Penjual Merugi karena Pesanan Banyak yang Tidak Diantar

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah membantu menerbitkan surat ini. Dengan ini saya menyatakan apa yang saya tulis adalah benar adanya.

Pada tanggal 19 Oktober 2023, saya sempat dikomplain oleh pembeli, karena paket yang tidak kunjung sampai, dengan nomor resi: SPXID03195971829A. Setelah dicek lebih teliti, ternyata paket diretur sepihak oleh pihak kurir atau pihak ekspedisi. Saya tidak tahu apa alasannya, entah karena kurir malas mengantar paket atau iseng-iseng menolak atau gimana. Padahal itu bukan COD loh, itu ongkirnya sudah dibayar pembeli, gak mungkin ditolak. Kejadian seperti ini ada banyak dalam bulan ini.

Ini kasus kedua, nomor resi: SPXID03363783199A.

Ini kasus ketiga, nomor resi: SPXID03987953014A.

Ya pokoknya masih ada lagi, saya juga malas upload semuanya. Intinya cukup upload 3 resi dulu sebagai bukti. Masih ada beberapa lagi paket COD yang ditolak sepihak oleh kurir. Padahal pembeli sudah menunggu-nunggu, tapi gak diantar kurir.

Tambahan, RM SPX yang ditugaskan juga gak membantu sama sekali. Saya di sini meminta bantuan dia, tapi cuma ngomong mohon maaf saja. Begitu gampang, kayak gak peduli sama sekali. Padahal RM sebelumnya masih ada sedikit niat bantu.

Kalau memang manajemennya tidak baik, saya mohon Shopee Express di toko saya dimatikan saja. Cukup aktifkan jasa kirim J&T, karena untuk dapat menggunakan program gratis ongkir masih bisa dengan mengaktifkan jasa kirim J&T.

Masa saya harus dirugikan dengan ketidakprofesionalan Shopee dalam menjalankan ekspedisi. Di sini saya rugi banyak loh. Mohon Shopee Express di toko saya dinonaktifkan saja ya biar gak tiap hari ada masalah. Terima kasih.

Eric
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

38 komentar untuk “Penjual Merugi karena Pesanan Banyak yang Tidak Diantar

      • 7 November 2023 - (08:27 WIB)
        Permalink

        Spx sy beli barang dr bandung 2 hari sampe ke jkt BRT, pembelian barang dr tangerang, antar ke jkt BRT 1 mnggu nga jalan2 dan otomatis dikembalikan kepenjual, kedua kax sy order barang yg sama dr tangerang jga dr tgl 28 sampe skrng masih belum jalan ajukan pengembalian dn komplen dishpe life blm ditangani ampun spx parah

        • 11 November 2023 - (19:09 WIB)
          Permalink

          Kalo d daerah saya malah SPX paling cepat,ekspedisi lain 2hari malah ada yg sampe 5hari tpi SPX pesan sore besok siang udah sampe aja,

      • 11 November 2023 - (11:18 WIB)
        Permalink

        Aku yo wis kapok jualan di shopee… Wis sue di nonaktifkan toko di shopee… Mending di Ijo sama Biru…wis anteng..opo opo gercep..

  • 5 November 2023 - (14:05 WIB)
    Permalink

    masalah sudah diselesaikan pihak shopee ya dengan menonaktifkan shopee exspree.. Terima Kasih

    10
    2
    • 5 November 2023 - (20:51 WIB)
      Permalink

      Kok akhir akhir ini seperti itu yah? Seminggu yang lalu saya co sepatu di toko pedia. Dan tracking paket sampe ke tujuan terakhir, pada tgl 2 pagi hari. Gue udah optimis mungkin di anter nanti siang.
      Dan ternyata sampe tgl 4 peketnya gak dikirim kirim ke alamat tujuan. Terus gue lapor ke cs tokped dan cs si cepat via DM Ig. Alhamdulillah di anter juga pada tgl 5 hari.

      • 6 November 2023 - (09:45 WIB)
        Permalink

        Jangan tinggal diam, lebih baik dituntut secara perdata atas kerugian itu. Jangan anggap enteng. Melalui tuntutan Dijamin untung berlipat, cukup main surat menyurat saja keberbagai tembusan, minta kerugian 10 miliar sudah cukup buat menebus kerugian.

    • 6 November 2023 - (09:45 WIB)
      Permalink

      Jangan senang dulu. Kemungkinan besar SPX diaktifkan otomatis lagi di kemudian hari, karena SPX merupakan inti bisnis shopee. Banyak seller yg mengalami.

