BCA Memblokir Rekening Secara Sepihak, Tidak Ada Kejelasan Proses Sanggahan Nasabah

Terima kasih kepada Media Konsumen telah menampilkan surat saya.

Pada tanggal 18 Oktober 2023, ketika saya ingin melakukan transaksi melalui aplikasi m-BCA, saya mendapat informasi untuk segera menghubungi Halo BCA, karena rekening saya tidak dapat digunakan.

Setelah itu, saya segera menghubungi Halo BCA. Namun menurut keterangan Halo BCA, mereka tidak dapat membantu membuka atau memberikan alasan mengapa rekening saya terblokir. Sungguh aneh dan ajaib, nasabah disuruh menghubungi Halo BCA, tapi tidak dapat dibantu).

Melalui telepon tersebut, pihak Halo BCA hanya bisa menyarankan untuk mendatangi kantor cabang di mana saya membuka rekening. Saya jelaskan bahwa saya sekarang sudah berada di kota yang berbeda dengan kantor cabang tempat saya membuka rekening, sehingga tidak memungkinkan datang ke sana.

Akhirnya, karena tidak mau berdebat lebih lanjut, saya memutuskan untuk datang ke kantor cabang terdekat di kota saya. Namun lucunya, di sana pun saya tidak diberikan alasan dan tidak dapat dibantu untuk membuka blokirnya, dan saya disuruh datang ke cabang tempat saya membuka rekening.

Sungguh aneh, bukan? Mengapa BCA memiliki cabang di mana-mana, tetapi tidak dapat membantu nasabah di cabang berbeda. Apakah BCA bank lokal atau nasional?

Pada tanggal 20 Oktober 2023, pihak Halo BCA akhirnya menghubungi saya untuk menjelaskan mengapa rekening saya diblokir. Rekening saya diblokir karena menerima uang senilai Rp11.700.000 dari Ibu Nabila. Ibu Nabila mendapatkan laporan dari pihak lain tentang penyalahgunaan rekening, sehingga saya sebagai penerima dana dari yang bersangkutan ikut diblokir.

Saya tidak mengenal Ibu Nabila. Namun saya menerima uang tersebut atas penjualan crypto melalui aplikasi P2P Binance. Berikut saya lampirkan bukti percakapan dari awal. Beserta order P2P yang dibuat oleh atas nama Nabila. Untuk nomor rekening saya, memang tercantum saat saya membuat iklan penjualan crypto melalui P2P Binance. Saya lampirkan juga order P2P yang dibuat oleh atas nama Nabila.

Berikut adalah link platform P2P jual beli crypto melalui Binance yang saya gunakan untuk transaksi crypto: https://p2p.binance.com/id/trade/all-payments/USDT?fiat=IDR. Sebagai informasi, transaksi P2P di Binance hanya bisa dilakukan jika sudah verifikasi ID card seperti KTP atau paspor. Jadi dapat dipastikan, yang melakukan transaksi tersebut adalah atas nama Nabila sendiri.

Saya sudah menjelaskan melalui telepon tersebut. Karena saya tidak dapat datang ke cabang pembuka, maka saya disarankan untuk mengirim email ke Halo BCA, untuk mengirim bukti transaksi dan sanggahan tersebut, beserta surat pernyataan di atas materai.

Keanehan berikutnya adalah, setiap kali saya mengirimkan email berisi bukti dan surat pernyataan, selalu tidak mendapat balasan berhari-hari. Namun ketika saya menanyakan statusnya, malah dibilang saya belum mengirimkan kelengkapan dokumen.

Pada tanggal 25 Oktober 2023, saya berinisiatif menghubungi Halo BCA untuk menanyakan kembali, karena tidak ada balasan di email. Di sini, saya benar-benar lelah berurusan dengan BCA karena ketidakjelasan penanganan komplain.

