Layanan Belum Genap Sebulan, Telkom Indihome Sudah Alami Gangguan Jaringan

Dengan surat ini, saya menanggapi surat tanggapan Telkom yang sangat sederhana atas surat pembaca saya. Dalam prosedur pemasangan tersebut, tidak semudah jawaban yang diberikan di surat tanggapan tersebut. Proses sangat ribet, dan Telkom sempat meminta saya refund, yang saya tahu bahwa nantinya uang tidak akan kembali dan jaringan tidak akan dipasang.

Beberapa personil yang menghubungi saya memberikan berbagai alasan yang bermacam-macam dan tidak sinkron satu sama lain. Namun karena saya secara tegas meminta hak saya sebagai konsumen, maka Telkom dapat memasang jaringan di rumah saya dengan mudah. Ini hanya soal kesungguhan Telkom saja. Jadi untuk konsumen lain, saya mohon jangan mudah percaya dengan alasan-alasan Telkom yang tidak rasional.

Bersama surat ini pula, saya melaporkan gangguan jaringan yang saya alami, dengan nomor gangguan: IN69542330.

Belum genap sebulan, jaringan sudah down. Lampu LOS berkedip merah. Prosedur standar sudah saya lakukan. Restart modem (tunggu 1 menit, bahkan 3 jam). Unplug patch cord. Tidak ada yang berguna. Saya sudah lapor di CS @Indihome twitter, tapi tidak ada kejelasan penanganan. Hanya jawaban standar yang menggunakan istilah sok ilmiah: progress, koordinasi, follow up, dll.

Saya mengakui kemampuan CS dalam membohongi konsumen. Saya tidak meragukan sama sekali. Namun, konsumen tidak membutuhkan unjuk kemampuan tipu-menipu seperti itu. Konsumen hanya butuh kejelasan. Saya bertanya kapan gangguan ini dibereskan? Tidak ada satupun dari sekian banyak CS yang bisa memberikan jawaban jelas.

Secara fisik, sudah saya cek perangkat maupun kabel tidak ada yang rusak. Bisa jadi, ini permainan atau kesengajaan oknum telkom yang kurang kerjaan. Dengan hormat saya meminta konsistensi dan kesungguhan Telkom sebagai BUMN untuk bekerja lebih baik dan memiliki jadwal kerja yang jelas. Bukan hanya meminta konsumen untuk menunggu tanpa kejelasan. Apakah Telkom pernah menunggu konsumen lain yang telat bayar? Maaf sekali, saya tidak pernah telat bayar. Bahkan saya bayar tagihan di awal tagihan dibuka, tanggal 5 Juni. Apakah hanya konsumen yang diharuskan memenuhi kewajiban tepat waktu, sementara Telkom boleh seenaknya? Jadwal kerja saja Telkom tidak punya.

Saya minta pertanyaan ini dijawab:

  1. Kapan jadwal perbaikan dilakukan?
  2. Apakah Telkom tidak pernah mengatasi gangguan serupa itu sebelumnya?
  3. Jika sudah pernah, apa yang membuat lama? Sehingga bisa saya bantu agar tidak lemot kerjanya.
  4. Berapa kompensasi pemotongan tagihan per hari untuk layanan yang mati?

Terima Kasih.

Nurul Ilmiati
Sleman – Yogyakarta

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:4    Rata-Rata: 4/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

5 komentar untuk “Layanan Belum Genap Sebulan, Telkom Indihome Sudah Alami Gangguan Jaringan

  • 21 Juni 2020 - (09:31 WIB)
    Permalink

    kalo LOS itu kabelnya putus. coba liat dulu jalur kabel dari ODP ke rumah itu aman atau tidak. ad pohon” tidak. jangan asal marah”,

    • 21 Juni 2020 - (15:18 WIB)
      Permalink

      berhak marah lah, masa pelanggan yg harus cek sendiri, klo iya ktemu masalahnya, pelanggan juga yg harus benerin ? jadi pelanggan indihome harus punya skill tambahan yaitu jadi teknisi mandiri ? pelanggan berhak mendapatkan pelayanan maksimal, tagihan sdh bayar tepat waktu tapi pelayanan seperti batu.

