Keputusan Pusat Resolusi Tokopedia Merugikan Penjual

Saya mempunyai toko online di Tokopedia. Toko saya bernama Baby Zein Shop. Saya selaku seller menerima orderan dari akun pembeli bernama Nathan Sukm**** dengan nomor invoice pembelian: INV/20190513/XIX/V/312999427. Sebelum pembeli melakukan transaksi pembelian di toko saya, dia bertanya via diskusi “Apakah ready warna natural beige? Karena ready, pembeli langsung melakukan transaksi.

Tiba-tiba ketika produk sudah sampai denga selamat di alamat pembeli, pembeli mengajukan pengembalian dana, dan anehnya di-approve oleh admin Tokopedia. Padahal saya mengirimkan produk sudah sangat sesuai dengan permintaan pembeli. Produk tidak bermasalah, produk baik, produk bagus, produk tidak kedaluwarsa. Yang sangat saya sayangkan, admin Tokopedia menyetujui permintaan refund tersebut. Alasan admin Tokopedia, hanya karena saya tidak menuliskan secara detail expired date produk pada deskripsi produk.

Hanya karena tanpa keterangan, admin Tokopedia dengan gampangnya menyetujui pembeli yang berubah pikiran? Ongkos kirim yang saya keluarkan pun tidak diganti sama sekali. Terkecuali produk yang saya jual bermasalah, seperti pecah, produk tidak sesuai deskripsi, produk kedaluwarsa, baru admin bisa approve.

Tapi ini demi Allah saya kirim produk sudah sesuai pesanan pembeli, dan pembeli pun menyatakan permasalahannya kenapa tidak ada expired date di deskripsi? Intinya pembeli ini agak sedikit rese, beli 1 pcs aja rese-nya setengah mati. Apalagi beli grosir, bisa-bisa toko online lain dibuat rugi sama pembeli ini, terutama sama admin Tokopedia yang segampang itu approve permintaan refund dari pembeli untuk produk yang sudah sesuai permintaan pembeli. Untuk 1 pcs produk yang tidak bermasalah.

Saya lampirkan bukti chating pembeli yang menyatakan bahwa permasalahan hanya ada di kenapa tidak diinformasikan expired date-nya dan bukti chat dari admin Tokopedia yang mudah sekali main approve permintaan refund dari pembeli yang berubah pikiran.

Ini sangat merugikan seller, baru pertama kali ada online shop yang dengan mudah menyetujui refund pembeli yang berubah pikiran. Dikira penjual kirim produk ke pembeli gak bayar ongkos kirim? Dana di-refund full untuk 1 barang, 1 order id yang tidak ada masalah apapun.

Catatan untuk pembeli, jadilah smart buyer. Harap tanya terlebih dahulu kalau ada yang tidak jelas menurut kalian. Jangan sampai hanya karena kurang info sedikit yang seharusnya bisa kalian tanyakan, tapi semudah itu kalian ajukan refund. Kami berjualan sist demi menyambung hidup.

Dan untuk admin Tokopedia, kalian tidak bisa menjadi penengah. Kalian hanya berpihak kepada pembeli, kalian sangat merugikan penjual. Berjualan di Tokopedia adminnya tidak profesional.

Dewinta Novia Fedrika
Tambun, Bekasi

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan pendapat anda!



Bagaimana Reaksi Anda?
  • Suka
  • Senang
  • Sedih
  • Marah
  • Lucu
  • Kecewa
Berikan penilaian mengenai Mediasi di Tokopedia:
[Penilaian Rata-rata: 3.3]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

Satu komentar untuk “Keputusan Pusat Resolusi Tokopedia Merugikan Penjual

 Apa Komentar Anda mengenai Mediasi di Tokopedia?

Ada 1 komentar sampai saat ini..

Keputusan Pusat Resolusi Tokopedia Merugikan Penjual

Baby Zein Shop 2 menit
1