Seller Tokopedia SBK Petstore Mempermainkan Pembeli dan Promo Diskon Tokopedia Hanya Gimmick dan Menuduh Pembeli Menipu

Terima kasih MK atas dimuatnya keluhan saya.

Hari Sabtu tanggal 20 Januari 2024 jam 12.45 WIB, saya order di SBK Petstore berupa Dry Food Bolt Salmon 20Kg untuk 11 ekor kucing liar di luar rumah karena stok sudah menipis, plus 15 kaleng Wet Food Oricat 400gr, dan 22 pcs Wet Food Life Cat Pouch.

Sebelum order, saya sudah tanya dulu stok dan dijawab ready dengan expire 2025. Sengaja order siang dengan go send instant supaya sampai cepat karena ada kucing Himalaya datang tiba-tiba sudah kelaparan sekali nampaknya. Akhirnya saya kasih makanan Royal Canin punya anabul yang di dalam rumah. Sampai pukul 15.10 WIB belum ada tanda-tanda pengiriman oleh seller sehingga saya follow lewat chat, dan dijawab segera dikirim.

Akhirnya barang datang sekitar pukul 18.04 WIB tapi hanya 1 dus tanpa Bolt salmon 20Kg dan saya tanya driver memang yang diberikan hanya 1 dus saja, cek isi dus sesuai pesanan selain Bolt yang tidak. Saya chat seller dan minta dikirimkan menyusul tapi hingga pukul 19.47 WIB chat tidak kunjung dibalas padahal online.

Paralel saya komplain Tokopedia karena barang dikirim tidak lengkap, diskusi juga tidak diresponse sampai pagi Minggu pagi tanggal 21 Januari 2024 dan akhirnya saya putuskan menghubungi Tokopedia Care dan seperti yang pernah dialami oleh buyer lain, sulit sekali untuk chat dengan manusia, mutar-mutar dulu oleh chat bot. Yang membuat senewen agen menjawab lama dan hanya template, tanpa solusi konkrit, solusinya diminta menunggu respon seller dengan batas waktu hingga 24 Januari 2024.

Sebegitu jeleknya after sales Tokopedia untuk transaksi yang jelas-jelas seller menipu buyer karena terlihat sekali dari awal tidak bersikap jujur. Jika barang kosong kenapa dijawab ready? Jika salah setidaknya balaslah chat dan sepakati solusinya.

Setelah chat panjang lebar dengan Tokopedia care tiba-tiba seller chat pukul 09.49 WIB dan alasan sudah pulang jadi slow response. Kemudian pura-pura polos bertanya “Bolt tidak terkirim ya kak??” Astaga seller macam apa ini, chat saya sudah jelas tapi masih pura-pura bertanya. Hari Sabtu slow response padahal online statusnya tapi hari Minggu bisa chat panjang lebar dengan 1001 alasan padahal di profil toko tertulis operasional 24 Jam.

Halo seller kalau itu bukan makanan untuk 11 ekor hewan hidup, santai saya, tidak mungkin 11 ekor kucing liar saya kasih RC Anabul didalam rumah yang juga tinggal 1 bungkus 1,5kg (saya memang punya 2 ekor anabul ras yang makanannya berbeda dengan kucing liar/kampung yang suka datang ke rumah).

Yang saya komplain kan keras di sini adalah berbelitnya prosedur Tokopedia dalam menangani kendala, butuh waktu lama untuk memberikan solusi yang kendalanya sudah terlihat jelas salahnya ada di mana. Tinggal ambil alih, kembalikan dana buyer, tidak sudi juga menunggu hingga tanggal 24 Januari 2024, keburu mati kelaparan itu kucing-kucing di luar nunggu solusi dari Tokopedia, mending saya beli lagi lewat marketplace lain. Masalah lainnya adalah drama pengembalian dana 14 hari kerja ke CC.

Komplain lainnya adalah promo Tokopedia yang cuma gimmick, jika tidak berniat untuk membuat promo diskon sebaiknya tidak usah diadakan, sistem Tokopedia terlalu bapuk untuk mendeteksi mana akun loyal, mana akun yang melakukan penipuan. Sudah 2x saya menggunakan promo diskon tapi otomatis dibatalkan sistem karena terindikasi penipuan.

