Dana Pengembalian Barang yang Telah Disepakati, Tidak Dikembalikan oleh Shopee

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, yang telah menerbitkan surat saya. Saya di sini hanya ingin meminta dana saya yang tidak dikembalikan oleh Shopee, atas pengembalian barang yang sudah disepakati dan memang sudah ada buktinya.

Saya membeli barang di Shopee, dengan nomor pesanan 2405233MPDBTBP. Karena terlalu lama dan saya sudah tidak membutuhkan lagi, akhirnya saya kembalikan sebagian produk tersebut. Sebagai informasi, di Shopee sudah ada fasilitas bebas pengembalian. Dari pembelian barang sebanyak 3 pcs, sudah saya kembalikan 2 pcs produknya ke penjual, sementara yang 1 pcs tetap saya beli. Harusnya dana yang diteruskan ke penjual hanya untuk 1 pcs produk saja, tapi mediator Shopee menolak pengembalian dana saya dan meneruskan seluruh dananya ke penjual.

Padahal sudah jelas, seharusnya dana yang diteruskan ke penjual sebesar Rp21.038 (seharga produk Cussons Baby Cream yang tetap saya beli). Sementara dana sebesar Rp29.690 (Pigeon) + Rp45.529 (Sleek Baby Bottle), yang sudah saya retur produknya, seharusnya dikembalikan kepada saya sebagai pembeli. Bukan malah semua dana dikembalikan kepada penjual sejumlah Rp95.529.

Mohon Shopee lebih bijak dan merespons kesepakatan antara penjual dan pembeli. Ditunggu konfirmasi pihak Shopee serta penggantian dananya.

Terima kasih Shopee dan terima kasih Media Konsumen.

Novianingrum
Tuban, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

18 komentar untuk “Dana Pengembalian Barang yang Telah Disepakati, Tidak Dikembalikan oleh Shopee

  • 3 Juni 2024 - (13:02 WIB)
    Permalink

    jadi sebenarnya penjual salah kirim produk atau tidak?

    pembeli menyatakan sudah tidak butuh produk karena terlalu lama, tapi alasan pengembaliannya tertulis “penjual mengirim produk yg salah”

    kalau boleh tahu kapan tanggal pembeliannya dan kapan pembeli menerima produknya?

    1
    1
  • 3 Juni 2024 - (13:32 WIB)
    Permalink

    Poinnya kan di shopee kak…kebutuhan urgent tiap konsumen kan berbeda beda dan emang ada fasilitas bebas pengembalian barang…herannya itu mediasi shopeee semua robot ya..sdh jelas sepakat…tapi ngawur kasi solusi…terima kasih komentarnya

    3
    11
    • 3 Juni 2024 - (13:48 WIB)
      Permalink

      masalahnya adalah bebas pengembalian itu bisa banyak alasannya.
      bila memang tidak dibutuhkan lagi karena mungkin sdh beli dr tmpt lain, ya tulis alasan sebenarnya, jangan menulis alasan : penjual salah mengirimkan produk, alasan ini sangat merugikan penjual yg berkaitan dengan poin penalti dan ongkir pengembalian produk.

      agar yg membaca bisa tahu duduk perkara sebenarnya, perlu dijelaskan tgl brp belinya, tgl berapa sampainya dan berapa ongkir yg dibayarkan pembeli setelah dipotong vocer bebas ongkir (bila menggunakan vocer bebas ongkir). Ongkir yg dibayarkan anda pada saat pembelian adalah poin terpenting dalam kasus ini. pembaca bisa tahu apakah anda memanfaatkan vocer ongkir atau tidak sebab toko yg produknya anda beli itu tidak ada fasilitas Ongkir XTRA, jadi ada minimum pembelian di toko tersebut utk bisa menggunakan vocer gratis ongkir.

      1
      1
  • 3 Juni 2024 - (13:39 WIB)
    Permalink

    Ini kesepakatan dinyatakan di chat atau di mana yah?
    Kayanya ada salah sambung di antara anda, penjual, dan Shopee.
    Mungkin anda dan penjual kira kalau penjual bilang kurang barang di diskusi pengembalian barang, otomatis dibalikin cuma sebagian duitnya? Itu asumsi yang kurang berdasar menurut saya. Walaupun masuk akal, kan belum tentu sistem Shopee cara kerjanya begitu.

