Pihak Kredivo Lepas Tangan Terkait QRIS Tidak Masuk dan Tidak Bertanggung Jawab

Pada Minggu, 25 Februari 2024, saya melakukan transaksi di toko Pamelashop senilai Rp2.000.000 menggunakan QR Kredivo. Transaksi tersebut awalnya tertunda, dengan keterangan aplikasi dan email menyatakan sedang dalam proses. Setelah beberapa waktu, transaksi di aplikasi berubah menjadi berhasil.

Pada saat itu, saya mengira dana sudah masuk ke penjual. Namun penjual menyatakan bahwa dana belum masuk. Setelah menunggu sampai besoknya, penjual memberitahu bahwa dana masih belum masuk.

Saya segera menghubungi pihak customer service Kredivo via chat dan email. Namun jawaban yang diberikan tidak membantu dan malah mempersulit dengan meminta melampirkan segala prosedur dan jawaban dari Kredivo. Selanjutnya, disarankan agar penjual menghubungi pihak QRIS.

Akhirnya, saya menelepon customer service Kredivo untuk kepastian, tetapi hasilnya tetap sama. Setelah melampirkan bukti bahwa “Pihak penjual sudah mengkonfirmasi kepada pihak QRIS bahwa transaksi tidak ditemukan” dan “Mengirimkan bukti mutasi penjual yang menunjukkan tidak ada dana yang masuk pada tanggal 25”.

Setiap email dan telepon ke customer service Kredivo (dengan biaya pulsa sekitar Rp70.000) tidak memberikan solusi yang jelas. Jawabannya tetap sama, yaitu “Konfirmasi kepada pihak merchant agar menghubungi penyedia layanan QRIS atau acquirer apabila belum menerima dananya”.

Dari pihak Kredivo, tidak ada keputusan yang jelas. Kami merasa dianggap penipu karena bukti yang kami berikan kepada penjual dari aplikasi Kredivo tidak dapat membuktikan keberhasilan transaksi setelah dicek. Saat ini, tagihan masih ada. Meskipun sudah berulang kali menghubungi customer service melalui telepon, email, dan live chat, jawabannya tetap sama. Ketika meminta bukti detail lain untuk memastikan keberhasilan transaksi, tidak ada respons. Jadi, konsumen harus menghadapi apa?

Wirawan
Indralaya, Sumatera Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan perihal “Pihak Kredivo Lepas Tangan Terkait QRIS Tidak Masuk dan Tidak Bertanggung Jawab”

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang disampaikan oleh...
Baca Selengkapnya

20 komentar untuk “Pihak Kredivo Lepas Tangan Terkait QRIS Tidak Masuk dan Tidak Bertanggung Jawab

    • 2 Maret 2024 - (11:18 WIB)
      Permalink

      Foto pojok kanan bawah (sayang sih bukti capture di grid gabungan,bukan 1 per 1 screenshootan),3 transaksi dr Kasproindo semua apa yg beli pake kredivo semua? Jajan Rp1.000 pake Qris,ngutang lagi hehehehe.Jadi inget kasus beli bakso pake Qris ampe ratusan ribu…hehehehe

      • 2 Maret 2024 - (13:15 WIB)
        Permalink

        Yg 1000 it saya coba tes lagi, mau kasih bukti ss ke penjual, soal y mereka gak percaya

      • 3 Maret 2024 - (19:43 WIB)
        Permalink

        Maaf saya ingin tanya mengenai limit kriditvo harus di Gestun bukankah kriditvo juga bisa pinjam dana cash di kriditnaz. Kan bisa pinjam disitu yg dikirim ke rekening bank kita seperti BNI BRI /sejenisnya setelah dana masuk ke rekening kita. Bila punya ebangki. uang yg kita pinjam masuk ke banking
        Itu menurut pengalaman saya yg kemarin pinjam dana di kredit;🙏

    • 2 Maret 2024 - (11:27 WIB)
      Permalink

      Bukan lah, it dari pihak penjual y, saya coba qris 1000 it, untuk tw bukti transaksi, soal penjual gak percaya berhasil,

      • 3 Maret 2024 - (11:31 WIB)
        Permalink

        Saya pedagang yang menggunakan qris salah satu qris saya dari mitra Bukalapak aman² saja
        Sedangkan pembeli saya menggunakan berbagai ewallet dan mobile banking
        Tak pernah gagal
        Paling masuk kerekeningnya paling lama 10 menit

    • 3 Maret 2024 - (21:47 WIB)
      Permalink

      Sudah tinggalkan saja kredivo, fiturnya banyak tapi kalau ada kendala susah dikordinasikan buat apa

  • 2 Maret 2024 - (12:55 WIB)
    Permalink

    Ada aturan di kredivo, qris tidak boleh lebih dari 2 juta sekali transaksi, coba dibaca lagi aturannya

