Saya Penjual yang Jadi Korban Penipuan di Shopee dengan Modus Pengembalian Barang

Saya penjual HP di Shopee yang ditipu oleh pembeli, dengan modus si pembeli mengajukan pengembalian barang karena alasan barang tidak sesuai. Sementara saya jual HP yang sesuai. Karena pembeli mengajukan pengembalian barang, otomatis Shopee akan mengembalikan dana tersebut ke pembeli.

Teknis Shopee tersebut merugikan penjual, karena kalaupun penjual tidak setuju/konfirmasi pengembalian barang, maka pihak Shopee otomatis akan mengembalikan dana tersebut ke pembeli dalam jangka hari yang telah ditentukan oleh Shopee.

Saya membuat laporan ke Shopee, Shopee menyuruh saya untuk chat si pembeli. Sementara saya sudah diblokir sama si pembeli, seolah Shopee lempar tangan tidak peduli, gak mau tanggung jawab. Seolah lempar batu, acuh tak acuh tidak mau tahu, saya kecewa. Saya sebagai penjual merasa dirugikan, karena barang saya berupa HP belum dikembalikan oleh pembeli, saya ditipu.

Apa yang harus saya lakukan? Lapor polisi? SAYA HANYA INGIN HP SAYA KEMBALI.

Mohamad Nauval Farisy
Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Berikan penilaian mengenai Jualan online di Shopee:
[Total:139    Rata-Rata: 2.6/5]

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan
Loading...

59 komentar untuk “Saya Penjual yang Jadi Korban Penipuan di Shopee dengan Modus Pengembalian Barang

  • 5 Oktober 2020 - (10:50 WIB)
    Permalink

    Kok bisa uang dikembalikan ke pembeli sementara barang belum diterima kembali sama penjual? 🤔

    Kalo pembeli dan penjual sudah sama2 setuju barang diretur, harusnya tunggu dulu barang diterima penjual, baru dana dikembalikan.

    Kalo salah satu pihak gak setuju barang diretur, harusnya barang dikirim ke Shopee selaku mediator, untuk menilai apakah barang sudah sesuai atau tidak, dana pembelian dikembalikan ke pembeli atau diteruskan ke penjual.

    19
    1
    • 5 Oktober 2020 - (11:14 WIB)
      Permalink

      bisa mas apalagi utk penjual pemula seperti saya,saya kurang tau dan paham soal teknis pengembalian disitu pembeli menyuruh saya untuk segera konfirmasi pengembalian dana dan saya ngikut aja karna saya kurang paham karna msih pemula.Tpi sekarang ada kabar baiknya sy tlah dihubungi pihak shopee bahwa barang anda akan segera dikembalikan

      • 5 Oktober 2020 - (11:15 WIB)
        Permalink

        alhamdulillah berkat mediakonsumen dan shopee melihatnya barang saya akan segera dikembalikan

        • 5 Oktober 2020 - (11:26 WIB)
          Permalink

          Maksudnya gimana, barangnya sudah ada di Shopee atau masih di pembeli? Kalo masih di pembeli kan bisa aja dia kirim barang yg berbeda dengan yg diterima.

          2
          3
          • 6 Oktober 2020 - (12:03 WIB)
            Permalink

            Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
            Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih.

      • 5 Oktober 2020 - (14:02 WIB)
        Permalink

        Berarti anda yang t**** mau aja disuruh-suruh padahal gak paham, barang reture sebelum barang sampe ke tangan dan sama2 setuju uang akan tetap di tahan sama shopee.

        3
        5
        • 5 Oktober 2020 - (18:21 WIB)
          Permalink

          lah kok ngegas amat bang iyatau bang situ emang jago,gua noob namanya juga pemula

          2
          1
          • 6 Oktober 2020 - (23:06 WIB)
            Permalink

            Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

            Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
            penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

            kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
            otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

            hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
            karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

            Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
            Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
            hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
            Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

        • 6 Oktober 2020 - (23:06 WIB)
          Permalink

          Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

          Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
          penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

          kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
          otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

          hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
          karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

          Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
          Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
          hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
          Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

      • 5 Oktober 2020 - (16:14 WIB)
        Permalink

        Wah, sama nih. Teman saya juga ditipu. Modusnya sama, minta dikembalikan dana tapi barangnya gak dikembalikan. Padahal barang yang dikirim sesuai dengan yg diminta pembeli, tetapi karena teman saya mau menjaga nama baik toko dan gak mau ribet lama” ladenin komplain, dia setujui pengembalian dana. Apes nya, Karena teman saya pemain pemula di dunia online, dia gak paham, kalo pengembalian dana itu uang dibalikin ke pembeli tapi barangnya gak dibalikin ke penjual. Untungnya harga gak seberapa ya, tapi kalo ini hp sih benar” gak iklhas, berapa juta itu😑.

