Akun Shopee Dibekukan Permanen Terkait Regulasi Produk Vape

Yth, Admin Media Konsumen dan yang membaca thread ini.

Perkenalkan saya Sinta Tiara D. di Madiun. Saya seorang penjual Shopee yang berjualan vape sejak tahun 2021. Awalnya, saya berjualan di Shopee dengan santai. Namun, seiring berjalannya waktu, kebijakan penjualan produk vape semakin dibatasi oleh semua marketplace di Indonesia karena tidak sesuai dengan ketentuan platform Google Android / iOS.

Saya memutuskan untuk membuka toko Shopee dengan akun pribadi pada sekitar tahun 2022 dengan nama “Trust Clouds”.

Trust Clouds ini adalah tempat awal saya berjualan vape di Shopee. Seiring berjalannya waktu, regulasi dari Shopee semakin ketat. Saya mendapatkan notifikasi bahwa tidak diperbolehkan lagi mengunggah produk vape atau tembakau sejenisnya ke marketplace.

Setelah itu, saya mulai ragu untuk mengunggah produk lagi di Shopee, dan akun saya dibatasi untuk kedua kalinya pada tanggal 9 Oktober 2023.

Perasaan saya tidak karuan karena akun yang merupakan sumber mata pencaharian saya diblokir lagi oleh Shopee. Padahal itu adalah satu-satunya mata pencaharian utama saya.

Setelah itu tanggal 15 Oktober 2023 akun saya dibuka kembali setelah, komplain ke CS Shopee,

Saya merasa senang karena bisa kembali berjualan sambil menjual produk vape yang masih ada dalam stok, meskipun saya jarang mengunggah produk vape atau vaporizer karena regulasi yang semakin ketat. Saya coba main kalem sambil habisin stok karena di liquid vape itu semakin tahun rasanya beda lebih menurun

Saat itu, saya berpikir bahwa mengunggah produk vape akan sulit karena kebijakan di semua marketplace, jadi saya memutuskan untuk mengubah fokus toko saya Trust Clouds untuk belanja online produk elektronik, yang nantinya juga akan saya jual untuk menggantikan stok produk vape saya.

Namun, pada tanggal 20, akun saya dibatasi lagi, dan saya menerima pemberitahuan dari Shopee. Saya merasa tidak enak hati karena akhir-akhir ini saya hanya menjual produk elektronik dan aksesori komputer. Beberapa produk toko saya bahkan dinonaktifkan oleh Shopee, tanpa kecuali sisa beberapa produk saja padahal itu bukan produk vape ikut error (di pencairan gak ada/produk tidak terdaftar) padahal produk tersebut bukanlah produk vape.

Pada tanggal 20 Oktober 2023, akun saya dibatasi lagi, meskipun seperti yang saya katakan sebelumnya, saya sudah jarang mengunggah produk apapun di Shopee.

Setelah itu, saya mengajukan banding, tetapi saya terkejut karena akun saya tidak dapat dipulihkan.

Perasaan saya langsung tidak karuan karena itu akun utama dan akun itu juga saya gunakan untuk restock barang online maka dari itu saya menyanggah surat ini melalui media konsumen soal akun saya ini.

Saya berharap bahwa akun saya dapat dipulihkan dan saya hanya akan menggunakannya untuk berbelanja di Shopee.

ShopePay dan koin Shopee saya masih ada, meskipun jumlahnya tidak banyak. Namun, karena akun saya dibatasi, saya tidak dapat melakukan apa pun dengannya. Koin Shopee saya akan habis pada tanggal 28 Oktober, yang saya kumpulkan dari bermain Shopee Tanam dan dari review produk yang pernah saya beli.

Akun saya juga tidak dapat digunakan untuk checkout barang karena dibatasi. Maka dari itu, saya  memutuskan untuk mengubah akun saya yang awalnya “Trust Clouds”. Saya rombak 100% menjadi akun belanja saja dan sudah saya ubah mulai dari user ID, nama toko, dan foto toko.

Produk yang saya unggah sekarang adalah produk baterai dan pinset, meskipun terkadang produk ini tidak muncul dalam pencarian di Shopee.

Dan saya mengajukan banding lagi, tetapi akun saya masih tidak dapat dipulihkan. Akhirnya, saya terpaksa menghapus semua produk.

Video feed Shopee yang awalnya berisi produk vape.

Video Shopee juga sudah saya hapus semua dan sudah kembali normal seperti biasa.

Saya berharap bahwa akun saya dapat dipulihkan dan saya hanya akan menggunakannya untuk berbelanja di Shopee.

Sekian pengalaman yang saya sampaikan, maaf jika tulisan ini agak panjang dan berbelit-belit dengan bahasa yang campur aduk. Jika saya melanggar produk dan ketentuan Shopee, saya telah menulis surat pernyataan ini dan meminta maaf kepada admin Media Konsumen dan semua pembaca thread ini.

Inti kesimpulannya, mohon maaf jika terjadi kesalahan dari pihak saya. Saya juga sudah menghapus semua produk toko saya ke depannya. Semoga akun saya dapat dipulihkan oleh tim Shopee. Saya mengucapkan pamit.