    1
    2
    • 2 Maret 2024 - (13:16 WIB)
      Permalink

      It gak lebih, kalo emng gak bisa pasti kan gak berhasil dan tidak ada tagihan

  • 2 Maret 2024 - (22:18 WIB)
    Permalink

    GESTON BIASA NYA , YA IKUTIN PROSEDUR NYA AJA KALO MEMANG BUKAN NIAT GESTUN , KASIH LAMPIRAN APA YANG DIBELI DAN APA YANG DIJUAL PASTI DANA BISA CAIR

    1
    2
    • 3 Maret 2024 - (08:36 WIB)
      Permalink

      Ts klau mau gestun minimal punya pengalaman dulu untuk bermain, kan malu sendiri, masa foto di jadikan satu, yg komplain harus penjual, bukan anda, udah paham kan, udahlah

  • 3 Maret 2024 - (01:17 WIB)
    Permalink

    Halo kak TS Wirawan. Sebelumnya, kami sampaikan prihatin atas kendala yg kakak alami. Begini kak : Anda ingin agar transaksi anda dianggap Genuine? Buktikan dong!

    Transaksi yg dianggap Gestun adalah trx yg tidak bisa dibuktikan keabsahannya (ngga ada bukti nota valid, ngga ada bukti barang yg diperjualbelikan). Benar kata para sesepuh di atas, anda cukup ikuti prosedur yg sudah disediakan oleh provider.

    Terlepas dari gestun atau tidak, seharusnya yg komplain ini pihak Toko, bukan Pembeli. Secara logika / mekanisme, pihak Toko yg seharusnya merasa dirugikan karena trx senilai 2jt telah dilakukan oleh Pembeli melalui kredivo, namun tdk masuk ke merchant toko dan mengakibatkan komplain dr pembeli. Jika seharusnya yg komplain pihak Toko itu lbh make sense kan?

    Jika kak TS ingin bermain Gestun, kuliah / ambil online course dulu ttg Transaksi Keuangan Digital. Jangan sampai kak TS salah memahami flow diagram trx digital QRIS yg menyebabkan TS gagal menempatkan diri bagaimana sebaiknya komplain apakah sebagai buyer ataukah sbg merchant ketika dana ditahan. Perhatikan juga waktu trx dan jaringan ponsel utk memastikan gestun berhasil.

    Wes wes begini saja, kami ajak para sesepuh media konsumen untuk menunggu tanggapan dari Toko yg dirugikan. Apabila merasa dirugikan, kami kira si pemilik Toko tentunya juga akan muncul utk komen klarifikasi. Hal ini pun juga menjadi cara termudah utk mendeteksi Gestun tidaknya sebuah trx. Soal bukti2 trx genuine atau gestun (fraud) biar jadi urusan pemilik toko.

    Pelajaran Penting hari ini yaitu ciri ciri gestun QRIS:
    – No invoice, no picture product
    – Mutasi trx merchant penuh dgn buyer yg sama dlm waktu dekat
    – Jika terjadi dana tidak masuk ke merchant toko, yg komplain ke provider pembayaran malah buyer saja (seharusnya paralel, buyer komplain ke provider, toko komplain ke merchant acquirer)

    Agar Gestun QRIS sendiri sukses maka : lakukan saat working hour, lakukan oleh banyak rekening yg berbeda, sesuaikan besaran nominal dgn kategori merchant anda (misal QRIS kategori warmindo buat gestun 4 jt kemungkinan besar dana ditahan sementara oleh merchant acquirer), selalu siapkan template komplain termasuk invoice dan bukti produk sesuai kategori merchant.

    5
    1
  • 3 Maret 2024 - (11:05 WIB)
    Permalink

    Saya prh jg kendala qris tp gopay udh proses sukses tp saldo belum masuk, akhirnya komplain dn ga ada hasil, dan sya udh lah cape jg, eh pas udh sebulan ada saldo masuk ke gopay.

    1
    1
  • 5 Maret 2024 - (15:53 WIB)
    Permalink

    saya juga mengalami hal yang sama di kredivo, pembayaran qris kredivo berhasil tetapi dana tidak masuk/diterima pihak merchant. sudah jengkel pihak kredivo bertele-tele dan tidak tanggung jawab terhadap masalah transaski QRIS, seharusnya kredivo pihak yang mengirimkan dana yang bertanggung jawab menelusuri transaksi apabila dana tidak diterima oleh pihak merchant sebagai penerima dana

 Apa Komentar Anda mengenai Kredivo?

Ada 20 komentar sampai saat ini..

Pihak Kredivo Lepas Tangan Terkait QRIS Tidak Masuk dan Tidak Bertangg…

oleh Dimas dibaca dalam: 1 menit
20