Kecewa dengan JD.ID, Pesanan Tak Diproses dan Proses Refund Dipersulit

Pada tanggal 04 April 2020 saya melakukan pembelian 1 buah Microwave Sharp di situs JD.ID, dengan nomor pesanan: 1019786240. Namun hingga tanggal 13 April 2020 pesanan saya tidak diproses lebih lanjut, hanya berstatus: “Menunggu Untuk Diserahkan Ke Kurir”.

Pada tanggal tsb saya menghubungi Call Center JD.ID untuk meminta kepastian dan mereka menjawab bahwa dalam waktu 2×24 jam akan segera menginformasikan apakah jadi diproses atau dibatalkan secara otomatis.

Setelah 2×24 jam tersebut dari pihak JD.ID tidak memenuhi janjinya untuk mengkonfirmasi mengenai status pesanan saya. Saya kembali menghubungi call center-nya tanggal 15 April 2020 dan call center-nya lagi-lagi tidak memberikan solusi atas permasalahan yang terjadi, hanya menyampaikan bahwa pesanan saya tsb akan dibatalkan oleh pihak JD.ID tetapi tidak menginformasikan dengan jelas flow-nya.

Dua hari kemudian tanggal 17 April 2020 saya masih belum dapat kepastian kapan proses pembatalannya selesai dan kapan uang saya akan di-refund, saya kembali menghubungi call center-nya dan ternyata mereka hanya menjawab bahwa pesanan saya tsb BELUM JUGA DIBATALKAN KARENA ADA KENDALA INTERNAL DI PIHAK JD.ID. Apa kendalanya, mereka juga tidak mau menjelaskan.

Saya sebagai konsumen merasa SANGAT DIRUGIKAN dengan pelayanan yang diberikan JD.ID. Seharusnya jika memang pesanan saya tidak bisa diproses kenapa dari awal pemesanan tidak segera dilakukan proses cancel otomatis? Karena saya mau cancel sendiri juga tidak ada opsi cancel untuk saya klik di aplikasinya, atau minimal konfirmasi langsung kepada saya baik via email atau telepon dan tidak membiarkan konsumen menunggu tanpa kepastian hingga 10 hari. Kenapa harus konsumen yang mengejar-ngejar kepastian dengan cara menghubungi call center-nya hingga berkali-kali? Hingga kini status REFUND dana saya sebesar Rp1.204.200,- belum juga diproses.

Mohon itikad baik dari JD.ID untuk segera mengembalikan uang saya. Terima kasih.

Rachmat Handinugraha
Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai JD.ID:
[Total:3    Rata-Rata: 2.7/5]
Tanggapan JD.id atas Surat Pembaca Rachmat Handinugraha

Menanggapi surat keluhan yang ditujukan kepada kami oleh konsumen atas nama Rachmat Handinugraha pada hari Selasa, 21 April 2020 lalu...
Baca Selengkapnya

Loading...

3 komentar untuk “Kecewa dengan JD.ID, Pesanan Tak Diproses dan Proses Refund Dipersulit

  • 21 April 2020 - (13:53 WIB)
    Permalink

    saya juga pernah mengalami hal yang sama, pengecekan system pembayaran di JD.ID tidak baik, solusinnya jika belanja di JD.ID saya pilih pembayran COD itu lebih mudah, ada uang ada barang.

    Tri Hadi

  • 23 April 2020 - (22:58 WIB)
    Permalink

    saya 2x berturut mengalami cancel spt di atas… refund pun berbelit… sepertinya permainan orang dalam, sebaiknya tidak usah menggunakan aplikasi ini…

    ini sudah mendekati penipuan… bukan 1-2 kasus spt ini dan sangat merepotkan konsumen… go to hell JD.ID

 Apa Komentar Anda mengenai JD.ID?

Ada 3 komentar sampai saat ini..

Kecewa dengan JD.ID, Pesanan Tak Diproses dan Proses Refund Dipersulit…

oleh Handinugraha dibaca dalam: 1 menit
3