  • 5 November 2023 - (15:07 WIB)
    Permalink

    Semua jasa kirim banyak bermasalah spt itu. Nyatanya bulan lalu saya pakai spx hingga 5x bahkan terkesan lebih cepat. Jkt-jgj, sby-jgj ada yg 2 hari sampai. Dan anehnya 5x order pakai spx nyatanya ada 3 toko yg hanya mengaktifkan spx, bukan mall, bukan dikelola shopee. Aneh menurut saya. Jadi jika ada jasa kirim bermasalah, bisa jadi SDM di tempat yg bermaslaah tsb kurang, jadi jangan di generalisir.

    • 8 November 2023 - (12:50 WIB)
      Permalink

      pengalaman saya dari sepuluh kiriman paket ke kota yg ada di madura 5 yg kembali ke penjual info dari pembeli suruh ambil paket ke kantor shopee expres

  • 5 November 2023 - (18:59 WIB)
    Permalink

    Kemarin ada yg posting juga untuk nonaktifkan SPX karena jauh dr rumah dia + tidak ada kurir yg mau jemput paketnya.Permintaan disetujui,namun 1 bulan kemudian SPX diaktifkan lagi di akun sellernya alias bertahan cuma 1 bulan saja.Ditunggu saja apakah kejadian kyk gini berlaku juga untuk TS nya nanti.

    2
    1
    • 6 November 2023 - (06:32 WIB)
      Permalink

      Semua mnkn gara gara upah kecil! 2000 rupiah buat kurir paling banyak trs antarnya ketempat yang pelosok cuma 1 pulak! Mnkn kalo diitung lagi jadi rugi bandar. Btw itu bukan urusan kita juga sih.

      6
      3
  • 5 November 2023 - (20:09 WIB)
    Permalink

    Halo penjual, km mungkin rugi klo paket dibalikin,…. Tapi jangan pikir kurir ga rugi klo paketnya dibalikin ……

    Paket dibalikin itu, kurir rugi waktu, tenaga dan bensin… Jadi sedikit kemungkinan kurir dengan sengaja ga mengantar paket anda

    Coba anda cek, itu alamat lengkap ga… Wa nya aktif atau engga… Klo ga aktif ya jangan harap paket anda akan dikirim..

    Memang pembeli selalu beralasan paket ga dianter , tapi percaya deh… Ada alasan dibalik itu semua…. Yg jelas bukan krn males…..

    6
    26
    • 6 November 2023 - (04:56 WIB)
      Permalink

      itu SpX yg paketnya si ambil di tempat agen bukan ?

      krn d cek d situs tertulis SpX jemput, bukan paket d antar,,

    • 6 November 2023 - (05:09 WIB)
      Permalink

      Wuih.. Comen nya agak2 tersinggung krna minta di nonaktifin, jangan jangan.. Jangan jangan..

  • 6 November 2023 - (02:22 WIB)
    Permalink

    Betul bgt bg,di kira kurir nya ga usaha nyari” alamat penerima
    Apalagi yg modelan di hubungi nya susah melebihi artis mau cemana lagi yakan Auto retur lah,terkadang costumer” ini otak nya ga dipake tapi tiba paket nya retur komplain kek yg paling tersakiti 🤣🤣

    5
    10
    • 6 November 2023 - (23:45 WIB)
      Permalink

      Sebulan lalu juga beberapa paket COD saya diretur sepihak oleh spx. Pdhl beberapa kalai pembeli nge chat nungguin itu paket. Masa sebulan ada retur sampe 5 x. Merugikan seller.
      Dan memang di beberapa tujuan tertentu sih. Kebetulan waktu itu tujuan manado, 2x diretur (pembeli berbeda). Di area denpasar 2x rerur (pembeli juga beda).
      Mungkin memang kurirnya daerah situ agak malas.

    • 15 November 2023 - (23:56 WIB)
      Permalink

      Selalu cek alamat dan nomor pembeli..
      Khususnya di luar jabodetabek, didaerah2 masih banyak pembeli yg masih banyak menggunakan alamat yg gak sesuai.. contohnya ya alamat kabupaten tapi di buat kota. Biar dpt ongkir murah. kalo istilah kurir ya maling titik.
      Dan itu biasanya klo di spx bakal diretur kalo pembeli gak mau ambil di wilayah area

  • 6 November 2023 - (06:40 WIB)
    Permalink

    Kurir itu di bayar sesuai paket yang terkirim. Semua kurir kerja cari duit boss, Jadi mana ada kurir yang dengan sengaja meretur paket hanya untuk iseng2 doang… Paket di retur pasti buyer yang bermasalah

