Paket Dirusak Hewan Peliharaan Pembeli, Penjual yang Harus Ganti Rugi dan Disetujui Shopee

Saya seorang penjual di platform Shopee yang mengalami kerugian akibat sistem pengembalian dana yang bermasalah.

Pada tanggal 14 Mei 2024, pembeli dengan nomor pesanan: 2405138D7RMK0G melakukan pembelian di toko saya. Produk yang dibeli adalah 3 sprei dengan kondisi baru. Paket saya kirim dengan ekspedisi J&T Cargo dengan nomor resi 200511259174.

Namun setelah barang diterima, pembeli mengajukan pengembalian dana dengan alasan kurir melempar barang sembarangan, sehingga paket rusak oleh hewan peliharaannya.

Saya segera mengajukan banding ke pihak Shopee dengan menyertakan bukti-bukti seperti foto produk sebelum dan sesudah dikemas. Paket dikemas dengan baik (full lakban, stiker fragile, dan stiker video unboxing). Namun banding saya ditolak oleh Shopee, dan uang tetap dikembalikan ke pembeli.

Forum diskusi yang disediakan Shopee tidak ada gunanya, saya kirim semua bukti tapi tidak pernah ada respons. Bahkan pembeli sama sekali tidak terlibat dalam diskusi tersebut. Video unboxing paket yang saya minta tidak pernah dilampirkan pembeli.

Saya merasa kecewa dan tidak puas dengan keputusan tersebut karena saya yakin telah memberikan bukti yang cukup untuk menunjukkan bahwa produk yang dikirimkan tidak rusak sama sekali. Bahkan pembeli meminta tanggung jawab kurir, tapi kenapa dibebankan kepada penjual yang tidak salah sama sekali? Paket yang saya kirim dalam kondisi baru tapi karena dirusak peliharaan pembeli, paket jadi rusak dan saya sebagai penjual yang harus menanggungnya. Luar biasa… luar biasa…

Tanggal 23 Mei akhirnya uang dikembalikan ke pembeli 100% dan 3 sprei yang dirusak peliharaan pembeli tidak perlu dikirim balik ke penjual. Luar biasa!!!

Penjual tidak akan pernah menang melawan pembeli dan Shopee walaupun penjual tidak bersalah.

Hanif
Kota Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

45 komentar untuk “Paket Dirusak Hewan Peliharaan Pembeli, Penjual yang Harus Ganti Rugi dan Disetujui Shopee

  • 25 Mei 2024 - (09:24 WIB)
    Permalink

    Memang begitu CS Shopee. Udah banyak ceritanya di sini dan di sosial media lain. Saya juga pernah kena beberapa kali.

    Cuma karena keputusan2 asal2an yang sering memihak pembeli, jadi orang suka beli di Shopee. Terpaksalah orang jualan juga di Shopee. Saya pribadi sebenarnya agak jijik jualan di Shopee. Cuma terpaksa.

    29
    3
    • 26 Mei 2024 - (02:09 WIB)
      Permalink

      memang parah banget sih shopee skrg,selalu merugikan penjual walaupun penjual sudah bener mengirimkan paket sesuai pesanan,terus kalo pembeli berubah pikiran barangnya langsung di returkan dan kita gak bisa tolak sama sekali mau kemanakah kita mencari keadilan!!!

      14
  • 25 Mei 2024 - (10:53 WIB)
    Permalink

    Kejam sekali nih shopee. Bersyukur saya tidak pernah pakai shopee, lebih suka yang hijau.

    17
    2
    • 26 Mei 2024 - (10:35 WIB)
      Permalink

      Turut prihatin Pak, biasanya penjual yg dikomplain tdk amanah, tapi kali ini pembeli & lapaknya yg tdk amanah. Saya pribadi bertahun2 lebih suka belanja di Tokped. Semoga digantikan rejekinya berlipat2 dr tempat lain.

