Promo Saya Dibatalkan Secara Otomatis oleh Sistem Tokopedia karena Dianggap Ada Dugaan Manipulasi Transaksi

Saya adalah pelanggan Tokopedia. Selama ini saya rutin membeli produk di Tokopedia. Pada 1 Februari 2024, saya mau membeli barang dengan kode invoice INV/20240201/MPL/3714819369 dan pada 2 Februari 2024 dengan kode invoice INV/20240202/MPL/3717155421, saya sebetulnya berhak mendapat diskon 100% maksimal 30.000.

Namun promo saya dibatalkan otomatis oleh sistem karena tidak memenuhi Syarat dan Ketentuan yang berlaku, yaitu adanya dugaan manipulasi transaksi. Tokopedia berhak memberikan sanksi serta membatalkan pesanan atau benefit promo sesuai Syarat dan Ketentuan pada poin M mengenai Transaksi Pembelian pada halaman ini.

Saya selama ini membeli barang untuk saya pakai sendiri, saya hanya memiliki 1 akun, dan saya tidak melakukan kecurangan dalam bentuk apapun.

Di halaman yang tercantum di email pembatalan Tokopedia, ada pernyataan:

“Tokopedia berhak, tanpa pemberitahuan sebelumnya, melakukan tindakan-tindakan yang diperlukan termasuk namun tidak terbatas pada menarik subsidi atau cashback, membatalkan benefit Rewards, pencabutan Promo, membatalkan transaksi, menahan dana, menurunkan reputasi toko, menutup toko atau akun, melakukan pembatasan metode pembayaran serta hal-hal lainnya jika ditemukan adanya manipulasi, penggunaan resi yang tidak valid pada mayoritas transaksi, manipulasi berat barang pada deskripsi produk (aktual berat barang dan berat barang pada deskripsi Produk harus sesuai), pelanggaran maupun pemanfaatan Promo untuk keuntungan pribadi Pengguna, maupun indikasi kecurangan atau pelanggaran pelanggaran Syarat dan Ketentuan Tokopedia dan ketentuan hukum yang berlaku di wilayah negara Indonesia.”

Saya tidak melakukan pelanggaran seperti yang tercantum di sana. Mohon tanggapan dari Tokopedia.

Michael Satria
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

22 komentar untuk “Promo Saya Dibatalkan Secara Otomatis oleh Sistem Tokopedia karena Dianggap Ada Dugaan Manipulasi Transaksi

  • 3 Februari 2024 - (09:12 WIB)
    Permalink

    Sama saya jg ga ngerti knp
    Mknya skrg jd rada males belanja di Tokped
    Udah dihubungi CS nya lwt Tanya Tokopedia ga pernah ada jawaban jg
    Smp skrg msh bgt aza
    Akun anda tidak memenuhi syarat dll
    Smg ada pihak Tokopedia yg bs menyelesaikan mslh ini ya
    Terimakasih

    3
    1
    • 8 Februari 2024 - (13:32 WIB)
      Permalink

      wah kita senasib ya bu. Saya sekarang juga banyakan di toko oren..

  • 3 Februari 2024 - (13:58 WIB)
    Permalink

    Bulan November kemarin saya juga dibatalin padahal saya ga ngelakuin apa2 cuma pesen pake kupon diskon. Pas pesen langsung di cancel, saya protes balesnya lama. alesanya sama ada manipulasi. Padahal saya pesen biasaaa, manipulasi apaaan coba.

    Trus jawaban dari CS katanya alesanya, ada akun lain yang alamatnya satu rumah sama saya (Dalam kasus ini dia kasih informasi bahwa itu akun Tokped Ibu saya) padahal akun ibu saya kaga dipake dan orangnya lagi tidur pas saya lakukan order.

    Jadi disangkanya farming kupon. Lah kocak, trus kaga boleh satu rumah punya akun beda2 gitu, kan akun masing – masing. Mesen juga gua mesen sendiri. Begini tulisanya :

    “Terima kasih sudah menunggu. Transaksi Kakak terbatalkan karena sistem kami mendeteksi adanya kesamaan identitas pembayaran dan alamat antara akun Kakak dengan akun lain:

    Hal ini sesuai syarat dan ketentuan Tokopedia poin M nomor 2 yaitu:

    “Pengguna hanya boleh menggunakan 1 (satu) akun Tokopedia untuk mengikuti setiap promo Tokopedia.”Selengkapnya di link ini ya.

    Kedepannya kami mohon untuk tetap mengikuti syarat dan ketentuan Tokopedia agar kendala serupa tidak terulang kembali dikemudian hari ya.”

    • 4 Februari 2024 - (04:44 WIB)
      Permalink

      peraturan blunder ini mah. jadi misalnya kita ada 10 org dalam 1 kontrakan (sya kuliah ngontrak 1 rumah rame2) itu artinya cuma bisa dapat 1 akun yg promo, gitu? asli blunder tokped nya. pantasan harga sahamnya jeblok terus, laporan keuangan rugi terus… sekarang mau diambil tiktod, bagus biar diambil alih cina sekalian.

      • 4 Februari 2024 - (20:37 WIB)
        Permalink

        Memang mas, memang gajelas aja alesanya. Asal pilih alesan dari peraturan yang ada aja, padahal mah masalahnya bukan itu harusnya. Wong saya sudah berbulan2 ga transaksi, sekalinya transaksi pake kupon diskon malah begitu. Kan aneh aja.

