SOP Shopee yang Buruk Perihal Pengiriman Melalui JNE

Kita adalah penjual di Shopee yang punya pengalaman banyak perihal pengiriman. Barang kita yang di atas 750 ribu juga sudah kita masukkan ke program asuransi pengiriman berbayar yang di tanggung oleh kita sendiri karena maraknya pencurian paket oleh oknum ekspedisi.

Selama ini kehilangan barang non-HP dan di bawah nominal 750 ribu jarang terjadi. Barang yang diasuransikan juga hampir tidak pernah terjadi, herannya setelah diaktifkan program asuransi semenjak akhir 2022, padahal dulu sering terjadi dan berkat media konsumen, pihak marketplace akhirnya tanggung jawab.

Tetapi semua ini berubah pada bulan Desember dan Januari di mana saya kehilangan total 10 paket. Semuanya oleh pihak JNE dan saya sudah rincikan semua paket beserta status dan nominal kompensasi yang diberikan. Di sini saya mau komplain kepada dua pihak, Shopee dan JNE.

  1. Shopee selaku pemilik marketplace kerap kali memberlakukan SOP pengembalian barang yang tidak fair. Di mana kalau ada pengembalian paket COD/paket yang tidak bisa dikirim, langsung mengembalikan dana ke pembeli TANPA PAKET BALIK KE TANGAN PENJUAL. Alhasil, berkali-kali kita yang harus kejar status dan lokasi paket padahal bukan salah penjual terjadi gagal pengiriman paket.
  2. JNE selaku ekspedisi yang ditugaskan selama 12 Desember – 6 Januari bermasalah dengan 10 paket yang saya kirimkan:
    • 6 paket yang gagal dikirim akibat paket hilang dalam pengiriman
    • 1 paket yang gagal dikirim dan hilang saat pengembalian paket ke kita penjual
    • 1 paket yang rusak di jalan
    • 2 paket yang gagal dikirim padahal bukan COD, dan entah alasan apa dikembalikan ke kita. Padahal SOP Shopee adalah selain COD, tidak boleh ada penolakan dari pembeli dengan alasan apapun. Kalau emang ada kesalahan pemesanan, harus melalui proses pengajuan pengembalian tentunya dengan bukti.
Perincian semua paket yang bermasalah oleh JNE dan SHOPEE
Perincian semua paket yang bermasalah oleh JNE dan SHOPEE

Jadi bisa dilihat ada kejahatan yang terstruktur dan masif di dalam tubuh JNE yang dilakukan oleh OKNUM karena mereka melihat ada celah yang bisa dimanfaatkan, yaitu dengan klasifikasi barang yang gagal dikirim sebagai paket hilang, padahal banyak pembeli menunggu paket mereka dan tidak dihubungi oleh kurir JNE setempat.

Di sini saya yakin JNE juga pasti sadar di bulan Desember 2023 dan Januari 2024 ada pencurian paket dengan jumlah besar dan kalau tidak diselesaikan akan menimbulkan kerugian besar di pihak JNE dan menurunnya kepercayaan terhadap JNE. Untuk sementara pun, kita mau nonaktifkan JNE di sistem Shopee.

Kita mau minta JNE untuk mengambil tanggung jawab FULL terhadap SEGALA KERUGIAN yang kita alami dan memberikan keyakinan kembali sebelum kita mau mengaktifkan JNE lagi.

Jonny
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

12 komentar untuk “SOP Shopee yang Buruk Perihal Pengiriman Melalui JNE

  • 22 Januari 2024 - (00:28 WIB)
    Permalink

    Saya juga mengalami hal serupa dng JNE (JTR) DI BULAN DESEMBER TEPATNYA TGL 16.
    3 paket saya,isi 1 magic com Philips dan 2 blender Philips
    Jg di nyatakan gagal kirim…Info yg di sampaikan cs JNE,karna habis masa estimasi pengiriman,ga bisa di krm Lanjutkan LG pengiriman…katanya ada kesepakatan kerja sama shopee dan Jne.klo paket hbs masa estimasi hanya bisa diganti dana .tidak bisa kembali barang Lg. Tidak bisa di kirim ke pembeli
    Tidak bisa juga di kirim kembali ke penjual. .

    Dari 3 paket total nominal hrg brg Rp 2.150.000
    Di ganti RP 600.000
    Itupun 20 hari baru cair ke saldo penjual
    Butuh drama panjang mendapatkan ganti rugi 600 RB nya….pagi siang malam hubungi JNE, hubungi shopee..
    Seperti mengemis ..

    2
    5
    • 22 Januari 2024 - (10:07 WIB)
      Permalink

      Kalau melebihi masa estimasi dan di nyatakan gagal kirim itu wajar. Pasti harus ada SOP tertentu kalau udh jalankan marketplace sebesar shopee itu kita penjual bisa mengerti ya.

      Tetapi SOP nya harusnya mengembalikan produk ke penjual. Dan yang berhasil di kembalikan sepanjang December dan January ada sebanyak 6-7.