      10
      • 31 Mei 2024 - (04:58 WIB)
        Permalink

        Bukan pembelinya yang tidak amanah sih, menurutku, tapi kurirnya yang tidak bertanggungjawab.. emang ada SOP pengiriman dilempar ke rumah pembeli 🤣🤣

        Ya kan pemilik rumah belum tentu ada di lokasi saat kurir antar paket, bisa sedang ke warung atau sedang ke masjid, kurir aja datengnya gag pasti.. Kerja memang harus sepenuh hati,, demi kejar target lalu menyepelekan tanggung jawab, ya kalau menyepelekan tanggung jawab, barang tidak diserahterimakan ke tangan buyer ya namanya menyalahi SOP,, kecuali kalau ada chat buyer yg minta dilempar aja paketnya kalo pas gag ada di rumah

    • 26 Mei 2024 - (15:57 WIB)
      Permalink

      Sial ketemu pembeli macem gini. Sepertinya sudah sering manfaatin celah. Kenapa produk tidak perlu dikembalikan? Coba teliti baca, dia mengajukan komplain ‘produk tanpa kerusakan kemasan luar (tidak dapat dikembalikan)’. Di step ini aja si pembeli udah curang. Ditambah sengaja ngga aktif di diskusi.
      Kalo pendapat pribadi saya, ngga segampang itu piaraan kaki empat sobekin plastik yg sudah di dobel lakban, mereka hanya ngandelin gigi, kalo produk rusak (tembus ke plastik), umumnya akan byk bolong/sobek di kain bebas gigitan. Plus isi bukan makanan, biasanya mereka endus” aja dan cuek. Byk pembeli yg licik, order barang serupa yg sebelumnya pernah dibeli namun rusak, berbuat curang dgn berbagai alesan utk dpt gantinya yg baru tanpa keluar modal (produk fashion riskan sekali terhadap hal gini). Saya pun di toko ijo pernah mau dicurangi, saat itu sy jual bantal/guling premium bayi harga 400an.. Lebih dr sebulan sjk transaksi selesai, pembeli chat mslh isian bantalnya jd menggumpal (penanganan pencucian yg salah oleh pembeli) minta tuker. Ya jelas sy tolak. Lalu dia lapor ke cs, dgn alesan sy jual produk palsu minta refund, dan cs pun menahan dana penjualan di saldo sy sejumlah harga bantal tsb. CS toko ijo nya pas kontek sy lsg sy maki” dan perkuat argumen dgn bukti foto bantal kiriman si pembeli yg bekas pakai dan penuh dgn bercak kuning ntah iler/ompol. Ngga lama si pembeli pun kecewa krn ngga berhasil, tapi dia berusaha mau jatuhin dgn rating jelek.
      Utk kasus ini, kalo beneran dirusak oleh piaraan, pendapat sy sbg org yg jg pernah pny piaraan: tidak bisa salahkan kurir yg melempar masuk paket (terlebih jelas bukan brg fragile, dipegang jg tau isinya antara kain/baju). Kurir mana tau kalo di dalem pager ada piaraan yg dibiarin lepas.
      Sbg pembeli yg bbrp kali juga pernah pengajuan refund di toko oren, sy tidak menemukan ada pilihan menu komplain yg menuntut (asuransi) ke pihak ekspedisi. Jualan di oren harus siap rugi. Buat TS, mau ngga mau iklaskan aja… Dan lebih pikirkan menutup celah pembeli curang dgn meningkatkan keamanan/lapisan packaging biar tidak terjadi lagi.

