Sistem Shopee untuk Driver Tidak Adil dan Tidak Jelas

Terima kasih Media Konsumen. Saya driver ShopeeFood dengan driver ID 495370148. Saya merasa mendapatkan perlakuan tidak adil dari sistem ShopeeFood. Pada tanggal 28 Januari 2024 yang lalu, saya menjalankan orderan paket SPX instan yang mana paket berbentuk kardus dalam kondisi ter-packing dan tersegel. Sebelumnya, saya sudah menanyakan isi dalam paket tersebut; menurut pengirim, isinya adalah cumi asin tanpa keterangan berapa isi di dalamnya.

Orderan telah saya penuhi, tugas pengantaran saya jalankan, dan paket sampai diterima di tangan pemesan paket. Saat menurunkan paket, disaksikan dan dibantu oleh penerima paket.

Sampai di situ, pekerjaan saya telah selesai sesuai SOP dan kode etik. Satu jam berikutnya, saat saya menjalankan orderan lain, saya ditelepon oleh penerima. Penerima paket merasa pesanan yang dia pesan tidak sesuai jumlahnya.

Lalu, saya konfirmasikan dengan pengirim; pengirim menuduh saya menghilangkan beberapa cumi asin tersebut. Saya dituduh mencuri, dan jika paket yang hilang itu tidak ditemukan, saya diancam akan dilaporkan ke pihak Shopee. Saya merasa saya tidak mencuri, saya tidak merusak segel paket. Saya mengantarkan paket dalam keadaan utuh dan tersegel. Bahkan dalam penyelesaian aplikasi ada bukti penyerahan paketnya.

Saya tidak peduli, bagi saya itu bukan salah saya. Paket tidak lengkap mungkin karena saya dari pihak pengirim yang kurang teliti, atau mungkin dari pihak penerima yang tidak jujur. Saya dijadikan korban tuduhan.

Lalu, pada keesokan harinya, tepat di tanggal 29 Januari 2024, saat mendapatkan orderan GoFood, saya mendapati notifikasi akun saya ditahan terkait pengantaran SPX instan yang saya jalani pada tanggal 28 Januari 2025. Saya mendapati notifikasi sesaat yang isinya keterangan akun saya terindikasi melakukan aktivitas yang mencurigakan.

Lalu, akun saya ditahan tanpa keterangan pasti pelanggaran tentang apa. Saat dicek poin pelanggaran, nilai pelanggaran saya 0, akun saya bersih. Namun, akun ditahan tanpa ada pilihan menu banding. Akun ditahan dengan catatan “akun ditahan sampai pemberitahuan berikutnya,” yang mana pemberitahuannya sampai saat ini belum saya terima dengan jelas. Sistem macam apa ini, setiap saya tanyakan selama 5 hari berturut-turut, jawabannya selalu sama: tunggu dan tunggu sedang diinvestigasi tim Shopee. Saya menunggu tanpa kejelasan yang pasti. Akun saya ditahan seperti penahanan tanpa peradilan tanpa vonis pelanggaran.

Jikalau tidak ada poin pelanggaran dan kejelasan atas kesalahan, kenapa akun saya ditahan. Apalagi dalam tahap pemeriksaan, mohon kiranya jangan langsung suspension sepihak yang mana merugikan driver (saya). Saya tidak bisa bekerja. Sudah 5 hari saya tidak bisa mencari nafkah.

Lalu, di hari ini, 3 Februari, saya mendapati lagi chatan pahit dari CS yang isinya jawabannya tim pada hari libur tidak bekerja. Dan bekerja lagi di hari kerja. Kami sebagai driver tidak dihargai, tidak disupport. Mohon kiranya laporan ini sampai pada pihak terkait.

Terima kasih.

Amrullah
Palembang, Sumatra Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:38    Rata-Rata: 2.4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Sistem Shopee untuk Driver Tidak Adil dan Tidak Jelas

  • 4 Februari 2024 - (20:41 WIB)
    Permalink

    Jika memang begitu. Bilang sama pengirim, apakah ada video pengemasan? Dan tanyakan kepada penerima, sertakan video unboxing. Itu pesanan dari Shopee. Nah, kan pengirim memoto driver saat terima paket. Cocok kan dengan foto saat penerima terima paket.

    5
    12
  • 4 Februari 2024 - (20:54 WIB)
    Permalink

    Sudah , saya mendapat kiriman video dari pembeli yang mana pembeli mendapatkan video tsb dari penerima. Video tsb adalah video paket sebelum dimasukkan ke dalam kardus. Namun saat saya periksa hasil video tersebut saya hitung jumlahnya memang kurang dari si penjual. Saya sudah menyampaikan hasil pemeriksaan itu. Tetapi penjual tetap menekan saya untuk mencati kekurangan itu. Sebelum pemesan memesan paket berisi cuki asin 40 kantong. Yang dikemas dalam 1 kardus. Namun yang di terima isinya 36 percis dengan jumlah video paket sebelum di kirim. Saya sudah melaporkan kepada tim shopee. Tim shopee bisa melihat bukti poto yang saya kirim pada aplikasi. Sekali lagi kurir hanya mengantar, barang yang kurang atau berbeda dalan kemasan yang tersegel itu bukan salah kurir