      Yang jangal nya adalah kebanyakan yg terlambat pengiriman di ubah status menjadi paket hilang di jalan / hilang saat pengembalian. Itu mencurigakan banget seolah2 ada celah di system untuk oknum mencuri barang yang masuk ke klasifikasi tersebut.

      Dan yang lebih jangal lagi, barang2 yang di asuransikan tidak pernah ada kejadian hilang seolah2 oknum pun tau yang mana barang boleh dicuri, yang mana tidak boleh. Ini loophole yang besar banget yang setiap expedisi harus meneliti dengan baik.

    • 23 Januari 2024 - (10:56 WIB)
      Permalink

      Iya benar kargo, entah karena kemurahan tarif nya yang di patok sehinga tidak cukup karywan kelola atau bagaiman. Karena di shopee pilihan cargo hanya JNE yang paling gampang di akses.

      Anteraja cargo harus tggu pickup kadang bisa 1-2 hari. Gak bisa anter ke counter anteraja yang biasa karena beda pelayanan.

      JNT cargo juga sama, gak semua counter JNT terima. Harus yang logo nya JNT cargo hijau.

      Sicepat udah hampir gk ketemu counter lagi saking di tututp2 semua.

  • 22 Januari 2024 - (20:50 WIB)
    Permalink

    JTR rawan banget dicuri.. haddeh
    kalau ini sudah ikut asuransi, jadi gimana? kembali g senilainya paketnya?
    kalau gak kembali, berarti ini kasus asuransi shopee sudah yg ke 2 per hari ini masuk MK
    ngerihhhhh… ekspedisinya banyak malingnya

    • 23 Januari 2024 - (10:58 WIB)
      Permalink

      Sepengalama saya, kalau hilang paket nya di gantikan full setelah complain selesai. Jadi aman. Aneh nya sepanjang 2023, semua paket yang mahal yang di asuransikan tidak ada 1 pun yg hilang.

      Selama ini juga sebenarnya Shopee jarang hilang paket. Kalau retur ada beberapa per bulan tapi selalu aman balik ke tempat kita. Namun entah bagaiman dec dan january dan asih berlanjut ada kasus paket hilang

  • 22 Januari 2024 - (21:02 WIB)
    Permalink

    Sama kak saya sebagai seller juga sama. Apalagi dengan kebijakan pengembalian barang terbaru dari shopee yang sudah berlaku. Kita sebagai seller terkesan tidak diberikan opsi apapun selain pasrah atas putusan shopee dan keputusan tersebut akan cenderung dimenangkan oleh pihak pembeli.

    Untuk pihak JNE, paket saya juga sudah 2 barang hilang dengan nominal paket ke 1, 1 jutaan dan kedua ratusan ribu. Untungnya pada kedua paket tersebur sudah saya asuransikan dan akhirnya sudah diganti nominalnya. Namun akan lebih baik lagi jika paket tersebut tidak hilang dan sampe ke tangan pembeli.

    Selain banyak pencurian paket oleh oknum kurir jne, paket sayapun banyak yang rusak dengan indikasi tidak ada perlakuan yang baik terhadap paket yg dikirim. Jauh berbeda sekali dengan sistem pengiriman JNE yg lama, dimana paket aman kerusakan dan juga aman dari pencurian atau kehilangan.

    Mohon lebih diperbaiki lagi layanannya untuk pihak JNE sebelum seller ataupun buyer kecewa untuk menggunakan ekspedisi jne lagi

    1
    3
    • 24 Januari 2024 - (22:28 WIB)
      Permalink

      Jangan lupa layangkan surat ke mediakonsumen. Kita harus perjuangkan hak kita walaupun sangat merepotkan dan menghabiskan energi kita. Tapi kalau kita tidak semua melakukan nya, marketplace2 akan semakin menekan kita

      Per hari ini 7 pengiriman yang hilang di transfer sisa uang nya, jadi total 7 pengiriman yang sudah terima full refund. Ada 3 paket lagi yang bermasalah yang masih menungu shopee mengatasi nya

  • 22 Januari 2024 - (22:27 WIB)
    Permalink

    Sebenarnya ada pelanggaran SOP shopee dengan pengiriman JTR. Saya sebagai pembeli pernah ngalamin. Jika barang sdh di tangan JNE dan di gudangnya tapi karna ada kendala misal kerusakan lalu tidak di antar oleh jne hingga batas waktu pengiriman shopee habis maka statusnya berubah jd hilang. Padahal barangnya masih ada di gudangnya. Saya tau karna saya sdh liat barangnya sendiri tapi karna duitnya sdh dikembalikan shopee maka sy jadinya bodo amat deh

  • 29 Maret 2024 - (09:28 WIB)
    Permalink

    Entah kenapa ecommerce ini masih mempertahankan JNE utk bebas ONKIR??? Apakah karena bidding mereka paling murah?? JNE atau SICEPAT akan selalu bermasah jika mau menjelang libur khususnya LONG WEEKEND… jadi HINDARI belanja di waktu tersebut mending bayar jangan pilih JNE atau SICEPAT

 Apa Komentar Anda mengenai Kurir JNE di Shopee?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

SOP Shopee yang Buruk Perihal Pengiriman Melalui JNE

oleh Jonny dibaca dalam: 2 menit
12