    • 25 Mei 2024 - (22:05 WIB)
      Permalink

      NIH SAYA KASIH TAU KALO MAU YG CURANG2 DI SHOPI…KALIAN BELANJA.LALU AJUKAN KEMBALIAN UANG KASIH BUKTI PRODUK YG BEDA WARNA/UKURAN.UDH CUKUP KALIAN DAPAT UANG DAN BARANG NYA ..HEMAT KAN .MUDAH SEKALI CARI UANG DI SOPI

      12
      1
      • 26 Mei 2024 - (13:39 WIB)
        Permalink

        Jahat. Sbg seller saya selalu mendokumentasikan paket yg akan dikirim. Jika shopee tetap memenangkan buyer, saya ngeyel banding terus dgn bukti² yg valid. Jika tetep kalah, bad karma is real. Cepat atau lambat itu prinsip saya.

      • 27 Mei 2024 - (19:55 WIB)
        Permalink

        kan ada alamat pembeli, klo kasusnya seperti itu datengin pembelinya bawa golok, hehe.

        2
        3
    • 26 Mei 2024 - (13:13 WIB)
      Permalink

      Ini sih sudah penjajahan, harusnya pemerintah ikut campur urusan seperti ini. Parah shopee.

      3
      1
  • 25 Mei 2024 - (18:55 WIB)
    Permalink

    Itu kurirnya juga serba salah, mau masuk taruh depan pintu atau apalah nanti digigit UASU 😀 dilempar paketnya dicokot UASU 😀 dasar UASU

    10
    4
  • 25 Mei 2024 - (19:43 WIB)
    Permalink

    Ini parahnya kenapa kok barang dari penjual tidak dikembalikan?enak bener ya pembeli dimanjakan dapat uang pengganti plus bonus sprei..

    13
  • 26 Mei 2024 - (05:42 WIB)
    Permalink

    Ya mau gimana lagi itu aturan yang berlaku, kalo keberatan ya gimana, udah pada tau aturannya masing masing, aturan ada plus minusnya, kalo tidak suka gausah pakai platform nya lebih baik begitu mungkin.

    3
    7
  • 26 Mei 2024 - (06:12 WIB)
    Permalink

    Semua barang rusak, atau sebagian? Itu akal licik pembeli aja buat dapat barang gratisan. Coba udah banyak modus beginian.

    14
  • 26 Mei 2024 - (06:52 WIB)
    Permalink

    Ko lebih bijak cs tokopedia yaa..detail bgt mereka kalau investivigasi kasus kaya begini.

    13
    2
  • 26 Mei 2024 - (09:11 WIB)
    Permalink

    paket digigit anjing kok yg nanggung rugi penjualnya buset lawak banget, mending rame2 kasih bintang 1 ajalah di playstore app shopitai ini!!

    14
    1
  • 26 Mei 2024 - (09:52 WIB)
    Permalink

    Yah begitulah. Sdh barang hilang. Kena potong ongkos juga kan. Shopee lg takut kehilangan pembeli. Gampang koq belanja aja trus komplain tanpa video unboxing. Pasti acc koq. Adminnya kan diambil dr ex cust cust yg suka ngakalin sistem juga. Akhirnya yang dikorbankan seller. Laporin polisi aja. Pasal penipuan dan penggelapan.. Biasalah lg ngumpulin duit bosnya mau beli rumah baru lg

    9
    1
  • 26 Mei 2024 - (10:37 WIB)
    Permalink

    Gini ya… sebenernya ada satu pihak yang bersalah di sini, tapi gak pernah diungkit, ga pernah dituntut tanggung jawab. KURIR!!!
    Kalau kita ngeliat kurir selalu kasiannn kasiannn… padahal sebenernya mereka juga banyak dosa. Kadang sembarangan ngelempar2 barang sampai bungkusnya robek, lalu penjual yang di suruh nanggung.
    Coba mulai sekarang dibuat aturan kalau pihak kurir juga bisa dikenakan sanksi deh, pasti bisa lebih adil.

