi malah dijualin.Sama kayak gas melon 3kg gratis,malah ada yg jualin…Padahal seller kelas Mall dan official Store loh.

    8
    2
  • 12 Oktober 2023 - (11:35 WIB)
    Permalink

    **Bagi yang belum tahu apa itu Chromebook managed by SD belajar.id, silakan googling saja terlebih dahulu.**
    ==>> Saya mah sudah tahu daru dulu. TS aja yang googling telat. Googling dulu baru beli.

    1
    18
    • 12 Oktober 2023 - (12:14 WIB)
      Permalink

      Sy juga sudah tau chromebook yg dikelola belajar id itu apa…. Dan mestinya laptop tersebut tidak diperjualbelikan, lha ini kan dijual oleh toko sekelas shoppee mall authorized dealer Dell dan tanpa penjelasan yang sebenar benarnya. Sy niatnya beli laptop chromebook basic general user, bukan yang kustom kemendikbudristek, yaa

      12
      3
  • 12 Oktober 2023 - (12:00 WIB)
    Permalink

    Aneh juga toko ini.
    Padahal Dell authorized Store ya, kok malah tidak paham pentingnya informasi jenis OS.
    Harusnya di deskripsi produk ada info jenis OS Chrome nya, For education atau for business.
    Info ini kan penting buat pembeli. Kayak obat Bodrex, untuk Sakit kepala atau untuk Batuk Pilek.

    Yang lebih parah lagi, OS Chrome nya jenis education yang sudah dikustomisasi untuk Kemenristek.
    Entah apa maksud toko ini tidak menuliskan info2 penting ini.

    Paling tidak ada 2 point yang harus dikomplain ke toko, Masalah OS dan garansi resminya.
    Atau…. langsung lapor ke Kemenristek untuk produk yang diperjualbelikan ini.

    8
    1
    • 12 Oktober 2023 - (12:17 WIB)
      Permalink

      @yubi, point2 anda betul sekali…. Dan saran anda untuk lapor ke kemendikbudristek pun sesuai dengan saran dari pihak Dell….

      6
      2
      • 12 Oktober 2023 - (12:21 WIB)
        Permalink

        Oh Oke, karena praktik penjualan barang seperti ini yang bisa menyebabkan masyarakat yang semestinya berhak mendapatkan gratis (subsidi) malah tidak dapat.

        5
        1
    • 12 Oktober 2023 - (14:36 WIB)
      Permalink

      atau jangan2 admin nya yang memang rada gaptek soal beginian..
      tidak semua admin IT mengerti IT

      1
      2
      • 13 Oktober 2023 - (00:01 WIB)
        Permalink

        Ini barang diberikan gratis kepada sekolah, jangan dibiarkan berlama-lama segera dilaporkan kepada kepolisian.

    • 12 Oktober 2023 - (14:31 WIB)
      Permalink

      Pastinya sy klik setelah barang sy unboxing. Semua sy cek dulu, termasuk tampilan OS nya. Chromebook itu persis seperti hape android tp dalam rupa laptop, pemakaian pertama kali akan selalu meminta login dengan akun gmail. Sampai pada step ini sy anggap tidak ada masalah apapun, sy tidak langsung login karena ada kesibukan lain. Lalu sy klik aja pada aplikasi bahwa barang sudah sy terima. Sore harinya, barulah sy coba login. Nah pada saat itulah sy tau bahwa laptop tersebut tidak sesuai pesanan saya dari segi/aspek OS chromebooknya. Yaitu akun gmail saya ditolak oleh chromebooknya. Jadi sampai sekarang laptop itu belum bisa dipake karena OS nya meminta akun gmail yang terdaftar di kemendikbudristek dimana pendaftarnyapun terbatas hanya untuk guru dan siswa siswa melalui administrator SD belajar.id di sekolah masing2. Dan gilanya lagi laptop itu kan tidak untuk diperjualbelikan (so far i know). Ini malah dijual di shopee mall authorized dealer Dell.

      4
      1
      • 13 Oktober 2023 - (09:44 WIB)
        Permalink

        Coba diinstal ulang kak. Pakai google chrome extension. Namanya Chromebook Utility Recovery. Mudah-mudahan bisa.
        Kalau tidak bisa, pakai yang versi ChromeOS Flex cuma kelkurangannya tidak ada Google Playstore.