    1
    1
    • 3 Juni 2024 - (22:40 WIB)
      Permalink

      tidak ada kesepakatan om, justru penjual yg melakukan komplain karena barang pengembaliannya kurang 1 produk (lihat gambar pertama).
      pendapat saya adalah : si pembeli ini memanfaatkan vocer bebas ongkir saja, sebab kalau cm beli 1 produk seharga 21rb, dia tidak dpt ongkir gratis, kecuali pembelian dilakukan di tanggal tertentu dengan minimal belanja nol rupiah, itu pun potongan ongkirnya kecil sebab toko penjual tidak ikut program gratis ongkir XtRA. jd menurut saya trik pembeli adalah membeli sejumlah produk sampai dengan dia bisa menggunakan vocer gratis ongkir, lalu mengembalikan sebagain barangnya dengan membebankan ongkirnya ke penjual yg akan dipotong dr penghasilannya (kalau alasan pembeli menyatakan penjual salah kirim produk, artinya penjual yg menanggung ongkir pengembaliannya, karena oleh shopee dianggap lalai mengirim produk).

      pembeli tidak berani memberikan tgl brp pembeliannya (ini bisa dilacak apakah ada tanggal spesial spt 5.5/ 6.6./ tgl 25 dimana bisa menggunakan vocer bebas ongkir dengan minimal belanja nol rupiah).

      pembeli tidak berani mengatakan kapan produk dia terima, haursnya dia sudah tahu dan sudah siap soal waktu pengiriman, dr jakarta ke jawa timur.
      dan yg terpenting adalah berapa dia bayar ongkir utk membeli produk tersebut, gratis?

      jikalau benar kecurigaan saya, ya artinya si pembeli memanfaatkan gratis ongkir dan juga merugikan penjual, baca baik2 alasan pengembaliannya, “bukan berubah pikiran” , tapi “penjual salah kirim produk” , artinya pembeli aman tidak kena peringatan, malah penjual yg kena poin penalti karena dianggap salah kirim produk.

      baca baik2 komen2 di bawah, terlihat kok org2nya spt apa yg suka menyusahkan orang lain. org yg tidak peduli dengan penjual, mentang2 bisa dikembalikan, dikembalikan saja dengan alasan yg tidak masuk akal spt penjual salah kirim.

      BtW perhatikan nama pembelinya. sptnya akun baru juga. namanya masih berantakan.

      • 3 Juni 2024 - (23:49 WIB)
        Permalink

        Hahaha, ngak tanggung2 nuduhnya.

        Memang agak mencurigakan sih soalnya penulis tulis “Karena terlalu lama dan saya sudah tidak membutuhkan lagi” tetapi tidak melampirkan tanggal2 pelacakan pengiriman dll.

        > baca baik2 komen2 di bawah, terlihat kok org2nya spt apa yg suka menyusahkan orang lain

        Penulis cuma bilang dia udah sepakat ama penjual (entah benar atau tidak) ama bilang terima kasih ke komen anda dan saya.

        Kalau maksud anda komentar Sartika Lia, itu kayanya itu cuma sarkasme/bercanda, dia kemungkinan penjual juga.

        • 4 Juni 2024 - (00:11 WIB)
          Permalink

          sepakat dengan penjual itu bahasa dr pihak shopee, yg dimaksud shopee menulis kamu (pembeli) telah sepakat dengan penjual itu adalah isi diskusi dalam komplain tersebut dan kita tidak tahu apa isinya sebab pembeli tidak mencantumkan isi dr diskusi / kesepakatannya. terlihat pada gambar yg dilingkari wana hijau. bahasa shopee itu utk menutup komplain.

          coba lihat semua gambarnya, penjual malah mengajukan masalahnya ke shopee karena barang pengembaliannhmya kurang 1 buah.

          kalau dipelajari mengenai vocer gratis ongkir, kalaupun pembeli membelinya pada tgl spesial dimana minimal belanja nol rupiah, belanja 21rb itu cm dapat potongan gratis ongkir kecil, makanya pembeli melakukan pembelian diatas 80rb rupiah sehingga potongan gratis ongkirnya lbh besar.