    11
    2
  • 26 Mei 2024 - (10:40 WIB)
    Permalink

    Saya jg penjual di shopee, memang kebijakan retur sangat merugikan. Bila ada komplain tidak pernah 1x pun menang walaupun yg salah pembeli. Ongkir pengiriman dan pengembalian barang jg penjual yg tanggung. Aneh nya lg ongkir pengembalian jauh lebih mahal dari ongkir pengiriman, Bisa 3x lipat mahalnya. Jd sudah rugi returan barang rusak, rugi ongkir bolak balik pula. Solusi saya selama ini negosiasi dengan memberikan kompensasi pada pembeli. Itu pun tidak semua mau. Tp setidaknya mencoba untuk mengurangi kerugian yg lebih besar. Sudah pernah coba lapor polisi jg percuma, gak ada kelanjutannya. Apa iya harus sewa pengacara segala untuk urusan ginian. Ujung2 nya rugi yg lebih besar.

    • 27 Mei 2024 - (05:51 WIB)
      Permalink

      Skrg shopee punya aturan baru. Jika brg beda atau ada cacat maka dianggap penjual salah kirim brg. Solusi nya yaitu pengembalian dana 100% ke pembeli dan pembeli tidak perlu retur barang. Itu yang menyulitkan penjual dan menjadi celah utk pembeli nakal.

    • 28 Mei 2024 - (22:44 WIB)
      Permalink

      @agung
      Suwer loe shopee sekarang kalo retur, ongkir retur itu bebsnkan ke seller??? Bukannya shopee yg tanggung ya? Parah aturan baru shopee kah?

  • 26 Mei 2024 - (11:00 WIB)
    Permalink

    Lho bknnya klo begini penjual jg dpt kompensasi ya sejumlah hrg brg entah dari ekspedisi atau asuransi, karena disitu kan disebutkan uang pembeli telah di refund dan brg tdk perlu dikembalikan karena mungkin di anggap sudah rusak
    Sama halnya sy pernah beli brg pecah belah di shopee yg dlm 1 paket isi 4pcs tetapi ada rusak/pecah 1pcs, setelah komplain di shopee dpt solusi yg kurang lebih sama seperti ini uang di refund ke sy sbg buyer sedangkan brg tdk perlu dikembalikan. Setelah itu sy konfirmasi lg ke seller bgmn terkait hal tsb apakah seller tdk dirugikan dan dijawab seller bhwa mereka jg telah mndapatkan kompensasi sebesar hrg brg tsb…CMIIW

  • 26 Mei 2024 - (13:25 WIB)
    Permalink

    Ini mah yg salah KURIR nya. Harusnya jangan main asal lempar dong. Masih aman titip tetangga aja lebih aman. Gak bisa salahin pemilik rumah loh krn punya peliharaan. Saya juga suka kuesel bgt kurir main lempar barang aja. Baru juga manggil sekali langsung lempar. Padahal saya mau keluar lg turun dr kasur krn denger panggilan kurir, eh udh main lempar aja hadehh ini minta ganti rugi ekspedisi aja

    8
    1
    • 28 Mei 2024 - (10:40 WIB)
      Permalink

      Aneh dana ga balik ya seharusnya dibalikin ke seller dong barangnya mskpn rusak. Baru dana bs dilepas ke pembeli. Saya belanja di Shopee jg kena tipu beli baju tdk sesuai dgn foto, bs kok dibalikin ke seller. Dana jg kembali ke saya.
      Ini kok bs barangnya ga dikembalikan tp dana dibalikin ke pembeli….membagongkan

      3
      1
  • 26 Mei 2024 - (13:54 WIB)
    Permalink

    Jika dilihat dari pokok permasalahan disini ada pda kurir dan pembeli knp gak ada komunikasi, terutama kurir harus konfirmasi ke pembeli jangan asal meletakan barang. Dan yang jadi tumbal lagi2 penjual, tolong pihak @shopee cari titik tengah dari permasalahan seperti ini, sektor bianis harusnya mengutamakan simbiosis mutualisme, bukan simbiosis parasitisme

