Kurir yang Tidak Profesional dan Asal-asalan

Tanggal 4 November 2023, saya melakukan pembelian dus Samsung Galaxy A80 di Shopee, dengan nomor pemesanan 231105QNVVQP5N dan nomor resi Shopee Express: SPXID03913240661B. Fitur pembayaran COD, cek dulu baru bayar. Barang dikirim tanggal 7 November 2023.

Menurut estimasi, tertera bahwa pada hari Jumat tanggal 10 November 2023 barang akan sampai. Namun pada hari itu, tidak ada kurir maupun panggilan di telepon yang menginfokan kalau kurir datang ke tempat saya. Hari Kamis, tanggal 9 November 2023,  begitu paket gagal dikirim, juga tidak ada telepon dari pihak kurir di handphone saya. Padahal hp saya aktif dan ini jelas kebohongan yang dilakukan oleh kurir Shopee Express.

Saya juga sudah mengajukan komplain lewat chat dengan CS Maya dan Nana, dengan nomor laporan: 1722566623120375890, serta telepon ke call center Shopee. Namun hasilnya tidak memuaskan, barang tetap tidak dikirim. Terakhir, status tanggal 11 November 2023 06.12 WIB, pesanan gagal dikirim karena pembeli menjadwalkan ulang waktu pengiriman.

Saya tidak pernah menjadwalkan waktu pengiriman dan ini jelas kebohongan dari pihak kurir Shopee Express. Pengiriman ini sudah gagal 3 kali dan banyak alasan. Terkait hal ini saya dirugikan karena pengiriman sudah gagal 3 kali dan barang tidak saya terima, padahal saya membutuhkan barang tersebut.

Pihak Shopee hanya bilang memaksimalkan, tapi hasilnya nol. Saya mengharapkan adanya perbaikan dan penanganan yang serius untuk kinerja kurir yang mengantar barang. Saya sudah dirugikan karena sudah membuang waktu dengan komplain lewat telepon dan fitur chat, tapi hasilnya zonk.

Roy Indra
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

42 komentar untuk “Kurir yang Tidak Profesional dan Asal-asalan

  • 14 November 2023 - (15:26 WIB)
    Permalink

    Dan terjadi lagi pelayanan BURUK SHOPEE EXPRESS, pesanan saya juga gagal terkirim untuk kedua kalinya.

    Padahal alamat jelas komplek perkantoran, KECUALI KURIRNYA BUTA

    15
    5
    • 14 November 2023 - (18:52 WIB)
      Permalink

      Alamat perkantoran, bayar parkir ga bosku….. Soal kadang2 kurir malas, krn paket cm 1 hrs bayar parkir yg ga bisa dimintai ganti…. Ujungnya ya ga dianter 😂… Daripada rugi… Anter paket 2000, bayar parkir 2000….

      16
      40
  • 14 November 2023 - (23:18 WIB)
    Permalink

    Ada beberapa hal yg menyebabkan kurir gagal mengantar paket

    1. WA ga aktif atau contreng 1, coba check nomor HP yg anda lampirkan itu ada WA nya atau hanya nomor biasa, apabila nomor biasa… Kecil kemungkinan bakal dihubungi.. Karen biaya telpon lebih besar daripada upah pengantaran yang di dapat kurir tersebut

    2. Alamat kurang lengkap… Coba chek alamat anda RT, Rw dan nomor rumah anda di aplikasi beli online anda

    3. Paket yg diterima kurir melebihi kapasitas sehingga waktu pengantaran pada hari tersebut tidak memungkinkan untuk mengantar semua paket

    4. Pembeli pernah bermasalah dengan kurir… Sehingga kurir tersebut males mengantar, biasanya karena masalah COD yang pembeli seringkali tidak ditempat dan tidak menitipkan uang kepada orang yang di rumah atau saudara atau tetangga nya.

    5. Paket yang terlalu besar sehingga kurir biasanya mendahulukan paket dengan ukuran yang lebih kecil, karena upah pengantaran paket kecil atau besar itu biasanya sama jumlah nya.

    6. Kondisi cuaca yang buruk

    11
    29
    • 15 November 2023 - (22:00 WIB)
      Permalink

      Di medsos jg bnyk keluhan shope ini. Mski dikeluhin y tetep bobrok kl sistemny Dan orngny2 kl tetep g berubah.
      Brntung d pediatoko hmpir smua ada

  • 15 November 2023 - (19:31 WIB)
    Permalink

    Ma’af saya tidak sombong, saya memakai akun shopee juga sering transaksi. Jujur saya klo belanja dengan kurir shopee expres auto batal atau cari toko lain. Pengalaman jelek dgn kurir mereka. Yg gampang saja juga sudah langganan sampai sa’at ini tdk ada masalah. Semoga masalah TS segera teratasi.

