Paket Data Tidak Bisa Digunakan, Smartfren Menolak Refund

Halo Media Konsumen,

Saya adalah salah satu pengguna Smartfren dengan nomor 08882234***. Saya mempunyai kendala dengan kronologi sebagai berikut:

  • Pada tanggal 26 Juni  sekitar pukul 6 pagi, saya membuka aplikasi MySmartfren dan mendapat penawaran paket kuota 50 GB Mandiri dengan harga Rp60.000. Di situ hanya dijelaskan bahwa kuota terdiri dari 45 GB kuota lokal (tanpa dijelaskan lokalnya ada di mana saja) dan 5 GB kuota nasional. Jadi saya berpikir karena saya mendapat penawaran tersebut, maka seharusnya kuota tersebut bisa digunakan di kota tempat saya (Bekasi, Jawa Barat) karena posisi GPS dan lokasi handphone saya juga dalam posisi on, dan pihak Smartfren meminta perizinan lokasi untuk membuka aplikasinya.
  • Saya pun membeli paket tersebut dan sukses melakukan pembayaran pada pukul 06.19 WIB melalui metode pembayaran VA BNI dan mendapat notifikasi tidak lama setelahnya bahwa pengisian paket telah sukses.
  • Lalu, saya mencoba langsung browsing seperti biasanya, tapi tidak ada koneksi internet. Saya awalnya mengira itu masalah jaringan, saya mencoba reset jaringan sampai restart handphone namun masih tidak dapat mengakses internet.
  • Saya lanjut mengecek detail paket tersebut dan di sini saya kecewa, karena ternyata paket tersebut hanya bisa dinikmati di 12 kota tertentu di Jawa Timur. Padahal, ketika saya mendapat penawaran itu tidak dijelaskan sama sekali oleh pihak Smartfren.

 

Saya lanjut mengajukan komplain ke live chat di aplikasi MySmartfren dan terhubung dengan CS Widi. Singkat cerita, saya menyampaikan keluhan dan meminta refund, tapi pihak CS mengatakan bahwa paket telah aktif dan tidak bisa di-refund. Justru mereka meminta saya untuk menyalahkan diri sendiri dengan dalih saya tidak konfirmasi terlebih dulu ketika membeli paket tersebut.

CS pun sempat berkelit kalau itu sifatnya informasi bukan penawaran. Lucu bukan? Informasi tapi bisa dibeli? Setelah saya desak, CS pun berkelit bahwa itu informasi yang bersifat penawaran. Jadi seperti itukah SOP CS Smartfren melayani pelanggan?

Padahal tinggal meminta maaf dan mengakui bahwa itu adalah kesalahan sistem, dan mengajukan permintaan saya ke tim terkait untuk refund, karena lokasi saya bukan di Jawa Timur tapi bisa dapat penawaran paket yang berlaku hanya untuk kota-kota tertentu di Jawa Timur.

Jadi, dengan terbitnya surat pembaca ini, saya meminta pihak Smartfren untuk refund dana saya, entah berupa saldo ke rekening atau berupa pulsa dengan nominal sesuai yang saya bayarkan, dan menegur CS tersebut untuk tidak berkelit ketika melayani pelanggan. Terima kasih.

Maulana Irsandi
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

4 komentar untuk “Paket Data Tidak Bisa Digunakan, Smartfren Menolak Refund

  • 2 Juli 2024 - (10:57 WIB)
    Permalink

    Sama kaya TRI ini pas beli pkt tulis Bonus kuota lokal tp utk daerah tertentu tdk dijelaskan alias marketing tipu2

  • 2 Juli 2024 - (18:11 WIB)
    Permalink

    Lumayan paket 5 GB seharga 60 ribu. Hari gini masih pakai paket halu yang dibagi-bagi, si yayank aja ogah kalau harus dibagi-bagi. 🙂

  • 3 Juli 2024 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Jaman skrg cari duit 60000 susah tim marketing mereka menjebak konsumen ._. Semoga masalah kakak selesai

 Apa Komentar Anda?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Paket Data Tidak Bisa Digunakan, Smartfren Menolak Refund

oleh Maulana dibaca dalam: 2 menit
4