    2
    4
    • 4 Februari 2024 - (20:57 WIB)
      Permalink

      Sudah , saya mendapat kiriman video dari pembeli yang mana pembeli mendapatkan video tsb dari penjual. Video tsb adalah video paket sebelum dimasukkan penjual ke dalam kardus sebelum di packing. Namun saat saya periksa hasil video tersebut saya hitung jumlahnya memang kurang dari si penjual. Saya sudah menyampaikan hasil pemeriksaan itu. Tetapi penjual tetap menekan dan memaksa saya untuk mencati kekurangan itu. pemesan memesan paket berisi cumi asin 40 kantong. Yang dikemas dalam 1 kardus. Namun yang di terima isinya 36 bungkus,
      jumlah paket yang di kirim percis dengan jumlah video paket sebelum di kirim, memang penjual kurang paket nya. Saya sudah melaporkan kepada tim shopee. Tim shopee bisa melihat bukti poto yang saya kirim pada aplikasi. Sekali lagi kurir hanya mengantar, barang yang kurang atau berbeda dalan kemasan yang tersegel itu bukan salah kurir

      2
      6
        • 6 Februari 2024 - (07:33 WIB)
          Permalink

          Gak aneh akun shoope driver sistem nya emang begitu.Telat dikit anter makanan,suspend,telat dikit anter spx,suspend.Cancel orderan toko tutup,suspend.Helllloooo….Shoope.Sampe mulut berbusa,keluhan para driver gak bakalan di dengar sama cs shoope.

          4
          7
    • 7 Februari 2024 - (05:44 WIB)
      Permalink

      Oke berarti kalau di videonya betul hitungannya kurang ajak aja temen2 driver yang lain buat ketemu penjualnya buat minta klarifikasinya bang

      1
      5
  • 5 Februari 2024 - (16:52 WIB)
    Permalink

    Fight terus bang, ini bukan masalah akun yg ditahan saja, tapi juga masalah (entah pengirim / penerima) yang melakukan kecurangan, tanpa memikirkan bhw orang lain yg akan menerima akibatnya.

    2
    7
  • 6 Februari 2024 - (09:55 WIB)
    Permalink

    Percuma bang ente komplain d mari… Ga bakal d gubrisss juga… Sekarang mK udah ga ngeffect ke pihak yg d komplain….

    Apalagi ente mitra kerja SPX
    kesalahan driver 70%
    kesalahan penjual 20%
    kesalahan pembeli 5%
    Kesalahan sistem 5%

    4
    11
  • 6 Februari 2024 - (12:52 WIB)
    Permalink

    Gw ga maen Shopee tapi denger2 dari drivernya yg sering nongkrong bareng emang bener sistemnya bobrok n ga pernah di benerin, ga pernah dengerin keluhan mitranya…
    Pernah temen gw dapet orderan Shopee food tapi posisi restonya jauh banget sedangkan di Shopee ada waktu buat ke restonya, telat sampai di suspend, akhirnya temen gw cancel orderannya meskipun ujungnya sama di suspend seenggaknya dia ga harus membahayakan nyawanya ngebut ke resto n ga buang2 bensin kesana…

    2
    7
  • 6 Februari 2024 - (20:42 WIB)
    Permalink

    Kagak kaget klo shopee seperti itu..
    driver cuma dikibuli dan di cari2 terus kesalahannya.. apalagi sistem hub cuma batu loncatan buat menghilangkan insentif kayaknya..
    postingan anda diatas tak jamin kagak bakal di reapin sama shopee..
    management shopee jg mana berani ada kopdar dengan driver2 shopee..
    ada sityasi agak panas dikit team shopee pura2 dateng ke basecamp komunitas trus diajak makan2 abis itu iang kasus yg lagi memanas itu.

    0
    8
  • 7 Februari 2024 - (03:54 WIB)
    Permalink

    Akun ditahan seperti itu biasanya sih karna akunnya kurang banyak dlm menjalankan dan menyelesaikan orderan atau tdk memenuhi target yg telah ditentukan, akun shopeefood driver itu sistemnya beda dgn akun2 aplikator lainnya, klo shopeefood driver itu ada target yg hrs dipenuhi (klo ga salah itungannya dlm seminggu atau sebulan gtu) dan klo targetnya tdk terpenuhi ya sanksinya itu, akun akan ditahan sementara malah bs di PM klo akunnya ga aktif2.. Sedangkan klo akun2 aplikator lainnya itu bebas (tdk ada target yg hrs dipenuhi).

  • 10 Februari 2024 - (23:57 WIB)
    Permalink

    Ikut prihatin atas masalah yg sedang dihadapkan.. Semoga Allah SWT menggantikan rejeki yg hilang yah dengan rejeki yg berlimpah.. Aamiin…
    Gw ada usul.. Tapi lo dan baju ijo lainnya harus kompak, klo gk yah bakal baju ijo yg lain yg jadi korban Shopee.. Matikan akun Shopee kalian.. Inget rejeki Allah SWT itu datang dari segala arah penjuru mata angin bukan dari Shopee aja… Dengan Bissmillah, in Sya Allah tidak ada yg akan menghalangi rejeki teman2.
    Yang ke 2, laporkan si penjual kepada polisi dengan bukti yang abang punya.. Jika tidak, selamanya anda akan di cap salah.
    Semoga bisa membantu meringankan beban abang.. Semoga Allah SWT memudahkan segala urusan abang dan usaha abang ye..

 Apa Komentar Anda?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Sistem Shopee untuk Driver Tidak Adil dan Tidak Jelas

oleh Iam dibaca dalam: 2 menit
19