  • 12 Oktober 2023 - (15:31 WIB)
    Permalink

    masuknya penipuan oleh oficial store unit yg diberikan versi bundling punya, sope harus memberi sanksi karna akan mempengaruhi kredibelitas dr Sope Mall lainnya

    6
    1
  • 12 Oktober 2023 - (16:03 WIB)
    Permalink

    Harusnya penjual memberi informasi bahwa os chromebook telah terdaftar domain belajar.id agar pembeli tau atau mencari tau sebelum membeli, ini termasuk penjual nakal. Kebanyakan orang awam tidak mengerti akan hal ini. Semoga penjual bisa membatu agar chrombook bisa terinstal google chromeOs standar/flex tanpa domain instansi/perusahaan tertentu.

    4
    1
  • 12 Oktober 2023 - (16:24 WIB)
    Permalink

    Penjual termasuk penggelapan barang negara. Karena itu pasti sudah ada perjanjian ToS atau MoU dengan harga yang sudah dianggarkan. Atau pastinya sudah ada uang negara membayar Laptpop yang di beli di atas.

    4
    1
    • 12 Oktober 2023 - (17:07 WIB)
      Permalink

      Wow…. Akhirnya ada yang memperjelas maksud tersirat dalam tulisan sy. Jadi laptop ini kan disediakan oleh pemerintah untuk diberikan ke sekolah2 secara gratis. Tp tentunya pemerintah tetap membayar dong ke produsennya misalnya untuk sekian ratus ribu unit. Nah dari sekian ratus ribu unit yang sudah dibayar itu ada yang sudah tersalurkan dan ada yang belum/tdk tersalurkan. Nah untuk yang belum/tidak tersalurkan mau digimanain niih…..silakan dipikirkan sendiri deh

      3
      1
      • 12 Oktober 2023 - (17:19 WIB)
        Permalink

        Laporkan ke Menkeu bang, tentang adanya Barang Negara diperjualbelikan. Biar kena pidana penjualnya. Via lapor.go.id

        2
        1
          • 16 Oktober 2023 - (10:22 WIB)
            Permalink

            Pembelinya juga kayaknya keras tidak mau melaporkan berarti pembeli setuju dan bisa dimasukkan dalam tindak pidana sebagai “Penadah”

  • 12 Oktober 2023 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Bener Thu bang…lapor aja ke web lapor.go.id bang

    Seharusnya laptop gratis di bagi ke sekolah malah di perjualbelikan

    • 13 Oktober 2023 - (06:08 WIB)
      Permalink

      Yoi, biar kena angkut penjualnya. Langsung gerak cepat itu Kemenkeu. Barang negara yang sudah dianggarkan malah digelapkan. Sudah kena pidana itu penjual.

  • 12 Oktober 2023 - (23:49 WIB)
    Permalink

    Mending advan pak hehe , 2.4 udah dapet setara udah gitu bisa diuninstall bebas ga perlu pusing hehe , advan juga sdh bagus” skrg spek nya

  • 13 Oktober 2023 - (04:12 WIB)
    Permalink

    Tinggal install ulang pakai custom chromebook bos bnyk fydeOS ( custom Rom base chromebook terbaik buat gaming android dan kerja ringan ngetik browsing dan zoom)
    malah bisa aplikasi android sudah include playstore nya…. Gak ngerti cara install nya ya sudah

  • 13 Oktober 2023 - (05:27 WIB)
    Permalink

    Jadi si TS memang sedari awal mau beli chromebook, tapi dikirimkan unit milik Kemristek yang dibagikan untuk guru” SD dan SMP secara gratis oleh negara dah kaya gitu masa garansi dah habis.

    Sekarang sulit memang nyari chromebook.. untuk chromebook 4 harga keluaran samsung sendiri disitusnya dah nggak ngejual lagi barang ini… harga sempet turun di market place 1.6 sekarang naik lagi 2.5 saking langkanya.

    apalagi google dah da rencana ngeluarin chromebook plus jadi produsen pasti nahan produk chromebook mereka..

  • 13 Oktober 2023 - (21:25 WIB)
    Permalink

    Gila benar ini Dell, termasuk penipuan bukan nih? Deskripsi info garansi 1 tahun, ternyata sudah habis, apalagi produk infonya seharusnya tidak diperjualbelikan. Parah parah ni Dell, wes merek lain ae.
    Thanks bro sudah share.