Sinta Tiara
Madiun, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Akun Shopee Dibekukan Permanen Terkait Regulasi Produk Vape

  • 26 Oktober 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Semoga bisa d pulihkan🙏, cuman yg kocak udah pernah kena sentil dilarang berjualan product Vape, tembakau dll tetep ngeyel alesannya sambil ngabisin stock🤣🤣🤣eh kesentil lagi dah…

    • 26 Oktober 2023 - (16:17 WIB)
      Permalink

      di platform android (google) emang ndak bole, tapi kalau diakses dari web biasa sih boleh.

      • 26 Oktober 2023 - (17:36 WIB)
        Permalink

        Bener regulasi terbaru nya tidak boleh, Kalau tidak salah keluar tahun 2022,

        Di dalam surat penyataan tersebut kita, tidak boleh upload Produk(Vape), ubah harga, edit produk,

        La itu, saya nya ubah harga produk non vape yg saya ubah, tiba tiba ada notif akun di batasi lagi

        Selagi penjual, online tidak boleh ubah produk, edit produk, upload produk(Vape)

        • 26 Oktober 2023 - (18:21 WIB)
          Permalink

          @Sinta
          Kemungkinan besar toko anda sudah ditandai Sopi sebagai toko dengan kategori “pengawasan khusus”. Secara sistem lebih mudah menandai toko daripada produk satu-persatu. Sehingga ketika anda menambah, merubah, menghapus produk yang TIDAK ADA KAITANNYA DENGAN VAPE, sistem Sopi tetap mendeteksi pelanggaran ketentuan tersebut. Ini mungkin bisa jadi bahan acuan untuk seller di Sopi yang menjual produk khusus seperti r*kok, vape, alat k*ntra*psi, s*x toy, dll agar membuka toko kedua jika ingin menjual produk lain yang lebih longgar ketentuannya.

          • 26 Oktober 2023 - (19:13 WIB)
            Permalink

            Mungkin memang seperti itu om, soalnya kalau di pikir juga melihat produk satu satu juga lama sehingga sistem mendeteksi toko menjual produk dalam pengawasan shope. Tetapi yang membuat saya keberatan akun di banned harusnya shope sebelum memblokir dan membuat surat pernyataan/banding shope juga mengecek terlebih dahulu apa yang saya jual bukan produk vape saja. Jadi akun saya diblokir/dibekukan sangat keberatan dan berharap bisa di pulihkan kembali om karena akun juga buat belanja.

    • 27 Oktober 2023 - (17:02 WIB)
      Permalink

      Iya kak bukan alesan menghabiskan stock tapi saya juga upload product selain vape juga terindikasi produk tembakau

  • 26 Oktober 2023 - (20:52 WIB)
    Permalink

    Ah Sinta.
    Kalau ga gini ah gimana ya mau bilangnya.
    Bawah ane mungkin bisa bilangin gimana

  • 27 Oktober 2023 - (02:53 WIB)
    Permalink

    kan sdh berjanji..ya di tepati to..wkwkwk..ahh it udh biasa cc..kl jualan mcm qt jgn terpaut 1 akun..plg tdk 3..&jgn 1 platform..sopi mah mmg susah..tiktok aja dah..atau bikin di ijo,BL..lebih manusiawi..databade tarik kesana lah..kl di sopi skali SP dipulihkan dahlah jgn mcm2 lg..lagian ngapain panatik di oren bebanya byk, potonganya mcm2..pindah aj cc..nothing to lose..smg cpt bs ditarik saldonya..heheh..salam

    • 27 Oktober 2023 - (08:01 WIB)
      Permalink

      Memang sudah setuju dg regulasinya pda surat pernyataan.

      Ya gini mang ibarat produk vape produk di awasi, terus sya coba patuh upload produk-produk non vape.

      Taunya kena beku ni akun, yah

      Harusnya sih jngan akun utama/akun pribadi buat jualan kalau tau kayak gini.

    • 27 Oktober 2023 - (19:08 WIB)
      Permalink

      Batre AA Charger AA juga kak yang di jual, sebenarnya balik lagi karena toko sudah di awasi

    • 27 Oktober 2023 - (20:05 WIB)
      Permalink

      Betul type batre 18650 kak dan batre tidak juga hanya digunakan dibales saja kak. Kebutuhan elektronik lainnya juga bisa kan kak 🥲🥲🥲

      • 28 Oktober 2023 - (00:01 WIB)
        Permalink

        Saya jadi penasaran, lihat di toko lain yang bekas toko vape masih aman.
        Mungkin tunggu giliran.
        Well, coba di tokoijo aja. Di sana masih aman.

        • 28 Oktober 2023 - (10:46 WIB)
          Permalink

          Ada beberapa walapun toko vape masih bisa di lihat tokonya, gan mungkin tidak melakukan perubahan terkait produk

          Sementara disini sya coba melakukan. Upload yg bukan vape seperti batre Aa itu dan produk lain non vaporizer akan tetapi,

          Finally pembatasan akun

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Akun Shopee Dibekukan Permanen Terkait Regulasi Produk Vape

oleh SINTA TIARA dibaca dalam: 3 menit
24