Halo Tokopedia diskon sekitar 32K untuk nilai transaksi hampir 800K tidak segitu niatnya saya menipu diskonan Anda. Tidak bisakah mendeteksi mana akun yang suka fraud mana yang tidak. Tolong lihatlah membership sudah lebih 10 tahun dan platinum membership, lihat historical pembeliannya, nominalnya sudah berapa per tahun dan adakah indikasi penipuan? Periode Januari 2024 pembelian saya 19 items dengan total nilai transaksi hampir 6 juta, Desember 2023 pembelian 48 items dengan nilai transaksi 15,5 juta.

Drama yang membuat kesal adalah harus memantau status pengembalian dana dana 14 hari kerja. Karena males drama-drama gak jelas seperti ini dengan Tokopedia akhirnya beberapa pembelian saya alihkan ke marketplace lain padahal pembelian rutin bulanan.

Satu lagi betapa payahnya sistem Tokopedia, beberapa chat tidak tampil di page chat dengan Tokopedia care tetapi hanya muncul pada pop up notifikasi bahwa ada chat baru dari agent.

Semoga Tokopedia membaca komplain ini termasuk komplain dari buyer lain yang berseliweran di MK dan melakukan perbaikan. Tolonglah after sales yang manusiawi, jangan dengan chat bot yang kemampuannya jelas-jelas sangat terbatas dan hanya script.

Terima kasih.

Devie Savitri
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Seller Tokopedia SBK Petstore Mempermainkan Pembeli dan Promo Diskon Tokopedia Hanya Gimmick dan Menuduh Pembeli Menipu

  • 23 Januari 2024 - (03:56 WIB)
    Permalink

    Sebelumnya apresiasi sangat besar untuk penulis, yang tanpa pamrih memberi makan kucing liar, semoga diberikan kelancaran rejeki dan selalu dalam lindunganNya.

    Terkait kontennya, sepertinya ada 5 topik dalam satu surat: 1) respon seller yang lambat; 2) respon Tokopedia Care yang template; 3) User interface tampilan chat di app; 4) Proses pengembalian dana ke kartu kredit; dan 5) sistem otomatis deteksi fraud Tokopedia yang terkesan semena-mena

    Saran saya sekaligus menanggapi:
    1) Tulis surat keluhan dengan 1 topik, sehingga komplain tidak tumpang tindih dalam 1 surat. Ini memudahkan pihak terkait yg dikomplain untuk merespon surat.
    2) Memungkinkan terjadi miss dalam pengiriman oleh seller. Tidak bermaksud memihak seller (meski memang benar seller kurang profesional dalam aftersalesnya—respon lambat) tapi sepertinya ada kesalahan dalam proses packing, jadi bukan selalu diartikan seller menipu.
    Sebaiknya setiap menerima barang (meski sdh lama berlangganan misalkan), selalu videokan proses unboxing sehingga bs lebih kuat posisinya saat ada komplain.
    3) Proses refund dana ke kartu kredit maksimal 14 hari kerja dan ini normal di marketplace dan kartu kredit bank manapun, tapi biasanya lebih cpt tidak smpai 14 hari kerja sdh masuk ke limit kartu. Butuh kesabaran.
    4) Soal sistem otomatis pendeteksi fraud Tokopedia memang selalu bermasalah sejak dulu, dan saya setuju. Sepertinya blm ada perubahan yg berarti mengingat banyaknya komplain dari pengguna Tokopedia soal ini.
    5) Yang terakhir soal lamanya prosedur penanganan komplain Tokopedia. Ini sdh menjadi resiko belanja online. Semua terikat ketentuan dari aplikasi. Yang penting dana yg sdh dibayarkan ke Tokopedia aman, dan pasti kembali kalau tidak ada solusi atau respon dr seller sama sekali sampai batas akhir waktu merespon komplain.
    Sebaiknya kalau belanja urgent (untuk makanan kucing liar yg tidak bs menunggu), selalu sediakan back up, jgn menunggu hampir habis baru beli. Sementara bisa dgn dibelikan dlu makanan di Petshop atau minimarket terdekat. Atau dgn makanan rumahan misal nasi dicampur ikan/ayam.
    Meski lebih mahal, yang penting kucingnya kenyang dulu biar hati tenang.

 Apa Komentar Anda?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Seller Tokopedia SBK Petstore Mempermainkan Pembeli dan Promo Diskon T…

oleh Devie Savitri dibaca dalam: 3 menit
1