  • 13 Oktober 2023 - (22:08 WIB)
    Permalink

    Aneh banget yg komen ngatain ini salah TS …
    Netizen 62 emang sipaling sok tau sok bener …
    Ayo pak terus perjuangkan hak bapak sebagai konsumen .. serang terus seller nya di semua sosmed mereka …

  • 13 Oktober 2023 - (22:39 WIB)
    Permalink

    Waah, ini salah bukti korupsi nih.
    Pengadaan Laptop gratis memang saya pernah dengar sejak adanya pembelajaran via Online dampak Pandemi.
    Up dong, kawal terus sampai terbukti siapa dalang nya

    • 15 Oktober 2023 - (06:15 WIB)
      Permalink

      Pas itu bang, naikkan berita ini ke Kemenkeu, biar di angkut ke Kantor Polisi. Bisa bisa kena ini Pejabat Kemenristek. Pasti ada pidana di kalangan Pejabat Kemenristek biasanya PPK mereka (Pejabat Pembuat Komitmen)

  • 13 Oktober 2023 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Di spesipikasi tidak di jelaskan kondisi barang bekas apa baru dan hanya menuliskan garansi.
    Entah penjual yg ga jujur atau pembeli yg ga teliti.
    Mungkin itu barang yg habis kontrak nya terus di balikin ke pihak dell dan di jual kembali.
    Menurut saya ga mungkin seller official seperti itu jual barang ilegal milik permerintah.
    Di situlah sebagai pembeli harus benar2 teliti walaupun yg jual sekelas official

    • 13 Oktober 2023 - (23:54 WIB)
      Permalink

      Saya sudah cek toko nya dan banyak barangnya tidak di jelaskan masalah kondisi barang baru dan bekas

  • 14 Oktober 2023 - (08:14 WIB)
    Permalink

    Klu belanja online emang gitu gan… jangan buru2 klik barang diterima sebelum dicek bener2… Bisa itu diresset atau diinstal ulang coba ke teknisi khusus chromebook… jangan ke teknisi laptop soalnya beda OS atau coba cari tutorial di youtube banyak untuk resset atau instal ulang chromebook, semoga berhasil gan

  • 14 Oktober 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Satu-satunya cara klo emang pihak Dell nya tdk mau menginstall ulangnya dgn alasan tdk berhak utk menghapusnya ya install ulang sendiri aja pak atau install ulang di toko2 service komputer dan laptop umum yg bukan service center resminya. Klo bs install ulang sendiri tinggal modal beli DVD OS yg resminya aja, toh itu laptop udh bpk beli dan udh jd hak milik bpk sendiri jd bpk lbh berhak utk ngapa2in itu laptopnya termasuk utk menginstall ulangnya.

    1
    1
  • 14 Oktober 2023 - (22:07 WIB)
    Permalink

    hehe chromebook beda dengan laptop windows mas mau pake dvd os gimana… wong biosnya ja g da.. 😌 paling masuk developer mode.. bawa ketukang service yg g pernah pegang chromebook dijamin bingung…

  • 15 Oktober 2023 - (09:29 WIB)
    Permalink

    Sy sudah unduh panduan dari dell support system.com….. Didalamnya lengkap sekali panduan2 yang menyangkut laptop chromebook termasuk factory reset. Namun pada panduan prosedur factory reset/power wash (istilah yg dipake Dell) hanya untuk chromebook general user, bahkan ada tulisan catatan/warning bahwa chromebook yang dikelola instansi atau perusahaan jangan sampai dipower wash. Tetap dong sy coba power wash. Sy Tekan ctrl+alt+shift+r lalu tekan restart, sesuai buku panduan, tak ada muncul tuh perintah power wash. Lalu sy coba cara lain yg ada di panduan yaitu masuk ke setting, advance, security klik power wash…. Gak bisa karena tidak tombol power wash itu gak ada. Sy coba cari disetiap sub setting, gak ada lho. Akhirnya sy coba tanya saudara sy yang orang IT, katanya factory reset di laptop chromebook kemendikbudristek itu disembunyikan sangat dalam dan rahasia untuk menjaga agar laptop yang sudah dibagikan itu tidak dijual oleh penerimanya. Jadi hanya servis center Dell yang tau cara reset pabriknya. Sy berharap laptop ini bisa segera ditukar ke laptop lainyang sesuai pesanan sy, karena ini murni kesalahan penjual.

