Tokopedia Sangat Tidak Adil Menganggap Akun Saya Lakukan Pelanggaran Karena Menggunakan Voucher Cashback

Dear Manajemen Tokopedia,

Saya memiliki 1 akun sebagai pembeli dan penjual, namun bukan berarti saat saya melakukan pembelian dengan menggunakan cashback Tokopedia dianggap sebagai memanipulasi transaksi. Apakah tidak boleh saya selaku pembeli mencari harga murah dan juga mendapatkan voucher cashback? Apalagi jika itu untuk dijual lagi, saya rasa semua pembeli dan penjual akan memanfaatkan program cashback dan diskon produk.

Dan juga hanya dikarenakan melakukan transaksi berkali-kali setiap hari menggunakan voucher cashback, lalu akun saya tidak bisa mendapatkan voucher cashback, dan itu untuk semua transaksi yang ingin saya lakukan (tidak hanya 1 produk).

Harusnya sebelum Tokopedia melakukan tindakan tersebut, melihat apakah akun saya bodong/memanipulasi. Harusnya bisa dilihat dari akun pemilik dan pembeli apakah sama? Saya sudah lama melakukan pembelian menggunakan Tokopedia, namun perlakuan ini sangat mengecewakan.

 

Padahal saya membeli produk yang akan saya jual lagi. Membatasi HAK pembeli secara sepihak dan membekukan voucher cashback tanpa mempertimbangkan apakah transaksi selama menggunakan aplikasi Tokopedia hanya untuk pembelian produk tersebut. Saya rajin melakukan pembelian guna mendapatkan harga murah agar bisa dijual lagi. Bahkan jika pihak Tokopedia adalah seorang pembeli di marketplace, tentunya akan mencari harga murah, kualitas sama, dan juga voucher cashback.

Rio Saputra
Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

24 komentar untuk “Tokopedia Sangat Tidak Adil Menganggap Akun Saya Lakukan Pelanggaran Karena Menggunakan Voucher Cashback

  • 17 Januari 2024 - (21:56 WIB)
    Permalink

    Dari screenshot terakhir, anda membeli “Surya Kaleng 50 Slop” yang hanya bisa dibeli lewat versi web dan tidak boleh diperjual-belikan lewat aplikasi. Masalahnya jika anda menggunakan Tokopedia Plus (seperti ditunjukkan di screenshot pertama), maka seharusnya benefit cuma bisa dinikmati di aplikasi android (ini S&K penggunaan Tokopedia Plus). Jika anda berhasil check-out entah dari web atau aplikasi, ada yang salah disitu.

    Sayangnya di SP ini anda tidak menjelaskan secara rinci apa produk yang dibeli, menggunakan promo atau cashback apa, lewat platform apa, dsb sehingga opini saya murni dugaan berdasarkan kronologi dan bukti yang ada. Tokopedia biasanya punya bukti kuat (yang tidak dibuka ke publik) dalam hal pembatasan akun, jadi saya harap anda juga punya bukti kuat untuk melawan keputusan Tokopedia. Saya tidak ingin melihat anda kembali ke mari, memberi klarifikasi, dan minta maaf—sebagaimana dilakukan pengguna lain yang sudah-sudah.

    23
    1
  • 17 Januari 2024 - (22:35 WIB)
    Permalink

    Ya begitulah toko ini.
    Merasa menang sendiri, semua orang salah.
    System mereka paling benar.
    Saya waktu itu melaporkan seller kapal api menjual biskuit remuk, akhirnya di refund, tapi akun saya di anggap melanggar ketentuan dan tidak bisa menggunakan vocer lagi.
    Aneh …
    Harus nya departemen terkait harus memantau kesewenangan mereka.

    3
    15
      • 18 Januari 2024 - (09:16 WIB)
        Permalink

        Bener , kayak nya memang mereka butuh di akal2in.
        Yg baek2 gak boleh.
        Kita ikutin saja 😂

      • 18 Januari 2024 - (09:21 WIB)
        Permalink

        Mereka gak butuh yg jujur2.
        Mereka senang di akal2in.
        Jadi ikut atau tinggal kan.
        Jangan loyal lah, ada cuan ambil.
        Habis manis sampah nya buang.