        • 5 Oktober 2020 - (18:26 WIB)
          Permalink

          Sejauh ini sy sangat terbantu dengan Shopee, Marketplace Terpercaya Dan Nomor 1 di Indonesia, dan hingga saat ini masih aman2x saja sy menggunakan aplikasi Shopee, ditambah CS shopee yg sangat ramah dan sangat membantu setiap keluhan dan pertanyaan sy.

          2
          6
        • 6 Oktober 2020 - (12:04 WIB)
          Permalink

          Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
          Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih.

        • 6 Oktober 2020 - (23:07 WIB)
          Permalink

          Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

          Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
          penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

          kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
          otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

          hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
          karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

          Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
          Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
          hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
          Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

      • 6 Oktober 2020 - (12:02 WIB)
        Permalink

        Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
        Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih.

    • 6 Oktober 2020 - (11:12 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih.

        • 6 Oktober 2020 - (11:50 WIB)
          Permalink

          Iya gan, saya mau lapor balik karena sudah mencemarkan nama baik.. Biar orang ini jera, kebayang gak mas beli HP xiaomi yg Redmi note 9 pro di kirim HP oppo yg jadul a31. Saya ada bukti chatnya mas WA aja ke saya kalau gak percaya

          • 6 Oktober 2020 - (12:32 WIB)
            Permalink

            Agan tulis aja surat pembaca di MK ini beserta bukti2nya, biar yg lain jg waspada dengan modus penipu berkedok sebagai korban penipuan. 😎

          • 6 Oktober 2020 - (18:14 WIB)
            Permalink

            Mas nya yg pembeli di bilang si Ts ini?? Viralkan balik mas dgn bukti dan chat² yg sebenarnya siapa yg berbohong. Trus jgn lupa a31 nya balikin.

  • 5 Oktober 2020 - (13:31 WIB)
    Permalink

    Shopee sekarang banyak neko2 mas, saya juga sebagai pembeli hal serupa hanya saja saya mah uang dah masuk tp barang ga jd tp uang hilang ga ada tanggungjawabnya Shopee…. Bilang katanya akan diganti buktinya ga ada, mau di ganti voucer setengahnya ternyata permainan yg unik yg dibuat Shopee untuk ngelabui kita…. Pusing skrg Shopee ga profesional… Liat yg lain mah yg di toko online lain seperti lazada n tokopedia ternyata tanggung jawab penuh dana dikembalikan 100%… Ga nyangka Shopee senaip itu

    • 5 Oktober 2020 - (18:26 WIB)
      Permalink

      nah betul itu mas,banyak celahnya shopee buat para penipu ,kasian orang”yg msih pemula di shopee nemu orang (penipu) semoga kedepanya shopee dpt menjamin keamanan kenyamanan (barang/dana) baik para konsemun/penjual utk tdk takut belanja di shopee

      • 5 Oktober 2020 - (22:14 WIB)
        Permalink

        Iya betul saya pun yg udah lama masih bisa kena tipu dan Shopee pun ga ada inisiatif mengganti atau berupa asuransi ganti rugi… Saya pesan hati2lah jangan tergiur sesuatu yg kira2 ga mungkin…. Skrg mah kita kembalikan pada yg Maha Kuasa. Pasti ada hikmah dibalik kerugian yg kita dapet…. Ikhlas

      • 6 Oktober 2020 - (10:24 WIB)
        Permalink

        Betul banget mudah2an Shopee bisa profesional menyikapi permasalahan user… Karena semua permasalahan akan indah kalo diselesaikan dengan baik dan benar…. Karena dg bermurah hati Shopee akan menjadi lebih dibanggakan semua user….

    • 6 Oktober 2020 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

  • 5 Oktober 2020 - (14:19 WIB)
    Permalink

    oh mungkin masnya penjual sudah ngirim hp nya ke pembeli, lalu pembeli mengajukan permohonan pengembalian barang/pembatalan pesanan kepenjual, sama penjualnya dioke.. gitu ya?