Saya jelaskan melalui telepon, bahwa jika memang belum ada penyelesaian atas komplain saya, maka setidaknya saya minta BCA untuk membuka blokir rekening saya. Namun jika memang ingin membekukan saldo sesuai nominal yang bermasalah tersebut, silakan, karena saya membutuhkan rekening tersebut untuk menerima payroll dan melakukan transaksi untuk usaha sampingan saya. Namun permintaan saya ditolak.

Lalu saya bertanya, apakah ada laporan dari kepolisian sehingga BCA berhak memblokir rekening saya? Namun CS tidak dapat menjawabnya.

Selain rekening saya, saya pun memiliki kartu kredit dan KPR di BCA yang sebentar lagi jatuh tempo. Jika rekening saya masih diblokir dan tidak dapat membayar tepat waktu, bagaimana dengan denda dan bunga yang nanti akhirnya ditagihkan kepada saya? Belum lagi kerugian waktu dan tenaga serta dengan diblokirnya rekening saya sungguh mengganggu aktivitas bisnis sampingan saya.

Ricky Yuliadi
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “BCA Memblokir Rekening Secara Sepihak, Tidak Ada Kejelasan Proses Sanggahan Nasabah”

Menanggapi keluhan Bapak Ricky Yuliardi di Media Konsumen tanggal 02 November 2023 dengan judul “BCA Memblokir Rekening Secara Sepihak, Tidak...
Baca Selengkapnya

53 komentar untuk “BCA Memblokir Rekening Secara Sepihak, Tidak Ada Kejelasan Proses Sanggahan Nasabah

    • 2 November 2023 - (23:19 WIB)
      Permalink

      Ini pasti ada masalah hukum terkait transaksi anda, oleh karenanya harus dibawa ke kantor asal buka rekening. Kalau tidak ada masalah hukum tentu bisa dilakukan semua cabang BCA.
      Kalau memang benar tidak mungkin dikondisikan seperti itu. BCA sebagai bank swasta yg besar ngak mungkin juga mengorbankan kredibilitas yg selama ini hanya dengan transaksi puluhan juta.
      Memang akhir2 ini banyak penipuan perbankan secara elektronik, dan si korban jarang yg bisa menjerat atau menangkapnya.
      Nah, agar anda tidak di cap sebagai pelaku kegiatan tsb sebaiknya buat laporan ke Polisi setempat.

      14
      3
      • 3 November 2023 - (06:06 WIB)
        Permalink

        Bca sungguh tidak menghargai dan perduli dengan nasabahnya sendiri. Bca sebagai bank yang sudah sukses lupa bahwa tanpa nasabah bca bukanlah apa2. Saya pun mengalami hal yang menjengkelkan dari bca melalui kesewenang-wenangannya atas peraturan yang secara sepihak bca terapkan. Sungguh kacang lupa kulit. Hati2 bca. Karena segelintir orang yg bekerja di bca tidak menghargai dan perduli dengan nasabah bca mungkin akan berakibat fatal di masa yang akan datang. Jangan lupa karena bila setitik rusak susu sebelanga. Bca jangan lupa katena nasabah yg baik baru bca bisa sukses seperti sekarang. Tapi bca malah dengan ketidakperduliannya menerapkan aturan tanpa kebijakan untuk nasabah yang baik. Di dunia ini tidak ada yang abadi, banyak- banyaklah berbuat bijak.

        6
        5
    • 3 November 2023 - (16:05 WIB)
      Permalink

      @faradina
      si Rizki kan sebagai merchant di binance, dari Aceh pindah ke Papua, tuh alamat merchant udh diperbarui belum, atau ketika mendaftar sebagai merchant di binance alamat nya udh di Papua, kalo udh di Papua kan alamat dan rekening harusnya sudah dipapu juga, merchant seperti itu harus di report,. alamat dipapu tapi rekening dari cabang Aceh, menurut kau aneh ga,.