    5
    11
    • 6 November 2023 - (09:24 WIB)
      Permalink

      Banyak alasan dan pertimbangan kurir tidak mau mengantat paket Anda para Seller atau Buyer. Ini menurut versi saya yaa :
      1. Mungkin buyer atau sellernya pernah ada masalah sama Kurir sehingga kurirnya ‘rada malas’ bukan berarti tidak mau Pickup atau Delivery paket
      2. Alamat pengantaran si pembeli itu tidak jelas tanpa (patokan, rt rw, no rumah) dll
      3. Ada kemungkinan paket segede gaban, ya coba aja pikir. Gimana mau bawa paket segede itu, si kurir nya saja udh bawa paket banyak ehh ini 1 pembeli paketnya gede gaban tapi muatan pake motor. Otomatis pasti di tunda dlu pengantarannya mngkin klo udh kondusif dengan paket sedikit ada kemungkinan lusa atau berikutnya untuk di antar kembali.
      4. Area pengantaran masuk area berbahaya atau rawan begal, misal di area trsebut bnyak sekali hal aneh yg buat kta bergidik klo lewat area situ.
      5. Dan apa lagi yaa? Coba tulis di kolom komentar sebagai tambahannya..
      Aq dulu juga sebagai Kurir Kak, dan skrng sudah resign.

      2
      3
  • 6 November 2023 - (07:33 WIB)
    Permalink

    Banyak kurir malas antar paket, karena ongkirnya murah meriah yang sungguh memberatkan biaya operasional para kurir. Shopee menganggap para kurir itu budak.

    3
    2
  • 6 November 2023 - (09:04 WIB)
    Permalink

    Iya parah supii exspree pesanan saya pun begitu di daerah sumatera di wa nggak di telp nggak tau tau di kembalikan dengan alasan alamat tidak di kenal padahal saya bukan hanya sekali saja belanja di supii sering, dengan bermacam kurir, ada pos, ada supiii, ada JNE, yang di kirim melalui pos dan JNE selalu sampai nah ini supiii sendiri main retur aja…kalo nggak mau kerja kenapa buka jasa kurir tutup saja jasa kurir nya, masih banyak kok jasa kurir yang mau nganter dan telp serta nggak main retur retur aja kayak ni supiii…

  • 6 November 2023 - (11:30 WIB)
    Permalink

    Yg pasti .. Mau anda pakai kurir apapun, selama alamat buyer nya ga lengkap dan wa nya ga aktif, itu kemungkinan besar ga akan dianter…. Krn mending anter yg udah jelas ke anter…. Daripada menganter yg ga pasti… Tarif nya juga sama kok…

    Jadi sebelum anda kirim paket, pastiin itu alamat ( RT, RW dan nomer rumah ) wajib ada…..

    3
    1
  • 6 November 2023 - (13:10 WIB)
    Permalink

    Selama ini aku pakai Spx baik-baik saja. Dan paling cepat dibanding Ekspedisi yang lain. Pesen kemarin pagi, besoknya sore udah nyampe. Padahal itu dari Jalarta ke Sukabumi yang biasanya 3-4 hari. Bahkan malampun dianterin, meskipun dengan kurir yang berbeda. Katanya sij pakai sistem shift, biar paketnya cepat di kirim dan gak menumpuk do gudang.
    Semoga saja Spx ini tetap konsisten dengam pelayanan yang super cepat.
    Oh ya, aku gak pernah beli barang COD sih, soalnya ribet kalau ada apa-apa. kalau mau komplain barang rusak misalkan, uangnya kan udah di kasih ke kurir kalau COD.
    mungkin itu salah satu yang di jadikan alasan untuk di prioritaskan.

  • 6 November 2023 - (13:40 WIB)
    Permalink

    Dari mana anda tahu semua paket yg diretyr itu karena alamat ga lengkap / telefon tidak aktif ? , saya pernah pesan barang di shopee jasa pengiriman SPX. alamat lengkap, patokan jelas , wa aktif tapi malah diretur dengan alasan pintu rumah rumah tutupan padahal pintu rumah terbuka sampe malam , Hello memang kualitas SDM nya aja yg low & pemalas , shopee express disini kurang cerdas nyari karyawan, jadi ga bisa anda generalisasi kalau paket di retur karena alamat tidak lengkap balik lagi ke SDM kurirnya

  • 6 November 2023 - (15:57 WIB)
    Permalink

    Mgk ga semua kurir spt itu sih. Trgantung SDM nya d daerah itu jg. Kdg meski alamat lengkap bahkan kurir cukup baca nama doang udh tau tu alamat dmn saking biasa order brg pakai ekspedisi SpX. Jd klopun status paket yg hanya tina di sorrir trakhir tiba2 d batalkan dan dikembalikan ke penjual krn batas wkt pengiriman sudah habis. Sepertinya shopee minggu2 kmrn membuat 1 kesalahan general deh. Limit wkt pengiriman sepertinya diubah sepihak sama shopee dimana limit wkt pengiriman hanya bbrp hari pdhal itu pengiriman ke luar pulau yg butuh waktu lama.