    • 5 Oktober 2020 - (21:27 WIB)
      Permalink

      Tapi saya pernah beli barang yg pengiriman nya langsung dari hubei china, waktu itu saya beli smartwatch dan dikirim barang yg tidak sesuai dengan pesanan saya
      Lalu saya komplain bahwa pesanan tidak sesuai dengan apa yg saya pesan di aplikasi dan pihak penjual meminta maaf atas hal tersebut
      Lalu saya mengajukan retur produk di Shopee dan pihak penjual mengirimkan lagi pesanan sesuai apa yg saya pesan tetapi aneh nya penjual malah tidak mau barang yg sudah dikirim ke saya dikembalikan katanya itu sebagai ungkapan permintaan maaf atas kesalahan pengiriman
      Jadi saya bayar 1x tapi dapet produk 2 sekaligus

      • 5 Oktober 2020 - (21:46 WIB)
        Permalink

        Agak lucu kalo kita kritik pihak shopee, padahal kesalahan terjadi karena kita ngga mengerti sistem refund di shopee. Baiknya budayakan untuk lebih hati hati dalam setiap transaksi dimanapun itu, apalagi transaksi dalam jumlah cukup besar, karena setiap MP pasti ada celahnya kok. Pahami sistem MP-nya, jangan buru buru mengkritik. Kalo sudah terlanjur rugi karena kesalahan kita, ya memang belum rezeki

      • 6 Oktober 2020 - (23:08 WIB)
        Permalink

        Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

        Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
        penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

        kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
        otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

        hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
        karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

        Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
        Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
        hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
        Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

      • 12 Oktober 2020 - (14:35 WIB)
        Permalink

        Kasus seperti ini mah sudah biasa apabila memang membeli barang di kirim langsung dari Cina. Biasanya seller akan menolak untuk di kirimkan balik barang yang salah tsb, karena sepertinya ongkir yang akan ditanggung (untuk return) akan lebih mahal dari harga barang tsb. Biasanya sering kejadian dengan marketplaze La****

  • 5 Oktober 2020 - (14:19 WIB)
    Permalink

    Laporkan saja pihak shoopenya ke Polisi, entah apa jenis aduannya, gimana bisa pembeli bisa begitu bebas berbuat seperti itu, enak ya si penipu kalau ketemu penjual dengan barang yang mahal lalu dikerjain….!!!
    Untung sekarang cuma pake toped, BL, Lazada, belum berani pake yang lain…, apalagi kalau banyak keluhan di mediakonsumen.com 👎👎

    1
    1
    • 6 Oktober 2020 - (21:52 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

    • 7 Oktober 2020 - (00:05 WIB)
      Permalink

      Bukti chat saya juga udah di liatin ke Shopee termasuk berkas lainnya yg emang janggal mas bayu tp ternyata janji Shopee ngembaliin dana tidak terbukti dan katanya diganti voucer yg nilai nominalnya pun setengahnya itupun ga bisa dipakai semua jd saya pikir bohong, saya ga ngerti Shopee kayanya ga ada itikad baik deh… Padahal bukti2 screenshot pun saya liatin…

  • 5 Oktober 2020 - (15:47 WIB)
    Permalink

    Saya aman2 saja jual beli di shoope ya memang ada batas waktunya harus mengikuti batas waktu yg ditentukan kalau lewat batas waktu gak ada tanggapan ya otomatis sistem, mungkin anda salah menanggapi, kalo belum jelas sistemnya kan bisa chat CS dulu..kalo belanja enak di shoope 2 hari gak dikirim sama penjual batal otomatis, pernah di BL ma toped sering lebih 3 hari baru dikirim, di lazada pernah seminggu baru dikirim..intinya kalo ada komplain gitu harus segera ditanggapi, kalo gak ditanggapi ya sistem yg memutuskan..aneh sih itu menurut saya kalo dana dilepas tanpa persetujuan, alamat pengiriman kan ada bisa dicari dilaporkan..gak semua pembeli baik apalagi barang electronik terutama second sebelum kirim barang penjual juga harus punya data videokan kondisi fungsi buat jaga2 kalo ada komplain aneh2 atau mengada ada dari pembeli.