      2
      1
  • 2 November 2023 - (11:01 WIB)
    Permalink

    Binance kayaknya gak ter regulasi di indonesia, tapi BCA masa sampe blokir rekening sepihak sih

    • 2 November 2023 - (20:43 WIB)
      Permalink

      #Arif N
      kenapa ga bisa, kamu juga bisa melaporkan kalo terjadinya tindakan penipuan,.rek BRI mandiri BCA ewalet dana ovo dll , laporkan segera ke pihak terkait,supaya rek si penipu diblokir, tapi cantumkan bukti” yg valid

      • 2 November 2023 - (23:25 WIB)
        Permalink

        Lho kalau ada pelanggaran hukum biasanya seperti itu. Makanya harus diklarifikasi, supaya jelas salah orang apa tidak.

    • 2 November 2023 - (20:46 WIB)
      Permalink

      kalo ga segera dilaporkan (pemblokiran rek) dan duit sudah dikuras ya hilang duit kau,.

      1
      1
  • 2 November 2023 - (11:11 WIB)
    Permalink

    rekening diblokir karena ada laporan, coba datang ajj ke tempat dimana rekening dibuat, bisa jadi ada sangkaan rekening anda digunakan untuk tppu

    4
    4
  • 2 November 2023 - (12:04 WIB)
    Permalink

    BCA memiliki keamanan yang lbh tinggi. Jika memang ada laporan dr pihak lain (Nabila) . Wajar pihak BCA memblokir rekening yang bersangkutan yang di curigai yg telah dilaporkan. Sebelum anda membuka rekening dan menggunakan aplikasi BCA dan produk turunan nya. Anda sudah dinyatakan tunduk dengan syarat dan ketentuan yang berlaku secara hukum tanpa pemberitahuan ke pihak nasabah. Semoga pihak nabila dan anda dipertemukan okeh pihak BCA untuk menyelesaikan kasus ini.

    8
    0
  • 2 November 2023 - (13:05 WIB)
    Permalink

    Ayo BCA segera dibereskan masalahnya biar cepet selesai…kasihan tuh nasabahnya sdh LELAH…

    7
    4
  • 2 November 2023 - (13:59 WIB)
    Permalink

    Takut ditangkap polisi atau gimana ini. Kok disuruh menyelesaikan blokir rekening ditempat dulu buka rekening kok gak mau dengan alasan jauh. Rekening anda diduga melakukan penipuan atau TPPU. Biasanya buka blokir rekening harus datang ketempat dulu buka rekening. Kalau ganti buku tabungan atau ATM di setiap kantor cabang bisa.

    13
    9
  • 2 November 2023 - (14:30 WIB)
    Permalink

    baca baik-baik bos, itu sudah ditulis bahwa penulis sudah pindah kota. kalau dulu buatnya di jakarta misalnya, terus kalau misalnya orangnya udah pindah ke NTT, apa iya harus terbang ke jakarta?

    atau sebaliknya, dulu buatnya di jambi, terus pindah ke jakarta. apa iya penulisnya harus terbang ke jambi??

    harusnya bisa diurus di kantor cabang BCA terdekat, gak perlu terbang ke kantor cabang tempat dibuatnya rekeningnya lagi. ongkosnya habis banyak.

    dan saya juga setuju dengan si penulis, harusnya malah bank setelah blokir langsung telp customernya memberitahu dengan detail, kasih tau alasannya dan apa yang harus dilakukan.

    gak perlu nunggu customer yang nelpon duluan.

    dan itu kan lelah karena udah kasih bukti-buktinya tapi dianggap gak ngasih bukti dan sudah pergi ke kantor cabang terdekat gak bisa bantu dengan alasan bukan kantor cabang tempat buat rekening.

    Ditunggu responnya nih dari pihak BCA mudah-mudahan gercep.

    13
    5
  • 2 November 2023 - (14:44 WIB)
    Permalink

    ternyata repot ya pakai rekening yg jauh dari cabang asal buka rekening..
    punyaku juga rek Jogja, sementara aku sudah pindah ke Sulawesi.

    secepatnya buka rekening di KCP terdekat saja kalo begitu.