  • 15 November 2023 - (20:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga termasuk ke dua²nya ya pembeli sekaligus kadang jadi kurir shopee tp shopee food dan kadang shopee express khusus instant (pelanggan antar pelanggan), spx online (toko dan pembeli) CATAT :
    1. Biaya shopee itu pengantarannya terlalu murah ke kurirnya jadi jika kalian sebagai pihak pembeli tolong alamat yang lengkap ada patokan jika daerah dalam gang atau titik tidak sesuai, No TLP Pembeli wajib Aktif bisa wa
    2. Jika ada biaya parkir mohon diganti karena beda ga termasuk dalam biaya shopee express atau food
    3. Jika merasa pesan kalau COD mohon siapkan uang pas jika bisa, terus jika kurir sampai mohon segera diambil jjka food karena kurir tidak dibayar untuk menunggu terlalu lama, jika dititip mohon titip uang jika COD
    4. Jika ingin dihargai mohon saling mengerti aja karena kurir juga sama kaya kalian jika dalam posisi pembeli jangan jadi pembeli yang maunya seperti Raja
    5. Jika ada yang kurang berkenan mohon dimaklum atau kurang mohon ditambahkan sendiri aja kurangnya ….😁✌️

    4
    15
  • 15 November 2023 - (21:31 WIB)
    Permalink

    Kembali ke orangnya (kurirny),ada niat gak? Niat gak nganterin?, kalo faktor parkir, dll itu ngga ngaruh banyak. Kalo orangny ga ada niat, ya jadiny dibatalin sepihak kek ksus TS

  • 15 November 2023 - (22:41 WIB)
    Permalink

    Saya kurir, pengalaman kami sih kalau ada laporan mengenai paket, investigasinya dak sampai sehari sudah masuk hub..
    Saran aja buat kawan2 yg belanja online, pastikan nomor akun olshop nya sesuai dengan nomor yang digunakan..
    Jangan cuma dipakai untuk buka akun, sudahnya di buang.. nomor yang dihubungi kurir, itu yah nomor yang sesuai dengan nomor pendaftaran akun olshop..
    Kalau sudah lapor ke cs biasanya dak sampai sehari langsung, kalau pun bermasalah toh kurirnya jg yg rugi karna ada punisment nya..
    Dan kalau di spx, gagal pengantaran jg ada aturan ketat yg wajib dilampirkan termasuk sudah mencoba menghubungi pelanggan mlalui tlpon maupun via whatsup…

    1
    12
  • 15 November 2023 - (22:54 WIB)
    Permalink

    Kliatan sih emang dr kurirnya yg g niat. Apa hrs nunggu laporan Dari orang yg komplain. Bru kurir gerak & dtindaklajuti?
    Kan hrs ad inisiatif sndiri Dan tdk mrugikan knsumen.
    Klo lporan it trgantung jg niat g lgsng diselesaikan , krn ad yg nunggu smpe lama skali

    • 16 November 2023 - (09:27 WIB)
      Permalink

      Nih shope bnyk problem y. Spertinya mmang tdk adil k pmbeli. Silakan aj liat ksus lainnya d media knsumen

      • 16 November 2023 - (22:31 WIB)
        Permalink

        Bgitulah kl sistemny dan kualitas SDM tdk drubah ya akan tetap begini dan terulang kmbali.komplain aj d shope mesti nunggu 2×24 jam wkt d komplain diskusi. Krng sat set sat set

    • 15 Desember 2023 - (07:33 WIB)
      Permalink

      Ga ada guna, saya aja beli skincare utk di jual bisa hilang, saya aja komplain ga ada respon dri SPX nya alasannya fisik barang udh hilang, ga bs nemuiin yah buntut2nya minta maaf ganti voucher 25 rbu atau 75 rbu udh itu selesai masalah case close gitu aja shopee na

  • 15 Desember 2023 - (07:13 WIB)
    Permalink

    Klo emang bener2 butuh, ngapain COD ?!
    kurir sebenarnya paling males sama org2 yg suka COD sbb beban mereka menjadi bertambah.
    Aku malah lebih senang bayar langsung di App, jd klo pas keluar pasti paket ditaruh didepan pintu atau dititip diwarung samping.

    Mau hidup enak tapi masih senang COD 😄😄😄

    1
    4
  • 15 Desember 2023 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Ada tmnnya h3ry ni si Rudy.
    Sm2 otak d p*****😂
    Mau hidup enak y ngapain ngurusi hdp orang
    Kalau gk ada sebab ya gk ada akibat
    😎

 Apa Komentar Anda mengenai Shopee Express?

Ada 42 komentar sampai saat ini..

Kurir yang Tidak Profesional dan Asal-asalan

oleh Indra dibaca dalam: 1 menit
42