      Ini yg dipermasalahkan sudah lama dilaporin tapi tdk ada upaya dr telkom tuk kirim team lapangan. Komplain indihome di media konsumen setiap hari pasti ada itu bukti bahwa banyak yg hrs dibenahin. Telkom di daerah2 masih jumawa, sok jual mahal, tapi di kota2 besar mati kutu mereka, kompetitor semakin banyak.

      • 21 Juni 2020 - (17:34 WIB)
        Permalink

        “Secara fisik, sudah saya cek perangkat maupun kabel tidak ada yang rusak.Bisa jadi, ini permainan atau kesengajaan oknum telkom yang kurang kerjaan.”

        lha lu kira mereka teknisi ngerjain lu.
        namanya buatan manusia ga boleh rusak gitu. harus sempurna gitu.

  • 21 Juni 2020 - (19:44 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas komentarnya sdr Dody Rachmadi dan sdr HTK. Perlu saya sampaikan, saya sudah berlangganan telkom sebanyak 4, untuk 4 kantor saya yang berbeda. Ini langganan untuk rumah baru saya. Bukan saya fanatik Telkom, namun tidak diberikan pilihan lain, tidak ada ISP swasta yang menjangkau. Di wilayah saya, Telkom mendominasi ISP.

    Dengan demikian saya sudah sangat hafal dengan cara main Telkom. Setiap bulan selalu ada gangguan. Saya masih menyimpan bukti-bukti baik foto maupun screenshot chat yang berisi kecurangan/akal2an telkom terhadap saya.
    Sebagai contoh, saya ceritakan beberapa gangguan oleh telkom yang saya alami.
    1. Pernah speed diturunkan, tidak sesuai dengan paket yang saya bayar. Telkom main pingpong, dari CS disuruh ke kantor, ke 147, dst. Setelah 2 minggu saya komplain, seorang teknisi sistem menghubungi saya melalui chat, dan meminta saya mencoba dengan perangkat yang berbeda. Padahal perangkat pada umumnya sekarang sudah standar, dan tidak akan mengganggu kecepatan. Teknisi mencoba mengelabui saya dengan permainan perbedaan frekuensi pada perangkat. Maaf, saya lulus elektrodinamika dan dapat A. Saya katakan ke teknisi seperti itu. Dan dia tidak mencoba menanggapi lagi, melainkan men-capture setting perintah untuk mengembalikan speednya. Mati kutu dia. Gangguan tersebut tidak perlu tindakan fisik, melainkan hanya setting di sistem, dalam kasus ini saya jelas dipermainkan.

    2. Pernah sekali waktu, saya lupa membayar di awal bulan. Saya bayar pada tanggal 20, mepet di batas akhir. Namun tetap diisolir keesokan harinya. Isolir harusnya jika telat bayar. Saya komplain, 2 hari dipingpong baru dibuka isolirnya. Kasus seperti ini bukan hanya saya, silakan cek media sosial telkom untuk kasus serupa yang dialami konsumen lain.

    3. Berulang kali kasus speed sangat lemot. Tolong dipahami, saya tidak nyalakan wifi modem. Hanya pakai kabel dan sudah dikondisikan, tidak ada yang terkoneksi selain 1 PC. Semua hardware sudah dicek. Ternyata memang gangguan dari sistem telkom.

    Jadi, komplain saya di atas bukan tanpa dasar.

    Terima kasih sdr HTK, mungkin lain kali mohon sedikit agak lebih rasional dalam berkomentar, atau lebih baik lagi apabila Anda tidak berkomentar.

    Terima kasih.

 Apa Komentar Anda?

Ada 5 komentar sampai saat ini..

Layanan Belum Genap Sebulan, Telkom Indihome Sudah Alami Gangguan Jari…

oleh Nurul dibaca dalam: 1 menit
5