    • 2 November 2023 - (15:55 WIB)
      Permalink

      jaman semakin canggih data nasabah kan bisa diakses onlen tp mengurus Rek aja harus dikantor awal Buka gak hbs fikir yg buat kebijakan

      7
      1
  • 2 November 2023 - (15:53 WIB)
    Permalink

    Bingung juga,kadang dan sering juga ada penipuan yg online yg menggunakan rekening salah satu bank, pihak yg ketipu sdh laporan ke bank dan dan menunjukkan no.rekening penerima uang…tapi kok gak diblokir ya…atau di hold dulu dananya karena sdh ada laporan penipuan…

  • 2 November 2023 - (15:56 WIB)
    Permalink

    jadi buat pengalaman aj biar tidak terjadi seperti ini. Saran aj klu setiap pindah dinas atau tugas keluar provinsi lebih baik buka rekening baru utk mencegah hal2 seperti ini supaya urusanya bisa lancar. Jika bank sekelas BCA aj seperti ini gimana bank lainnya. Semoga bisa terselesaikan.

    7
    1
    • 2 November 2023 - (16:20 WIB)
      Permalink

      Halo kak casanova,kasus kyk gini emang sering bgt kejadian di seller p2p binance,suami sy bahkan bulan lalu sampai 3x kena laporan dan capek bolak balik bank,untungnya kami tidak pindah domisili dan rekening tidak sampai terblokir,hanya di hold dana saja..hari ini baru saja menyelesaikan mediasi via telp halo bca dengan pelapor,alasan dia hpnya dipinjam teman dan melakukan transaksi tanpa sepengetahuannya (beberapa kali pelaporan kejadian mirip seperti ini). Padahal sudah hati2 dengan tidak menerima pembayaran beda nama,tetap saja kena lapor.
      Coba minta pihak halo bca mediasi via telp bersama pelapor,kalau kita punya bukti kuat,tidak perlu takut.
      Saran selanjutnya (kalau blokir sudah dibuka),buat rekening baru di bca cabang terdekat dgn domisili skrg agar kalau kejadian kayak gini terulang,kita bisa mudah mengurusnya.

      • 2 November 2023 - (16:39 WIB)
        Permalink

        Ohya ktp asli diletakkan di dalam surat klarifikasi ya kak (di area space yg kosong pojok kanan atas),bukan foto terpisah. Sebenernya diperlukan ke bca tempat membuat rekening agar bisa dicocokkan langsung,karena bukti foto ke email halo bca,harus diserahkan ke bca cabang berupa bukti fisiknya (berupa fotocopy transaksi,chat,dll)

        • 2 November 2023 - (16:42 WIB)
          Permalink

          Minta juga nomor id laporan pihak bca,ditulis di kiri pojok atas pada surat klarifikasi,agar pihak bank bisa mudah cek dan follow up

          • 2 November 2023 - (19:36 WIB)
            Permalink

            mungkin si ibu nabila kena blokir PPATK semua yang dicurigai nerima dana untuk pencucian uang kena.. mungkin lho ya.. 😬

      • 3 November 2023 - (15:57 WIB)
        Permalink

        @Faradina
        chat binance suka gagal kirim??
        yg saya maksud bukti lampiran di menu transaksi sebagai seller, dan tentunya baik seller atau buyer mempunyai tampilan menu yg berbeda,. misalkan sebagai buyer tentunya mempunyai tampilan menu riwayat pembelian, dan juga seller, nah itu yg dilampirkan, kalo cuma dichat kemungkinan tidak dianggap transaksi yg valid ,dan semua tau apa itu fungsi chat,.

        oh iya jarak Aceh ke Papua itu 9 jam kok,.