    • 6 Oktober 2020 - (21:53 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

    • 6 Oktober 2020 - (22:02 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya barang di kembalikan dan saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

    • 6 Oktober 2020 - (23:09 WIB)
      Permalink

      Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
      penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

      kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
      otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

      hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
      karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

      Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
      Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
      hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
      Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

  • 5 Oktober 2020 - (17:43 WIB)
    Permalink

    Shopee ada 2 jenis pengembalian dana (barang tidak dikembalikan) dan pemgembalian dana (barang dikembalikan).
    Karena kurang jeli Saya (seller) pun mengalami pengembalian dana(barang tidak dikembalikan), kalo diceritain panjang dan bikin emosi, intinya memang ada buyer² nakal yg memanfaatkan fitur itu. Entah apa maksud dr shopee menyediakan fitur seperti itu yg jelas² sangat merugikan buat buyer.

    • 5 Oktober 2020 - (18:28 WIB)
      Permalink

      fitur yg menurut saya merugikan penjual terlebih penjual pemula yg blum paham teknis nya

      • 5 Oktober 2020 - (19:53 WIB)
        Permalink

        Kudu bener² jeli biar ga kena jebakan batman. Apalagi zaman susah duit kyk skrg. Penjualan sepi eh ditipu pula. Kan sueee

        • 5 Oktober 2020 - (21:28 WIB)
          Permalink

          Saya juga pernah jadi korban sbg penjual di shopee,, awalnya niat coba2 sbg pemula jual pulsa/voucher di shopee, segala syarat pendaftaran jd penjual pulsa termasuk produk pulsa yg akan saya jual sudah terpenuhi maka otomatis akan tampil di laman shopee, selang beberapa menit setelah produk jualan saya bisa tampil dan di lihat di shopee tiba2 di akun saya dapat inbox dari konsumen menanyakan stok produk, sayapun menjawab produk tersedia silahkan pilih produknya dan selesaikan pembayaran, tidak lama muncul notifikasi di shopee bahwa konsumen tersebut telah membayar produk pesanan pulsa 150ribu sejumlah 2x atau sama dengan 300ribu dengan sistem COD via pengiriman kurir jnt/jne (karna memang tidak ada pilihan lain agar bisa jadi penjual pulsa di shopee memang harus pilih salah satu kurir itu jika tidak proses pendaftaran tidak berhasil). Nah,,lanjut…karna sudah ada notifikasi tersebut saya bertanggung jawab dong untuk mengisi pulsa 300ribu ke konsumen tersebut dan berhasil mengirim pulsa 300ribu ke nomor pembeli yang di inbox oleh pembeli tsb. Setelah seharian saya cek notifikasi ternyata di notifikasi pembayaran tsb tidak berubah statusnya, gimana mau berubah statusnya krn masalahnya saya tidak kirim barang fisik tapi barang non fisik berupa pulsa yg pastinya tidak mungkin kirim melalui kurir jne/jne, kan lucu.. Saya agak putus asa namun beberapa saat kemudian saya sadar bahwa ternyata saya sedang dimanfaatkan keawaman saya oleh sang penipu itu.. Kemudian saya lapor ke shopee lalu saya di minta oleh shopee agar dikirim screenshoot chat transaksi dgn pembeli penipu itu, lalu saya kirim lengkap screenshoot-nya dan anehnya jawaban pihak shopee tidak mau bertanggung jawab karna saya memilih metode bayar COD dan kurir barang fisik JNT/JNE.
          Kenapa aneh karna:
          1. Pihak shopee menyediakan platfom pendaftaran jadi penjual voucher/pulsa dan wajib memilih kurir barang fisik seperti jne/jne. Anehh toh…?
          2. Jika penjual pemula atau baru sukses melakukan pendaftaran sbg penjual tidak mungkin dalam beberapa menit kemudian setelah bisa tampil di laman shopee langsung bisa ditemukan oleh pembeli karna ada ratusan dan mungkin ribuan penjual berpengalaman di shopee.
          3.jika demikian kenyataannya asumsi saya mungkin ada unsur kesengajaan dari shopee untuk membuka ruang bagi penipuan di shopee, atau Lebih parah lagi mungkin ada oknum shopee yg standby mengecek penjual pemula dan memanfaatkan kelemahan/keawaman penjual tersebut untuk aksi tipu2 nya.
          4. Jika pun itu benar terjadi saya bisa katakan shopee mungkin olshop indonesia berwajah yahudi yg menganggap dirinya paling pandai di dunia karna bisa ciptakan aplikasi olshop semacam itu padahal itu bikinan luar..
          5. Jika penipu itu oknum di luar shopee saya merasa kurang yakin karna untuk menjelajahi dan paham saja dengan kompleksnya isi apk olshop seperti shopee butuh waktu lama dan kontinyu, tdk mungkin orang luar shopee bisa standby 24 jam untuk menelusuri isi apk shopee hingga dia paham soal penjual awam beserta kelemahanya kalau bukan orang shopee sendiri.
          6.tolong pihak pemerintah tinjau dan awasi olshop yg lemah semacam ini agar pengguna olshop tidak di rugikan.