    • 16 Oktober 2023 - (10:21 WIB)
      Permalink

      Kan sudah di bilang ada ToS dan MoU. Dimana ada kekuatan Hukum tetap dalam ToS dan MoU, sekarang sebagai pembeli tidak melaporkan ke Kemenkeu? Jika pembeli tidak melaporkan maka pembeli termasuk dalam tindak pidana yaitu setuju membeli.

  • 16 Oktober 2023 - (10:23 WIB)
    Permalink

    Pembelinya juga kayaknya keras tidak mau melaporkan berarti pembeli setuju dan bisa dimasukkan dalam tindak pidana sebagai “Penadah”. Wkkwkwkw ada tindak pidana penjualan barang negara, malah niat menghilangkan unsur barang negara. 0embeli nya lucu. Kwkwkw

  • 16 Oktober 2023 - (12:29 WIB)
    Permalink

    Sy siih simple aja pengen laptop itu dituker sesuai pesanan sy di awal…. Kalo tidak bisa dituker, lain lagi ceritanya. Let’s wait and see…. Not too long hopely

    • 16 Oktober 2023 - (18:37 WIB)
      Permalink

      Alasan baru mu, simple simple niat mu sudah berniat menghilangkan barang negara, maka bisa disebut sebagai Penadah. Wkwkwk Lucu dirimu, mau ditukar kembali. Kwkwk itu barang negara mau kau otak-atik dengan menghilangkan barang negara.

      Udah kau lihat barang negara digelapkan tapi tak kau laporkan, malah kau otak-atik atau ditukar kembali, kau lihat ada pidana, masa kau lindungi dengan tukar kembali unit? Kau juga sebagai pelaku kejahatan karena melindungi penjual (terduga penggelapan barang negara) dengan tidak mau melaporkan. Karena barang negara ada di tanganmu.

  • 16 Oktober 2023 - (19:27 WIB)
    Permalink

    Dengan viral di MK, sy yakin ada sudah ada pihak2 otoritas yang baca2 juga semoga mereka dapat mengambil tindakan tegas terhadap oknum penjual nakal. Terlepas itu, sy masih menunggu itikad baik dari pihak shopee mall aja, karena kalo sy bertindak pun akan merepotkan banyak orang kalo tiba2 sy dipanggil menghadap ke berbagai lembaga untuk dimintai keterangan, sy difabel disabilitas…. Peace!!!

    • 16 Oktober 2023 - (21:33 WIB)
      Permalink

      Membuat sesuatu yang “umum”. Dari niat mau menghilangkan barang negara, sudah sebuah kejahatan. Janganlah membawa kondisi kondisi fisik tubuhmu, jika ada niatmu menghilangkan barang negara. Mengotak-atik barang negara dengan berusaha maksimal dengan mengikuti ajaran sesat berarti setuju agar barang negara yang tidak dapat dijual menjadi barang pribadi setelah jual beli.

      • 18 Oktober 2023 - (08:47 WIB)
        Permalink

        Nah masih belum puas juga niih….. Ya sudah kau tuntut aja mereka pake dasar civill action atas temuan di lapangan. Kalo perlu kau juga tuntut aja aku sesuai yang kau tuduhkan…..wkwkwk.

    • 17 Oktober 2023 - (21:48 WIB)
      Permalink

      Setelah adanya posting ini. Sy cek ke toko yang ngakunya “DELL Authorized Store” menonaktifkan produknya.
      Ya jelas, berarti dia menjual barang “orderan negara”

      Harusnya sih emang gak boleh dijual ke umum. Jd sifatnya ekslusif.

      • 18 Oktober 2023 - (08:44 WIB)
        Permalink

        Ya memang sy liat sudah di takedown. Inilah the power of MK, terima kasih teman pemerhati MK atas segala atensi dan komentarnya. Sy tinggal menunggu tindak lanjut dari shopee dan tokonya….

 Apa Komentar Anda mengenai jaminan kualitas produk di Shopee Mall?

Ada 70 komentar sampai saat ini..

Penjual di Shopee Mall Menjual Laptop Chromebook Kemenristek Tanpa Pen…

oleh Riky Ahriyanto dibaca dalam: 1 menit
70