Paket Retur dari Anteraja Isinya Diganti dengan Sampah Kardus, Asuransi Shopee Lepas Tangan

Halo, saya penjual di Shopee. Saya mengalami kejadian tak terduga. Awalnya, masuk pesanan di Shopee berupa iGPSport BSC300 Bike Computer Speedometer Sepeda Navigasi GPS, menggunakan sistem COD dan ekspedisi Anteraja pada tanggal 9 November 2023. Langsung kami kirimkan segera menggunakan metode pickup.

Lompat ke tanggal 13 November 2023, paket dinyatakan gagal terkirim oleh Anteraja dan akan dikembalikan ke penjual.

Pada tanggal 16 November 2023, paket sudah kembali ke penjual dan diterima oleh orang yang ada di rumah (keluarga), tanpa curiga. Namun, saat saya mengecek paket retur, saya sudah curiga karena berat paket sangat ringan dan ada bekas sudah dibuka oleh pihak tidak bertanggung jawab. Lakban fragile bagian belakang sisa setengah dari yang seharusnya full dan ditutup oleh label pengiriman retur Anteraja.

Lanjut, kami buatkan video unboxing dan JREEENG… Benar saja, isi paket sudah diganti dengan sampah kardus.

Lanjut, langsung saya buatkan laporan ke Shopee mengenai klaim barang hilang (produk tersebut terdaftar di program asuransi pengiriman Shopee). Awalnya, chat dibalas dengan sigap oleh CS Shopee, dikarenakan file bukti video sangat besar dan saya harus meng-upload ke Google Drive terlebih dahulu, maka chat diakhiri oleh CS Shopee.

Lanjut setelah video berhasil kami upload, chat ke CS Shopee mengenai kendala ini susah sekali, bahkan seakan ditolak oleh CS Shopee. Padahal, mereka yang minta di-chat kembali untuk menyertakan link Google Drive bukti video. Saya menyesalkan masalah ini. Yang mengagetkan, ternyata Shopee memotong langsung premi asuransi, padahal masalah belum selesai dan asuransi seakan tidak mau tahu kendala ini, pokoknya premi tetap dipotong.

Sampai saat ini belum ada tanggapan dari kedua belah pihak, baik Shopee ataupun Anteraja. Yang pasti, mulai ada oknum di ekspedisi Anteraja yang spesialis menguntit paket retur. Terima kasih.

Usamah
Kota Depok, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

23 komentar untuk “Paket Retur dari Anteraja Isinya Diganti dengan Sampah Kardus, Asuransi Shopee Lepas Tangan

  • 19 November 2023 - (11:30 WIB)
    Permalink

    anteraja dl sih ama toped tp skrng ud gk krj sama. gk kget klo anteraja lgi trouble
    kl shopee bnyk ksusny
    coba cek
    kurir tidak profesional dan asal asalan
    barang refurbished di shopee
    & msh bnyak

    2
    1
    • 19 November 2023 - (12:38 WIB)
      Permalink

      Untuk kasus anteraja seperti ini saya belum pernah mendengar beritanya. Dan saya mungkin jadi orang pertama yang mengalami kejadian seperti ini sejak anteraja membuka opsi COD

      • 20 November 2023 - (10:42 WIB)
        Permalink

        Saya sering beli elektronik di tokoijo pakai anter aja hilang semua. Di chat malah lepas tanggung jawab ya udah sih gw tuntut(di akhirat tapi)

        • 20 November 2023 - (10:56 WIB)
          Permalink

          samapi hari ini H+4 belum ada tanggapan apa apa dari pihak ANTERAJA. coba hubungi call center via telepon, email, WA semua diam ga ada jawaban. bahkan saya naikan ke media sosial dengan men tag akun resmi ANTERAJA tidak digubris. ekpedisi yang benar benar angkuh

          • 10 Desember 2023 - (15:19 WIB)
            Permalink

            Saya buka tokoijo buat jualan brg2 second saya, hanya aktifin jne, jnt dan tiki. Yg lain sudah saya nonaktifkan. Lebih bisa dipercaya, sampai saat ini. Utk bli online lewat tokoijo saya juga hanya pilih kurir diatas, ga mau yg lain.

  • 19 November 2023 - (12:28 WIB)
    Permalink

    sejak ada ketentuan bisa buka paket COD sebelum dibayar, sangat riskan buat penjual jadi buat saya mending nonaktifkan COD. selain itu saran kedepan mungkin bisa diperbaiki packingan paketnya karena harga mahal tapi packingnya sangat rentan terhadap sabotase. packingan akhir sebisa mungkin jangan berupa box karena gampang dibuka, coba dilapisin bubble lagi atau plastik bungkus yg tebal dan dilakban rapi.