  • 27 Mei 2024 - (08:00 WIB)
    Permalink

    saya juga baru sebulan yg lalu dirugikan orange nominal 3.5 jt.. gegara paket ilang dlm perjalanan. padahal paket besar,saya heran kok bisa hilang. saya banding cuman dapet klaim 600rb karena alasan barang tdk diansuransikan🤕🤕🤕

  • 28 Mei 2024 - (09:47 WIB)
    Permalink

    Kalo siansuransikan penjual juga dapat kompensasi pengembalian harga barang bukan.
    Coba chek lagi..
    Slow sambil ngopi

    • 29 Mei 2024 - (13:35 WIB)
      Permalink

      Ya mau jualan ya ngeri juga,wong iklanya aja yg di TV,kalau tidak cocok ,atau berubah pikiran ,balikin aja.Itu tiap lihat TV iklanya muncul. Dalam hati saya, wah gak bahaya ta.

      Semoga kita semua dlam lindungan yang maha kuasa.

  • 28 Mei 2024 - (18:41 WIB)
    Permalink

    itu dishopee ada fitur klaim barang rusak.. di isi aja formnya diseller centre, coba cek deh.. kalau ga ada respon atau dana gak utuh dikembalikan baru posting di media konsumen…

  • 28 Mei 2024 - (20:30 WIB)
    Permalink

    Terimakasih kepada Media Konsumen telah Menerbitkan surat saya
    Terimakasih kepada Shopee yang merespon dengan cepat permasalahan saya

    PERMASALAHAN SUDAH SELESAI

    Shopee sudah menghubungi kami dan sudah mengganti kerugian terkait barang yang dirusak oleh hewan peliharaan pembeli

    Terimakasih buat semua teman-teman yang sudah peduli terhadap kasus saya

    4
    1
    • 3 Juni 2024 - (16:25 WIB)
      Permalink

      Penggantiannya dari shopee apa kak? Trus barangnya yg rusak ada dimana sekarang posisinya

  • 30 Mei 2024 - (11:06 WIB)
    Permalink

    Tim investigasi Shopee itu tidak pernah disekolahkan khusus jadi tidak bisa menelaah masalah secara baik dan adil mana yang salah, mana yang benar, dan mana yang harus bertanggungjawab. Jadi harap maklum bahwa keputusannya banyak merugikan pihak yang benar dan menguntungkan pihak yang salah atau pihak yang seharusnya bertanggungjawab.

    Jadi untuk semua penjual di marketplace Shopee, termasuk saya, ya siap-siap saja menerima hal-hal pait dan tidak adil berikutnya bila terjadi kasus.

  • 1 Juni 2024 - (14:01 WIB)
    Permalink

    Prnah ngalamin sampai dtmpt customer brg rusak katanya, tp g ad video unboxing. Justru kita yg jd seller disuruh kirim video rekaman barang sblm packing hingga ssudah dipacing. Padahal barang tsb sudah dipack tebal full bubble. Dan transaksi dimenangin ke buyer krna kita g bs nunjukin ke video yg dmnta. Barang diretur pembeli yg awalnya retak rambut (masih bs kita klaim ke distributor) dipacking cuma pakai selembar plastik polybag buat bungkus kangkung. Alhasil sampai ketmpt kita sudah hancur lembur g karuan, pembeli pun ketawain kita dan menyangkal sperti merendahkan. Bahkn bilang sorry ya gw disini platinum, shopee jg tau nilai pembelian gw. Akhirnya kita ignorance buyer kita kejar ke shopeenya, akhirnya dpt kompensasi voucher belanja senilai brg tsb. Dan bngkenya nominalnya dipecah jd kita kudu belanja berkali2 ((( sama aja boong )))

 Apa Komentar Anda?

Ada 45 komentar sampai saat ini..

Paket Dirusak Hewan Peliharaan Pembeli, Penjual yang Harus Ganti Rugi …

oleh Ayesha dibaca dalam: 1 menit
45