    • 6 Oktober 2020 - (21:59 WIB)
      Permalink

      Fitur itu untuk melindungi pihak pembeli, karena dana juga tidak akan sampai masuk ke buyer kalau penjual paham.
      Kronologi nya seperti ini :
      begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 jadul, otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen karena barang yg pesen harganya 3jtan di pasaran diberikan HP oppo A31second yg kondisinya sudah tidak baik, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagang yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

  • 5 Oktober 2020 - (20:44 WIB)
    Permalink

    Sy juga penjual di Shoope sering sy alami Hal tersebut beda sm Tokopedia sangat bijak , Shoope selalu merugikan penjual Karena sistem di Shoope g secanggih Tokopedia , semoga pihak Shoope melakukan perbaikan Dan jng merugikan pihak Mana pun dengn bijak Dan provisional

    • 6 Oktober 2020 - (22:03 WIB)
      Permalink

      Penipu yg berusaha menipu tapi malah melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya
      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope, dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian, akhirnya barang di kembalikan dan saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

  • 6 Oktober 2020 - (05:52 WIB)
    Permalink

    Saya salah satu penjual di shopee , di shopee jika pembeli mengajukan pengembalian barang, akan ada notifikasi untuk pembeli ada 2 opsi pilihan A.konfirmasi pengembalian dana, yaitu dana akan dikembalikan ke pembeli tanpa mengembalikan barang ke penjual ( return ), B.Pengembalian barang dan dana, yaitu dana akan dikembalikan ke pembeli jika pembeli sudah mengupload resi pengiriman, ke alamat penjual, saya kira masnya memilih opsi A, dan kita tidak bisa menyalahkan shopee, karena kita pengguna, mengikuti sistim yg ada di market place tersebut, apalagi masnya bilang tadi pemula, dan langsung menyetujui permintaan pembeli pengajuan pengembalian barang, perlu belajar dari kesalahan, jika ada pembeli melakukan hal demikian, ada ruang diskusi dan diajukan permasalahannya keshopee sebagai perantara dinotifikasinya, dan perlu ada bukti photo / video,,,ini kecerobohan masnya dengan mudahnya langsung menuruti permintaan pembeli nakal, sistim sudah dibuat demikian , jadi kita tidak relevan jika menyalahkan shopee, atas kesalahan dan ketidaktahuan masnya, jika masnya sudah berani menyimpulkan bahwa ini kesalahan shopee, kenapa banyak penjual sukses berjualan di shopee hingga tokonya menggapai predikat star seller, belajar lagi mas.

    • 6 Oktober 2020 - (22:07 WIB)
      Permalink

      Betul mas ini mah Penipu yg berusaha menipu tapi gak berhasil dia panik makanya, melakukan kesalahan dalam proses pengembalian dana, begini awal ceritanya :

      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro dengan harga yg disetujui 2.92jt, penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,
      dan kejanggalan berikut nya si penjual tetap meminta segera di klik barang diterima, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen, dan saya meminta pengembalian dana saya dan akhirnya di setujui karena saya memiliki bukti video dan foto, hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian, karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian,

      akhirnya barang di kembalikan secara manual lewat paket JNt dan saya gak mau hubungan sama seller ini lagi dan saya mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya ada rasa jera dan tidak berusaha menipu yg lain, hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.. Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih

  • 6 Oktober 2020 - (11:22 WIB)
    Permalink

    Saya rasa bkn karna shopee nya yg merugikan, tapi anda nya yg terlalu polos sehingga mudah utk di tipu pembeli. Sistem shopee sdh sangat aman dan terpercaya

    • 6 Oktober 2020 - (22:09 WIB)
      Permalink

      Setuju mas ini orangnya panik mas mau nipu orang malah jadi rugi sendiiri boleh baca redaksinya saya nanti mas.

