Paket Rusak oleh Ekspedisi SiCepat, Tidak Diketahui Keberadaannya dan Resolusi Center Tokopedia Tidak Pasti

Saya sebagai pembeli, melakukan pembelian barang dan checkout di Tokopedia  pada tanggal 3 Agustus 2020 22:36 WIB dengan promo pengiriman Bebas Ongkir, berikut No. Invoicenya: INV/20200803/XX/VIII/599394714.

Berdasarakan pelacakan pada situs Tokopedia, pada tanggal 4 Agustus 2020, paket di-pickup oleh kurir SiCepat dengan No. Resi: 000433503726. Awal masalah muncul tanggal 5 Agustus 2020, status paketnya adalah ‘Paket dikembalikan di DKI Jakarta [Jakut Pluit 2 Hub] – (BROKEN) Broken’. Selanjutnya perubahan status paket terakhir, dari tanggal 11 Agustus 2020 s.d. saat surat ini dibuat, statusnya adalah ‘Paket di kembalikan di DKI Jakarta [Jakbar Kedoya] – (RTS) Return To Shipper’.

Karena melihat status paket saya BROKEN dan Dikembalikan, pada tanggal 9 Agustus 2020 16:35 WIB saya melakukan komplain di Tokopedia.

Komplain Resolution Center Tokopedia

Diskusi Tim Tokopedia Care

Dalam diskusi pada halaman Resolution Center, tim Tim Tokopedia Care hanya terus menyuruh menunggu dari tanggal 10 Agustus 2020 s.d. saat surat ini dibuat, dengan alasan masih berkoordinasi dan menunggu informasi dari pihak SiCepat.

Sambil menunggu respon dari tim Resolution Center Tokopedia, saya juga coba menghubungi ekspedisi SiCepat melalui telepon (021-5020-0050), whatsapp SiCepat (+62 813-1915-8866) dan whatsapp SiCepat Klik (+62 813-1920-0030) pada hari yang sama. Informasi yang di dapat dari CS via telepon adalah paket sudah dikembalikan ke pengirim, informasi dari CS via whatsapp SiCepat adalah paket sudah direturn ke pengirim, sedangkan informasi dari CS via whatsapp SiCepat Klik sedang dalam proses return ke pengirim.

Whatsapp Sicepat

Setelah mendapat balasan tersebut, saya informasikan di Resolution Center Tokopedia supaya diketahui tim Tokopedia Care dan Penjual. Informasi dari penjual, belum ada barang yang penjual terima, dan informasi dari tim Tokopedia Care setelah mengubungi pihak SiCepat adalah masih dalam proses retur.

resolution-center

Bagaimana tanggung jawab pihak SiCepat? Apakah seribet ini dan selama ini untuk prosesnya?

Tokopedia, tolong beri kepastian waktu yang dibutuhkan untuk proses komplainnya, di halaman Resolution Center tertulis dengan gamblang Kurir membutuhkan waktu 7 hari kerja untuk investigasi internal, ini sudah lebih dari 7 hari belum juga ada kepastian, bahkan keberadaan barangnya pun ga jelas.

Untuk pihak SiCepat dan Tokopedia yang membaca surat ini, tolong di-follow up dan segera diselesaikan.

Terima kasih.

Risa Herdianto
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian Anda!
[Total:6    Rata-Rata: 4.2/5]
Tanggapan SiCepat Ekspres atas Surat Bapak Risa Herdianto

Dengan hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Risa Herdianto dengan judul “ https://mediakonsumen.com/2020/08/25/surat-pembaca/paket-rusak-oleh-ekspedisi-sicepat-tidak-diketahui-keberadaannya-dan-resolusi-center-tokopedia-tidak-pasti” pada 25 Agustus 2020, kami menyampaikan permohonan maaf...
Baca Selengkapnya

Loading...

2 komentar untuk “Paket Rusak oleh Ekspedisi SiCepat, Tidak Diketahui Keberadaannya dan Resolusi Center Tokopedia Tidak Pasti

  • 26 Agustus 2020 - (08:35 WIB)
    Permalink

    Sicepat tuh bermasalah terus heran deh. Banyak juga yang bermasalah dari pengiriman Sicepat ini-_- Memang harus dibawelin terus dari pihak e-commerce nya biar ga ketumpuk2 tuh, biar jg menyelesaikan sesuai waktu yang udah mereka tentuin sendiri

  • 26 Agustus 2020 - (11:19 WIB)
    Permalink

    Sebetulnya tulisan/aturan deadline2 yang SECARA SEPIHAK DITULIS SENDIRI oleh korporasi ybs itu ditegakkan atau tidak ya?
    Sudah nulis2 sendiri, sudah sering x terjadi pula bahwa deadline2 tersebut terlewati begitu saja dengan gampangnya.
    Kenapa gak mau nyonto pinjol2 yang begitu deadline bayar cicilan lewat 1 detik aja, langsung tagihan muncul?
    Memang sudah nampak jelas sekali bahwa korporasi2 ini, kalau untuk kepentingan korporasi sendiri (baca: profit alias duit masuk) sistemnya kok kayak canggih sekali, serba otomatis, serba gerak cepat.
    Lah kalau sebaliknya (untuk kepentingan konsumen, alias berpotensi mengurangi profit perusahaan), yang berlaku prinsip: kalau bisa dibuat lama, ngapain cepat2

    Sama aja tuh di mana2. Contoh paling simpel: perusahaan internet terbesar, telat bayar otomatis internet berhenti & muncul surat tagihan + denda. Begitu untuk keperluan konsumen (mau downgrade atau berhenti)… wkwkwkwk… gak ada otomatis2nya sama sekali.
    Sama aja lah di toko2 online, bayar dikasih waktu (deadline), lewat deadline otomatis transaksi batal. Lah begitu urusan refund, super manual butuh 14 hari kerja ASTAGA.

 Apa Komentar Anda?

Ada 2 komentar sampai saat ini..

Paket Rusak oleh Ekspedisi SiCepat, Tidak Diketahui Keberadaannya dan …

oleh Ananda dibaca dalam: 1 min
2