Kualitas Internet XL Home Mengecewakan

Hari ini saya menghubungi Call Center XL Home di nomer 820. Ini telepon saya yang ke-4 sejak saya pasang XL Home bulan Juli 2020. Sebelumnya saya menggunakan Provider IndiHome dengan paket up to 20 MBps. Saat menggunakan provider IndiHome, rata-rata kecepatan internet yang saya peroleh di kisaran 10-15 MBps. Tergiur dengan penawaran dari XL Home yang menjanjikan kecepatan up to 30 MBps dengan biaya setengah dari provider Indihome, pada bulan Juli saya memutuskan berhenti berlangganan IndiHome dan beralih ke XL Home. Di sinilah petaka itu berawal.

Sejak XL Home dipasang, kecepatan rata-rata yang saya peroleh dibawah 5 Mbps. Ya, saya tidak salah ketik, dibawah 5 MBps. Selama pandemi ini, saya diharuskan bekerja di rumah. Webinar, Zoom Meeting, Webex, selama menggunakan provider IndiHome tidak pernah ada masalah. Setelah beralih ke XL Home, sudah berapa meeting yang terpaksa saya lewatkan, hanya karena koneksi internet XL Home yang rendah.

Hari ini komplain saya yang ke-4 sejak Juli 2020. Setiap komplain yang saya ajukan, selalu direspon oleh pihak XL melalui email dengan pesan “Berkaitan dengan permasalahan yang dihadapi, saat ini telah kami teruskan ke tim terkait untuk ditindak lanjuti.” Lucunya, beberapa menit setelah email tersebut saya terima, akan ada email berikut nya dari XL berbunyi “Dapat kami informasikan kendala Anda untuk ticket ID WO-0157xxx sudah kembali normal.”. Ajaib, padahal kecepatan internet saya masih dibawah 5 Mbps. Sehingga permintaan saya untuk menghadirkan Teknisi ke rumah untuk memeriksa jaringan internet saya, sejak Juli 2020 tidak pernah dipenuhi. Padahal, saya rutin membayar kewajiban saya, tidak pernah terlambat, dan tidak pernah kurang.

Permohonan saya hanya 2:

  1. Mohon dari XL mengirimkan teknisi untuk memeriksa jaringan internet saya.
  2. Jika memang XL gagal menyediakan kecepatan internet yang memadai, maka mohon saya dibebaskan dari penalti Rp1 Juta jika saya memilih kembali ke provider IndiHome.

Demikian keluhan ini saya sampaikan, semoga MediaKonsumen.com menayangkan keluhan ini, dan semoga pihak XL bisa segera menanggapi keluhan saya ini.

Pujiadi Widodo
Bantul, Yogyakarta


Update: Terkait surat pembaca di atas, pada tanggal 11 September 2020 penulis memberikan apresiasi atas respon cepat dari XL Service Center Yogyakarta sbb:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai XL Home:
[Total:8    Rata-Rata: 2.3/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

4 komentar untuk “Kualitas Internet XL Home Mengecewakan

  • 9 September 2020 - (18:25 WIB)
    Permalink

    Nasib semua pengguna XL.. saya pwngguna XL Prioritas juga sama… dapat prioritas mendapatkan kecepatan internet terlambat di Indonesia, akhirnya XL prioritas saya hanya digunakan untuk telepon dan urusan internet saya gunakan kartu Halo Telkomsel

  • 10 September 2020 - (06:00 WIB)
    Permalink

    Intinya semua penyedia layanan internet ada masalah… Indihome jgn tanya lagi banyaknya keluhan di MK ini.. dan begitu banyak jg yg kasih saran agar beralih ke penyedia layanan lain…eeh setelah ada yg beralih… hasilnya malah jelek

  • 10 September 2020 - (07:03 WIB)
    Permalink

    Ga usah kaget sama kualitas busuknya XL, saya pelanggan XL Prioritas sudah 3 tahun akhirnya dengan ikhlas saya hanguskan nomornya karena merasa ditipu dengan kebijakan billing dan kualitas internetnya XL. Jangan pernah percaya produk murah XL. Produk XL memang murah tapi jelas murahan.

 Apa Komentar Anda mengenai XL Home?

Ada 4 komentar sampai saat ini..

Kualitas Internet XL Home Mengecewakan

oleh Pujiadi dibaca dalam: 1 min
4