    • 6 Oktober 2020 - (23:11 WIB)
      Permalink

      Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

      Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
      penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

      kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
      otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

      hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
      karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

      Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
      Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
      hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
      Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

  • 6 Oktober 2020 - (23:11 WIB)
    Permalink

    Begini awal cerita kronologis lengkap nya :

    Saya memesan HP xiaomi redmi note 9 pro kepada penjual dengan harga yg disetujui 2.92jt.
    penjual waktu itu meminta saya transfer langsung ke rekening diluar shoope, tp saya tidak mau waktu itu saya lebih menggunakan pembayaran menggunakan aplikasi shoope,

    kejanggalan berikut nya sipenjual meminta segera di klik barang setelah diterima, beruntungnya saya melakukan pemeriksaan barang terlebih dahulu, ternyata kejanggalan saya terbukti pada saat dikirim HP oppo a31 yg kondisinya sudah kurang baik,
    otomatis saya merasa tertipu sebagai konsumen dan saya meminta pengembalian dana disertakan bukti video dan foto barang yang saya terima.

    hanya saja si penjual harusnya melakukan menyetujui dana di kembalikan namun tidak memberikan no resi pengembalian,
    karena ada kesalahan dari penjual dalam proses pengembalian dana, beruntungnya saya dibantu pihak shoope yang menjadi saksi bahwa barang di kembalikan dan saya memberikan no ressi nya ke pihak shoope.

    Dan akhirnya barang di kembalikan dan saya juga mengajukan ke shopee dan meporkan kejadian tersebut dengan bukti chat penjual yang berusaha menipu, supaya tidak berusaha menipu yg lain.
    Saya disini tidak mencari pembelaan hanya menceritakan kronologi yg sebenarnya terjadi.
    hati2 apabila ada pedagangan yg meminta transaksi diluar aplikasi Shopee.
    Bukti chat yang ada di aplikasi Shopee yg akan menjadi bukti yg kuat nanti nya terimakasih..

  • 7 Oktober 2020 - (14:25 WIB)
    Permalink

    Saya pihak penjual atas nama Nauval
    Sudah selesai urusan dengan pembeli dan barang sudah diserahkan,
    Anda jangan mengatasnamakan saya dan mengancam ancam Sodara Bayu,
    Saya bisa laporkan anda ke pihak yg berwajib karena saya sebagai penjual tidak pernah menyuruh Anda, karena semua masalah sudah beres, anda jangan mencari kesempatan lewat berita yg saya tulis di internet.

  • 9 Oktober 2020 - (08:48 WIB)
    Permalink

    Pihak yang dimaksud oleh Penulis Artikel ini ternyata adalah Akun Bayu diatas, dan ternyata penulis artikel terbukti melakukan percobaan penipuan terhadap sodara Bayu. Klaim yang dituliskan di Media Konsumen ini juga tidak terbukti, dan justru bisa membuat penulis artikel berhadapan dengan hukum karena membawa nama Shopee dan korban yang coba ditipu..

    Kalo saya jadi saudara Bayu akan saya bawa ke ranah hukum dan menuntut permintaan maaf secara publik yang harus ditulis di Media Konsumen ini. Tujuannya tidak lain untuk memberikan efek jera kepada penulis artikel seperti ini..

  • 12 Oktober 2020 - (14:13 WIB)
    Permalink

    Saya lihat banyak yg komentar tanpa lihat komentar/klarifikasi dari pembelinya dulu dikolom komentar. Siapa yang menipu dan siapa yang tertipu. Pihak shopee/aplikasi lainnya tidak mungkin main mengembalikan dana jika tidak ada bukti kuat. Karena peraturan sangat ketat dalam hal pengembalian barang dan uang. Kalau masalah cashback dan pengembalian uang tidak penuh memang masih bisa terjadi diaplikasi lainnya. Tapi selama ini jika hal itu terjadi dan bukti kuat aplikasi2x lain (selain tokopedia karena ditokopedia berdebat pun percuma keputusan mutlak dan tidak bisa diganggu gugat biarpun ada bukti kuat mengenai masalah cashback) cs nya selalu tlp buat klarifikasi kepada penjual dan pembeli.

 Apa Komentar Anda mengenai Jualan online di Shopee?

Ada 59 komentar sampai saat ini..

Saya Penjual yang Jadi Korban Penipuan di Shopee dengan Modus Pengemba…

oleh Nopal dibaca dalam: 1 min
59