          ini trik pembeli, beli produk harga kecil = potongan gratis ongkirnya kecil, maka sekalian saja beli sampai jumlahnya optimal ( terlalu banyak pun mempengaruhi berat produk) dalam hal ini minimal belanja 80rb sehingga dpt potongan ongkir 20rb, lalu berdalih sudah tidak memerlukan karena kelamaan tapi pakai trik menyalahkan penjual yg dikatakan salah kirim barang, biar pembeli tidak kena peringatan, malah penjual yg susah jadinya menanggung ongkir pengembaliannya karena dianggap oleh shopee melakukan kesalahan.

          kalau benar2 tidak ada niat pakai trik, ya harusnya berani menunjukkan kapan belinya, kapan sampainya dan berapa ongkir yg dibayarkan ketika saya tanyakan hal tsb.

          pelajaran buat para penjual, jangan pernah terima kalau pembeli menyalahkan penjual, suruh pembeli jujur, misal : “berubah pikiran” , dan jangan mau dikembalikan sebagain apabila penjual tidak melakukan kesalahan.

  • 3 Juni 2024 - (15:24 WIB)
    Permalink

    Ini salah TS dr kasih alasan pengembalian aja tidak jujur, namanya merepotkan banyak pihak

    3
    3
    • 3 Juni 2024 - (15:41 WIB)
      Permalink

      Itu asal kak…pengembalian dananya mau alasan apa saja tetap dishopee bebas pengembalian dana kak…klo tdk mau barangnya dikembalikan jangan jualan di shopee kak ..karena itu otomatis kak…costumer tdk suka boleh dikembalikan

      3
      9
      • 4 Juni 2024 - (07:02 WIB)
        Permalink

        Oh, ini toh ternyata buyer s i a l a n yang suka retur barang seenaknya, berani muncul di publik juga ternyata

  • 3 Juni 2024 - (15:44 WIB)
    Permalink

    Etika jual beli online adalah pengembalian barang kalau ada salah kirim, misal salah warna dan sebagainya, bukan seenaknya saja. Fasilitas pengembalian itu untuk membantu konsumen yang kedapatan dikirim salah barang atau ada masalah kualitas. Rugi bandar shopee kalau tiap orang bebas aja balikin barang seenaknya. Disini Shopee sudah benar. Hebat shopee sekali-sekali bisa adil juga, rata2 surat di MK malah kebalikannya.

    6
    2
    • 3 Juni 2024 - (15:50 WIB)
      Permalink

      Kenyataannya boleh itu dikembalikan bebas….silahkan saja coba belanja di shopee…kembalikan saja ..langsung otomatis boleh kok…wkwkwk…

      3
      8
  • 3 Juni 2024 - (17:17 WIB)
    Permalink

    Mungkin TS salah caranya, harusnya klo dlm satu nmr pesanan meskipun isinya bermacam² bila niat mau ajukan pengembalian harusnya dikembalikan semua, jgn diambil sebagian, dan alasannya kurang masuk akal ( karena terlalu lama). Biasanya klo terlalu lama tdk dikirim, pesanan akan dibatalkan otomatis oleh system…kecuali prodak yg diterima sdh kadaluarsa mungkin beda lagi .

  • 4 Juni 2024 - (04:17 WIB)
    Permalink

    fitur bebas pengembalian ga senak nya sendiri sesuai keinginan bak raja ya. kakak nya aja udah makai barang sebagian, trus alasan g d butuh tp memakai sebagian barang yg dah dibeli. sebenenrnya kakak nya beli kebanyakan tp alasan ga sesuai.

    coba deh kak, pakai naluri klo beli di toko Offline dengan sikap kakak macam kek gtu apa toko mau ngebali in sebagaian barang ?

    toko nanggung biaya retur loh, apa kakak nya bayar ? walo d app gratis, blm kerugian yg d tanggung toko biaya wrapping yg sia2.

    tolong klo beli pakai naluri hati kak walo ada fasilitas gratis pengembalian buka berarti se enak kita sendiri.

    sikap buruk kek gtu bakal menimpa kita loh

 Apa Komentar Anda?

Ada 18 komentar sampai saat ini..

Dana Pengembalian Barang yang Telah Disepakati, Tidak Dikembalikan ole…

oleh Sewa dibaca dalam: 1 menit
18