      • 7 Februari 2024 - (02:25 WIB)
        Permalink

        Saya juga bbrp hari lalu alami hal ini,pengajuan 3jt tanpa konfirmasi terlebih dahulu mereka cairkan dana ke rekening saya sejumlah 1.100.000 dengan tenor waktu 7hari,dan harus mengembalikan sejumlah 2.100.000
        Saya coba hubungi untuk klarifikasi tapi tidak ada fitur layanan chat nya,ko sejahat itu sih,saya memang butuh tapi gak harus ditipu sprti ini,apa anda lupa akan Hukum Alam itu ada ???

      • 8 Februari 2024 - (14:34 WIB)
        Permalink

        iya, berarti tokopedia cuma ngijinkan ada 1 user per alamat. Terpaksa saya ga pakai tokopedia

    • 8 Februari 2024 - (14:24 WIB)
      Permalink

      wah, keluarga saya punya tokopedia semua. Kemungkinan saya kena alamatnya sama. Padahal barang yang kita beli beda2 loh. Terima kasih

    • 28 Februari 2024 - (07:22 WIB)
      Permalink

      Saya punya 2 HP, masing-masing saya buatkan akun tokopedia sendiri-sendiri. Keduanya saya isi alamat yang sama dan masing-masing tetap bisa memakai promo pengguna baru Rp30.000… Jadi alamat yang sama seharusnya tidak berpengaruh pada promo.

      Ya repot sih kalau cuma gara-gara alamat sama terus gak kebagian promo. Gimana nasib orang yang ngontrak ramai-ramai, atau ngontrak pindah-pindah? Kasian dong gak dapet promo.

      Jadi kalau alamat sama gak apa-apa seharusnya. Pastikan aja 1 akun 1 perangkat

  • 3 Februari 2024 - (14:30 WIB)
    Permalink

    Biasanya ini terjadi 1 hp menggunakan multi akun.
    Atau ad kemungkinan kartu NIK KTP buat daftar multi SIM card jadi jika NIK sudah dipake promo tokped GK bisa double .

    Atau ad kemungkinan satu rumah/lokasi tpi banyak anggota keluarga sehingga promo tersebut terbatas.

    Contohnya saya 1 rumah dengan 5 anggota keluarga saat menggunakan promo tokped(30k) hanya bisa dua handphone saja selebihnya 3hp tidak bisa dipakai walaupun 3hp tersebut device baru pasang tokoped dan akun baru juga.

    Jadi mungkin itu penyebabnya :V

    • 7 Februari 2024 - (02:30 WIB)
      Permalink

      Jujur saya merasa sangat keberatan dengan syarat dan ketentuan yang mereka buat tanpa konfirmasi terlebih dahulu,,,
      Tolong buat sesmua pembaca atau mengalami hal yang sama,beri saya saran
      Atau kalian ada solusi untuk mengatasi ini

    • 8 Februari 2024 - (14:35 WIB)
      Permalink

      saya kena satu rumah/lokasi tpi banyak anggota keluarga sehingga promo tersebut terbatas. keluarga saya punya tokopedia semua. Kemungkinan saya kena alamatnya sama. Padahal barang yang kita beli beda2 loh. Terima kasih

  • 4 Februari 2024 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Toko pedia sejak 2023 kami merasakan ada kejanggalan. Barang yg kami jual menggunakan i*-ekp*** hilang sejak bulan 12 oktober 23 lalu pembeli komplain ke pihak toped, di nyatakan brgnya hilang minta proses pengklaiman. Habis itu admin toped di telan bumi tdk pernah balas kami lagi, sampai skrg 4 feb 24. Dana kami skrg di gantung hampir 5 bulan tdk dikembalikan. Kami udh chat berkali2 tidak ada seorg pun admin yg tanggapin. Mmg terlaluan cara nya toped, merugikan penjualan dan pembeli.

  • 4 Februari 2024 - (16:12 WIB)
    Permalink

    Tokopedia sudah fokus jualan saham. Fokus jual saham lebih habis. Dimana admin Tokopedia sudah banyak yang di PHK itu, dibanyakin admin saham. Biar main putaran saham. Kwkwkw

  • 4 Februari 2024 - (18:09 WIB)
    Permalink

    Biasanya kalo terjadi pembatalan sepihak, pembeli banyak memakai promo diskon, saya juga sering mengalami hal serupa

  • 5 Februari 2024 - (00:30 WIB)
    Permalink

    Tokopedia sudah tidak nyaman lagi untuk digunakan sebagai mitra jual beli online,,selain banyaknya kasus promo2 gimik yg sudah sering sekali dikeluhkan pembeli melalui MK, kebijakan baru KURIR REKOMENDASI juga sangat merugikan pembeli dan penjual karna banyaknya kendala yang tak kunjung diperbaiki..
    Saya sudah sering komplain melalui cs terkait kurir rekomendasi tersebut tapi selalu mendapatkan jawaban tempelate..
    Dan akhirnya saya sekarang sangat nyaman bertransaksi menggunakan si oren dan mulai meninggalkan tokopedia..

  • 6 Februari 2024 - (06:23 WIB)
    Permalink

    Bahkan tanpa promo pun saya pernah order normal karena memang butuh produk tersebut ..

    saya relain gak pake gratis ongkir dan promo lain ..

    tapi tetep aja kena pembatalan otomatis oleh sistem karena alasan manipulasi promo dan ada akun yang mengirim sama …

    Padahal saya gak pake promo apapun … Lah kalau gitu gmna mau order coba …makanya setiap liat aplikasi tokopedia saya jadi gundek …

    Karena barang saat itu butuh banget tau nya dibatalin otomatis ..

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 22 komentar sampai saat ini..

Promo Saya Dibatalkan Secara Otomatis oleh Sistem Tokopedia karena Dia…

oleh Michael Satria dibaca dalam: 1 menit
22