  • 7 November 2023 - (14:17 WIB)
    Permalink

    Gw kurir dan Kurir gk bakal asal main retur, duit mereka dr per paket. Makin bnyk yg ke kirim makin bnyk upah yg didapet.

    Masalah paling utama dari paket2 yg terpaksa retur ada dr sisi buyer..
    1. Alamat gk lengkap gk danta dsbnya & buyer g punya wa & cod. Contohnya: Jl. Abcd (kontrakan). 🤣 dikira kontrakan cm atu biji x ya.
    Pernah gw nemu nama penerima Gunawan, alamatnya: Gunawan gunawan.
    Ada lg nomor rmh make nomor rmh org, pas ditanya g ada yg namanya si A, di WA respon lelet, kurir udh di rmh baru bales & ternyata cm ada di kontrakan larut malem, COD pulak!

    2. Nama buyer ngada2, sering gw nemu nama penerima yg aneh2 dr Pacar Taehyung sampai Cukurukuk. Dicoba WA gk bs, nanya ke org2 udh pasti nihil g ada yg kenal nama2 kgk danta begitu. Dan kebanyakan dr mereka cod.

    Ada lagi nama penerima Siapa Yaaa, alamatnya malah lirik lagu.

    Intinya kurir g bs asal retur kalo alasannya gk valid. Paket reguler 3 hari g ada progress mau g mau retur, kalo g retur ngerusak peforma ekspedisi. Emg dah bnyk buyer rese terutama cod

  • 7 November 2023 - (22:51 WIB)
    Permalink

    Saya sebagai pembeli supi pernah mengalami kejadian paket diretur ke penjual oleh spx, padahal paket tersebut sudah berpindah pindah dari satu hub ke hub lainnya, tetapi mandek di hub terakhir, saya tanya CS nya apakah paket saya hilang atau terselip, tidak ada jawaban malah disuruh nunggu, setelah melebihi batas estimasi, saya tanya CS kembali, tapi paket saya dibatalkan, dengan alasan melebihi estimasi pengiriman. Mungkin kalo tetap dikirimkan akan membuat performance kurir jadi buruk, karena paket diterima melebihi batas estimasi.
    Mungkin bagi kurir lebih baik diretur daripada performancenya jadi jelek.

  • 8 November 2023 - (00:33 WIB)
    Permalink

    Non COD biasanya :
    – no WA tdk bs dihubungi atau respon yg lambat, contoh udah ada +62 eeee msh aja ditaruh angka 0 jadinya +620812 sekian sekian
    – alamat tdk jelas, diminta bantuan utk shareloc pun ogah2an

    COD :
    – tdk ada konfirmasi dr buyer utk membayar uang COD, misal diterabas tanpa konfirmasi & ternyata memang zonk kurir bakalan rugi bensin
    – “penyakit” cm sekedar pgn belanja namun susah ketika diminta uang COD

    Jgn asal menyalahkan kurir, perlu diketahui bhw kurir itu selalu berharap banyak paket yg dibawa utk diantat diantar krn memang penghasilan kurir dr per paket yg diantar.

  • 8 November 2023 - (06:07 WIB)
    Permalink

    Pengalaman gw sebagai kurir shopee express. Sering menemukan paket dengan alamat yang tidak jelas, tidak ada patokan atau No Rumah hanya rt/rw. Setelah orang sekitar gw tanyain atas nama ini rumahnya dimana ya pak karna hanya ada jalan dan RT /RW. Buset dipikir gw warga sono kali yak, ribet amat dah akhirnya tetep gw anter tapi selalu pulang larut dengan bawa paket onhold paling banyak 5. Paket on hold ini kebanyakan nomor nggak aktif sama alamat nggak jelas…..

  • 9 November 2023 - (15:48 WIB)
    Permalink

    Expedisi SiCepat & SPX itu sebelas duabelas, tidak beda jauh pelayanannya. Saya pernah paket dikembalikan dengan alasan tidak jelas padahal paket sudah sampai kota tujuan. Yang satu kurirnya lambat pickup & kirim paket ke alamat tujuan dan yang satunya sering malas serta memberikan alasan tidak masuk akal untuk membatalkan pengantaran ke alamat tujuan. Mereka kira seller serta buyer tidak sama-sama membutuhkan paket tersebut? tanpa seller serta buyer itu perusahaan expedisi dan kurir tidak akan pernah ada. Walaupun tidak semua kurir yang melakukan tersebut hanya beberapa oknum tapi yang rusak secara keseluruhan.

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Shopee Express di Shopee?

Ada 38 komentar sampai saat ini..

Penjual Merugi karena Pesanan Banyak yang Tidak Diantar

oleh Eric dibaca dalam: 1 menit
38