    • 19 November 2023 - (12:37 WIB)
      Permalink

      Untuk packingan aslinya sangat aman.
      Pertama pada dus produk di seal dengan segel pecah telur. Lalu di bungkus buble tebal dan lagi lagi di lakban. Baru lapisan terluar menggunakan dus.

      Kenapa diluar hanya dus karena jika terjadi pencurian isinya makan akan mudah terlihat kondisi dus yang berubah. Seperti diatas lakban fragile sisa setengah karena pada bagian yg hilang saya kasih segel toko maka para oknum mencabutnya dan mengganti dengan label retur anteraja

      1
      1
      • 20 November 2023 - (08:18 WIB)
        Permalink

        smua kurir pasti jg ngalami jg. mau aman ya cod dgn pnjual atau cod cek dulu dgn kurir trpecaya. diusahakan jgn pilih spx ato shopee express ,sring gagal dgn bnyk alasan

        • 23 November 2023 - (15:35 WIB)
          Permalink

          Saya pake shopee express terus Naik jual maupun beli barang. Cepet loh. Sebelumnya iya pernah barang gelas dilempar pecah. TP sejak saya marah besar Dan saya muat media. Ga Ada kurir shopee 1 pun yg berani lempar barng lagi. Kalo pas saya ga Ada pun ga di lempar dia bawa lagi Dan di wa saya . Besoknya di anter ulang

  • 19 November 2023 - (19:19 WIB)
    Permalink

    Usut tuntas bang dan bila perlu segera laporkan ke pihak berwajib kurir nakal. Sudah banyak sekarang kurir yang menilep atau menguntit paket. Segera laporkan kurir tersebut cari tau siapa namanya dan proses hukum jalankan. Jangan di biarkan, akan terjadi dikemudian lgi dan lagi dengan kasus serupa.

    • 20 November 2023 - (07:27 WIB)
      Permalink

      saat ini sudah buat laporan di shopee, sedang ditindak lanjuti, karena paket retur itu banyak yg handel jadi tunggu investigasi dari internal anteraja siapa saja yg bermain kasus ini

    • 20 November 2023 - (19:50 WIB)
      Permalink

      paket returan sangat rawan untuk dikuntit sama pihak agen..ditempat sy JNT yg bermasalah.returan tdk dibalikin,dikuntit sama agen(org dalamnya)saran sy dinonaktifkan aja Antar aja nya bos..masih ada Jne dan shopee express ..

  • 19 November 2023 - (20:44 WIB)
    Permalink

    sy kira pkt retur rentan pencurian karna sering lama digudang nunggu jalur yg searah baru dikirim balik ke penjual

  • 19 November 2023 - (21:40 WIB)
    Permalink

    Tuh kan, pasti ada aja jasa kirim yg nuker isi paket. Dan itu bkn sesuatu hal yg baru. Tpi klo dituduh seperti itu mereka marah, dan bahkan banyak juga orang2 yg di media konsumen ini yg gak percaya dgn kejadian seperti ini dan justru bela kurirnya 😅😂😂😂

    • 20 November 2023 - (07:30 WIB)
      Permalink

      saya pernah juga kasus seperti ini di ninja express di lazada, tetapi mereka lebih aktif menghandel kasus ini baik dari pihak lazada maupun dari ninja, saya naikan ke media konsumen dan media sosial, CS mereka aktif mengirimkan pesan dan follow up kasusnya sejak hari pertama. NAMUN sekarang shopee dan anteraja tidak ada kabar apalagi dari pihak ANTERAJA tidak ada surat baik email dan pesan lainnya sampai hari ini estimasi sudah H+4. telpon call center anteraja sjuga sangat sulit dan tidak pernah tersambung.

      • 20 November 2023 - (10:46 WIB)
        Permalink

        Coba untuk laporan ke email anteraja mas. Biasanya diganti kok. Pernah juga ngalamin paket hilang. Cuman udh diganti kok sama anteraja. Cuman agak lama kurleb 7-14 hari

  • 20 November 2023 - (18:53 WIB)
    Permalink

    Jangan sampai ke dua kalinya untuk pakai jasa anteraja..

    Kemaren paket saya hampir aja gk nyampei.
    Hampir 3 minggu

    Untuk.barang sampaii..
    Mana pembayaran langsung transfer

  • 26 November 2023 - (08:49 WIB)
    Permalink

    sudah 1 minggu masih belum ada informasi apa apa, baik SHOPEE maupun ANTERAJA tidak ada respon sama sekali

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir Anteraja di Shopee?

Ada 23 komentar sampai saat ini..

Paket Retur dari Anteraja Isinya Diganti dengan Sampah Kardus, Asurans…

oleh usamah dibaca dalam: 1 menit
23