        1
        1
          • 18 Januari 2024 - (14:06 WIB)
            Permalink

            Kayaknya cuma lu yg ribet.
            Gak usah buka mulut bau lu , lebih baik diam aja

        • 18 Januari 2024 - (13:48 WIB)
          Permalink

          Masing2 punya opini dan argumen Sendiri, saya pribadi juga gak pernah ngalamin hal2 tsb di atas, walau pun saya penjual dan pembeli. Cashback ada dan dapat trus. Mana yg ngakalin dan mana yg di akalin? Dua2 nya mau menang sendiri

        • 18 Januari 2024 - (14:17 WIB)
          Permalink

          Wkwk s ribet di ban market place, emang manusia kaya lu ga pantes so so belanja online wkwk

    • 18 Januari 2024 - (08:44 WIB)
      Permalink

      Ya bagus kalau gitu, beli biskuit kaleng harga 10 ribuan aja minta yang kondisinya bagus. Daripada kedepannya ribet lagi mending dibanned 😂

      7
      2
    • 19 Januari 2024 - (02:58 WIB)
      Permalink

      Saya kira tokopedia memiliki karyawan yang ahli dan andal. Tamatan sarjana dan master yang berpengalaman serta memiliki sistem teknologi canggih. Jadi, anda yang tidak tahu apa2 gak usah sok komen disini menyalahkan tokopedia. Hahaha

  • 18 Januari 2024 - (01:34 WIB)
    Permalink

    Udahlah bang. Jangan malah merasa jadi korban. Kalo aku jadi kamu, jalan satu-satunya adalah tobat, karena dulu saya pernah jadi sepertimu. Buat yang pernah bermain cashback seperti saya, pasti tau modus dibalik semua ini.
    Sepandai-pandainya tupai melompat, akhirnya jatuh juga🤣🤣🤣🤣🤣🤣

    7
    1
  • 18 Januari 2024 - (07:15 WIB)
    Permalink

    setau sy rokok tdk bisa pake casbek mungkin penjual memasukan kategori lain agar pembeli dapat casbek.. ini bisa terjadi karna kerjasama.. muehehee

    • 18 Januari 2024 - (08:23 WIB)
      Permalink

      Kalau anda cari produk rokok langsung lewat aplikasi tidak akan bisa, keyword sudah diblokir, saya cek di toped, shopee tdk ada hasil pencariannya. Tp ada cara mengakalinya, cari lewat browser nama rokoknya, nah nanti ada hasil dr shopee, toped, dll, nah dr situ bisa dibuka di aplikasi. Aneh memang.

      2
      1
      • 18 Januari 2024 - (08:45 WIB)
        Permalink

        Ya makanya itu dianggap melanggar syarat dan ketentuan. Sebenernya permasalahan penulis udah bisa terjawab dari belanjaan dia sendiri.

      • 18 Januari 2024 - (11:34 WIB)
        Permalink

        Mau tanya.. Kenapa kalau pas ada promo cashback atau diskon bsr.. Saya beli brg yg sama (dikasus saya makanan kaleng kucing) di toko yg sama dengan beberapa akun (akun saya, adik saya dan mama saya) tp 2 di batalkan sistem. Apakah memang g boleh ya beli brg dgn bbrp akun dr toko yg sama?

  • 18 Januari 2024 - (22:49 WIB)
    Permalink

    Tokopedia dah pintar gan dah tahu cara main mu, jadi jangan pura-pura merasa benar, sepertinya gitu hehe

    1
    1
  • 19 Januari 2024 - (02:50 WIB)
    Permalink

    Voucher itu ada S&K nya gan, itu ente dpt notif tdk bs menggunakan voucher itu karna akun ente ga sesuai dgn S&K promonya. Klo mau pake voucher dan ternyata vouchernya ga bs dipakai sebaiknya baca dulu dan pahami S&K dr vouchernya sebelum melakukan komplain. Voucher itu ga akan bs dipakai kalo transaksi yg dilakukan tdk sesuai dgn S&K vouchernya meskipun kita memiliki voucher tsb. Kita klo mau pakai voucher gratis ongkir dgn ketentuannya minimal belanja 50k tp kita belanjanya hanya dibawah 50k, ya ga bakalan bs dipakai itu vouchernya.

 Apa Komentar Anda?

Ada 24 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Sangat Tidak Adil Menganggap Akun Saya Lakukan Pelanggaran K…

oleh Salima dibaca dalam: 1 menit
24