        • 4 November 2023 - (23:16 WIB)
          Permalink

          Coba dicek lagi,sudah ada lampiran bukti transaksi usdt yg dimiliki penjual dan pembeli (bukan hanya via chat saja),tampilannya sama kok,dengan ‘transaksi selesai’ setelah kita belanja di marketplace

  • 2 November 2023 - (16:15 WIB)
    Permalink

    waah ini sih penipu , bau bau janji crypto, ujung ujung nya mau nipu, untung si nabila pintar,langsung sadar dia mau kena tipu,

    makanya dek , cari duit yg halal gk usah mau nipu orang dengan crypto crypto .. gk bakal itu bca membela penipu kaya lo .. sampai kapanpun rekening lo di anggap jelek d bca.

    6
    9
    • 2 November 2023 - (16:46 WIB)
      Permalink

      Ini p2p bos buat transasi jual beli usdt kok dibilang menipu.. ,klo untuk transaksi sudah benar, saya sering juga hampir tiap hari beli p2p dan harus verified buat pembeli jg. harus 90 hari klo mau order yg nominal besar biasanya.. klo ug 150 sd 2 juta biasa 30 hari baru bs order dengan nominal kecil

      • 2 November 2023 - (17:22 WIB)
        Permalink

        @Fahri Reza
        mungkin buyer tidak menerima pesanannya bos, sehingga si buyer mengadukan ke pihak BCA, kalo seller merasa benar ya buktikan dong datang ke bank cabang pembukaan rekening gitu aja kok report, kalo dengan alasan jauh, ongkos perjalanan dengan nilai transaksi sebesar 11juta besar mana, secara logis aja,.
        yg sedang dicari oleh pihak BCA itu mencari bukti yg kuat, siapa yg benar dan siapa yg salah, memang disitu ada bukti chat dari awal pesanan sampai terjadi nya transaksi, namanya juga transaksi berarti kedua belah pihak harus saling menguntungkan,. seller mendapatkan nilai transaksi buyer mendapatkan yg dipesan (mata uang digital)

        2
        1
        • 2 November 2023 - (18:55 WIB)
          Permalink

          disini gua nggk bela siapa yg benar dan yg salah ya.. tapi transaksi p2p di binance itu seperti kyk di tokped atau shopee . jadi ada pembeli , seller dan binance (sebagai market place) jika misal dana tidak masuk maka ajukan complain ke binance. harusnya seperti itu, release usdt juga tidak lama sekitar 5-30 mnit. cuma benar seller mungkin harus ke BCA untuk memberikan pernyataan terkait transaksinya..

          • 2 November 2023 - (20:25 WIB)
            Permalink

            @fahri Reza
            kalo transaksi di market place seperti di shopee ataupun di tokped dana transaksi oleh buyer akan di hold oleh market place nya, setelah transaksi sudah sah maka pihak market place akan meneruskan dana ke seller, itu kan transaksi di binance langsung ke masuk ke rekening seller, terus pertanyaannya:bagaimana pihak binance sebagai market place untuk menjembatani antara seller dan buyer..

          • 2 November 2023 - (20:34 WIB)
            Permalink

            @fahri Reza itu dana langsung transfer ke rekening seller jadi transaksi jual beli di luar market place, sama seperti market place lain seperti shopee tokped kalo transaksi diluar market place, ketika ada tindakan penipuan maka market place tidak bisa bertanggung jawab, makanya untuk menindaklanjuti adukan no rekening tujuan supaya di hold
            ( pemblokiran no rek) oleh bank terkait,.

      • 3 November 2023 - (06:52 WIB)
        Permalink

        Maklumin saja bos sama org yg tdk faham, makanya coment asal njeplak. Bukanya kasih solusi malah comentar yg belum tau kebenaranya, jadi org itu belajar baik sangka jgn sebaliknya kalo blm tau kebenaranya.

  • 2 November 2023 - (16:25 WIB)
    Permalink

    Bukan mas,dia seller kok,sy tau akun nya juga,seller p2p binance ngga banyak jd sy bisa hafal beberapa yg verified merchant.

  • 2 November 2023 - (16:45 WIB)
    Permalink

    Zaman kan sudah Modern sudah ada teknologi dan aplikasi….
    kalau alasan Nasabah gak bisa datang ketempat pembukaan rek karena jauh..
    kenapa BCA gk coba mediasi pihak pelapor dengan Nasabah dgn Zoom Meeting…
    kan alesan di Blokir Karena ada laporan dr A/N Nabila sebesar Rp. 11 jt sekian.

    si Nabila ini minta pemblokiran karena butuh duit yg 11 jt jg. klo sama sama dibiarkan terblokir.. yg ada si Nabila kagk dpt duit 11 jt nya , si nasabah kagk bisa pake no rek. saldo di ATM jd kagak ada yg make donk ? selama nasabah kagak datang ke KCP pembukaan rekening

    terus kalau nasabah nya keburu mati duluan berarti si Nabila gk bisa dpt duit 11 juta nya

    • 2 November 2023 - (17:27 WIB)
      Permalink

      @mario
      aneh si nominal 11juta ga bisa datang ke bank cabang pembukaan rekening, kalo ga bisa datang dengan alasan jauh berarti udh dianggap penipuan dengan transaksi yg tidak saling menguntungkan oleh pihak bank, jelas ini mungkin pihak bank ada aduan dari pihak pengirim (Nabila)
      seharusnya si Nabila ini muncul disini untuk memberi klarifikasi..

      1
      1
    • 2 November 2023 - (17:33 WIB)
      Permalink

      @mario
      datang ke bank cabang pembukaan rekening itu untuk memverifikasi atas kepemilikan no rekening tersebut, seperti menunjukkan KTP dll iya kalo itu benar kalo ga bagaimana misalkan rekening udh di hack sama orang yang ga bertanggung jawab, sengaja untuk melakukan penipuan bagaimana.solusinya ikuti aturan bank aja. buktikan saja kalo transaksi tersebut valid datang ke bank cabang pembukaan rekening. Nilai transaksi 11 juta itu harus mikir ,jgn dengan alasan ga bisa datang karena jauh .

      1
      1
      • 2 November 2023 - (18:57 WIB)
        Permalink

        intinya kalo penipu gak bakal berani datang ke kantor cabang mana pun mau ditangkep masuk aja muka kena cctv belum lagi diminta data ktp skarang kan ada chip masa bisa dipalsukan dicabang kan ada alat pendeteksi KTP

      • 2 November 2023 - (19:34 WIB)
        Permalink

        Biayanya mahal boss kalau harus kembali ke daerah asal pengurusan rekening… Googling aja boss.. Berapa harga ticket pp jakarta -papua, belum lagi biaya akomodasi lain lain selama pengurusan..

  • 2 November 2023 - (20:04 WIB)
    Permalink

    Bank sekelas BCA saja tidak bisa membuka file video di email korespondensi, untung sudah tutup rekening.

    Jadi tidak rumit berurusan dengan Customer Servicenya lagi.

    1
    1
  • 2 November 2023 - (20:38 WIB)
    Permalink

    ooh ini jual usdt..lewat p2p ya?
    ati2 mas itu klo baca kronologi nya sih takutnya yg beli mau nipu..udah dpt crypto nya duitnya yg jual dibekuin.siapa tau bisa balkk lg ke dia wkwkwkk.
    jd dapet usdt gratis terus duit balik lagi.
    hati2 mas pake jasa p2p ky gini.harus cari yg bener2 terpercaya.

    • 2 November 2023 - (20:54 WIB)
      Permalink

      @bocah
      bisa jadi bro, seharusnya nih seller kontak buyer ,dan seller ini tunjukkan bukti transaksi yg berhasil ke pihak bank terkait, kalo di tsnya kan cuma bukti dari awal order sampai pembayaran doang, tapi tidak ada transaksi yg lebih valid untuk menunjukkan bukti transaksi itu valid, misalkan menunjukkan bukti transaksi cryptonya ke pihak buyer. nih masih ambigu yg nipu seller atau buyer

      1
      1
      • 2 November 2023 - (21:10 WIB)
        Permalink

        Itu udah ada bukti pada chat nya mas,ada tulisan bahasa inggris yg artinya “penjual sudah melepaskan aset USDT dan akan segera diterima oleh pembeli”,jadi ya rugi di penjual krn aset crypto sudah dilepaskan,saldo dan rekening diblokir pula..

        • 2 November 2023 - (21:49 WIB)
          Permalink

          @faradina
          bukti di menu penjualan, bukan dichat dong, chat itu hanya fitur chating saja misalnya, menanyakan stok barang,menanyakan apa bisa cod , menanyakan kapan dikirim dll..
          seperti melihat seller verified atau tidak kan bisa, nah ini mungkin yg kurang dipahami oleh pihak bank , begitu juga dengan saya ,apakah fitur chat menunjukkan bukti transaksi itu valid?? bukti transaksi pembayaran oleh buyer melalui chat apa itu bisa sah, bisa jadi kan itu editan..tapi kan untuk membuktikan bukti TF valid atau tidak valid kan bisa, misalkan dana udah masuk ke rek kita,.

    • 2 November 2023 - (21:34 WIB)
      Permalink

      @faradina
      bukti di chat, maksudnya seller memberikan bukti penjualan ke buyer gitu, itu semacam screenshot atau tulisan saja, seharusnya sebagai seller kan punya bukti riwayat penjualan, di market place nya,.
      menu penjualan bukan dichat ,.kalo di chat mah bisa seting tergantung mau memakai kalimat bagaimana..

      saya sebenarnya ga begitu paham dengan p2p tapi dari mekanisme ga jauh beda lah dengan market place lain, mungkin begitu juga dengan pihak BCA jadi untuk membuktikan valid atau tidak pihak bersangkutan disarankan datang ke cabang pembuka rekening..

      • 3 November 2023 - (05:23 WIB)
        Permalink

        @oxbord,lha itu sudah ada bukti terlampir,ada faktur transaksi ‘order complete’ beserta waktu transaksi dan jumlah nominal,di chat pun sudah ada pemberitahuan dr sistem bahwa penjual sudah melepas aset.

  • 2 November 2023 - (20:47 WIB)
    Permalink

    kalo baca berkali” ini yang laporin bukan si ibu nabila tapi dia jadi terlapor.. mungkin dibekukan PPATK dan semua yang dicurigai menerima aliran dana diduga untuk pencucian uang di blokir.. dan sekarang modus yang paling gampang pencucian uang salah satunya beli crypto..

  • 2 November 2023 - (22:22 WIB)
    Permalink

    Saya pernah begitu bang ada bukti tranksaksinya,saldonya dibalikin sama bca kok,tapi disuruh buat surat klarifikasi dan bukti tranksaksinya

  • 3 November 2023 - (00:12 WIB)
    Permalink

    Bank bank di indonesia lagi hobi membekukan akun sepihak. Kemarin2 ada bank neo, seabank, sekarang BCA lg. ckckck. Tolong lah BI, akun bank jangan disamain ky akun shopee/tokped yg mudah dibanned begitu saja. itu akun rekening, fungsinya lebih dr sekedar transaksi. Asal bukan memenuhi unsur penipuan, harusnya jangan langsung main blokir aja dong

  • 3 November 2023 - (10:24 WIB)
    Permalink

    Saran saya sih lapor ke OJK aja bang, biasanya klo permasalahan begini OJK udah turun pasti cepet deh respon dari OJK

 Apa Komentar Anda mengenai Bank BCA?

Ada 53 komentar sampai saat ini..

BCA Memblokir Rekening Secara Sepihak, Tidak Ada Kejelasan Proses Sang…

oleh cassanova88 dibaca dalam: 2 menit
53